klp XII d

Document Sample
klp XII d Powered By Docstoc
					Disusun Oleh

KELOMPOK XII / D
Anggota

1. NICHOE K.S. (35) 2. FERY P. 3. YUDI T. (33) (37)

AKTIVITAS SENAM
Standart Kompetensi : Melakukan berbagai ketrampilan senam berdasarkan konsep yang benar dan memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kompetensi Dasar : Melakukan salah satu nomor senam lantai dengan alat atau tanpa alat. Alokasi Waktu Dilaksanakan Ringkasan Materi A. Senam Lantai Senam ketangkasan adalah bentuk-bentuk gerakan senam yang dilakukan dengan unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan, keterampilan, keberanian, dan kepercayaan pada diri sendiri. Senam ketangkasan merupakan urutan gerakan dari suatu rangkaian yang terpadu yang dilakukan dengan cepat, lepat, luwes, dan lancar sehingga indah dipandang. Senam ketangkasan sering disebut senam pertandingan atau senam artistik, karena gerakan-gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. B. Jenis-Jenis Latihan Senam Lantai 1. Gerakan Salto Menurut bentuk dasar dan posisinya, gerakan salto dibagi menjadi tiga macam: a. Salto ke depan. b. Salto ke belakang. c. Salto ke samping. Sedangkan menurut bentuk atau sikap dasarnya dibagi menjadi: a. Salto depan jongkok. b. Salto depan sudut atau kaki lurus. c. Salto beiakang jongkok. d. Salto belakang sudut atau kaki lurus. e. Salto samping lutut bengkok. f. Salto samping kaki lurus. : : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan) Pada pertemuan ke-13 dan 14

Pembagian gerakan salto tersebut dapat dikembangkan dengan berbagai variasi gerakan salto. a. Prinsip-prinsip gerakan salto terdiri dari: 1) Awalan dan tolakan kedua kaki meloncat ke atas setinggi-tingginya. 2) Dengan gerakan yang eksklusif membuat gerak badan memutar di udara (titik) berat badan diperkecil.

3) Mendarat dengan kedua kaki mengeper. 4) Koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan sangat menentukan keberhasilan gerakan. b. Latihan awalan dan tolakan kedua kaki 1) Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan diangkat di depan atas dada. 2) Kaki agak ditekuk, badan agak condong ke depan, dan berat badan bertumpu pada tumit. 3) Secara berurutan, gerakan kaki dan tangan siap menolak Cara melakukan gerakan: Posisi badan tegak, awalan dilanjutkan dengan loncat kaki dan tangan memegang lutut, dilanjutkan dengan memutar dan ayunan tangan ke depan. Kemudian mendarat dengan berdiri. Dikatakan salto ke depan apabila mampu melakukan tolakan putaran-putaran badan di udara serta mampu mendarat dengan berdiri pada kedua kaki. c. Cara memberi pertolongan 1) Mengaitkan kedua tangan ke tangan penolong. 2) Dengan bantuan sabuk pengaman. 3) Menangkap dan membantu putaran badan. Di dalam melakukan latihan salto ke depan, bagi pennula sebaiknya menggunakan bantuan baik bantuan teman atau guru yang sering dilakukan. d. Kesalahan umum yang sering dilakukan 1) Tolakan atau loncatan kurang tinggi. 2) Tidak meloncat sama sekali. 3) Putaran gorak badan kurang cepat. 4) Pada saat mendarat jongkok atau mendarat dengan pantat. 2. Gerakan Flik-Flak Pada umumnya disebut flik-flak atau juga back hand spring. Teknik gerakannya sebagai berikut: a. Sikap permulaan berdiri menghadap berlawanan dengan arah gerakan, kedua lutut bengkok, kedua lengan lurus ke bawah di depan badan, pandangan lurus ke depan. b. Condongkan badan sedikit ke belakang, tolakkan kaki kuat-kuat ke atas, lutut lurus disertai ayunan kedua lengan lurus ke depan atas, kepala digerakkan ke arah punggung, badan melayang di udara dalam keadaan membusur. c. Mendarat pada tangan, tangan menumpu selebar bahu lengan lurus. Ayunan tungkai ke arah perut, tangan menolak sekuat-kuatnya, badan melayang mendarat pada kedua kaki rapat, tangan. lurus ke depan atau ke atas.

3. Gerakan Loncat Harimau (Tiger Sprong) Secara prinsip teknik gerakan loncat harimau tidak jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan. Loncat harimau adalah sikap loncatan membusur dengan kedua tangan lurus ke depan pada saat melayang dan diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir jongkok. Cara melakukannya sebagai berikut: a. Berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping, pandangan lurus ke depan. b. Dengan gerakan awalan jongkok melakukan gerakan meloncat ke depan atas dengan tolakan dua kaki, saat melayang kedua lengan lurus ke depan. c. Pada saat kedua tangan menyentuh, kepala menunduk ke dada antara kedua tangan, sehingga bahu dan tengkuk menyentuh matras, lipat kedua kaki, selanjutnya mengguling ke depan dengan tangan lurus. d. Sikap akhir jongkok terus berdiri.

Gambar gerakan loncat harimau dengan awalan jongkok Jika hal ini sudah dapat dilakukan dengan baik, maka dapat dilanjutkan dengan sikap berdiri atau dengan awalan.

Gambar gerakan loncat harimau dengan awalan berdiri C. Pengertian Senam Alat Senam alat adalah salah satu bagian dari rumpun senam, sesuai dengan istilah senam alat, maka gerakannya dilakukan dengan alat perkakas. Tahun 1850 Frederlch John (Jerman) menambah pelana pada punggung kuda yang disebut dengan Pommeld Horse. Perkakas yang dipakai untuk latihan melompat terdiri dari:

1. Kuda lompat Adalah perkakas kuda-kuda tanpa pelana. "Long horse" (putra), kuda diletakkan memanjang. "Side horse" (putri) diletakkan melintang. Tinggi kuda lompat mula-mula 155 cm untuk putre dan 110 cm untuk putri. Akan tetapi, dengan diperkenalkannya papan tolax (beatboard) yang menyebabkan daya tolak yang tinggi dan lebih kuat dari seorang pesenam, tinggi kuda dinaikkan menjadi 135 cm dan untuk putri menjadi 120 cm. 2. Papan tolak Terbuat dari kayu dan tidak boleh ada unsur logam. Papan tolak atau beatboard disebut juga "Rheut er board'. Rheuter adalah orang yang menciptakan papan tolak tersebut. Papan tolak ini juga dipakai untuk latihan balok titian (balance beam) dan palang bertingkat (uneven bars). 3. Lintasan Lintasan harus bebas dari rintangan agar tidak mengganggu pesenam yang melakukan latihan. Lintasan untuk lari membuat awalan (run way) panjangnya antara 18 m - 25 m, lebar 100 cm, tebal alas 2 cm. 4. Kasur atau matras Kasur atau matras untuk mendarat (landing mat) diletakkan di belakang kuda lompat. Umumnya, tebal matras atau kasur 21 cm, panjang 200 cm, dan lebar 125 cm. Teknik Melompat Latihan lompat di atas peti lompat ini terbagi menjadi: 1. Tahap pertama yang terdlrl dari tiga bagian a. Awalan Adalah suatu gerakan lari yang mengawali suatu Ipmpatan. Lari untuk awalan ini akan menentukan hasil seluruh lompatan berikutnya. Teknik pelaksanaannya sebagai berikut. 1) Lari dengan pandangan mata ke depan (melihat papan tolak dan peti lompat). 2) Ayun lengan ke depan atas dan belakang atas (tidak ke samping). 3) Tolakan tungkai ke bawah belakang dengan ujung kaki. 4) Angkat lutut sedemikian rupa sehingga pada saat kaki menyentuh lantai tolakannya cukup kuat untuk menambah kecepatan. 5) Mula-mula langkah agak pendek, kemudian diperbesar sampai mencapai langkah penuh.

6) Buat langkah yang teratur dengan kecepatan yang meninggi.

Gambar awalan loncat kangkang

b. Tolakan kaki (take off) Tolakan kaki atau take off adalah gerakan pada saat kedua kaki menolak dan meninggalkan papan tolak. Persiapannya adalah sediakan garis pada ujung lirtasan, kemudian sediakan papan tolak. Teknik pelaksanaannya adalah sebagai berikut. 1) Pada saat kaki menyentuh papan tolak, badan berada di belakang garis vertikal atau garis tegak. Lutut sedikit ditekuk. 2) Saat menolak, tolakan kedua ujung kaki bersama-sama dengan kuat dan ayun kedua lengan ke atas untuk menambah momentum. Badan condong ke depan, tolakan kaki secara eksMusif, (secepat-cepatnya meluruskan kedua lutut secara sempurna). Pergelangan kaki luruskan iuaa dencan sempurna.

Gambar saat take off c. Melayang atau Pre Flight Melayang adalah gerakan saat melayang dari papan tolak sannpai tangan bertumpu pada peti lompat. 1) Pada saat melayang, sikap badan harus lurus dan tegak, lengan lurus di atas kepala. 2) Jangan melayang terlalu tinggi, sebab bila terlalu tinggi kecepatan ke depan akan berkurang. 3) Telapak tangan agak terbuka, jari-jari mengarah ke depan, seluruh telapak tangan menyentuh peti. 4) Lebar kedua tangan selebar bahu dengan meletakkan tangan di tengah-tengah zona peti.

2. Tahap kedua yang terdiri dari dua bagian a. Melayang kedua yaitu saat melayang antara bertumpu dengan tangan dan mendarat b. Mendarat.

Gambar melayang setelah take off 3. Teknik Lompat Kangkang Lompat kangkang di atas peti lompat ada dua macam: a. Lompatan dengan panggul ditekuk atau menyudut yaitu lompatan dengan membuat sikap kangkang tanpa meluruskan badan terlebih dahulu. Teknik pelaksanaannya adalah sebagai berikut: 1) Setelah awalan dan take off. angkat panggul tinggi-tinggi. 2) Pada saat tangan menyentuh peti atau kuda lompat, panggul ditekuk, tangan dibuka (gerakan ke samping). 3) Tolakan tangan kuat dengan mengangkat dada dan kepala ke arah atas. 4) Setelah kaki melewati peti lompat, luruskan badan dan rapatkan tungkai sebelum mendarat. 5) Mendaratkan kedua kaki dengan rapat, lutut agak ditekuk.

Gambar lompat kangkang panggul ditekuk b. Lompatan dengan panggul lurus lay out yaitu lompatan dengan meluruskan badan lebih dulu sebelum sikap kangkang. Teknik pelaksanainnya sebagai berikut. 1) Sambil mengangkat panggul, ayun tungkai tinggi di atas garis horisontat. 2) Pada saat tangan bertumpu pada peti, badan merupakan satu garis lurus dan membuat sudut antara 20° - 30° dengan garis horizontal. 3) Setelah badan lurus, tekuk panggul dan buka kaki. Bersamaan dengan itu, tolakkan tangan kuat-kuat pada peti lompat. 4) Angkat dada dan lewatkan kedua kaki dari peti.

5) Saat kedua kaki melewati peti lompat, luruskan badan dan angkat lengan ke depan atas. 6) Mendarat dengan menekukkan lutut dan condongkan badan sedikit ke depan (menekuk panggul, akhiri dengan sikap sempurna).

Gambar lompat kangkang lay out Kesalahan yang sering terjadi pada lompat kangkang 1. Panggul kurang diangkat tinggi, sehingga tidak berhasil membuat sikap kangkang di atas peti lompat. 2. Lutut bengkok, kepala dan dada tidak terangkat pada saat tangan rnenyentuh peti. 3. Kedua lengan tidak lurus dan kepala terlalu ke depan, sehingga menyebabkan tangan tidak lurus dengan badan. Kegiatan Pembelajaran Jawaban pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan asal usul adanya peti lompat (pommeld horse)! Jawab : ……………………………………………………………………………………………….. 2. Jelaskan yang dimaksud dengan awalan dalam lompat kangkang di atas peti lompat! Jawab : ……………………………………………………………………………………………….. 3. Sebutkan tahap pertama latihan lompat kangkang di atas peti lompat! Jawab : ……………………………………………………………………………………………….. 4. Sebutkan macam-macam teknik lompat kangkang di atas peti lompat! Jawab : ……………………………………………………………………………………………….. 5. Sebutkan kesalahan yang sering dilakukan pelompat kangkang saat berada di atas peti lompat! Jawab : ………………………………………………………………………………………………..

Tes Formatif
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling benar! 1. Teknik dasar lompat kangkang di atas peti lompat adalah .... a. pengambilan awalan lari dengan pelan b. tolakan tangan lemah dan konsentrasi penuh c. angkat panggul tinggi d. angkat panggul harus dengan pelan e. kepala menengadah 2. Cara pengambilan awalan, berdiri tegak, sejajar papan tolakan dengan jarak .... a. 5 -10 m b. 10 -15 m c. 15 – 20 m d. 20 - 25 m e. 25 - 30 m

3. Apabila sudah merasa siap melakukan lompatan, benarilah menapak dengan menggunakan .... a. ujung kaki b. pangkal kaki d. tumit dengan menapak pelan-pelan e. telapak kaki dengan pelan-pelan

c. kaki dan tumit secara bersama-sama 4. Pada saat tangan menyentuh peti atau kuda-kuda lompat diteruskan .... a. kaki dibuka lebar-lebar mengangkat bahu b. pangkal ditekuk c. angkat panggul dan tubuh di samping kiri kanan d. gerakan ke samping dengan angkat kaki e. kaki iurus ke saiiiping dengan lebar 5. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelompat adalah .... a. kaki dibuka terlalu lebar b. diakhiri dengan sikap sempurna c. lututnya Iurus dan samping kiri kanan d. lututnya bengkok e. lututnya menyamping dengan sempurna 6. Ketinggian alat senam horizontal bar dari tanah .... a. 250 cm b. 251 cm c. 252 cm d. 253 cm e. 255 cm

7. Senam lantai disebut juga dengan istilah .... a. asymmetrical bars b. floor exercises c. horizontal bar d. parallel bar e. still ring

8. Alat Senam palang tunggal disebut.... a. horizontal bar b. parallel bar 9. Kuda-kuda lompat disebut.... a. horizontal bar b. parallel bar c. still ring d. side horse e. side c. still ring d. ringen e. side

10. Ketinggian palang sejajar dari tanah adalah .... a. 1,3 m b. 1,4 m c. 1,5 m d. 1,6 m e. 1,7 m

11. Alat senam yang khusus digunakan untuk wanita adalah .... a. palang tunggal b. palang sejajar c. palang bertingkat 12. Alat senam yang dapat digunakan untuk wanita dan pria adalah a. palang tunggal b. palang sejajar c. palang bertingkat 13. Teknik lompat kangkang disebut.... a. straddle voult b. side pass c. jumping d. side horse e. horse volt d. kuda-kuda lompat e. kuda-kuda pelana d. kuda-kuda lompat e. kuda-kuda pelana

14. Pada waktu awalan lenting tangan ada gerakan .... a. loncat adalah …. a. kedua kaki b. kepala c. dahi d. kedua tangan e. bahu b. lompat c. jalan d. lari e. putar

15. Sikap awalan dengan gerakan menolak kemudian menumpu pada gerakan hand spring

16. Latihan yang menunjang gerakan hand spring adalah .... a. push up b. squar trush c. loncat-loncat d. sit up e. back up

17. Dalam rangkaian gerakan guling depan, lenting tengkuk dan lenting tangan, sikap akhirnya adalah.... a. Jongkok b. berdiri 18. Senam lantai biasa beralaskan .... a. kasur b. rumput c. matras d. tanah e. kain c. berlutut e. jatuh ke depan d. tidur

19. Ukuran alas untuk latihan senam lantai adalah .... a. 8 x 8 m b. 9 x 9 m c. 10 x 10 m d. 11 x 11 m e. 12 x 12 m

20. Untuk menjaga keamanan pesenam, setiap sisi lapangan senam lantai diberi matras selebar.... meter. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

21. Paktor nilai tertinggi pada gerakan senam adalah gerakan yang mempunyai.... a. kesulitan b. kemudahan c. keindahan d. nilai akrobatik e. keanehan

22. Lenting tengkung kedua kaki akan bergerak dengan .... a. jalan b. lari c. loncat d. lompat e. melecut

23. Leiiting tengkung akan bergerak dengan teknik yang baik akan mendaratkan .... dengan sempurna. a. kedua kaki b. kedua tangan c. pantat d. punggung e. tengkuk

24. Sebelum melakukan kegiatan gerakan senam dimulai dengan .... a. pembukaan b. penutupan c. pemanasan d. pendinginan e. cooling down

25. Setelah melakukan gerakan senam akan diakhiri dengan kegiatan .... a. pembukaan b. pendahuluan c. pemanasan d. pendinginan e. latihan

B. Jawaban pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan yang dimaksud dengan senam alat! Jawab : ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ 2. Jelaskan faktor-faktor yang sangat diperlukan dalam nomor senam mat! Jawab : ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ 3. Jelaskan teknik awalan tolakan dua kaki dalam lompat kangkang di atas peti lompat! Jawab : ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ 4. Jelaskan teknik cara mengambil awalan dalam teknik lompat kangkang di atas peti lompat! Jawab : ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ 5. Jelaskan yang dimaksud melayang pertama (first flighty) Jawab : ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:26759
posted:7/28/2009
language:Indonesian
pages:11