Catatan Kuliah Twitter - Tepok Bab Dua

Document Sample
Catatan Kuliah Twitter - Tepok Bab Dua Powered By Docstoc
					 Catatan Kuliah Twitter
 “Tepok Bab II”
 Mentor : @JayaYEA

 26-27, 30 Mei 2011, 20.00 WIB – Selesai, Aula Twitterland Pengusaha




Brosis, lanjut Bab II yuk... di Bab II ini akan di share ttg “BAGAIMANA CARANYA ciptakan
kondisi kepepet?” hastagnya #Tepok2 ya... Colek colekan dulu yuk... =p cekidot

1.Coba amati biografi orang-orang sukses. Byk dr mrk yg 'kepepet' sebelumnya. #Tepok2

2.Seperti pegas, saat kt tekan, maka akan menimbulkan gaya tolak yg lebih besar. #Tepok2

3.Terus, apa yg hrs kt lakukan utk menimbulkan gaya tolak seperti mereka? #Tepok2

4.Ada dua cara menciptakan kondisi kepepet, pertama secara fisik (yang bisa kita indera),
kedua secara imajinasi. #Tepok2

5.Sy akan membahas cara kedua lbh dl utk mengeluarkan 'potensi kepepet' kt, yakni dg
membayangkan seolah-olah kt dlm kondisi kepepet. #Tepok

6.Dg demikian maka, kt akan terdorong utk memfungsikan organ tubuh & hormon2 kt agar
bekerja secara maksimal. #Tepok2

7.Misal, jk Anda msh mjd karyawan.SaatAnda dtng ke ktr esok hr, ada sebuah catatan di meja
Anda dr bos Anda, utk menghadap ke ruangnya seg

8. Kemudian dg muka penuh penyesalan, bos Anda menyampaikan kabar yg krg
menyenangkan bahwa perusahaan sedang dlm kondisi ‟goyah‟. #Tepok2

9.Sehingga hrs melakukan ‟perampingan‟ . Dg sangat terpaksa, dia hrs memberitahu Anda,
bahwa hr ini adlh hr terakhir Anda di perush #Tepok2

10.Ya, Anda di-PHK hari ini! Bg Anda yg tlh menikah & memiliki anak, apa yg akan Anda
katakan kpd istri & anak tercinta? #Tepok2

11.Apa reaksi mereka stlh mengetahui Anda kehilangan mata pencaharian? Bgmn Anda akan
mencukupi kehidupan rumah tangga Anda? #Tepok2

12.Bgmn dg biaya sekolah anak2 Anda? Bgmn jk mrk sakit, siapa yg akan menanggungnya?
#Tepok2

13.Sprti apa masa dpn mrk pasca PHK? Kr2 apa reaksi org tua Anda mengetahui kbr itu?
Sementara Anda sendiri blm siap menghadapinya! #Tepok2

14.Ciptakanlah bayangan itu seolah nyata, bukan seolah menonton film, tapi terlibat secara
langsung di benak Anda. #Tepok2



                                                                       ArsipKompilasi @yulefdian
15.Dengar dan rasakan bagaimana detak jantung Anda yang semakin keras. Rasakan
perasaan takut itu menyelimuti Anda! #Tepok2

16.Sementara Anda tidak memiliki tabungan sepersenpun dan tempat utk bergantung nasib.
Apa yg Anda rasakan? Jengkel, kecewa, takut? #Tepok2

17.Barulah Anda sadar akan apa yg pernah dipesankan kpd ayah sy, ”Kuli kerja, kuli bs makan,
kuli nggak kerja, nggak bs makan!” #Tepok2

18.Hal itulah yg tjd di keluarga sy, saat ayah sy terkena PHK. Tabungan Anda akan termakan
dg cepat, spt api menyambar kayu. #Tepok2

19.Meski semua itu adlh bayangan,tp efeknya akan sangat nyata. Krn alam bawah sadar, tdk
bs membedakan antara imajinasi dg kenyataan! #Tepok

20.Cara pertama adlh menciptakan kondisi kepepet secara fisik / nyata. Misal dg berhutang utk
modal usaha. #Tepok2

21.Nah, scr otomatis kt akan termotivasi utk mengembalikan hutang tsbt/bs jg kt langsung trma
order meskipun usaha belum dimulai. #Tepok2

22.Otomatis kt ‟terpaksa‟ memenuhi order tsbt. Ada jg yg memberanikan diri bayar uang DP
ruko, stlh itu terpaksa berpikir gmn lunasinya. #Tepok2

23.Jk Anda msh single & tdk punya tanggungan keluarga, mungkin Anda mau langsung
mencoba keluar kerja dan mulai usaha?! #Tepok2

24.Semua itu pilihan Anda lho, jgn salahkan sy utk risikonya. Tergantung dr karakter masing2
orang. #Tepok2

25.Sy menempuh cara yg terakhir, cukup konyol, yaitu langsung keluar kerja. Meskipun 3 bln
kemudian sy bangkrut, sy tdk menyesal. #Tepok2

26.Krn setidaknya sy berani melangkah. Namun jgn lupa, integritas dan kredibilitas tetap harus
dijaga. #Tepok2

27.Jgn saat Anda bangkrut, hape dimatikan krn takut ditagih hutang! Hadapi dg penuh
tanggung jawab. Dari situ kredibilitas Anda dinilai. #Tepok2

28.Cara manapun yg akan Anda pilih, yg penting MELANGKAH, jgn kebanyakan mikir /
sekedar membaca tulisan sy. #Tepok2

29.Krn, kehidupan Anda tdk akan berubah hy dg membaca, tapi dg ACTION!!. #Tepok2

30."Jika rasa sakit terhadap kondisi sekarang tidak kuat, orang tak akan beranjak untuk
berubah" #Tepok2

31.Renungkan! Analisis kembali kehidupan Anda skrg ini. Apakah selama bbrapa thn ini tdk
ada perubahan drastis dlm kondisi keuangan Anda? #Tepok2

32.Apakah Anda masih melakukan hal2 yg sm tanpa kemajuan? #Tepok2



                                                                       ArsipKompilasi @yulefdian
33.Apakah hasil yg Anda terima blm maksimal? Jk Anda tdk mengubahnya, rasa sakit /
kerugian apa yg akan Anda dptkan pd masa mendatang? #Tepok2

34.Saran saya, jk Anda berada di zona yg sangat nyaman utk tdk berubah (tidak melihat
ancaman) #Tepok2

35.ciptakan sedikit pemicu (trigger) yg dpt menimbulkan tantangan (challenge) misalnya berupa
penambahan investasi rumah. #Tepok2

36.Jgn membeli rumah yg sesuai dg kemampuan bayar Anda, tp „sedikit lbh tinggi/mahal‟ dr
kemampuan Anda skrg. #Tepok2

37.Nah, dg begitu Anda mau tdk mau dipaksa utk mencari penghasilan tambahan atau
mengurangi porsi pengeluaran yg tdk penting. #Tepok2

38.Langkah kedua baru pikirkan nilai investasi itu 5 - 10 thn mendatang, mungkin bs sbg solusi
pembiayaan uang sekolah anak Anda kelak.#Tepok2

39.Dg meletakkan porsi dan posisi The Power of Kepepet (TEPOK) dan Iming-iming secara
tepat, Anda akan selalu termotivasi! #Tepok2

40.THE POWER OF KEPEPET ALA BILL GATES. Pernahkah Anda mendengar kisah rahasia
ssorg yg pernah slma 13 thn mjd org terkaya di dunia? #Tepok2

41.Bill Gates mengalami titik balik karir bisnisnya saat menjual program DOS (Disc Operating
Sistem) kepada IBM. #Tepok2

42.Tahukah Anda bahwa saat Bill menawarkan program DOS ke IBM, Bill brsm rekannya, Paul
Allen & Steve Ballmer blm memiliki program itu?! #Tepok2

43.Dan lebih gilanya lagi, kata-kata DOS, dilontarkan Bill secara spontan dan tanpa diketahui
lebih dl... #Tepok2

44...oleh kedua rekannya yg saat itu berada di satu meja, di hadapan para direksi IBM.
#Tepok2

45.Menakjubkan! Bukan hanya menakjubkan, bersejarah! Harusnya dimasukkan dlm buku
sejarah / dipajang di galeri nasional. #Tepok2

46.Karena ini kreasi dadakan dr salah satu org terkaya di dunia. Bill Gates menjadi orang
terkaya di dunia karena bermula dari percakapan ini. #Tepok2

47.Bukan tipu muslihat dan kekeliruan, tapi mereka (Microsoft) tak punya apa-apa saat itu! Tak
sedikitpun! #Tepok2

48.Dlm kondisi ‟kepepet‟ itulah Paul Allen dtg ke Seattle Computer Company & membeli DOS
hy seharga US$ 50.000 yg menghasilkan jutaan dollar dg menjualnya lg. #Tepok2

49.Hal ini adlh bukti bahwa dlm berbisnis (ataupun kehidupan), kt tdk perlu menunggu kondisi
sempurna utk memulai. #Tepok2




                                                                       ArsipKompilasi @yulefdian
50.Bahkan org spt Bill Gates-pun tlh membuktikannya. Percayalah, sesungguhnya ada suatu
kekuatan tersembunyi dlm diri kt yg blm terekplorasi. #Tepok2

51.Stlh menciptakan The Power of Kepepet, kuncinya adlh berusaha bgmn hrs bisa dg penuh
keyakinan. #Tepok2

52.Pasti ada jalan keluar dalam setiap masalah, kecuali telah datangnya ajal. #Tepok2

Brosis lanjut besok lagi ya... ttg MEMELARKAN OTAK...

Brosis, lanjut Bab II TEPOK ya.Kmrn sampai no.52. siap2 melarkan otak ya.... dg hastag yg
sama #Tepok2..

53.Skrg kt akan beranjak lbh jauh lg. Tujuan dr menciptakan kondisi kepepet adlh mendorong kt
utk tdk menunda ACTION. #Tepok2

54.Jk Anda tahu potensi Anda yg sesungguhnya, mk Anda br percaya bahwa Anda bs
melakukan lbh dr skrg. Baca baik2 crt ini.. #Tepok2

55.Suatu hr, di Austria, seorg wartawan bernama Jim Collins, mewancarai seorg juara binaraga
dunia (Mr. Universe). #Tepok2

56.Wawancara tsbt bukanlah hal yg istimewa bg seorg juara dunia binaraga, #Tepok2

57.Tp impiannya utk mjd "bintang film box office", yg membuat Jim tergelitik utk bertanya.
Kenapa? #Tepok2

58.Bukanlah hal yg mudah utk mjd bintang film Hollywood, apalg utk org luar Amerika. #Tepok2

59.Kemudian dia pun berty,"Bgmn caranya kamu masuk ke Hollywood dan menjadi bintang film
box office?" #Tepok2

60.Mr. Universe menjawab, sambil menunjukkan otot bisepnya,"Dg cara yg serupa, bgmn aku
melatih otot-ototku!" tegasnya. #Tepok2

61.Apa yang dia impikan mjd kenyataan. Di tahun 1970 dia memerankan filmnya yg
pertama,"Hercules in New York" #Tepok2

62.dan 14 thn kemudian, melalui filmnya "Terminator", dia berhasil merebut box office. #Tepok2

63.Siapakah org itu? Arnold Schwarzenegger, Gubernur California ke-38. #Tepok2

64.Otak kt bekerja spt layaknya otot. Jk otot dilatih dg beban, begitu jg otak dilatih dg ‟Beban
Pikiran‟ atau mslh. #Tepok2

65.Harusnya saat kt mendpt mslh, kt bersyukur krn bs berlatih. Tentu sj tdk boleh over dosis.
#Tepok2

66.Nah, di saat mslh tdk ada, kt jg bs melatihnya dg menciptakan masalah, atau lbh tepatnya
menerima ‟tantangan‟. #Tepok2




                                                                          ArsipKompilasi @yulefdian
67.Stlh tantangan diterima, yg hrs kt lakukan adlh makan makanan yg bergizi, utk mengolah
tantangan tsbt. #Tepok2

68.Makanan bergizinya adlh pelatihan (training), seminar, buku. Utk menjaga agar semangat
berlatih ttp konsisten. #Tepok2

69.Sering2 kumpul dg org2 yg berotot (baca:sukses). #Tepok2

70.Begitulah otak dilatih agar ‟melar‟, sehingga saat kt membutuhkannya / tjd mslh, seolah
makanan sehari-hari sj. #Tepok2

71.Ingat, ‟memelarkan‟ bukan berarti ‟merusak‟! Misalnya kemampuan Anda mengangkat
beban dg satu tangan Anda adlh 5 kg. #Tepok2

72.Utk melatih otot Anda, bs dg menambah beratnya mjd 6 kg, tentu dg porsi hitungan yg sama.
#Tepok2

73.Seminggu kemudian, Anda blh meningkatkan bebannya mjd 7 kg, sampai akhirnya Anda
mampu memaksimalkan daya angkat Anda. #Tepok2

73.Apa yg tjd jk Anda paksakan dg lompatan beban secara drastis mjd 1 kg? Otot Anda akan
cidera! #Tepok2

74.Sama halnya dg otot, otakpun dimelarkan sdkit demi sdkit. Jk dipaksakan tll berlebihan,
Anda bs stress berat / depresi. #Tepok2

75.Jk bebannya tll berat, bukannya termotivasi, sebaliknya Anda bs ‟bengong‟ krn tll stress, tak
tahu apa yg akan dilakukan. #Tepok2

76.Ukurlah kemampuan Anda dg ukuran Anda, bukan dg ukuran org lain. Setiap org memiliki
kemampuan dan persiapan yg berbeda. #Tepok2

77.”Kesuksesan Anda tdk bs dibandingkan dg org lain, melainkan dibandingkan dr diri Anda
sebelumnya” #Tepok2

78.Bagaimana Penerapannya? Seandainya Anda blm pernah usaha apapun, sy sangat
menyarankan Anda utk mencoba dr modal kecil. #Tepok2

79.Jgn tll nekat ‟terjun‟ ke kolam yg dlm, jk Anda blm bs berenang. ”Yg penting kan MINDSET kt
Pak”. #Tepok2

80.Salah Total! Mindset aja tdk cukup, krn Anda msh punya akal sehat! Mulailah dr yg kecil.
#Tepok2

81. yg penting mulailah dg segera, jgn ditunda-tunda lg. #Tepok2

82.Setidaknya saat Anda terjatuh, Anda tdk akan terkena serangan jantung! ”Anggap sj latihan”.
#Tepok2

83.Mungkin Anda, mikir ”Koq mikir akan jatuh sih!” Ya, sy akan jujur,jk Anda mau jd pengusaha
sejati,siapkan mental Anda! #Tepok2



                                                                        ArsipKompilasi @yulefdian
84.Bg Anda yg msh berstatus sbg mahasiswa, putuskanlah ‟dana IMF‟ dr org tua Anda.
#Tepok2

85.Jadikan otak Anda melar mencari jln keluar pembiayaan hdp Anda. ”Pak, mulai bulan depan,
sy jgn dikirimi uang lagi ya.. #Tepok2

86.Aku bisa biayai hidup dan sekolahku sendiri”. Berani?! #Tepok2

87.Jk Anda blm pernah berhutang (untuk usaha), sangat tdk disarankan untuk berhutang
langsung besar, misalkan 1 milyar. #Tepok2

88.Sekali lg mindset sj tdk cukup, krn Anda msh menginjak bumi. #Tepok2

89.Sy mulai berhutang di bank dg nominal 35 juta, mengagunkan mobil Corona sy saat itu.
#Tepok2

90.Baru stlh sy bs me-manage hutang sy, sy menaikkan mjd 55 jt, kemudian 400 jt, meningkat
ke 1 M, 2 M dst.. #Tepok2

91.Crlah tmpt utk usaha Anda, berikan DP tanpa berpikir tll panjang, apalg yg msh bingung dg
ide usaha apa yg akan dibuka. #Tepok2

92.Percaya deh, jk Anda praktekkan memberi DP, mk otak Anda akan berpikir, usaha apa yg
akan Anda buka&bgmn melunasinya. #Tepok2

93.Ekstrem sepertinya! Anda akan menemukan jawabannya di tulisan saya ”Modal Action”.
#Tepok2

94.ACTION! Apa Langkah Gila yang akan Anda lakukan untuk membuat Anda kepepet?
TULISKAN! JADI, KAPAN MULAI USAHA? #Tepok2

95.Jwbannya adlh TERGANTUNG. Tergantung jns usahanya, tergantung sebrp bsr usahanya,
persiapan kt, situasi. #Tepok2

96.Spt pernah sy katakan, "Kualitas hdp kt tergantung pd kualitas pertanyaan kt kpd diri sendiri".
#Tepok2

97.Spt komputer, akan menjawab sesuai dg pertanyaannya. Bgmn jk kt ubah pertanyaan di
atas? #Tepok2

98.Bgmn caranya sy bs mulai usaha besok, dg modal Rp50.000,-? Nah, jawabannya pun akan
lain. #Tepok2

99.Misalnya usaha laundry, caranya dg membuat brosur sebesar A5 (setengah A4), sebyk satu
rim (1000 lembar). #Tepok2

100. Sebarkan ke perumahan sekitar Anda. Masak, dari 1000 rumah tidak ada yang 'nyantol'
satupun. #Tepok2

101.Mungkin ada yg berty, "Trus kalau ada order bgmn? Kan blm punya mesin cuci?" #Tepok2

102.Pertama, disyukuri dl krn dpt order. #Tepok2

                                                                        ArsipKompilasi @yulefdian
103.Kedua, cari laundry yg mau kerja sm dg Anda atau tetangga yg punya mesin cuci. #Tepok2

104.Tawarkan diri Anda sbg 'freelance marketer' dan minta diskon 20%. Terus apa lagi? ”Itu
namanya bukan pengusaha” #Tepok2

105.Mungkin Anda bilang begitu. Itu awal dari usaha! Stlh Anda mendapatkan pasarnya secara
rutin, #Tepok2

106.Barulah langkah berikutnya Anda tempuh, yaitu membeli mesin cuci. Bgmn jk duitnya msh
tdk mencukupi? #Tepok2

107.Tunggu sampai cukup? Blh, atau buat proposal singkat ttg psr laundry yg sdh Anda dptkan
& bgmn prospeknya bg investor. #Tepok2

108.Dr mana pun modalnya, yg penting risiko sudah Anda minimalkan. #Tepok2

109.Cth usaha yg lain dg cara yg sm adlh: snack, catering, tralis, fotocopy, dan masih buanyaak
lagi. #Tepok2

110.Pokoknya modal kartu nama / brosur sj. Jk Anda berkata BISA, itu benar. Jk Anda berkata
TIDAK BISA, itu jg bnr. #Tepok2

111.Pikiran kita spt saklar ON/OFF. Jk Anda mengatakan BISA, otak Anda akan mencari jalan,
BAGAIMANA HARUS BISA. #Tepok2

112.Sebaliknya jk Anda mengatakan TIDAK BISA, maka akan menutup kemungkinan berpikir
untuk bisa. #Tepok2

113.Byk pengusaha sukses yg memulai usahanya dg modal sangat minim, bahkan modal
dengkul (nol), tp mrk bs sukses. #Tepok2

114.Bob Sadino jg mulai dari 5 kg telor yg diberi o/ kawan baiknya. #Tepok2

115.Mulai dr yg kecil, mulai dr hal2 yg bs Anda kontrol. Jd, kpn Anda mau mulai usaha?
#Tepok2

116."Tak ada rahasia utk menggapai sukses.Sukses itu dpt tjd krn persiapan,kerja keras&mau
bljr dr kegagalan" - Colin Powell. #Tepok2

Senin 30 Mei 2011

Brosis, lanjut #Tepok2 ya, jumat kemarin smp no. 116 . lanjut 117 ya MODAL ACTION...
cekidot –>

117.MODAL ACTION, Bg Anda yg tdk punya modal bsr, tp punya impian utk memiliki usaha
franchise, berikut adlh solusinya. #Tepok2

118.Sy memiliki seorg kawan bernm Rully Kustandar, dia adlh slh seorg mentor Entrepreneur
University (EU). #Tepok2

119. Sseorg layak mjd mentor EU,Apabila dia tlh mempraktekkan apa yg diajarkan dlm EU dan
terbukti hasilnya. #Tepok2

                                                                       ArsipKompilasi @yulefdian
120.Rully mengimpikan memiliki franchise salon mobil ternama seharga Rp600 juta. #Tepok2

121.Namun apa yg Rully miliki hanyalah tabungan sebesar Rp11 juta dan sertifikat rumah.
#Tepok2

122.Jk tanpa bekal ilmu dari EU, mungkin Rully sdh menyerah, mana mungkin memiliki
sesuatu ‟di luar kemampuan‟ kt? Betul? #Tepok2

123.Lain halnya dg ajaran Purdi E. Chandra, Pendiri Primagama yg dicap “Guru Gila
Pengusaha” ini. #Tepok2

124.“Yg penting melangkah dl”, petuahnya. Sbg murid yg baik, Rully percaya pd gurunya yg
sdh mencetak pengusaha2 sukses. #Tepok2

125.Apa langkah awal yg dilakukan Rully? Membuat Proposal utk cari modal tambahan?
Bukan! #Tepok2

126.Dia menelepon Franchisor (pemilik) dan menyatakan niatnya utk mengambil Franchise-nya
di Bogor. #Tepok2

127.Pertemuan Rully dg pihak franchisor-pun tjd & Rully memberi uang DP sebesar Rp10 jt sj
dr total Rp600 jt yg dibutuhkan. #Tepok2

128.“Ok Pak, sisanya saya setor setelah saya dapatkan lokasinya ya!” kata Rully optimis.
#Tepok2

129.Setidaknya itulah strategi Rully untuk mengulur waktu dan berpikir,”Bagaimana ya
mendapatkan sisanya?” #Tepok2

130.Saat itu, pameran franchise sdg berlangsung dan franchise salon mobil yg Rully ambil adlh
slh satu tenannya. #Tepok2

131.Sambil ttp mencari investor utk kekurangan modalnya yg Rp590 juta, Rully nongkrong di
stand salon mobil tersebut. #Tepok2

132.Hingga suatu saat ada bbrapa anak muda yg menghampirinya. “Oh km ya yg ambil
franchise di Bogor?! Mau nggak share sm gue?” #Tepok2

133.Pucuk dicinta ulam tiba, gayungpun bersambut, Rully menanggapi tawaran itu dg positif,
krn memang dia sdg mencari investor. #Tepok2

134.Mrk setuju bkrja sama dan membagi porsinya rata, bagi tiga, utk tiga org. Jd masing2 hrs
menyetor modal Rp200 juta. #Tepok2

135.Lumayan, setidaknya beban mental Rully semakin ringan. Skrg tinggal cari sisanya Rp190
juta. #Tepok2

136.Nah, senjata pamungkasny adlh „menyekolahkan‟ rmhnya.Prglah dia ke bank,
mengutarakan niatnya utk me-refinance rmhnya. #Tepok2

137.Kontan krn pihak bank mengetahui Rully sdh mengeluarkan uang sebesar Rp410 juta
(uang temannya…!), #Tepok2


                                                                      ArsipKompilasi @yulefdian
138.kreditnyapun mudah cair, Rp250 juta! Nah tuh, msh sisa lg, lumayan bs buat bayar cicilan,
sblm salon mobilnya menghasilkan. #Tepok2



140.Begitulah sjrah salon mobil Rully di Bumi Serpong Damai dibuka, dg ACTION bkn dg
perhitungan yg „njlimet‟. #Tepok2

141.Mungkin bg Anda yg pesimistis mengatakan, ”Ah, itu kan kebetulan sj ketemu investornya!”
Ikuti kisah berikutnya... #Tepok2

142. Modal 7 juta , membuka Bakso Kota Cak Man. #Tepok2

143.Sedikit beda langkah dg Rully Kustandar, Asrul Sani yg masih berstatus sbg karyawan PT.
Telkom Indonesia Tbk. #Tepok2

144.Berhasil membuka franchise Bakso Kota Cak Man hy dg dana cash 7 juta. #Tepok2

145.Meskipun baru mengkuti kelas EU dua kali pertemuan, tdk mengurungkan niatnya utk
segera praktek. #Tepok2

146.Seusai pertemuan kedua dg mentor favorit EU, Miming Pangarah, Asrul langsung
mengambil langkah. #Tepok2

147.Kejadiannya dimulai saat ia dan istrinya akan makan di sebuah warung bakso
langganannya. Apa yang terjadi? #Tepok2

148.Warung itu tutup dan tertinggal dua papan pengumuman, yg pertama alamat kepindahan
warung bakso tsbt. #Tepok2

149. kedua, tulisan ”DIKONTRAKKAN”, beserta nomor hape pemiliknya. #Tepok2

150.Dia teringat lg ajaran ‟suhu EU‟,”Pantang bg siswa EU tdk menanyakan, jk ada papan
pengumuman DIJUAL / DIKONTRAKKAN!” #Tepok2

151.Ty aja tidak bayar... Tanpa pikir panjang, Asrul menelepon si pemilik ruko, utk menanyakan
brp hrg sewanya setahun. #Tepok2

152.Spontan, sang istri menepuk tangan Asrul dan mempertanyakan,”Ngapain sih mas, nggak
punya duit koq tanya-tanya”. #Tepok2

153.Asrul menjawab,”Lho, tanya saja, kan nggak bayar!” #Tepok2

154.Stlh mendapatkan jawaban dr si penyewa bahwa nilai sewanya Rp60 juta rupiah pertahun,
#Tepok2

155.Asrul melakukan penawaran,”Mahal amat Bu, mbok Rp30 juta aja!” #Tepok2

156.Kembali istrinya menanyakan,”Mas ini apa-apaan, wong nggak punya duit koq nawar-
nawar!” #Tepok2




                                                                      ArsipKompilasi @yulefdian
157.Sambil melirik ke istrinya, dia tersenyum dan berkata, ”Lho, nawar jg nggak pakai duit kan!”
#Tepok2

158.Sang istripun terbungkam bisu. Singkat cerita, Asrul memutuskan utk menyewa ruko tsbt
dg harga ttp spt semula. #Tepok2

159.Di akhir pembicaraan ibu pemilik menanyakan,”Mau dipakai usaha apa Pak?” #Tepok2

160.Ehemm, brlah Asrul berfikir kilat & menjwb dg apa yg terlintas dibenaknya, ”Bakso ibu...”.
Sekali lg, TEPOK menyelamatkan dia. #Tepok2

161.Keesokan hrnya Asrul memberikan DP sebesar Rp2 juta kpd pemilik ruko. #Tepok2

162.Mendadak dia merasakan denyut jantungnya berdetak lebih kencang. #Tepok2

163.Bgmn tdk, pertama, dia hrs melunasi sisa uang sewa sebesar Rp58 juta. #Tepok2

164.Kedua, mulai dr mana baksonya? Koki belum ada, apa aja yg dibutuhkan? Dr mana
investasi lainnya? Cool... #Tepok2

165.Di tengah kegundahan Asrul teringat psn mentornya, Pak Purdi, ”Bisnis itu spt msk kmr
mnd.Krangnya apa,ya tinggal diambil”. #Tepok2

166.Dr situ dia mulai berpikir selangkah demi selangkah, bukan 100 langkah ke depan.
#Tepok2

167.”Apa yg dibthkan skrng?” Aha, cr tukang bakso!Terbanglah Asrul ke kmpg.halmnya yg
terkenal dg pedagang baksonya, Malang. #Tepok2

168.Tp tak spt yg ia bayangkan. Tdk ada seorg penjual bakso yg mau ikut ia ke Batam. ”Tebih
(jauh) mas”, alasan si penjual bakso. #Tepok2

169.Kembalilah Asrul ke kota Batam dan transit di bandara Sukarno Hatta, Cengkareng.S
#Tepok2

170.”Pada kondisi kepepet, otak kita sangat mengharap datangnya ‟solusi‟. Dari situlah
seringkali keajaiban itu terjadi” #Tepok2

171.Seolah alam semesta mendukung kita, mempertemukan hal2 yg kt butuhkan. #Tepok2

172.Dan ini tjd pd Asrul! Pd saat transit di Cengkareng, dia melihat ada majalah SWA, edisi
khusus tentang ‟Franchise‟. #Tepok2

173.Otaknya langsung berharap ada jawaban di situ. Kali ini benar, ada informasi ttg franchise
bakso, namanya Bakso Kota Cak Man. #Tepok2

174.Tanpa ba bi bu, dia tlpon dan menanyakan langsung ke pemiliknya, Abdul Rachman
Tukiman, alias Cak Man, #Tepok2

175.”Pak, di Batam sudah ada yang mengambil franchise-nya?” Cak Man menjawab, ”Belum
ada Pak!” #Tepok2



                                                                        ArsipKompilasi @yulefdian
176.Tanpa ragu Asrul membalas, ”Saya ambil Pak, franchise-nya di Batam!” #Tepok2

177.Tahukah Anda, utk mengambil waralaba Bakso Kota Cak Man kala itu, membutuhkan
investasi Rp120 jt hingga Rp150 juta. #Tepok2

178.Sekali lagi, Asrul tak memiliki uang sebanyak itu, 10% pun tidak ada! #Tepok2

179.Seminggu kemudian, atas ‟desakan‟ Asrul, Cak Man melakukan survei lokasi. #Tepok2

180.Stlh lokasi mendpt approval dr Cak Man, diberikan semua daftar pjg peralatan & persiapan
yg hrs dilakukan Asrul. #Tepok2

181.Utk membuka warungnya mgu dpn. Cak Man pun meninggalkan Batam, dg janji akan dtg
pd saat pembukaan mgu dpnnya. #Tepok2

182.Sepulang Cak Man, Asrul melanjutkan Mission Impossible-nya dg berbelanja, #Tepok2

183.piring,sendok,garpu,mangkok,lemari es,kompor & semua keperluan di Hypermart.”Ibiar bs
gesek (kartu kredit).” #Tepok2

184.Blm selesai, tgs Asrul msh panjang. Renovasi, pesan sign board, mj kursi, semuanya
membutuhkan dana. #Tepok2

185.Dr mn Asrul mendapatkannya? “Tiba masa, tiba akal!” Asrul memesan kebutuhan perabot
dan renovasinya dg sistem byr mundur, #Tepok2

186.dg uang muka yg relatif kecil. Total uang tunai yg ia keluarkan hy 7 jt rupiah sj. #Tepok2

187.Mungkin Anda bertanya, ”Kalau ada yg mau bayar mundur, kalau tdk?” Jawabnya, ”Cari
sampai ada yang mau!” #Tepok2

188.Itulah jurus terampuh dari ”The Power of Ngeyel”. #Tepok2

189.Semakin membengkak pengeluaran Asrul, semakin terperas otak Asrul utk mendapatkan
pembayarannya. #Tepok2

190.Hy dlm semalam, Asrul mempersiapkan proposal singkat ttg prospektus usahanya.
#Tepok2

191.Keesokan harinya ia tawarkan kpd calon2 investor, yg kebanyakan rekan kerjanya.
#Tepok2

192.Tentu sj tak semulus yg dia sangka, tp bukannya mustahil kan! #Tepok2

193.Yes, akhirnya ada yg „nyantol‟ jg, atasannya tertarik utk invest Rp40 jt dg penukaran saham
sekitar 30 %. #Tepok2

194.Selain atasannya, Asrul mendapatkan pinjaman2 „lunak‟ dr kerabat2 dan teman-temannya.
#Tepok2

195.Singkat cerita, dibukalah usaha perdana Asrul. Hanya dalam waktu 3 bulan, Asrul
membuka cabang baksonya yang kedua. #Tepok2

                                                                         ArsipKompilasi @yulefdian
196.Dan di bulan ke-12 dia membuka cabang yg ketiga di salah satu mall terbesar di kota
batam. #Tepok2

197.Mungkin Anda menyebutnya modal nekad, mereka menyebutnya Modal ACTION!
Panaasss...! #Tepok2

Brosis, segini dulu ya.,lanjut besok lg.. besok kita bahas "MENGINDRA MIMPI".



                                    Mentor : @JayaYEA

                        Kamis 26 - 27 Mei 2011 08.00 WIB – Selesai

                                 Aula Twitterland Indonesia




                                                                     ArsipKompilasi @yulefdian

				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:46
posted:5/30/2011
language:Indonesian
pages:12