Docstoc

kisi-kisi ujian praktek

Document Sample
kisi-kisi ujian praktek Powered By Docstoc
					KISI-KISI UJIAN PRAKTEK DAN PENILAIAN BAHASA INGGRIS KELAS IX SMP NEGERI 1 SUMOBITO Tahun Pelajaran 2008 – 2009
Pelaksanaan Ujian Praktek Tanggal 2 dan 4 Mei 2009

A. MATERI SOAL Writing Skill Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk deskriptif, recount, narrative dan prosedur untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari. KOMPETENSI DASAR 1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari. MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN  Kalimat sederhana recount  Simple Past Tense  Past Time signals  Simple Present Tense BENTUK SOAL INDIKATOR

 Paragraph  Siswa mampu building from menyusun kalimatsentences kalimat menjadi sebuah paragraf yang benar.

2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam essay pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk deskriptif, recount, narrative dan procedure.

 Kalimat acak  Translate the  Siswa mampu mencari  Paragraph Building story makna secara  Teks Narrative (The  Making a menyeluruh dan utuh legend of composition yang terdapat dalam Karimunjava Island) about: suatu teks cerita.  Describe - Animal animal(Elephant) Description  Siswa mampu  Making a Poem - Poem membuat suatu essay  How to make coffee - How to pendek sederhana make dengan meruntut pada coffee gambar ilustrasi yang diberikan.

Ujian praktek/ bahasa Inggris kelas IX/ SMPN 1 Sumobito/ 2009

B. MATERI PENILAIAN Writing Skill Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan essay pendek sederhana berbentuk deskriptif, recount, narrative dan prosedur untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari. KRITERIA SOAL Menyusun Kalimat Acak menjadi paragraf yang baik dan benar. (Paragraph Building) SKOR DESKRIPSI PENILAIAN Excellent to very Good  Menanggapi intruksi kalimat perintah dengan benar.  Menyusun kalimat secara utuh dan keseluruhan benar (kontekstual). Good  Menyusun kalimat secara utuh dan keseluruhan benar dengan beberapa kesalahan ejaan, tanda baca dan pemilihan kosa kata yang kurang tepat (sesuai).  Keseluruhan susunan kalimat benar tetapi penulisan bentuk paragraf kurang benar. Fair  Kurang memahami instruksi kalimat perintah.  Susunan kalimat dalam penyusunan paragraf secara berurutan masih kurang tepat, tapi makna mulai tampak. Inacceptable  Tidak memahami instruksi kalimat perintah.  Mengabaikan urutan penyusunan kalimat menjadi paragraf yang tepat  Tidak memiliki kejelasan dari paragraf yang tersusun  Kesalahan pada penulisan ejaan, tanda baca, dan bentuk kaidah penulisan paragraf yang tepat. Excellent  Mampu menggali makna cerita secara keseluruhan.  Makna cerita telah menggambarkan secara menyeluruh dari teks cerita. Fair  Makna cerita secara garis besar telah menggambarkan ide pokok dan tema dari secara keseluruhan teks cerita.  Telah menggambarkan sebagian isi teks cerita Inacceptable  Tidak adanya makna yang tergambar dengan jelas dari teks cerita.  Penggunaan dan pemilihan kata-kata/ ungkapan yang kurang jelas/ tidak tepat dari teks cerita. NO. SOAL

18 – 20

13 – 17

Part I

7 – 12

0–6

Mencari makna secara keseluruhan dari suatu teks cerita (Text Comprehension)

20 – 30

15 – 19

Part II

0 – 14

Ujian praktek/ bahasa Inggris kelas IX/ SMPN 1 Sumobito/ 2009

Menyusun suatu bentuk ungkapan ide dari suatu ilustrasi gambar dalam bentuk teks tulis prosedur, deskripsi, recount, atau report (COMPOSITION)

40 – 50

25 – 39

18 – 24

0 – 18

Excellent to Very Good  Pemilihan ide dan tema yang sesuai.  Pemilihan kata-kata dan ungkapan yang tepat.  Penggunaan struktur/ tata bahasa/ grammar yang tepat.  Penyusunan bentuk tulisan yang tepat dengan penggunaan tanda baca dan bentuk paragraf yang benar.  Alur cerita yang berurutan sesuai dengan plot cerita.  Mudah dipahami dan sederhana. Good  Pemilihan ide dan tema tepat, tetapi penggunaan kosa kata yang kurang tepat  Beberapa kesalahan dalam penggunaan gramar/ struktur kalimat.  Adanya beberapa tanda baca yang salah  Alur cerita yang kadangkala tidak berurutan  Masih jelas isi cerita dan mudah dipahami. Fair  Pemilihan ide dan tema tepat, tetapi penggunaan kosa kata banyak yang tidak sesuai.  Banyak kesalahan dalam tata bahasa/ struktur kalimat.  Kosa kata yang “poor” dan tidak sesuai.  Alur cerita tidak berurutan cenderung terpenggal-penggal.  Kurang jelas apa yang akan digambarkan dalam isi cerita.  Penggunaan kaidah penulisan yang salah. Inacceptable  Pemilihan/ penyampaian ide atau tema yang kurang jelas.  Tata bahasa/ struktur kalimat yang tidak sesuai.  Penggunaan kosa kata yang salah.  Tidak ada alur cerita, kaidah penulisan salah, dan tidak dapat dimengerti apa yang telah digambarkan dalam isi cerita.

Part III

Jumlah Skor Maksimal Mengetahui Kepala SMPN 1 Sumobito,

100 Sumobito, 2 Mei 2009 Penyusun,

Drs. BAMBANG SETYOBUDI Pembina NIP. 130 927 429

YUNI HARTONO, S.Pd NIP. 510 141 112

Ujian praktek/ bahasa Inggris kelas IX/ SMPN 1 Sumobito/ 2009


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags:
Stats:
views:9924
posted:6/23/2009
language:Indonesian
pages:3