PRILAKU SEHAT by hermansyahpsik

VIEWS: 1,014 PAGES: 11

									PRILAKU SEHAT

Ns ARBAIYAH, S.Kep, MPHM

Mengapa ya……..?


Banyak orang berkata bahwa “ hidup itu singkat, untuk apa susah-susah diet atau olahraga. Makan saja apa yang kita suka, lakukanlah apa yang kita mau”



Anggapan itu seakan melupakan bahwa dengan badan yang sehatlah kita baru dapat mengerjakan semua kegiatan dengan senang hati dan mencapai tujuan dengan maksimal. Atau dengan kata lain, SEHAT akan membuat hidup menjadi lebih indah dan bermakna.



Secara sederhana gaya hidup dapat diartikan sebagai cara seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Maka gaya hidup yang sehat dapat dianggap sebagai pola perilaku yang akan memberikan dampak pada kesehatan kita dan selanjutnya berpengaruh juga pada kesehatan orang lain.



Pertanyaannya sekarang adalah, perilaku seperti apa yang berdampak baik buat kesehatan kita? Berikut ini adalah hal-hal yang sangat sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencoba menjalankan gaya hidup sehat, antara lain : Makan-makanan dengan gizi seimbang ( empat sehat lima sempurna )



Olahraga secara teratur Tidak menggunakan narkoba atau bahanbahan psikotropika lainnya. Tidak melakukan seks bebas. Menggunakan air dan jamban yang bersih dan sehat. Membuang sampah pada tempatnya. Tidak menebang pohon dengan sembarangan.



Bagi ibu menyusui waib memberikan ASI ekslusif selama minimal enam bulan dan vaksin sesuai aturan kesehatan pada bayi. Menggunakan alat-alat kontrasepsi sesuai aturan dan kadar kesehatan dengan baik. Tidak merokok. Beribadah dengan baik, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.



Bila dilihat sepintas, mungkin banyak dari kita akan tertawa kecil dan sinis membaca hal-hal diatas. Apalagi bagi warga kota yang hidup dizaman sekarang, dimana semuanya serba cepat dan instant. Ada banyak hal yang akan bertentangan dan sulit dilakukan, terutama bila dilihat dari gaya pergaulan dan tingkat kecanggihan teknologi masa kini.



Namun perlu kita ingat bersama bahwa menurut sebuah penelitian oleh para ahli fisiologi Universitas Indonesia, gaya hidup sehat dapat : – mengurangi resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi sampai 55%, – mengurangi resiko diabetes hingga 50%, – mengurangi resiko terkena tumor dan kanker hingga 35%, – mengurangi resiko terkena serangan stroke dan jantung koroner hingga 75% – dan yang paling penting adalah usia harapan hidup dapat diperpanjang hingga 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan hidup manusia Indonesia.



Sebenarnya gaya hidup sehat dapat diraih tanpa mengeluarkan biaya uang sepeserpun asalkan kita memiliki kemauan yang kuat untuk menjalankannya. Dengan kemauan semuanya akan menjadi mudah dilakukan dan efeknya luar biasa sekali. Gaya hidup sehat, akan membuat kita merasa lebih tenteram, aman dan nyaman, memiliki rasa percaya diri, berpenampilan lebih sehat dan ceria, sukses dalam pekerjaan dan menikmati pergaulan dan kehidupan tanpa merasa ketingagalan zaman.


								
To top