Docstoc

Teacher's Book LMF Bahasa Inggris 2

Document Sample
Teacher's Book LMF Bahasa Inggris 2 Powered By Docstoc
					Kunci Jawaban Let’s Make Friends with English untuk SD Kelas 2

Lesson 1

At the Dreamland

Let’s talk about it (hlm. 2) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar mengenai taman bermain. Di dalam gambar tersebut terdapat beberapa jenis permainan yang biasa kita jumpai di taman bermain seperti roller coaster (kereta luncur), ferris wheel (kinciran), tea cups (cangkir berputar), dan merry-go-round (permainan kuda-kudaan). Setelah itu, guru mengucapkan dialog yang terdapat di dalam gambar sebanyak dua kali (bila guru mempunyai kaset/CD untuk listening, guru dapat memutar kaset/CD tersebut) dan siswa diminta untuk meniru pengucapan dialog di dalam gambar. Let’s listen and repeat (hlm. 3) Pada bagian ini guru akan mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan topik At the Dreamland. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru menyebutkan nama-nama benda atau memutar kaset/CD listening dan mengajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama bendabenda tersebut. Let’s learn about it (hlm. 4) Siswa akan diajak mempelajari penggunaan kata “have” dan “do not have” dalam kalimat sederhana dengan bentuk simple present tense. Sebelumnya, guru akan membaca kalimat yang terdapat di bawah setiap gambar. Selanjutnya, guru menjelaskan konsep pembentukan kalimat yang menggunakan kata-kata tersebut tanpa menyebutkan bahwa mereka tengah mempelajari English grammar. Perlu ditekankan bahwa bagian ini hanya mengajarkan kata ganti orang pertama “I” yang digunakan bersama kata kerja “have” dan “do not have”. Penggunaan artikel “a” harus diikuti dengan 1 buah benda nyata (real singular object). Kata ganti orang pertama “you” boleh mulai diperkenalkan dengan konsep yang sama. Let’s listen and repeat (hlm. 5) Pada bagian ini, guru dapat melihat apakah siswa telah mengerti (tidak harus menguasai) konsep kalimat yang menggunakan kata “have” dan “do not have” yang diikuti dengan penggunaan artikel “a” dan nama sebuah benda nyata. Siswa diminta mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi ucapan yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:

Kunci Jawaban

47

Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6. Let’s write (hlm.6) Siswa diminta untuk menuliskan nama dari benda yang terdapat di dalam gambar di dalam kotak-kotak yang telah disediakan. Nama-nama benda tersebut telah disediakan di bagian atas gambar sehingga siswa hanya perlu memilih. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menulis nama benda secara tepat termasuk ejaan. Jawaban:

A Ferris Wheel

A Roller Coaster

A Merry-go-round Tea Cups

Bumper Cars

Gambar taman bermain (sesuai soal)

Let’s ask and answer (hlm. 7) Pada bagian ini siswa akan belajar membuat dialog singkat mengenai penggunaan “have” dalam kalimat tanya serta respon dari pertanyaan tersebut dalam bentuk affirmative “Yes, I do.” maupun negative “No, I don‟t.” Pertama-tama, guru perlu mengucapkan contoh dialog pada bagian atas dan siswa diminta untuk mengulang dialog tersebut. Kemudian, siswa akan melengkapi dialog di bagian bawah lalu memperagakan dialog tersebut dengan seorang teman.

48

Kunci Jawaban

Jawaban: Do you have a pen*? Yes, I do. Do you have a ruler*? No, I don’t.

*Jawaban dengan tanda ini tidak harus sama. Semua jawaban yang merupakan
benda tunggal dianggap benar.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dan ketepatan pengucapan dialog tersebut. Let’s listen and do it (hlm. 8) Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan beberapa kalimat instruksi dari rekaman kaset/CD dan melakukan instruksi tersebut. Namun sebelumnya guru harus membaca instruksi tersebut dan memperagakannya. Selanjutnya, guru memutar kaset/CD dan siswa melakukan instruksi dengan benar sebagai berikut. Instruksi Eat an ice cream Eat the popcorn Drink a bottle of iced tea Hold the balloons Hold the candies Eat the peanuts Pura-pura Pura-pura Pura-pura Pura-pura Pura-pura Pura-pura Tindakan Siswa makan es krim makan popcorn (jagung berondong) minum sebotol es teh menggenggam beberapa balon memegang beberapa permen makan kacang

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak instruksi dan melakukan semua instruksi dengan benar. Let’s read (hlm. 9) Guru membaca cerita pendek mengenai Lulu secara lantang namun dengan tempo lambat. Lalu, guru membimbing siswa untuk membaca cerita yang sama beberapa kali dengan suara keras sampai siswa bisa membaca cerita tersebut secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca cerita, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi.

Kunci Jawaban

49

Let’s sing a song (hlm. 10) Ini merupakan bagian akhir dari Lesson 1. Pertama-tama siswa akan mendengarkan lagu “Merry-Go-Round” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Nama permainan (merry-go-round) dapat diganti dengan nama permainan yang lain, seperti ferris wheel, roller coaster, bumper cars, dan lain-lain. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4 Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

50

Kunci Jawaban

Lesson 2

Happy Birthday!

Let’s talk about it (hlm. 12) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar mengenai pesta ulang tahun. Di dalam gambar tersebut terdapat gambar anak yang sedang merayakan ulang tahun dan pesta yang dihadiri beberapa orang teman. Setelah itu, guru memutar kaset/CD tentang pengucapan dialog yang terdapat di dalam gambar sebanyak dua kali dan siswa diminta untuk meniru pengucapan dialog tersebut. Let’s listen and repeat (hlm. 13) Di bagian ini guru mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan topik Happy Birthday. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru menyebutkan nama-nama benda atau memutar kaset/CD listening sambil mengajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama benda-benda tersebut. Let’s learn about it (hlm. 14) Siswa akan mempelajari penggunaan ekspresi yang digunakan untuk menanyakan usia seseorang: “how old are you?” dan “when is your birthday?” serta respon-respon yang sesuai. Guru mengucapkan dialog yang terdapat di dalam buku. Selanjutnya, guru menjelaskan ekspresi dan respon tersebut. Let’s practise (hlm. 15) Pada bagian ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa telah mengerti (tidak harus menguasai) konsep penggunaan ekspresi “how old are you?” dan “when is your birthday?”. Siswa diminta memperagakan dialog di dalam buku bersama satu orang teman. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai untuk mereka sendiri mengenai apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6. Let’s ask and answer (hlm.16) Siswa diminta untuk melakukan percakapan singkat secara berpasangan dengan salah seorang teman. Kemudian, siswa melengkapi kata-kata yang hilang dalam dialog dan memperagakan dialog tersebut. Jawaban:

Kunci Jawaban

51

When is your birthday? It is in April*.

When is your birthday? It is in December *.

*Jawaban dengan tanda ini tidak harus sama. Semua jawaban yang merupakan
nama bulan dianggap benar.

Selanjutnya, guru akan menilai percakapan siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dan membuat dialog singkat. Let’s find the words (hlm. 17) Pada bagian ini siswa akan diingatkan kembali mengenai beberapa kosakata yang telah mereka pelajari di awal unit. Siswa akan mencari 5 nama benda yang gambarnya terdapat di dalam buku. Kemudian, siswa menuliskan nama benda-benda tersebut di bawah setiap gambar. Jawaban:

cake t

candy

chocolate

h b d c m n x t i

c m g a u w i r k

a p r n n c r u g

k e m d v a s m d

e o l y a n g p o

z e j w m d p e n

c h o c o l a t e

b g u s f e v o u

t r u m p e

candle

Setelah siswa selesai mengerjakan, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa mencari nama benda dan menuliskan nama benda tersebut sesuai gambar yang diberikan. Let’s listen and do it (hlm. 18) Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan beberapa kalimat instruksi dari rekaman kaset/CD dan melakukan instruksi tersebut. Namun sebelumnya, guru harus membaca instruksi tersebut dan

52

Kunci Jawaban

memperagakannya. Selanjutnya, guru memutar kaset/CD dan siswa melakukan instruksi dengan benar sebagai berikut. Instruksi Say happy birthday Say thank you Shake hands Blow out the candle Give a piece of cake Eat cake Tindakan Siswa Mengucapkan „„happy birthday‟‟ Mengucapkan „„thank you‟‟ Bersalaman dengan teman Pura-pura meniup lilin Pura-pura memberikan kue kepada teman Pura-pura makan kue

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak instruksi dan melakukan semua instruksi dengan benar. Let’s read (hlm. 19-20) Guru membaca nama-nama bulan 2 kali dengan tempo lambat. Lalu, guru membimbing siswa untuk membaca nama-nama bulan beberapa kali sampai siswa bisa membaca nama-nama bulan tersebut secara mandiri. Kemudian, guru membaca nama-nama hari 2 kali dengan tempo lambat. Lalu, guru membimbing siswa untuk membaca nama-nama hari beberapa kali sampai siswa bisa membaca nama-nama hari tersebut secara mandiri. Sebaiknya guru bertanya apakah para siswa tahu nama-nama bulan dan hari tersebut dalam bahasa Indonesia. Sambil mendengarkan siswa membaca nama bulan dan hari, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi. Let’s match (hlm. 21) Siswa diminta untuk mencocokkan gambar benda dengan nama benda yang sesuai dengan menarik garis lurus. Latihan ini merupakan selingan yang bertujuan sebagai refreshment dan mengingatkan kata-kata yang sudah dipelajari siswa di dalam unit ini. Jawaban:
balloon trumpet candy hat      gambar terompet  gambar permen  gambar balon  gambar kartu ulang tahun  gambar topi kertas

birthday card 

Let’s sing a song (hlm. 22) Pada bagian akhir Lesson 2, siswa akan mendengarkan lagu “Happy Birthday” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Nama orang di dalam lagu dapat diganti dengan nama siswa, kakak, adik, dan lain-lain. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang

Kunci Jawaban

53

ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4 Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

54

Kunci Jawaban

Lesson 3

At the Safari Park

Let’s talk about it (hlm. 24) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar mengenai Taman Safari. Di dalam gambar tersebut terdapat beberapa jenis hewan. Pertamatama, guru meminta siswa menyebutkan nama-nama hewan yang mereka lihat di dalam gambar (two tigers, a lion, two camels, a giraffe, three monkeys, two elephants, two zebras and a bird). Selanjutnya, guru mengucapkan dialog yang terdapat di dalam gambar sebanyak dua kali (bila guru mempunyai kaset/CD untuk listening, guru dapat memutar kaset/CD tersebut) dan siswa diminta untuk mengulangi pengucapan dialog di dalam gambar. Let’s listen and complete (hlm. 25) Pada bagian ini guru akan mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan topik At the Safari Park. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru membaca kalimat di bawah nama hewan atau memutar kaset/CD listening dan ajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama benda-benda tersebut. Selanjutnya, siswa diminta melengkapi kalimat dengan menulis nama hewan pada gambar. Jawaban: It It It It It It It It is is is is is is is is a a a a a a a a lion. monkey. camel. bird. tree. zebra. giraffe. tiger.

Let’s learn about it (hlm. 26) Siswa akan diajak mempelajari kalimat sederhana mengenai nama dan warna hewan. Sebelumnya, guru akan membaca kalimat yang terdapat di samping gambar. Selanjutnya, guru menjelaskan konsep membentuk kalimat dengan pola: It + is + a/an + one animal’s name dan It + is + colour. Let’s say it (hlm. 27) Pada bagian ini, guru dapat melihat apakah siswa telah mengerti (tidak harus menguasai) konsep kalimat sederhana mengenai nama dan warna hewan. Siswa diminta mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi ucapan yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9

Arti
Sangat mengerti Mengerti

Kunci Jawaban

55

8 7 6 5

Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6. Let’s listen and colour (hlm. 28) Siswa diminta untuk mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi percakapan yang mereka dengar. Kemudian, siswa mewarnai gambar sesuai deskripsi yang mereka dengar dari percakapan sebelumnya. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa mewarnai gambar sesuai dengan yang mereka dengar. Let’s ask and answer (hlm. 29) Pada bagian ini siswa akan belajar membuat dialog singkat mengenai nama dan warna hewan. Pertama-tama, guru perlu mengucapkan contoh dialog pada bagian atas dan siswa diminta untuk mengulang dialog tersebut. Kemudian, siswa akan melengkapi dialog di bagian bawah lalu memperagakan dialog tersebut dengan seorang teman. Jawaban: What is it? It is a zebra.

What colour is the zebra?

It is black and white.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dan ketepatan pengucapan dialog tersebut. Let’s read (hlm. 30) Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk membaca beberapa kalimat sederhana. Namun sebelumnya, guru harus membaca semua kalimat dan siswa diminta membaca kalimat-kalimat tersebut secara mandiri. Selanjutnya, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa membaca kalimat sederhana dengan benar.

56

Kunci Jawaban

Let’s write (hlm. 31) Ajaklah siswa untuk mengamati gambar terlebih dahulu. Setelah itu, siswa akan melengkapi nama hewan sesuai gambar. Sambil mengawasi kerja siswa, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan melengkapi kalimat dengan menuliskan nama hewan yang belum lengkap. Jawaban: The The The The g i r a f f e is tall. h o r s e is strong. p e a c o c k is beautiful. m o n k e y is funny.

Let’s write (hlm. 32) Bagian ini merupakan latihan menulis tambahan. Pada bagian ini, siswa diminta untuk melengkapi nama-nama hewan dengan menuliskan hurufhuruf yang hilang. Nama-nama hewan disediakan di bagian bawah gambar. Jawaban: elephant lion zebra camel monkey Let’s read it loudly (hlm. 33) Guru membaca bagian-bagian tubuh dari gambar hewan dan siswa diminta untuk membaca ulang bagian-bagian tubuh hewan tersebut dengan suara lantang. Let’s sing a song (hlm. 34) Pada bagian ini, siswa akan mendengarkan lagu “Ranbow, Rainbow” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Mintalah beberapa siswa untuk secara sukarela maju ke depan kelas dan menyanyikan lagu tersebut. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4 Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

Kunci Jawaban

57

Lesson 4

Hours of the Day

Let’s talk about it (hlm. 36-38) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar rangkaian kegiatan Sarah berikut dengan waktu pelaksanaan kegiatan. Guru mengajak siswa untuk memperhatikan penulisan tanda waktu. Lalu, guru membaca atau memperdengarkan rekaman kaset/CD dan siswa mengulangi pengucapan tanda waktu dan kalimat yang mereka dengar. Let’s learn about it (hlm. 39) Siswa akan diajak mempelajari penggunaan tanda waktu di dalam kalimat sederhana. Pertama-tama, guru akan membaca kalimat-kalimat di samping gambar dan siswa akan mengulangi. Kemudian,guru menjelaskan pola dari kalimat yang berisi tanda waktu. Let’s listen and repeat (hlm. 40) Pada bagian ini, guru dapat melihat apakah siswa sudah memahami (tidak harus menguasai) pola kalimat yang menggunakan tanda waktu. Siswa diminta mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi cara pengucapan kalimat-kalimat yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diminta untuk menilai diri mereka masing-masing mengenai apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6. Let’s listen and learn (hlm. 41) Pada bagian ini, siswa akan mendengarkan pengucapan tanda waktu dari 1 sampai 12 sekaligus belajar mengenal tanda waktu berdasarkan penunjukan jarum jam pada jam analog. Guru membaca atau memperdengarkan rekaman kaset/CD mengenai tanda waktu dan meminta siswa untuk mengulangi pengucapan tanda waktu tersebut. Let’s say it (hlm. 42) Guru memperagakan percakapan yang terdapat di bagian atas bersama dengan seorang siswa dan siswa lain mengulangi. Kemudian, guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas secara sukarela dan memperagakan percakapan di bagian bawah. Guru dapat meminta siswa untuk mencari pasangan dan membuat percakapan dengan format yang sama namun dengan tanda waktu yang berbeda.

58

Kunci Jawaban

Let’s ask and answer (hlm. 43-44) Sebagai latihan lebih lanjut, siswa akan melengkapi dialog dan memperagakan dialog tersebut secara berpasangan. Guru dapat meminta beberapa pasang siswa untuk maju ke depan kelas dan memperagakan dialog yang telah mereka lengkapi. Jawaban: What time is it? It is six o‟clock.

What time is it?

It is nine o’clock.

What time is it?

It is twelve o’clock.

What time is it?

It is eight o’clock.

What time is it?

It is ten o’clock.

What time is it?

It is eleven o’clock.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dan ketepatan pengucapan dialog tersebut. Let’s write (hlm. 45) Siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan menuliskan tanda waktu yang tepat sesuai gambar. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa

Kunci Jawaban

59

dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan tanda waktu yang tepat. Jawaban: Sarah Sarah Sarah Sarah gets up at five o’clock. takes a bath at six o’clock. has breakfast at seven o’clock. goes to school at eight o’clock.

Let’s read (hlm. 46) Guru membaca nursery rhyme secara lambat namun dengan intonasi yang jelas. Kemudian, guru membimbing siswa untuk membaca rhyme yang sama beberapa kali dengan suara keras sampai siswa bisa membaca cerita tersebut secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi yang sesuai. Let’s listen and draw (hlm. 47) Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan beberapa kalimat dari rekaman kaset/CD dan menggambarkan jarum jam pada gambar jam di samping kalimat sesuai dengan keterangan waktu di dalam kalimat. Jawaban: Jenny reads a book at three o‟clock.

Toni watches TV at five o‟clock.

Tami has dinner at seven o‟clock.

Didi goes to bed at nine o‟clock.

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah kalimat. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan menggambarkan jarum jam sesuai kalimat yang mereka dengar.

60

Kunci Jawaban

Let’s sing a song (hlm. 48) Ini merupakan bagian akhir dari Lesson 4. Pertama-tama siswa akan mendengarkan lagu “What Time is It?” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Tanda waktu dapat diganti dengan tanda waktu lain: three o’clock, five o’clock, ten o’clock, dan lain-lain. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4 Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

Kunci Jawaban

61

Lesson 5

Music Class and Sports Class

Let’s talk about it (hlm. 50) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar suasana sekolah. Setelah cukup mengamati, siswa diminta untuk mengucapkan dialog di dalam gambar bersama seorang teman secara bergantian. Kemudian, guru memutar kaset/CD untuk listening dan siswa diminta untuk mendengarkan pengucapan yang benar dari dialog di dalam gambar. Let’s listen and repeat (hlm. 51) Pada bagian ini guru akan mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan topik music class and sports class. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambargambar situasi kelas dan sekolah. Kemudian, guru membacakan namanama kegiatan pada gambar atau memutar kaset/CD listening dan mengajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama-nama kegiatan tersebut. Let’s talk about it (hlm. 52) Siswa diminta untuk memperagakan dialog secara berpasangan. Perhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Kemudian, mintalah 2 pasang siswa untuk memperagakan dialog tersebut di depan kelas secara sukarela. Let’s learn about it (hlm. 53-54) Siswa akan diajak mengenal kalimat tanya “What do you play?” untuk menanyakan olah raga atau alat musik apa yang dilakukan atau dimainkan seseorang. Sebelumnya, guru akan membaca dialog pada gambar. Selanjutnya, guru menjelaskan bentuk kalimat tanya dan kalimat yang digunakan untuk merespon pertanyaan-pertanyaan tersebut. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai untuk mereka berdasarkan apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6. Let’s read (hlm. 55) Guru menyebutkan nama-nama alat musik yang terdapat pada gambar. Lalu, guru membimbing siswa untuk membaca paragraf pendek yang berjudul “This is Our Music Class” beberapa kali dengan suara keras sampai siswa bisa membaca cerita tersebut secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca paragraf, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah

62

Kunci Jawaban

berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi yang sesuai. Let’s listen and do it (hlm. 56) Di bagian ini, guru meminta siswa untuk mendengarkan beberapa kalimat ajakan dari rekaman kaset/CD dan melakukan ajakan tersebut sebagai berikut. Let‟s Let‟s Let‟s Let‟s Let‟s play play play play play Ajakan the piano. the guitar. the drum. the violin. the trumpet. Pura-pura Pura-pura Pura-pura Pura-pura Pura-pura Tindakan Siswa memainkan piano memainkan gitar memainkan drum memainkan biola memainkan trompet

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak ajakan dan melakukan semua ajakan tersebut dengan benar. Let’s ask and answer (hlm. 57) Pada bagian ini guru memberikan pertanyaan “What do you play?” dan siswa diminta untuk memberikan respon sesuai dengan gambar. Jawaban: I play the trumpet. I play the drum. I play football.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa memberikan respon berdasarkan gambar dan ketepatan pengucapan respon tersebut. Let’s write (hlm. 58) Siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan menuliskan nama alat musik atau nama olah raga yang terdapat di dalam gambar. Jawaban: I play the d r u m. Dita plays b a s k e t b a l l. Luki plays f o o t b a l l. Boni and Fika go s w i m m i n g. Ponti plays b a s e b a l l. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menulis nama benda secara tepat termasuk ejaan.

Kunci Jawaban

63

Let’s colour the picture (hlm. 59) Siswa diminta untuk mewarnai gambar dengan pensil warna atau krayon. Let’s sing a song (hlm. 60) Pertama-tama siswa akan mendengarkan lagu “Do You Have a Music Class?” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Nama kelas dan hari (music class on monday) dapat diganti dengan nama kelas dan hari yang lain, misalnya English class on tuesday, dance class on friday, dan lain-lain. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4 Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

64

Kunci Jawaban

Lesson 6

Let’s Play

Let’s talk about it (hlm. 62) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar mengenai situasi taman di belakang rumah di mana anak-anak biasa bermain. Setelah itu, guru membantu siswa untuk mengucapkan dialog yang terdapat di dalam gambar. Selanjutnya bila guru mempunyai kaset/CD untuk listening, guru dapat memutar kaset/CD tersebut dan siswa diminta untuk mendengarkan pengucapan dialog di dalam gambar. Let’s listen and repeat (hlm. 63) Pada bagian ini guru akan mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan topik di unit ini. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru meminta siswa untuk saling tanya jawab secara berpasangan mengenai gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru memutar kaset/CD listening dan mengajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama benda-benda dan preposisi. Let’s learn about it (hlm. 64) Siswa akan diajak mempelajari penggunaan preposisi (in, under, behind, dan on) dalam kalimat sederhana. Sebelumnya, guru akan membaca kalimat yang terdapat di samping gambar dan meminta siswa untuk mengulangi kalimat tersebut. Selanjutnya, guru menjelaskan arti preposisi tersebut dan menyebutkan persamaan arti dalam bahasa Indonesia. Let’s read (hlm. 65) Guru membaca cerita pendek mengenai Dino dan Dina dengan suara yang jelas sambil menunjukkan posisi dari orang atau benda tersebut di dalam gambar. Guru dapat memberikan contoh dengan menunjukkan barangbarang yang ada di kelas atau posisi duduk para siswa. Let’s listen and repeat (hlm. 66) Pada bagian ini, guru dapat melihat apakah siswa telah mengerti (tidak harus menguasai) preposisi. Siswa diminta mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi kalimat yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.

Kunci Jawaban

65

Let’s write (hlm. 67) Siswa diminta untuk menuliskan preposisi yang tepat untuk benda-benda di dalam gambar. Jawaban: The The The The shoes are under the desk. cat is behind the car. fruits are in the basket. pencil is on the book.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menulis preposisi secara tepat berdasarkan gambar. Let’s ask and answer (hlm. 68) Pada bagian ini siswa akan belajar membuat dialog singkat mengenai penggunaan preposisi dalam kalimat sederhana. Pertama-tama, guru meminta siswa untuk mencari pasangan dan melengkapi dialog tersebut dan memperagakan dialog tersebut bersama pasangan masing-masing. Jawaban: Where is my pencil? It is on the desk.

Where is my bike?

It is behind the storehouse.

Where are my socks?

They are under the pillow.

66

Kunci Jawaban

Where is my shirt?

It is in the wardrobe.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dan ketepatan pengucapan dialog tersebut. Let’s read (hlm. 70) Guru membaca cerita pendek mengenai Popi dengan suara yang jelas. Lalu, guru membimbing siswa untuk membaca cerita yang sama beberapa kali dengan suara keras sampai siswa bisa membaca cerita tersebut secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca cerita, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi. Let’s listen and do it (hlm. 71) Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan rekaman kaset/CD mengenai beberapa kalimat instruksi. Selanjutnya, guru akan meminta siswa untuk melakukan instruksi-instruksi tersebut dengan benar sebagai berikut. Instruksi Put your books in the bag Stand behind your friend Put your shoes under the table Put your pencil on the table Tindakan Siswa Memasukkan buku ke dalam tas Berdiri di belakang teman Meletakkan sepatu di bawah meja Meletakkan pensil di atas meja.

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak instruksi dan melakukan semua instruksi dengan benar. Let’s sing a song (hlm. 72) Siswa akan mendengarkan lagu “Hello, My Friends” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4

Kunci Jawaban

67

Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

68

Kunci Jawaban

Lesson 7

At the Farm

Let’s talk about it (hlm. 74) Pada bagian ini siswa diajak untuk mengamati gambar mengenai peternakan. Di dalam gambar tersebut terdapat beberapa jenis hewan dan kegiatan yang biasa dilakukan di peternakan. Setelah itu, guru memutar kaset/CD listening untuk memperdengarkan dialog di dalam gambar. Kemudian, siswa diminta untuk mengucapkan dialog di dalam gambar secara berpasangan. Let’s listen and repeat (hlm. 75) Bagian ini dibuat untuk mengajarkan vocabulary (kosakata) yang berhubungan dengan peternakan. Pertama-tama, guru akan meminta siswa untuk terlebih dahulu mengamati gambar-gambar tersebut. Kemudian, guru minta para siswa untuk melakukan tanya-jawab mengenai namanama benda di dalam gambar. Selanjutnya, guru memutar kaset/CD listening dan mengajak siswa untuk mengulangi pengucapan nama bendabenda tersebut. Let’s learn about it (hlm. 76-77) Siswa akan diajak mempelajari kata benda tunggal dan jamak (singular and plural nouns). Penggunaan artikel “a” mempunyai arti “satu” bila digunakan untuk menunjukan kuantitas benda tunggal, contohnya a duck yang artinya sama dengan one duck. Selanjutnya, guru membacakan jumlah hewan dan menjelaskan nama-nama hewan yang tidak menggunakan akhiran “s/es” untuk bentuk jamak, seperti fish (tidak ada fishes) dan sheep (tidak ada sheeps). Sedangkan hewan lain akan menggunakan akhiran “s/es” untuk menunjukkan bentuk jamak, seperti three lambs dan five cows. Let’s listen and repeat (hlm. 78) Pada bagian ini, guru dapat melihat apakah siswa telah mengerti (tidak harus menguasai) perbedaan bentuk tunggal (singular) dan jamak (plural) serta penggunaan “a/an” dan akhiran “s/es”. Siswa diminta mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi ucapan yang mereka dengar. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 7 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut: Nilai
10 9 8 7 6 5

Arti
Sangat mengerti Mengerti Cukup mengerti Kurang mengerti Tidak mengerti Tidak tahu

Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.

Kunci Jawaban

69

Let’s write (hlm. 79) Siswa diminta untuk menebalkan nama hewan sesuai dengan jumlah hewan tersebut di dalam gambar. Jawaban: There There There There is a cow in front of the house. are five ducks in the pond. are two horses inside the barn. are three birds up on the tree.

Let’s count and write (hlm. 80) Pada latihan ini, siswa diminta untuk menghitung hewan yang ada di dalam masing-masing gambar lalu menuliskan jumlahnya di dalam kalimat. Kemudian, siswa membaca kalimat yang telah dilengkapi tersebut dengan intonasi yang benar. Jawaban: There are two butterflies and two bees. There is a/one fish and two ducks. There is a/one sheep and three chickens. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menulis jumlah hewan secara tepat termasuk ejaannya. Let’s listen and do it (hlm. 81) Siswa terlebih dahulu mengamati gambar, selanjutnya guru memutar kaset/CD listening dan siswa mendengarkan beberapa kalimat instruksi dari rekaman kaset/CD dan melakukan instruksi tersebut dengan benar sebagai berikut. Instruksi Count the farm girls. How many are there? Count the farm boys. How many are there? Tindakan Siswa Menghitung anak perempuan di dalam gambar. Siswa menjawab berapa jumlah anak perempuan di dalam gambar (ada 3 anak perempuan). Menghitung anak laki-laki di dalam gambar. Siswa menjawab berapa jumlah anak perempuan di dalam gambar (ada 4 anak perempuan).

Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak instruksi dan melakukan semua instruksi dengan benar.

70

Kunci Jawaban

Let’s say it (hlm. 82) Pada bagian ini siswa akan belajar melengkapi dialog singkat dengan nama hewan berdasarkan gambar. Pertama-tama, guru perlu memperagakan dialog pada bagian atas dan siswa diminta untuk mengulang dialog tersebut. Kemudian, siswa akan melengkapi dialog di bagian bawah lalu memperagakan dialog tersebut dengan seorang teman. Jawaban: How many sheep are there? There are seven sheep. How many horses are there? There are four horses.

Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dan ketepatan pengucapan dialog tersebut. Let’s read (hlm. 83) Guru membimbing siswa untuk membaca paragraf pendek yang sebagian terdiri dari gambar beberapa kali dengan suara keras sampai siswa bisa membaca cerita tersebut secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca cerita, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan benar serta intonasi yang sesuai. Let’s sing a song (hlm. 10) Pada bagian akhir dari Lesson 7 siswa akan mendengarkan lagu “Old Miss Tanner’s Farm” dari rekaman kaset/CD. Setelah itu mereka akan bernyanyi bersama. Nama “Miss Tanner” dapat diganti menjadi “MacDonald”. Begitu juga dengan nama hewan di dalam lirik (chick) menjadi cow, duck, dan lainlain. Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini: Writing Score + Reading Score + Speaking Score + Listening Score
____________________________________________________________________________________________________________________________________________

4

Kunci Jawaban

71

Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.

72

Kunci Jawaban

Let’s Make a Farm
Sebagai penutup, pada bagian akhir buku ini terdapat permainan membuat peternakan. Permainan ini terdiri dari beberapa buah gambar kecil (berupa hewan, tumbuhan, rumah, pagar, dll) serta dua buah gambar besar (lapangan rumput dan bukit). Tujuan permainan ini adalah agar siswa dapat mengenal lebih jauh hewanhewan yang umumnya terdapat di peternakan karena sebagian besar dari siswa mungkin tidak pernah mengunjungi peternakan secara langsung. Selain itu, permainan ini juga membutuhkan pemikiran kreatif siswa, karena mereka harus membayangkan di mana letak hewan, tumbuhan, rumah, kandang, dan lainnya yang sesuai. Permainan ini dapat dikerjakan di sekolah maupun di rumah. Hasil karya siswa dapat dinilai sebagai nilai tambahan.

Instruksi
Pertama-tama, guntinglah semua gambar mengikuti garis tepi atau garis putus-putus. Kemudian, lipat bagian kertas kecil di bagian sisi kiri dan kanan bawah gambar, kecuali gambar besar. Perhatikan contoh di bawah ini.



Gunting bagian ini, mengikuti garis putus-putus.

Lipat dua bagian ini.

Minta siswa untuk meletakkan gambar-gambar lipat di atas gambar besar. Mereka bebas meletakkan gambar-gambar lipat di bagian mana pun dari gambar besar tersebut. Selama siswa bermain, guru mengawasi dan memperhatikan apakah siswa meletakkan gambar-gambar lipat di tempat yang sesuai. Setelah siswa selesai bermain, guru dapat menilai hasil kerja siswa atau sekadar memberikan pujian kepada semua siswa karena telah bermain dengan tertib.

Kunci Jawaban

73


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:363
posted:7/17/2009
language:Indonesian
pages:27