Docstoc

Competency Standard_SKKNI LOGAM MESIN_PLANNING

Document Sample
Competency Standard_SKKNI LOGAM MESIN_PLANNING Powered By Docstoc
					Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

KODE UNIT JUDUL UNIT DESKRIPSI UNIT

: LOG.OO14.001.01 : Menjadwalkan Pengantaran Material : Unit ini menggambarkan kegiatan penjadwalan pengantaran material yang meliputi pengidentifikasian material dari dokumen, memperkirakan kebutuhan jumlah material, penentuan jadwal pengantaran, pelaporan status persediaan material serta proses pemesanan material sesuai prosedur. : : : Perencanaan 8

Bidang Bobot Unit Unit Prasyarat

ELEMEN KOMPETENSI 01 Mengenali persyaratan material. 1.1

KRITERIA UNJUK KERJA Material yang dibutuhkan dikenali dari dokumentasi yang sesuai termasuk jenis dan mutunya. Jumlah yang dibutuhkan harus diperkirakan menurut prosedur pengoperasian yang standar. Kebutuhan dan tanggal pengantaran ditentukan dari rencana produksi, atau kebutuhan urutan kerja. Tindak lanjut dan masalah persediaan material dilaporkan Pemesanan material diproses sesuai dengan prosedur dan kebiasaan menurut organisasi yang telah dibentuk.

1.2

02 Penjadwalan pengantaran material

2.1

2.2 2.3

BATASAN VARIABEL Unit ini teraplikasi untuk memperkirakan, merencanakan, menjadwalkan syarat pengantaran material untuk tujuan proses produksi sehingga material berada dalam jumlah dan spesifikasi yang dibutuhkan. Penjadwalan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kebiasaan organisasi yang telah terbentuk, berdasarkan atas proses yang sudah lazim. Apabila penjadwalan berdasarkan atas data engineering pendukung dan gambar engineering, unit ketrampilan tertentu harus diketahui. Unit ini tidak dimaksudkan untuk digunakan oleh personil yang melaksanakan instalasi dan perawatan.

PANDUAN PENILAIAN 1. Konteks penilaian Unit ini harus dinilai berdasarkan atas pekerjaan. Kompetensi yang tercakup dalam unit ini akan diperagakan oleh personil yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari sebuah kelompok. Lingkup penilaian harus tidak merugikan calon peserta.

Menjalankan Pengantaran Material

666

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

2.

Kondisi Penilaian Calon peserta akan memiliki akses ke semua alat, perlengkapan, material dan dokumentasi yang diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu ke dokumen berikut: 2.1 Semua prosedur tempat kerja yang relevan. 2.2 Semua spesifikasi manufaktur dan produk yang relevan. 2.3 Semua kode, standar, petunjuk dan material referensi yang sesuai. 2.4 Calon peserta akan dipersyaratkan untuk: 2.4.1 secara lisan atau berbagai metode komunikasi lainnya, menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh penilai. 2.4.2 Mengenali rekan kerja yang dapat dijadikan rujukan untuk mengumpulkan bukti kompetensi apabila perlu. 2.4.3 Memberikan bukti kredit bagi semua pelatihan diluar kerja yang berhubungan dengan unit ini, penilai harus puas bahwa calon peserta secara kompeten dan konsisten mengerjakan seluruh elemen di unit ini seperti yang dispesifikasikan oleh kriteria yang ada, termasuk pengetahuan yang dibutuhkan.

3.

Aspek Kritis Unit ini dapat dinilai bersama dengan berbagai unit lainnya yang membahas tentang keselamatan, mutu, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan penjadwalan pengantaran material atau unit yang lainnya yang membutuhkan latihan ketrampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. Kompetensi dalam unit ini tidak dapat ditegaskan sampai semua prasyarat telah dipenuhi.

4.

Catatan khusus Selama penilaian setiap individu akan: 4.1 mendemonstrasikan latihan pekerjaan yang aman setiap waktu. 4.2 memberitahukan informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang sedang dikerjakan untuk memastikan lingkungan kerja yang efisien dan aman. 4.3 bertanggung jawab terhadap mutu pekerjaannya sendiri. 4.4 merencanakan tugas dalam segala situasi dan memeriksa kebutuhan tugas bila perlu 4.5 melaksanakan semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar 4.6 melaksanakan tugas untuk spesifikasi. 4.7 menggunakan tehnik, latihan, proses dan prosedur tempat kerja engineering yang diterima, tugas yang tercakup akan dilengkapi dengan batas waktu yang sesuai yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja yang khas.

5.

Pedoman penilai 5.1 5.2 5.3 Dokumentasi yang sesuai untuk produk yang diberikan diperoleh sesuai dengan prosedur tempat kerja. Jenis dan mutu material yang dibutuhkan dapat diidentifikasi. Kebutuhan dan spesifikasi material dapat diidentifikasi. Prosedur untuk memperkirakan jumlahnya dapat diberikan. Jumlah material yang dibutuhkan diperkirakan sesuai dengan prosedur pengoperasian yang stahdar. Pengantaran material dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan target produksi/proses/kerja dan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur permintaan/pemesanan material dapat dikenali. Persyaratan pengantaran material dapat dikenali. Pengaruh ketidakadaan material pada rencana produksi dan/atau urutan kerja dapat dijelaskan. Prosedur untuk menentukan batas waktu persediaan material dapat diberikan. Prosedur untuk menentukan tingkat persediaan material dapat diberikan.

5.4 5.5

Menjalankan Pengantaran Material

667

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

5.6

5.7

5.8 5.9

Permintaan/pemesanan persediaan material ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Apabila perlu, masalah dengan persediaan material dilaporkan sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur penyediaan material dapat diberikan. Personel yang bertanggung jawab terhadap persediaan material dapat dikenali. Personel yang masalah persediaan materialnya dilaporkan dapat dikenali. Pemesanan material diproses sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur untuk pemesanan/permintaan material dapat diberikan. Konsekuensi atas tindakan untuk tidak mengikuti prosedur organisasi untuk persediaan material dapat dijelaskan.

KOMPETENSI KUNCI NO 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan teknik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi TINGKAT 3 3 2 2 1 2 2

Menjalankan Pengantaran Material

668

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

KODE UNIT JUDUL UNIT DESKRIPSI UNIT

: LOG.OO14.002.01 : Merencanakan Proses Tingkat Dasar : Unit ini menggambarkan kegiatan perencanaan proses tingkat dasar yang meliputi penentuan data produksi dan teknik yang dibutuhkan, penentuan proses produksi, pemeriksaan spesifikasi proses, identifikasi langkah-langkah pada proses, persiapan material dan alat, identifikasi jaminan mutu serta dokumentasi proses. : : : Pengukuran 8

Bidang Bobot Unit Unit Prasyarat

ELEMEN KOMPETENSI 01 Memeriksa spesifikasi proses 1.1

KRITERIA UNJUK KERJA Mendukung data produksi dan engineering yang diperiksa apabila dibutuhkan. Proses produksi yang digunakan bisa ditentukan. Spesifikasi diperoleh dan diuji. Langkah – langkah yang dibutuhkan untuk proses yang diidentifikasikan dan diagram alur yang dibuat apabila dibutuhkan. Daftar material dan bagian disiapkan. Kebutuhan alat dan/atau perlengkapan disimpan. Langkah – langkah dan spesifikasi jaminan mutu dikenali Langkah – langkah proses disimpan dan digambarkan secara jelas

1.2 1.3 02 Menentukan produksi urutan 2.1

2.2 2.3 2.4 2.5

BATASAN VARIABEL Diterapkan untuk salah satu dari tingkat proses manufaktur seperti: permesinan, percetakan, montase permesinan. Diterapkan juga untuk tahap proses produksi secara keseluruhan. Tidak diterapkan untuk pemisah diantara proses tersebut. Pekerjaan untuk unsur proses tersebut direncanakan dengan batas waktu tertentu yang memperhitungkan sumber yang ada dan dibutuhkan. Rencana proses menjelaskan langkah-langkah yang dibutuhkan secara detail, dan kejadian yang penting yang mana perkembangannya dapat diperiksa. Rencana tersebut dikembangkan sesuai dengan prosedur dan kebiasaan organisasi yang disetujui. Apabila rencana berdasarkan atas data engineering pendukung dan gambar engineering, unit ketrampilan yang sesuai harus dipelajari.

Merencanakan Proses Tingkat Dasar

669

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

PANDUAN PENILAIAN 1. Konteks penilaian Unit ini harus dinilai berdasarkan atas pekerjaan. Kompetensi yang tercakup dalam unit ini akan diperagakan oleh personil yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari sebuah kelompok. Lingkup penilaian harus tidak merugikan calon peserta. 2. Kondisi Penilaian Calon peserta akan memiliki akses ke semua alat, perlengkapan, material dan dokumentasi yang diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu ke dokumen berikut: 2.1 semua prosedur tempat kerja yang relevan. 2.2 Semua spesifikasi manufaktur dan produk yang relevan. 2.3 Semua kode, standar, petunjuk dan material referensi yang sesuai. 2.4 Calon peserta akan dipersyaratkan untuk: 2.4.1 secara lisan atau berbagai metode komunikasi lainnya, menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh penilai. 2.4.2 Mengenali rekan kerja yang bisa dijadikan rujukan untuk mengumpulkan bukti kompetensi apabila perlu. 2.4.3 Memberikan bukti kredit bagi semua pelatihan diluar kerja yang berhubungan dengan unit ini, penilai harus puas bahwa calon peserta secara kompeten dan konsisten mengerjakan seluruh unsur di unit ini seperti yang dispesifikasikan oleh kriteria yang ada, termasuk pengetahuan yang dibutuhkan. 3. Aspek Kritis Unit ini dapat dinilai bersama dengan berbagai unit lainnya yang membahas tentang keselamatan, mutu, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan penjadwalan pengantaran material atau unit yang lainnya yang membutuhkan latihan ketrampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. Kompetensi dalam unit ini tidak dapat ditegaskan sampai semua prasyarat telah dipenuhi. 4. Catatan khusus Selama penilaian setiap individu akan: 4.1 mendemonstrasikan latihan pekerjaan yang aman setiap waktu. 4.2 memberitahukan informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang sedang dikerjakan untuk memastikan lingkungan kerja yang efisien dan aman. 4.3 bertanggung jawab terhadap mutu pekerjaannya sendiri. 4.4 merencanakan tugas dalam segala situasi dan memeriksa kebutuhan tugas bila perlu 4.5 melaksanakan semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar 4.6 melaksanakan tugas untuk spesifikasi. 4.7 menggunakan tehnik, latihan, proses dan prosedur tempat kerja engineering yang diterima, tugas yang tercakup akan dilengkapi dengan batas waktu yang sesuai yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja yang khas. 5. Pedoman penilaian 5.1 5.2 5.3 Apabila perlu, data produksi dan engineering yang relevan diperoleh sesuai dengan prosedur tempat kerja. Peran data produksi dan engineering dalam perencanaan proses dapat dijelaskan. Proses produksi yang digunakan dapat dikenali.

Merencanakan Proses Tingkat Dasar

670

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

5.4 5.5 5.6 5.7

5.8 5.9 5.10 5.11 5.12 5.13 5.14 5.15

Semua prosedur, spesifikasi, gambar, dan instruksi kerja diperoleh sesuai dengan prosedur tempat kerja Spesifikasi produk yang diproduksi dapat diberikan. Apabila sesuai, proses produksi diwakili oleh diagram alur yang sesuai dengan prosedur tempat kerja. Langkah – langkah individual dalam proses produksi dapat dikenali. Alasan untuk memilih langkah dan urutan operasi yang telah terpilih dapat dijelaskan. Alasan untuk membuat diagram alur proses produksi dapat diberikan. Daftar bagian dan material disiapkan untuk proses produksi sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur untuk mempersiapkan daftar material dan bagian dapat diberikan. Kebutuhan alat dan/atau perlengkapan disimpan sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur untuk menyimpan kebutuhan alat dan perlengkapan dapat diberikan. Apabila perlu, langkah – langkah jaminan mutu dimasukkan dalam proses diagram alur sesuai dengan prosedur tempat kerja. Prosedur jaminan mutu dapat diberikan. Spesifikasi produk dapat dikenali. Langkah – langkah jaminan mutu dalam proses produksi dapat diidentifikasi. Langkah – langkah proses disimpan secara jelas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur untuk rencana proses penyimpanan dapat diberikan.

KOMPETENSI KUNCI

NO 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan teknik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi

TINGKAT 3 2 3 3 2 2 2

Merencanakan Proses Tingkat Dasar

671

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

KODE UNIT JUDUL UNIT DESKRIPSI UNIT

: LOG.OO14.003.01 : Melakukan Penjadwalan Produksi Dasar : Unit ini menggambarkan kegiatan penjadwalan dasar produksi yang meliputi pengidentifikasian persyaratan, kapasitas dan batasan produksi, waktu standar produksi, penjadwalan produksi komponen serta pencatatan jadwal sesuai dengan prosedur. : : : Pengukuran 8

Bidang Bobot Unit Unit Prasyarat

ELEMEN KOMPETENSI 01 Mengenali persyaratan dan kapasitas produksi 1.1 1.2 1.3

KRITERIA UNJUK KERJA Data produksi engineering dikenali Kapasitas dan persyaratan inventori dapat dikenali. Kebutuhan persediaan dan usaha mendapatkannya dan batasannya dapat dikenali Kapasitas dan batasan produksi dapat dikenali. Waktu yang standar dapat dikenali. Produksi komponen dijadwalkan sesuai dengan produksi, inventaris, usaha mendapatkannya, batas waktu, kapasitas persediaan dan kebutuhan. Jadwal dicatat sesuai dengan prosedur organisasi yang telah disetujui.

1.4 1.5 02 Mempersiapkan jadwal untuk produksi komponen/bagian 2.1

2.2

BATASAN VARIABEL Diaplikasikan untuk menjadwalkan manufaktur terhadap komponen tunggal; penjadwalan terhadap fungsi pemasangan tunggal; atau untuk pekerjaan produksi tunggal yang kecil atau celah produksi, atau unit kerja atau pos kerja; atau proses produksi tunggal dimana hanya terdapat sejumlah kecil pembatas atau faktor yang selalu berubah. Penjadwalan diterapkan kepada hanya bagian dari proses produksi secara keseluruhan. PANDUAN PENILAIAN 1. Konteks penilaian Penilaian untuk unit ini dapat diterapkan pada pekerjaan. Kompetensi yang tercakup dalam unit ini dapat didemonstrasikan oleh peserta yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari suatu kelompok. Lingkup penilaian harus tidak merugikan calon peserta.
Melakukan Penjadwalan Produksi Dasar

672

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

2.

Kondisi Penilaian Calon peserta akan memiliki akses ke semua alat, perlengkapan, material dan dokumentasi yang diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu ke dokumen berikut: 2.1 Semua prosedur tempat kerja yang relevan. 2.2 Semua spesifikasi manufaktur dan produk yang relevan. 2.3 Semua kode, standar, petunjuk dan material referensi yang sesuai. 2.4 Calon peserta akan dipersyaratkan untuk: 2.4.1 secara lisan atau berbagai metode komunikasi lainnya, menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh penilai. 2.4.2 Mengenali rekan kerja yang bisa dijadikan rujukan untuk mengumpulkan bukti kompetensi apabila perlu. 2.4.3 Memberikan bukti kredit bagi semua pelatihan diluar kerja yang berhubungan dengan unit ini, penilai harus puas bahwa calon peserta secara kompeten dan konsisten mengerjakan seluruh unsur di unit ini seperti yang dispesifikasikan oleh kriteria yang ada, termasuk pengetahuan yang dibutuhkan.

3.

Aspek Kritis Unit ini dapat dinilai bersama dengan berbagai unit lainnya yang membahas tentang keselamatan, mutu, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan penjadwalan pengantaran material atau unit yang lainnya yang membutuhkan latihan ketrampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. Kompetensi dalam unit ini tidak dapat ditegaskan sampai semua prasyarat telah dipenuhi.

4.

Catatan khusus Selama penilaian setiap individu akan: 4.1 mendemonstrasikan latihan pekerjaan yang aman setiap waktu. 4.2 memberitahukan informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang sedang dikerjakan untuk memastikan lingkungan kerja yang efisien dan aman. 4.3 bertanggung jawab terhadap mutu pekerjaannya sendiri. 4.4 merencanakan tugas dalam segala situasi dan memeriksa kebutuhan tugas bila perlu. 4.5 melaksanakan semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. 4.6 melaksanakan tugas untuk spesifikasi. 4.7 menggunakan tehnik, latihan, proses dan prosedur tempat kerja engineering yang diterima, tugas yang tercakup akan dilengkapi dengan batas waktu yang sesuai yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja yang khas.

5.

Pedoman penilai 5.1 5.2 5.3 5.4 Seluruh data produksi yang relevan diperoleh sesuai dengan prosedur tempat kerja. Sumber data produksi engineering dapat dikenali. Kapasitas inventori dapat dikenali. Persyaratan inventori dapat dikenali. Personel yang bertanggung jawab terhadap penentuan tingkat inventori dapat dikenali. Material yang dibutuhkan untuk memproduksi produk yang diberikan dapat dikenali. Prosedur penyediaan material dapat diberikan. Batas waktu penyediaan material dapat dikenali. Pengaruh dari batas waktu penyediaan material terhadap penjadwalan produksi dapat dijelaskan. Kapasitas produksi untuk produk yang diberikan dapat dikenali. Faktor yang mempengaruhi kapasitas produksi dapat dijelaskan. Sumber informasi tentang waktu yang standar dapat dikenali. Waktu yang standar untuk proses manufaktur yang diberikan dapat dikenali.

5.5 5.6

Melakukan Penjadwalan Produksi Dasar

673

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Logam Mesin

5.7 5.8 5.9

Jadwal produksi untuk komponen yang diberikan diproduksi sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Jadwal produksi dicatat sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar. Prosedur untuk mencatat jadwal produksi dapat diberikan.

KOMPETENSI KUNCI NO 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan teknik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi TINGKAT 3 3 3 3 2 2 2

Melakukan Penjadwalan Produksi Dasar

674


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:122
posted:8/12/2009
language:Indonesian
pages:9