Documents
Resources
Learning Center
Upload
Plans & pricing Sign in
Sign Out

KATAPENGANTARdan abstrak

VIEWS: 391 PAGES: 2

									ABSTRAK DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang merupakan standar dari IETF (Internet Engineering Task Force) berguna untuk memberikan parameter konfigurasi ke host jaringan. Sehingga dengan setting IP dinamis pada komputer klien, dapat melakukan konfigurasi klien-klien komputer pada komputer server. Kelemahan DHCP ini diantaranya terhubungnya komputer yang tidak diinginkan masuk pada jaringan komputer. Sehingga komputer atau laptop yang tidak diinginkan tersebut dapat mengakses sumber daya yang ada pada jaringan. Untuk menghindari hal tersebut, setiap klien komputer yang ingin terhubung ke jaringan harus diidentifikasi keabsahannya. Dengan menerapkan MAC Address yang dimiliki oleh setiap NIC, dapat diketahui keabsahan komputer tersebut. Sehingga jika ada MAC Address yang tidak terdaftar di komputer DHCP Server, maka komputer tersebut tidak dapat mengakses jaringan.

Kata Kunci : DHCP, MAC Address, NIC

i

KATA PENGANTAR Syukur atas kehadiratNya, karena penulis dapat menyelesaikan laporan akhir ini tepat pada waktunya. Laporan akhir ini merupakan tugas dari mata kuliah Keamanan Sistem Lanjut (EC 7010). Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. Bapak Dr.Ir. Budi Rahardjo, selaku Dosen mata kuliah Keamanan Sistem Lanjut yang membimbing dan mengarahkan penulis hingga selesai penulisan laporan akhir ini. 2. Rekan-rekan angkatan 2003 di Program Studi Teknik Elektro, Bidang khusus Teknologi Informasi ITB.

Penulis berharap laporan akhir ini bermanfaat bagi pembaca yang berminat dan mengembangkan sistem keamanan komputer. Akhir kata, penulis mengharapkan kritik dan saran guna sempurnanya laporan ini. Terima kasih.

Bandung, Desember 2004

Penulis

ii


								
To top