OTO.KR03.014.01_Memperbaiki Poros-Poros Penggerak Roda by amayaku

VIEWS: 2,042 PAGES: 4

									Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

KODE UNIT JUDUL UNIT

: :

OTO.KR03.014.01 Memperbaiki Poros-Poros Penggerak Roda Unit ini mengidentifikasikan kompetensi yang dibutuhkan untuk memperbaiki poros penggerak roda/drive shafts dan komponen-komponennya untuk kendaraan ringan.
KRITERIA UNJUK KERJA

DESKRIPSI UNIT :

ELEMEN KOMPETENSI

01

Memperbaiki poros penggerak roda/ drive shafts dan komponenkomponennya

1.1 Perbaikan poros penggerak roda/drive shafts, dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 1.2 Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. 1.3 Perbaikan dan/atau penggantian pada poros penggerak roda/drive shafts dan komponen komponennya dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang tepat, sesuai dengan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik/kendaraan. 1.4 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan poros penggerak roda. 1.5 Seluruh kegiatan pemeliharaan/servis poros penggerak roda/drive shafts dan komponenkomponennya dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundangundangan dan prosedur/kebijakan perusahaan.

Batasan Variabel 1. Batasan Konteks Standar kompetensi ini digunakan berhubungan dengan kendaraan ringan. 2. untuk komponen/sistem yang

Sumber Informasi/dokumen dapat termasuk: 2.1 2.2 2.3 spesifikasi pabrik kendaraan/alat industri SOP (Standard Operation Procedures) perusahaan persyaratan ditempat kerja/industri
243

Memperbaiki Poros-poros Penggerak Roda

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

2.4 2.5 3.

spesifikasi pabrik komponen/produk kebutuhan pelanggan.

Pelaksanaan K 3 harus memenuhi: 3.1 3.2 undang-undang tentang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ketentuan di bidang industri.

4.

Sumber - sumber dapat termasuk: 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 4.6 peralatan tangan/hand tools, peralatan untuk penggantian/penyetel, perlengkapan pengangkat peralatan bertenaga/power tools perlengkapan press perlengkapan pemanas puller, peralatan khusus/special tools perlengkapan pengukur.

5

Kegiatan: Kegiatan harus dilaksanakan dibawah kondisi kerja normal dan harus meliputi: 5.1 5.2 5.3 tes fungsi penilaian pendengaran, visual dan fungsi (meliputi: kerusakan, keausan, kebocoran pelumas, kelurusan) tes dinamometer.

6.

Persyaratan khusus: 6.1 6.2 front wheel drive, rear wheel drive, 4 wheel drive undercarriage assemblies

7

Variabel-variabel lain dapat termasuk : U-joints, CV joints, CV boots, centre bearings, half shafts, axles, bearings, track, track roller and idler, track tensioners, sprockets, drive shafts, power take off drives.

Panduan Penilaian 1. Konteks: 1.1 1.2 Pengetahuan dan ketrampilan dasar dapat dinilai melalui pekerjaan dan tidak melalui pekerjaan. Penilaian ketrampilan dapat dilakukan setelah periode pelatihan yang diawasi dan pengalaman melakukan sendiri pada tipe yang sama. Jika kondisi tempat kerja tidak memungkinkan, penilaian dapat dilakukan melalui simulasi. Hasil yang telah ditentukan harus dapat tercapai tanpa pengawasan langsung. Kompetensi harus dinilai sesuai konteks kualifikasi yang sedang diperhatikan.

1.3 1.4

Memperbaiki Poros-poros Penggerak Roda

244

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

2.

Aspek penting: Kompetensi penting diamati secara menyeluruh agar mampu menerapkan kompetensi pada keadaan yang berubah-ubah dan merespon situasi yang berbeda pada beberapa aspek-aspek berikut: 2.1 pemahaman dan komunikasi informasi kerja 2.2 mengikuti prosedur perbaikan poros penggerak roda/drive shafts dan komponen-komponennya.

3.

Pengetahuan dasar: 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.8 3.9 prosedur pembongkaran, penggantian dan perbaikan. konstruksi dan kerja dari komponen/sistem yang berhubungan pada final drive (sesuai pada penggunaan). prosedur pengujian. penilaian komponen. informasi teknik yang sesuai. persyaratan keamanan peralatan. persyaratan keamanan kendaraan/alat industri. kebijakan pabrik/perusahaan. persyaratan keselamatan diri.

4.

Penilaian praktek: 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 4.6 4.7 mengakses, memahami dan menerapkan informasi teknik mengidentifikasi kerusakan pada sistem penggerak roda menilai komponen memperbaiki poros penggerak roda dan komponen-komponennya menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sesuai menguji poros penggerak roda dan komponen-komponennya menggunakan prosedur keselamatan diri.

5

Unjuk Kerja dari ketrampilan yang diperlukan: 5.1 melaksanakan tugas rutin dengan prosedur yang ditetapkan dimana kemajuan ketrampilan seseorang di awasi secara berkala oleh pengawas. melaksanakan tugas yang lebih luas dan sulit dengan peningkatan kemandirian dan tanggung jawab individu. Hasil pekerjaan diperiksa oleh pengawas. melaksanakan kegiatan yang kompleks dan tidak rutin; menjadi mandiri dan bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lainnya.

5.2

5.3

Kompetensi Kunci No 1 2 3 4 5 6 7 Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi Tingkat 1 1 2 2

Memperbaiki Poros-poros Penggerak Roda

245

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

Memperbaiki Poros-poros Penggerak Roda

246


								
To top