OTO.KR02.005.01_Membongkar Blok Engine dan Menilai Komponen

Document Sample
OTO.KR02.005.01_Membongkar Blok Engine dan Menilai  Komponen Powered By Docstoc
					Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

KODE UNIT JUDUL UNIT

: :

OTO.KR02.005.01 Membongkar Komponen Blok Engine dan Menilai

DESKRIPSI UNIT

:

Unit ini mengidentifikasikan kompetensi yang dibutuhkan untuk pembongkaran, pemeriksaan, penilaian dan menentukan langkah perbaikan untuk blok engine dan bagiannya sebagai bagian dari sebuah prosedur mengembalikan kondisi semula.

Persyaratan pendahuluan: OTO.KR10.010.01 – Menggunakan dan Memelihara Alat-alat Ukur ELEMEN KOMPETENSI 01 Membongkar blok engine dan bagiannya 1.1 KRITERIA UNJUK KERJA Blok engine dan bagiannya dibongkar tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya. Blok engine dan bagiannya dibongkar menggunakan metode yang telah ditentukan dengan peralatan/perlengkapan yang tepat. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. Bagian-bagian komponen dibersihkan sebagai persiapan untuk penilaian. Seluruh kegiatan pembongkaran/pembersihan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan. Pemeriksaan/pengukuran/ pengujian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. Blok engine dan bagiannya diukur berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik. Blok engine dan bagiannya dinilai berdasarkan pengukuran, pengujian dan pemeriksaan yang dibuat.

1.2

1.3 1.4 1.5

02

Memeriksa/mengukur 2.1 / menguji blok engine dan bagiannya sesuai prosedur perbaikan yang 2.2 ditentukan 2.3 2.4

Membongkar Blok Engine dan Menilai Komponen

123

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

ELEMEN KOMPETENSI 2.5

KRITERIA UNJUK KERJA Kebutuhan perbaikan diidentifikasikan dan dilaporkan berdasarkan kebijakan dan prosedur perusahaan. Data yang tepat dilengkapi sesuai pemeriksaan/pengukuran/pengujian. hasil

2.6 2.7

Seluruh kegiatan pemeriksaan / pengukuran / pengujian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undangundang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan.

Batasan Variabel 1. Batasan konteks: Standar kompetensi ini digunakan untuk jasa pelayanan pemeliharaan/servis & perbaikan di bidang perbengkelan. 2. Sumber informasi/dokumen dapat termasuk: 2.1 2.2 2.3 2.4 3. Spesifikasi pabrik kendaraan SOP (Standard Operation Procedures) perusahaan Persyaratan ditempat kerja/industri Kebutuhan pelanggan.

Pelaksanaan K 3 harus memenuhi: 3.1 3.2 Undang-undang tentang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Ketentuan di bidang industri

4.

Sumber-sumber dapat termasuk: 4.1 Peralatan tangan/hand tools, peralatan bertenaga/power tools, peralatan khusus/special tools, peralatan pengukuran, peralatan pengangkat, peralatan pengujian, peralatan pembersih, pencuci bagian-bagian engine, dan peralatan pembersih kimia. Peralatan pengujian keretakan dan peralatan penguji tekanan.

4.2 5

Kegiatan: Kegiatan harus dilaksanakan dibawah kondisi kerja normal dan harus termasuk: pembongkaran, pembersihan, pengukuran terhadap spesifikasi, berbagai jenis pemeriksaan (seperti pemeriksaan keretakan dan tekanan), inspeksi visual, membandingkan dengan yang baru, dan membandingkan dengan spesifikasi.

Membongkar Blok Engine dan Menilai Komponen

124

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

6.

Persyaratan khusus: Berbagai komponen engine (termasuk poros engkol/camshaft, poros bubungan/camshaft, blok silinder, poros penghubung/idler, piston, batang piston/connecting rod, bantalan, cincin, roda gigi, rantai, sabuk, puli, poros engkol, pompa oli)

7.

Variabel lain dapat termasuk: Sistem tambahan (seperti sistem pendinginan, sistem bahan bakar, sistem pembuangan)

Panduan Penilaian 1. Konteks: 1.1 1.2 Pengetahuan dan ketrampilan dasar dapat dinilai melalui pekerjaan dan tidak melalui pekerjaan. Penilaian ketrampilan praktek dapat dilakukan setelah periode pelatihan yang diawasi dan pengalaman melakukan sendiri pada tipe yang sama. Jika kondisi tempat kerja tidak memungkinkan, penilaian dapat dilakukan melalui simulasi. Hasil yang telah ditentukan harus dapat tercapai tanpa pengawasan langsung. Kompetensi harus dinilai sesuai konteks kualifikasi yang sedang diperhatikan.

1.3 1.4 2.

Aspek-aspek penting: Kompetensi penting diamati secara menyeluruh agar mampu menerapkan kompetensi pada keadaan yang berubah-ubah dan merespon situasi yang berbeda pada beberapa aspek-aspek berikut: 2.1 Pembongkaran blok engine dan bagiannya dan dinilai/dianalisa dengan akurat sesuai kondisi tertentu 2.2 Menentukan perbaikan yang tepat 2.3 Penilaian unit ini dilakukan setelah kompetensi unit OTO.KR10.010.01 diperagakan

3.

Pengetahuan dasar: 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.8 3.9 3.10 3.11 Metode dan prosedur pembongkaran Prosedur pengukuran dan pengujian Metode perbaikan Informasi teknik yang sesuai untuk perbandingan Persyaratan keamanan perlengkapan kerja Kebijakan perusahaan Persyaratan keselamatan diri Teknik penanganan secara manual Metode dan materi pembersihan Prinsip dari kerja engine Konstruksi dan pengoperasian blok engine dan bagiannya sesuai dengan penggunaannya

Membongkar Blok Engine dan Menilai Komponen

125

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

4.

Penilaian praktek: 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 4.6 4.7 4.8 4.9 Mengakses, memahami dan menerapkan informasi teknik Menggunakan prosedur pembongkaran Menggunakan prosedur pengujian Menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sesuai Menyimpan/memelihara catatan/data perusahaan/pelanggan Menggunakan peralatan pengukuran Menggunakan teknik penanganan secara manual Memeriksa dan membandingkan berbagai komponen spesifikasi terbaru Memutuskan tindakan tepat untuk perbaikan yang diperlukan

untuk

5

Unjuk Kerja dari ketrampilan yang diperlukan: 5.1 5.2 5.3 Melaksanakan tugas rutin dengan prosedur yang ditetapkan dimana kemajuan ketrampilan seseorang di awasi secara berkala oleh pengawas. Melaksanakan tugas yang lebih luas dan sulit dengan peningkatan kemandirian dan tanggung jawab individu. Hasil pekerjaan diperiksa oleh pengawas. Melaksanakan kegiatan yang kompleks dan tidak rutin; menjadi mandiri dan bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lainnya.

Kompetensi Kunci No 1 2 3 4 5 6 7 Kompetensi Kunci Dalam Unit ini Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas Bekerja dengan orang lain dan kelompok Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika Memecahkan masalah Menggunakan teknologi Tingkat 1 1 2 1 1 1 -

Membongkar Blok Engine dan Menilai Komponen

126


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags: SKKNI, OTOMOTIF
Stats:
views:627
posted:8/9/2009
language:Indonesian
pages:4