Docstoc

Motivasi - PowerPoint

Document Sample
Motivasi - PowerPoint Powered By Docstoc
					Motivasi
By : Ns.Teti Oktianingsih,Skep

Motivasi




Adalah dorongan penggerak untuk mencapai tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari. Motivasi dapat timbul dari dalam diri individu (intrinsik) atau datang dari lingkungan(ekstrinsik), motivasi yg paling bagus adalah motivasi yg datang dari diri sendiri

Faktor perangsang dan penguat
 1.

2. 3.

4.

Untuk meningkatkan motivasi berperilaku dapat dilakukan dg 4 cara: Memberi hadiah dalam bentuk penghargaan,pujian, piagam, promosi pendidikan/jabatan Kompetisi atau persaingan yg sehat Memperjelas tujuan Memberi informasi keberhasilan kegiatan yg telah dilakukan, untuk mendorong agar lebih berhasil.

Faktor faktor yg mempengaruhi perilaku seseorang
1. Faktor genetik atau faktor endogen  Faktor genetik/keturunan merupakan konsepsi dasar /modal untuk kelanjutan perkembangan perilaku makhluk hidup itu. Faktor genetik berasal dari diri individu (endogen),antara lain: a.Jenis ras, setiap ras di dunia memiliki perilaku yg spesifik





Ras kulit putih, ciri fisik: kulit putih, mata biru, rambut pirang Perilaku yg dominan: terbuka, senang akan kemajuan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Ras kulit hitam Ciri fisik: berkulit hitam, rambut keriting dan bermata hitam

 



Ras kulit kuning/mongoloid Ciri fisik;berkulit kuning, rambut lurus, mata coklat Perilaku dominan; keramah tamahan, suka gotong royong, tertutup dan suka dg upacara ritual.

B. Jenis kelamin  Perbedaan dpt dilihat dari cara berpakaian, dan melakukan pekerjaan sehari – hari.  Pria berperilaku atas dasar pertimbangan rasional/akal, sedangkan wanita atas pertimbangan emosional atau perasaan.

C. Sifat fisik  Perilaku individu akan berbeda karena sifat fisiknya  Contoh dari tipologi kretchmer:  Orang tipe piknis atau stenis dg ciri fisik badan agak pendek, perut membesar, bahu tidak lebar, leher pendek dan bulat, wajah bundar, banyak lemak, dan lengan kaki agak lemah.Ciri perilaku: bertipe cyclothym yaitu mudah bergaul, humoris, ramah, banyak teman, mudah menyesuaikan diri dg orla, peka dan berjiwa terbuka.

 

Tipe atletis Dg ciri fisik: tulang dan otot kuat, badan kokoh dan tegap, dada, panggul, tengkorak dan bahu kuat, tubuh tinggi.Ciri perilaku bersifat Schizothym yaitu: sulit kontak dg dunia sekitar, suka menyendiri, menutup diri dan sedikit bicara.

D. Sifat kepribadian  Menurut maramis (1999) adalah keseluruhan pola pikiran, perasaan dan perilaku yg sering digunakan oleh seseorang dalam usaha adaptasi yg terus menerus terhadap hidupnya.  Kepribadian menurut masyarakat awam adalah bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu lainnya.

E. Bakat pembawaan  Adalah kemampuan individu untuk melakukan  Sesuatu yg sedikit sekali bergantung pada latihan mengenai hal tersebut.  Contoh: pemalu, pemarah, peramah, pengecut dsb.  Bakat merupakan interaksi dari faktor genetik dan lingkungan serta bergantung pada adanya kesempatan untuk pengembangan.

 





F. Intelegensi Menurut Terman adalah kemampuan untuk berfikir abstrak Menurut Ebbinghaus adalah kemampuan untuk membuat kombinasi. Intelegensi sangat berpengaruh pada perilaku individu

2. Faktor Eksogen/dari luar individu
A. Faktor lingkungan  Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku individu karena lingkungan merupakan lahan untuk perkembangan perilaku. B. Pendidikan  Pendidikan mencakup seluruh proses kehidupan individu sejak lahir hingga liang lahat





C. Agama Merupakan tempat mencari makna hidup yg terakhir atau penghabisan Agama sebagai suatu keyakinan hidup yg masuk ke dalam konstruksi kepribadian seseorang sangat berpengaruh dalam cara berfikir, bersikap, bereaksi dan berperilaku.

D.Sosial ekonomi  Lingkungan sosial dapat menyangkut sosial budaya dan sosial ekonomi.

E. Kebudayaan  Adalah keseluruhan gagasan, dan karya manusia yg harus dibiasakannya dg belajar serta dari hasil budi dan karyanya.

F. Faktor – faktor lain  Susunan syaraf pusat  Persepsi  Emosi


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags: Motivasi
Stats:
views:3129
posted:6/13/2009
language:Indonesian
pages:16
Hermansyah H Hermansyah H TANYONA www.dua.yolasite.com
About SALLALLA HU `ALA MUHAMMAD SALLALLA HU `ALAIHI WA SALAM SALLALLA HU `ALA MUHAMMAD SALLALLA HU `ALAIHI WA SALAM SALLALLA HU `ALA MUHAMMAD YA RABBI SHALLI `ALAIHI WA SALAM