Docstoc

makalah PLTS

Document Sample
makalah PLTS Powered By Docstoc
					BAB I PENDAHULUAN PLTS adalah salah satu pembangkit listrik yang sangat sederhana dan mudah dipasang dirunah, sehingga PLTS merupakan salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik yang sangat ramat lingkungan karena memanfaatkan sinar matahari. Mengingat Indonesia merupakan daerah tropis, maka sangatlah baik jika PLTS mulai kita kembangkan dengan sungguh-sungguh. A. Alasan Pemilihan Judul Dalam pembuatan makalah ini sengaja kami memilih “Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Surya” sebagai judl makalah kami. Adapun alasan kami memilih judul tersebut adalah sebagai berikut : 1. Kami tertarik dengan sumber energi yang digunakan oleh PLTS 2. PLTS mudah dipasang serta ramah lingkungan. B. Tujuan Pemilihan Judul 1. Kami ingin mengenal dan mengetahui cara kerja PLTS 2. Untuk menambah pengetahuan tentang PLTS C. Pembatasan Masalah Masalah yang terkait dengan PLTS sangat kompleks, oleh karena itu untuk memudahkan pemahaman bagi para pembaca, sengaja kami membahas mengenai PLTS lebih dalam lagi. D. Metode Pengumpulan Data Di dalam pembahasan karya tulis ini, kami memperoleh data dengan metode literature atau study pustaka, yaitu perolehan data dengan cara membaca atau mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan PLTS. E. Sistematika Penulisan Untuk lebih memahami isi dari makalah ini, maka kami membuat sistematika sebagai berikut : Bab I berisi pendahuluan yang berisi atas alas an pemilihan judul, tujuan pemilihan judul, pembatasan masalah, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan Bab II berisi tentang sejarah berdirinya PLTS di Indonesia, sumber permodalan PLTS di Indonesia, komponen PLTS dan fungsinya, cara kerja PLTS, manfaat PLTS, keuntungan dan kelemahan PLTS. Bab III adalah penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran

1

BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG PLTS

A. Sejarah PLTS di Indonesia Di Indonesia sejarah perkembangan PLTS sudah dimulai sejak 1987 pada awal itu, BPPT dimulai dengan pemasangan 80 unit PLTS (Solar Home System, system pembangkit listrik, tenaga tata surya untuk lampu penerang rumah) di desa sukatani jawa barat. Setelah itu pada tahun 1991 dilanjutkan dengan proyek bantuan presiden (banpres listrik tenaga surya masuk desa) untuk pemasangan 13445 unit SHS di 15 propinsi. Program banpres listrik tenaga surya masuk desa juga telah memperoleh sambutan sangat menggembirakan dari masyarakat perdesaan dan telah terbukti dapat berjalan dengan baik akan dijadikan model guna implementasi program listrik tenaga surya untuk sejuta rumah.

B. Sumber Permodalan PLTS di Kabupaten Malang Pemerintah Kabupaten Malang berencana membangun 60 unit Pembangkit Liatrik Tenaga Surya (PLTS) dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2008 sebesar Rp 450 Juta. Pembangunan PUS ditujukan bagi 24 dusun di lima desa yang belum mendapat aliran listrik. Dusun-dusun ini dihuni sekitar 1.300 keluarga. Wakil Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan pembangunan PUS dilakukan mengingat ketidakmampuan Perusahaan Listrik Negara menyediakan jaringan listrik ke dusun-dusun yang terpencil.

2

"PLN sekarangkan malah rajin melakukan pemadaman listrik bergilir. Tapi PLN tak bisa disalahkan juga karena secara geografis dusun-dusun itu memang tak mungkin mendapat listrik," kata Rendra Kresna. Dusun Tambakrejo di Desa Beringin dan Jangkung di Desa Dadapan, Kcamatan masing-masing mendapat jatah l0 unit PLTS. Dusun Pekasan di Desa Sumberpengok Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dijatah 10 unit PLTS. Dusun Banjarsari di Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan, kebagian 20 unit PLTS. Sepuluh unit PUS lagi diberikan pada Dusun dan Desa Borosumbersari, Kecamatan Karangploso. Selain dari APBD, kata Rendra, pihaknya juga akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat lewat Dinas Sumber Energi dan Sumber Daya Mineral. Nilai bantuan belum diketahui, tapi bantuan ini direncanakan untuk membangun 78 unit PUS baru. Kepala Dinas ESDM Didik Budi Mulyanto menambahkan, pada 2007 pihaknya telah membebaskan dua dusun dari 26 dusun yang belum teraliri listrik. Posisi geografis dusun-dusun itu yang belum terjangkau transportasi atau biaya pembuatan jaringan listrik ke lokasi tak sepadan dengan hasil yang diterima PLN.

PAKET LISTRIK TENAGA SURYA KAPASITAS DAYA 80-300 WATT AC Dengan listrik tenaga surya kapasitas 300 watt. Kita dapat menyalakan peralatan listrik rumah sekala kecil. Selain penerangan juga dapat di gunakan untuk menghidupkan 1 buah TV. Selama +13 jam (pemakaian hemat). Lama pengisisan energy pada siang hari +7 - 8 jam. Daya yang di hasilkan sebesar 300 watt220v AC/SOHz. Paket listrik ini cocok untuk pedesaan. Hutan BTS pemancar radio dan dapat di aplikasikan dengan listrik rumah (PLN) sebagai back up energy. Paket tahan hingga 30 tahun dan tahan dalam segala. Paket kv-80wp/300watt ac; 1 unit panel surya 80wp 1 unit controller regulator 12v DC/15 amp 1 unit inverter kv-SOOwatt1220v AC+box panel 1 unit battery ACCU 12v DC/ 100 amp+mata ACCU+kabel ACCU 4 set lampu TL 5 watt+saklar lampu 4 set lampu PLS 5 watt+saiclar lampu+fitting 2 set kabel instalasi NYA 1/1,Smm

3

1 unit box instalasi2100 unit tiang penyangga panel

Harga;Rp.12.200.000,-

C. Komponen PLTS 1. Panel surya Berfungsi merubah cahaya matahari menjadi listrik. Bentuk pipih dari panel surya memberikan kemudahan pemenuhan kebutuhan listrik untuk berbagai skala kebutuhan.

2. Alat pengatur daya (charge controllet) Berfungsi mengatur alirsn listrik dari panel surya ke batre / ACCU dan aliran listrik dari batre / ACCU ke lampu, TV atau Radio. Juga berfungsi melindungi dari konsleting atau pengiriman muatan arus berlebih ke input terminal.

4

3. Batre ACCU Berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya sebelum dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. Beban dapat berupa lampu penerangan dan alat elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.

4. Inventer DC to AC Berfungsi mengubah arus DC menjadi arus AC.

D. Cara Kerja PLTS Pada siang hari panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam batre ACCU, sebelum disalurkan ke beban (lampu, radio, TV, dll). Pada malam hari, dimana panel surya tidak menghasilkan listrik. Listrik yang sudah terkumpul (tersimpan) dalam batre ACCU akan dapat digunakan. Untuk menyalakan peralatan listrik terutama lampu penerangan dll.

5

E. Manfaat PLTS Pembangkit Liatrik Tenaga Surya (PLTS) mempunyai berbagai macam manfaat antara lain adalah : 1. PLTS di daerah pedesaan Di daerah pedesaan yang belum tersentuh listrik PLN masyarakat sangat membutuhkan penerangan di malam hari, dengan hadirnya teknologi terbaru aplikasi pembangkit tenaga surya yang merupakan solusi terbaik untuk diterapkan di daerah pedesaan. Berikut ini adalah manfaat PLTS di daerah terpencil: a. Tersedianya mutu penerangan yang baik bagi masyarkat, dengan jumlah biaya pengeluaran yang terjangkau. b. Memperkokoh system pertahanan keamanan di lingkungan pedesaan. c. Menunjang usaha untuk mempercepat pemerataan di daerah pedesaan. 2. PLTS didaerah perkotaan Di daerah perkotaan yang para warganya cenderung memakai listrik dari PLN, karena banyaknya permintaan akan listrik di berbagai kota di Indonesia sementara pihak PLN tidak dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Akibatnya PLN mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal ini tentu akan mengganggu kegiatan masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi dengan hadirnya teknologi terbaru aplikasi terbaik untuk diterapkan di daerah-daerah yang mengalami krisis listri. Berikut ini manfaat PLTS di daerah perkotaan : a. Berperan serta dalam penghematan energi listrik PLN, yang berarti ikut menghemat pemakaian bahan baker minyak bumi. b. Meningkatnya mutu sumber daya manusia, karena proses belajar bisa dilakukan kapan saja tenpa harus terhalang oleh pemadaman listrik dari PLN. c. Mutu penerangan yang cukup baik dengan jumlah biaya pengeluaran yang terjangkau. F. Keuntungan dan Kelemahan PLTS 1. Keuntungan PLTS Pembangkit Liatrik Tenaga Surya merupakan suatu system energi yang bersih dan menghasilkan listrik dari sinar matahari. Memakai tenaga matahari tersedia melimpah dan gratis. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan PLTS : a. Sumber energi yang dipakai tidak pernah habis dan sangat ramah lingkungan.

6

b. Dapat dipakai dimana saja terutama didaerah yang belum terjangkau listrik PLN. c. Tidak memerlukan perawatan kusus sehingga bebas dari segala biaya perawatan. d. Hemat karena tidak memerlukan bahan bakar. e. Bersifat moduler artinya kapasitas listrik yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan. f. Tanpa suara sehingga tidak mengganggu ketertiban umum. g. Ramah lingkungan h. Pemasangannya sangat mudah. 2. Kelemahan PLTS Meskipun pembangkit l;istrik tenaga surya memiliki beberbagai keuntungan. Namun PLTS memiliki kelemahan. Berikut ini adalah kelemahan dari PLTS : a. Memiliki ketergantungan pada cuaca. Saat mendung kemampuan panel surya menangkap sinar matahari tentu akan berkurang. Akibatnya, PLTS tidak bisa digunakan secara optimal. Karena saat mendung kemampuan PLTS menyimpan energi berkurang sekitar 30 persen. b. Rencana pembangunan PLTS dihadang sejumlah masalah. Masalah utama adalah besarnya biaya membangun pembangkit ini. Yaitu mencapai Rp. 11 milyar per MW. Jika PLTS nanti kapasitasnya 30 MW, berarti biaya yang dibutuhkan Rp 330 Milyar. c. Teknologi PLTS dikhawatirkan menjadi sumber pencemar udara baru. Kondisi geografis bandung yang membentuk cekungan membuat sirkulasi udara menjadi lambat. Polutan PLTS nentinya berputar-putar diatas kota bandung.

7

BAB III PENUTUP

A. KESIMPULAN Dari hasil pengamatan makalah ini, kami menyimpulkan bahwa Pembangkit Liatrik Tenaga Surya (PLTS) memiliki berbagai macam keuntungan. Apalagi jika di kembangkan di Indonesia yang sangat berpotensi karena beriklim tropis, dan Pembangkit Liatrik Tenaga Surya ini mungkin bisa digunakan sebagai pengganti pembangkit listrik berbahan fosil yang tidak dapat diperbaharui.

B. SARAN 1. Pembangkit Liatrik Tenaga Surya lebih cocok dikembangkan di daerah beriklim tropis.

8


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags: PLTS
Stats:
views:21304
posted:7/2/2009
language:Indonesian
pages:8
Description: pembangkit listrik tenaga surya