Catatan Kuliah Twitter - Teknisi Manajer Entrepreneur

Document Sample
Catatan Kuliah Twitter - Teknisi Manajer Entrepreneur Powered By Docstoc
					 Catatan Kuliah Twitter
 “Teknisi Manajer Entrepreneur”
 Mentor : @JayaYEA

 Kamis 19 Mei 2011, 20.00 WIB – Selesai, Aula Twitterland Pengusaha




Brosis, materi mlm ini sgt krusial, jdlnya "TME", knapa hy 4% biz yg bs bertahan di thn ke 10?
StayTune 20:00wib. RT yee

1.Brosis materi mlm ini spesial, ringan tp sgt esensial. Intisarinya sy ambil dr buku E-Myth,
karangan Michael Gerber. #YEAtme

2.Buku ini seharusnya menjd buku wajibnya juragan, tp disayangkan tak ada terjemahnya, bhkn
tak dijual di Ind. #YEAtme

3.Materi ini sdh sy modivikasi dg bhs yg lbh simple u/ dimengerti & contoh2 ala juragan :p
#YEAtme

4.Michael Gerber melakukan survey dr 1juta UKM di US. Berikut datanya... #YEAtme

5. 40% Biz jatuh(tutup) di thn ke 2; 80% jatuh di thn ke 5; 96% jatuh di thn ke 10. Hy 4% yg
mampu bertahan. Knapa? #YEAtme

6.Sblm menjwb, mari kita kenali 3 elemen bisnis dlm diri kita: TEKNISI, MANAJER,
ENTREPRENEUR. Penjelasannya... #YEAtme

7.TEKNISI(T), "hidup di masa SEKARANG", spt koki di RM, montir di bengkel, banci di salon.
Tak ada T, bisnis tak jalan! #YEAtme

8.MANAJER(M), "hidup di masa LALU", menganalisa data2/laporan, guna melakukan efisiensi
& menyelesaikan mslh. #YEAtme

9.ENTREPRENEUR(E), "hidup di masa DEPAN", melihat & mencari peluang, merencanakan,
berkreasi, inovasi, pemimpi! #YEAtme

10.Ketiga elemen itu ada dlm diri kita sbg seorg pebisnis, hy saja PROSENTASInya berbeda2.
#YEAtme

11.Awal kita berbisnis, mungkin komposisinya T=70%; M=20%; E=10%. Misal, kita montir, kita
membuka bengkel. #YEAtme

12.Apa yg terjd jk kita tetap mempertahankan komposisi itu? Apalagi NAMA kita adlh MERK
dari bengkel tsb. #YEAtme

13.Awalnya kita bangga krn pelanggan sgt (& hanya) percaya pd kita. Jk kita sakit, pelanggan
memilih menunggu. #YEAtme




                                                                          ArsipKompilasi @yulefdian
14.Awalnya mungkin enjoy2 sj, stlh 1-2thn, mulai kejenuhan itu dtg. Bengkel itu adlh kita! Kita
sakit, bengkel sakit. #YEAtme

15.Tak selesai disitu, krn terlalu bangga dg kemampuan teknis, kita jd lupa ttg 'servis'. Tmpt tak
nyaman, layanan buruk. #YEAtme

16.Mulailah tetangga samping membuka bengkel serupa. Montir mungkin tak sehebat kita,
namun saat kita sakit, mrk masuk. #YEAtme

17.Ternyata not bad jg tuh, aplg servisnya lbh bagus, ruangan aircon, teh/kopi gratis. Mulailah
pelanggan berpaling. #YEAtme

18.Kita merasa kebakaran jenggot,"Kurang ajar bengkel sebelah, nyerobot pelangganku!".
Kafilah tetap berlalu... #YEAtme

19.Smntr kita msh pede (campur sombong) menepuk dada,"Gak ada montir sebagus gue nih...".
Insyaf bro...! #YEAtme

20.Tak berapa lama, bengkel tetangga membuka cabang di tmpt lain, lbh besar, lbh nyaman,
lbh komplet alat2nya! #YEAtme

21.Branding adlh keterlihatan, makin byk cabang, makin terlihat. Smntr bengkel 'gue', hy 1,
tetap kumuh & arogan. #YEAtme

22.Bengkel 'gue' ty ke org pinter (ngibul), katanya ditutupi jin. Ehh... percaya juga! Kemenyan &
sajen tetap tak mempan. #YEAtme

23. 1thn 9bln 10hr, TUTUP deh! Dasar nasib si montir... #YEAtme

24.Itulah balada Teknisi yg slalu menepuk dada, tak mentransformasi dirinya. Harusnya
bagaimana? #YEAtme

25.Jk kita mau terhindar dr tragedi teknisi, kita hrs mentransformasi diri kita dr T ke M & ke E!
#YEAtme

26.Tak ada patokan akurat brapa lama hrs bertahan di posisi T sblm pindah ke dominan M & E.
Tergantung starting point msg2. #YEAtme

27.U/ pemula, usahakan sblm 2 thn sdh mulai mengurangi porsi di T & mulai beralih ke M.
Buatlah sistem. #YEAtme

28.Faktor penghambat ssorg pindah dr T ke M atau E adlh EGO, krn merasa tak ada sepandai
dirinya. #YEAtme

29."Tak ada yg bs membuat masakan spt punyaku". Come on sis, pswt terbang aja kita sdh
bisa buat, aplg sekedar pindang! #YEAtme

30.Jk dulu kita berucap,"Kalo gak da AKU, gak jalan"... #YEAtme

31.Saatnya berucap,"Kalo gak da KAMU, gak jalan"-->sambil menepuk bahu Teknisi kita. Itulah
fase Manajer. #YEAtme



                                                                          ArsipKompilasi @yulefdian
32.Kalo Entrepreneur? "Gue gak mau tahu, pokoknya hrs jalan!" :p #YEAtme

33.Katakanlah di thn kedua kita bs transform menjdi 20%T; 50%M; 30%E -->itu sudah bagus...
Mulai ikut training manajemen. #YEAtme

34.Thn ke 3: 0%T; 20%M; 80%E--> kerjaannya golf, ikut pameran, asosiasi, training, baca tren
melalui majalah, networking. #YEAtme

35.Kombinasikan materi ini dg materi2 sy seblmnya, pasti selaras! Semua mengarah ke F/F
lebih cepat, namun akurat...! #YEAtme

36.Bisakah lgsg lompat ke E? Bisa aja, beli franchise yg 'bener', bkn abal2an lho. Atau rekrut
org2 yg kompeten di bidangnya. #YEAtme

37.Sekali lagi, kuncinya di EGO & KESOMBONGAN kita. Trmsk jg KETIDAKPERCAYAAN thd
org lain! #YEAtme

38.Baca ulang pelan2 materi ini, aplg jika Anda menemukan masalah! #YEAtme

39.Teknisi bangga bs menyelesaikan mslh sendiri... #YEAtme

40.Manajer bangga bs menyelesaikan mslh melalui org lain... #YEAtme

41.Entrepreneur bangga masalah selesai tanpa ia tahu ada masalah! #YEAtme

42.Selamat mencoba... F!GHT! #YEAtme




                                                                        ArsipKompilasi @yulefdian

				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:44
posted:5/19/2011
language:Indonesian
pages:3