rpp perjuangan nabi Muhammad_ bani umayah by kkkmmmnn

VIEWS: 3,038 PAGES: 31

									RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami kedudukan dan peran Muhammad saw sebagai pembawa risalah Indikator  Menjelaskan tugas risalah Nabi untuk semua manusia.  Mampu menjelaskan bahwa risalah Nabi Muhammad saw untuk mentauhidkan Allah SWT.  Mampu menjelaskan lima tugas utama Rasul  Mampu menjelaskan Nabi Muhammad saw sebagai Rasul terakhir Tujuan Pembelajaran  Siswa menjelaskan tugas risalah Nabi untuk semua manusia.  Siswa mampu menjelaskan bahwa risalah Nabi Muhammad saw untuk mentauhidkan Allah SWT.  Siswa mampu menjelaskan lima tugas utama Rasul  Siswa mampu menjelaskan Nabi Muhammad saw sebagai Rasul terakhir Materi Pokok  Nabi Muhammad saw sebagai pembawa risalah  Nabi Muhammad saw menerima wahyu  Intisari risalah Nabi Muhammad saw  Lima tugas utama Nabi Muhammad saw sebagai Rasul  Nabi Muhammad saw sebagai Rasul terakhir. Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Mengkaji dan mendiskusikan dalam kelompok tentang peran nabi Muhammad saw sebagai pembawa risalah dan rasul terakhir serta tugas-tugasnya.  Presentasi hasil diskusi kelompok tentang Nabi Muhammad saw sebagai pembawa risalah dan rasul terakhir serta tugas-tugasnya C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tertulis  Tes lisan Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami dan menghayati kedudukan dan peran Nabi Muhammad saw sebagai uswatun hasanah dan mengambil hikmah serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw sebagai pemimpin.  Mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw sebagai pribadi muslim  Mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw dalam rumah tangga Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw sebagai pemimpin.  Siswa mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw sebagai pribadi muslim  Siswa mampu menjelaskan keteladanan Nabi Muhammad saw dalam rumah tangga Materi Pokok  Nabi Muhammad saw sebagai uswatun hasanah  Keteladanan Nabi Muhammad saw dalam kepemimpinan  Keteladanan Nabi Muhammad saw sebagai pribadi dalam rumah tangga Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw sebagai rasul terakhir. B. Kegiatan inti  Mengkaji dan mendiskusikan dalam kelompok tentang Nabi Muhammad saw sebagai uswatun hasanah baik sebagai pemimpin, pribadi muslim dan dalam rumah tangga.  Presentasi hasil diskusi tentang Nabi Muhammad saw sebagai uswatun hasanah baik sebagai pemimpin, pribadi muslim dan dalam rumah tangga. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

…………………..

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami dan menghayati teknik-teknik dakwah Nabi dengan memberi peringatan dan dapat mengambil hikmah serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan bentuk-bentuk peringatan dalam berdakwah  Mampu menyebutkan contoh ayat-ayat peringatan.  Mampu menerangkan kepada siapa peringatan disampaikan  Mampu menjelaskan maksud “menggembirakan” Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk peringatan dalam berdakwah  Siswa mampu menyebutkan contoh ayat-ayat peringatan.  Siswa mampu menerangkan kepada siapa peringatan disampaikan  Siswa mampu menjelaskan maksud “menggembirakan” Materi Pokok  Teknik dakwah nabi Muhammad : - Memberi peringatan - Menggembirakan Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Mengkaji dan mendiskusikan dalam kelompok tentang dakwah Nabi Muhammad saw  Presentasi hasil diskusi tentang dakwah Nabi Muhammad saw C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami dan menghayati teknik dakwah Nabi Muhammad saw dengan kasih sayang dan lemah lembut sert tegas keras kemudian mengambil hikmah sert dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan pengertian kasih sayang dan lemah lembutt  Mampu menyebutkan contoh dakwah dengna kasih sayang dan lemah lembut yang dilakukan Nabi Muhammad saw  Mampu menyebutkan ayat al Qur’an yang ada hubungannya dnegan dakwah Nabi.  Mampu menjelaskan ketegasan Nabi dalam beraqidah  Mampu menjelaskan tidak ada toleransi dalam ibadah. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan pengertian kasih sayang dan lemah lembutt  Siswa mampu menyebutkan contoh dakwah dengna kasih sayang dan lemah lembut yang dilakukan Nabi Muhammad saw  Siswa mampu menyebutkan ayat al Qur’an yang ada hubungannya dnegan dakwah Nabi.  Siswa mampu menjelaskan ketegasan Nabi dalam beraqidah  Siswa mampu menjelaskan tidak ada toleransi dalam ibadah. Materi Pokok  Kasih sayang dan lemah lembut  Tegas dan keras Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Mengkaji dan mendiskusikan dalam kelompok tentang dakwah Nabi Muhammad saw dengan kasih sayang dan lemah lembut serta tegas dan keras.  Presentasi hasil diskusi tentang dakwah Nabi Muhammad saw dengan kasih sayang dan lemah lembut serta tegas dan keras. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami dan menghayati dakwah Nabi Muhammad saw dengan kemudahan dalam beragama. Indikator  Mampu menjelaskan bahwa islam itu mudah  Mampu menjelaskan bahwa ajaran itu ada rukshah (keringanan Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan bahwa islam itu mudah  Siswa mampu menjelaskan bahwa ajaran itu ada rukshah (keringanan Materi Pokok  Memberi kemudahan Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang kemudahan-kemudahan dalam Islam. B. Kegiatan inti  Tanya jawab tentang Islam inti mudah.  Ajaran Islam itu ada keringan C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami pendekatan dakwah personal, pendekatan diskusi dan pendekatan missi yang dilakukan Nabi dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan pendekatna dakwah personal, diskusi dan pendekatan missi yang telah dilakukan Nabi.  Mampu menyebutkan nama-nama orang pertama masuk Islam.  Mampu menyebutkan contoh dakwah Nabi dengan pendekatan diskusi.  Mampu menyebutkan kerajaan-kerajaan yagn dikirimi missi.  Mampu menyebutkan nama-nama personil yang dikirim oleh Nabi untuk menyampaikan missi. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan pendekatna dakwah personal, diskusi dan pendekatan missi yang telah dilakukan Nabi.  Siswa mampu menyebutkan nama-nama orang pertama masuk Islam.  Siswa mampu menyebutkan contoh dakwah Nabi dengan pendekatan diskusi.  Siswa mampu menyebutkan kerajaan-kerajaan yagn dikirimi missi.  Siswa mampu menyebutkan nama-nama personil yang dikirim oleh Nabi untuk menyampaikan missi. Materi Pokok  Pendekatan dakwah Nabi Muhammad saw : - Pendekatna personal - Pendekatan diskusi - Pendekatan missi Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Mengkaji dan mendiskusikan dalam kelompok tentang pendekatan dakwah Nabi, baik pendekatan personal, diskusi, dan missi  Presentasi hasil diskusi tentang pendekatan dakwah Nabi, baik pendekatan personal, diskusi, dan missi. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 3 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami pendekatan dakwah Nabi dengan pendekatan korespondensi, pendidikan, dan perang seta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan pendekatna dakwah Nabi dengan pendekatan korespondensi, pendidikan, dan perang  Mampu menyebutkan surat-surat yagn dikirim Nabi  Mampu menyebutkan kerajaan-kerajaan yang dikirimi surat  Mampu menjelaskan isi pokok surat Nabi  Mampu menyebutkan tempat-tempat pendidikan nabi  Mampu menjelaskan peperangan yagn peranh dilakukan Nabi Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan pendekatan dakwah Nabi dengan pendekatan korespondensi, pendidikan, dan perang  Siswa mampu menyebutkan surat-surat yagn dikirim Nabi  Siswa mampu menyebutkan kerajaan-kerajaan yang dikirimi surat  Siswa mampu menjelaskan isi pokok surat Nabi  Siswa mampu menyebutkan tempat-tempat pendidikan nabi  Siswa mampu menjelaskan peperangan yang peranh dilakukan Nabi Materi Pokok  Pendekatan korespondensi  Pendekatan pendidikan  Pendekatan perang Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Menjelaskan pengertian pendekatan korespondesi, pendidikan dan perang.  Tanya jawab tentang pendekatan dakwah Nabi Muhammad saw  Menyimpulkan hasil tanya jawab tentang dakwah Nabi C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : X/ satu : 4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami metodologi perjuangan dan dakwah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Memahami keberhasilan dakwah Nabi dalam bidang keagamaan, sosial, politik, ilmu pengetahuan dan ekonomi serta dapat mengambil hikmah dakwah Nabi Muhammad saw. Indikator  Mampu menjelaskan keberhasilan dakwah Nabi dalam bidang keagamaan.  Mampu menjelaskan keberhasilan Nabi dalam bidang sosial.  Mampu menjelaskan perubahan tatanan sosial yagn dilakukan Nabi.  Mampu menjelaskan keberhasilan Nabi mempersatukan suku-suku Arab yang majemuk.  Mampu menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan.  Mampu menjelaskan sistem ekonomi Islam.  Mampu menyebutkan hikmah dakwah Nabi Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan keberhasilan dakwah Nabi dalam bidang keagamaan.  Siswa mampu menjelaskan keberhasilan Nabi dalam bidang sosial.  Siswa mampu menjelaskan perubahan tatanan sosial yagn dilakukan Nabi.  Siswa mampu menjelaskan keberhasilan Nabi mempersatukan suku-suku Arab yang majemuk.  Siswa mampu menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan.  Siswa mampu menjelaskan sistem ekonomi Islam.  Siswa mampu menyebutkan hikmah dakwah Nabi Materi Pokok  Hasil perjuangan dakwah Nabi Muhammad : - Keberhasilan di bidang keagamaan - Keberhasilan dibidang sosial - Keberhasilan di bidang politik - Keberhasilan di bidang ilmu pengetahuan - Keberhasilan di bidang ekonomi - Hikmah dakwah Nabi Muhammad saw Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang nabi Muhammad saw. B. Kegiatan inti  Membaca buku sumber yang berkaitan dengan keberhasilan dakwah Nabi dalam bidang keagamaan, sosial, politik, ilmu pengetahuan, ekonomi seta hikmah dakwah Nabi Muhammad saw.  Mendiskusikan yang berkaitan dengan keberhasilan dakwah Nabi C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah.

Sumber pelajaran  Tarikh SMU/ SMK kelas I  Sejarah dan kebudayaan Islam  Al Qur’an dan terjemah Departemen Agama

Penilaian  Tugas kelompok  Pengamatan  Tes tertulis …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 1 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami pertumbuhan dan jasa Daulat Murabitin dalam pengembangan Islam serta dapat mengambil manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarah lahirnya Daulat Murabitin.  Menyebutkan nama-nama Khalifah Daulat Murabitin.  Menerangkan alasan Daulat Murabitin berkuasa di Spanyol.  Menjelaskan faktor-faktor keruntuhannya. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah lahirnya Daulat Murabitin.  Siswa mampu menyebutkan nama-nama Khalifah Daulat Murabitin.  Siswa mampu menerangkan alasan Daulat Murabitin berkuasa di Spanyol.  Siswa mampu menjelaskan faktor-faktor keruntuhannya. Materi Pokok  Daulat Murabitin Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Daulat Murabitin. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan Daulat Murabitin.  Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang Daulat Murabitin. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas rumah  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 1 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami pertumbuhan dan jasa Daulat Muwahidin dalam mengembangan Islam serta dapat mengambil hikmahnya. Indikator  Menyebutkan lahirnya Daulat Muwahidin  Menyebutkan nama-nama khalifahnya.  Menunjukkan bukti-butki kejayaannya  Menjelaskan faktor-faktor keruntuhannya. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menyebutkan lahirnya Daulat Muwahidin  Siswa mampu menyebutkan nama-nama khalifahnya.  Siswa mampu menunjukkan bukti-butki kejayaannya  Siswa mampu menjelaskan faktor-faktor keruntuhannya Materi Pokok  Daulat Muwahidin Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Daulat Muwahidin. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan Daulat muwahidin.  Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil diskusi tentang Daulat Murabitin. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas rumah  Lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Daulat Bani Ahmar dan mengembangkan Islam serta dapat mengambil manfaat dan hikmahnya dan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarah Daulat Bani Ahmar.  Menyebutkan usaha-usaha Bani Ahmar dalam mengembangkan Islam  Menyebutkan faktor kemudnuran Daulat Bani Ahmar di Granada. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah Daulat Bani Ahmar.  Siswa mampu menyebutkan usaha-usaha Bani Ahmar dalam mengembangkan Islam  Siswa mampu menyebutkan faktor kemunduran Daulat Bani Ahmar di Granada Materi Pokok  Bani Ahmar di Granada Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Bani Ahmar di Granada. B. Kegiatan inti  Membaca atau menelaah buku Bani Ahmar di Granada.  Mendiskusikan tentang Bani Ahmar di Granada secara kelompok.  Menerangkan faktor kemunduran Daulat Bani Ahmar di Granada.  Tugas kelas tentang Bani Ahmar C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas rumah  Lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di India dan Pakistan dan dapat menerapkan dalam perilaku kehidupan seharihari. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di India dan Pakistan.  Menerangkan dinasti-dinasti yang pernah berkuasa di India.  Menerangkan penginggalan-peninggalan Dinasti Mongol.  Menyebutkan tokoh-tokoh pergerakan Islam. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di India dan Pakistan.  Siswa mampu menerangkan dinasti-dinasti yang pernah berkuasa di India.  Siswa mampu menerangkan penginggalan-peninggalan Dinasti Mongol.  Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh pergerakan Islam. Materi Pokok  Perkembangan Islam di India dan Pakistan. Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di India dan Pakistan. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan, perkembangan Islam di India dan Pakistan.  Tanya jawab hasil telaah siswa.  Menyimpulkan materi perkembangan Islam di India. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas individu  Tugas kelompok Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Afganistan dan RRC dan dapat mengambil hikmahnya. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Afghanistan dan RRC.  Menyebutkan pembaca Islam di RRC.  Menerangkan peninggalan islam di Afghanistan dan RRC Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di Afghanistan dan RRC.  Siswa mampu menyebutkan pembaca Islam di RRC.  Siswa mampu menerangkan peninggalan islam di Afghanistan dan RRC Materi Pokok  Islam di Afghanistan dan RRC. Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Afghanistan dan RRC. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan, perkembangan Islam di Afghanistan dan RRC.  Diskusi kelas  Mempresentasi di depan kelas.  Menyimpulkan hasil diskusi tentang perkembangan Islam di Afghanistan dan RRC. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di ASEAN dan dapat mengambil hikmahnya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Singapura  Menerangkan perkembangan Islam di Thailand.  Menjelaskan perkembangan Islam di Filiphina  Menjelaskan perkembangan Islam di Malaysia dan Brunai Darussalam. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di Singapura  Siswa mampu menerangkan perkembangan Islam di Thailand.  Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam di Filiphina  Siswa mampu menjelaskan perkembangan Islam di Malaysia dan Brunai Darussalam Materi Pokok  Islam di Asia Tenggara : - Singapura - Thailand - Filiphina - Malaysia Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Asia Tenggara. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan, perkembangan Islam di Asia Tenggara.  Diskusi kelompok dan kelas  Mempresentasi hasil diskusi.  Menyimpulkan hasil diskusi tentang perkembangan Islam di Asia Tenggara. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Lisan  Tes tertulis  Tugas rumah Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Amerika dan menerapkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Maerika.  Menyebutkan tokoh Islam yang berperan di Amerika.  Menerangkan tokoh reformasi Islam di di Amerika.  Menyebutkan pendiri organisasi Islam di di Amerika. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di Maerika.  Siswa mampu menyebutkan tokoh Islam yang berperan di Amerika.  Siswa mampu menerangkan tokoh reformasi Islam di di Amerika.  Siswa mampu menyebutkan pendiri organisasi Islam di di Amerika Materi Pokok  Perkembangan Islam di Amerika Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Amerika. B. Kegiatan inti  Membaca buku perkembangan Islam di Amerika.  Menjelaskan dari keterangan yang telah dibaca siswa.  Diskusi kelompok dan kelas  Mempresentasi hasil diskusi. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Eropa dan mengambil hikmahnya dan menerapkan dalam kehidupan seharihari. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Eropa.  Menerangkan penginggalan Islam di Eropa  Menyebutkan faktor-faktor pendukung masuknya Islam dan perkembangannya di Eropa. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di Eropa.  Siswa mampu menerangkan penginggalan Islam di Eropa  Siswa mampu menyebutkan faktor-faktor pendukung masuknya Islam dan perkembangannya di Eropa Materi Pokok  Islam di Eropa Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Eropa. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan Islam di Eropa.  Menjelaskan kepada siswa dengan menyimpulkan.  Diskusi kelas  Mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes tertulis  Tugas individu  Tugas kelompok Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Australia dan dapat menerapkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarha masuknya Islam di Australia  Menyebutkan faktor pendukung perkembangan Islam di Australia.  Menyebutkan organisasi yang mendukung berkembangkan Islam di Australia Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarha masuknya Islam di Australia  Siswa mampu menyebutkan faktor pendukung perkembangan Islam di Australia.  Siswa mampu menyebutkan organisasi yang mendukung berkembangkan Islam di Australia Materi Pokok  Islam di Australia Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Australia. B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan Islam di Australia.  Guru menjelaskan tentang yang dibaca siswa  Diskusi kelompok  Mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelas  Tugas kelompok …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XI/ dua : 2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Spanyol dan di dunia Islam Kontemporer Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Afrika dan dapat mengambil hikmahnya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Afrika  Menyebutkan faktor pendukung perkembangan Islam di Afrika.  Menyebutkan tokoh-tokoh Islam di Afrika Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan sejarah masuknya Islam di Afrika  Siswa mampu menyebutkan faktor pendukung perkembangan Islam di Afrika.  Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Islam di Afrika Materi Pokok  Islam di Afrika Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Islam di Afrika. B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan Islam di Afrika.  Guru menjelaskan tentang yang dibaca siswa  Diskusi kelompok  Mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan Standar Kompetensi Memahami perkembangan Islam di Indonesia Kompetensi Dasar Memahami masuknya Islam di Indonesia, mampu menerapkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Indikator  Mampu menjelaskan tiga cara penyebara Islam di Indonesia.  Mampu menerangkan asimilasi lewat pernikahan  Mampu menjelaskan pengertian “kasta”  Mampu menjelaskan riwayat masuknay Islam Raja Purwo Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan tiga cara penyebara Islam di Indonesia.  Siswa mampu menerangkan asimilasi lewat pernikahan  Siswa mampu menjelaskan pengertian “kasta”  Siswa mampu menjelaskan riwayat masuknya Islam Raja Purwo Materi Pokok  Perkembangan Islam di Indonesia  Islam masuk ke Indonesia Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang perkembangan Islam di Indonesia. B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan di Indonesia.  Guru menjelaskan tentang yang dibaca siswa  Diskusi kelompok  Mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis  Lisan ………………….. : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ satu : 2 x 40 menit :

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan Standar Kompetensi Memahami perkembangan Islam di Indonesia Kompetensi Dasar Memahami pekembangan islam di Indonesia : Sumatera dan Jawa. Indikator  Mampu menerangkan berdirinya Kerajaan Samudra Pasai.  Mampu menyebutkan raja-raja yang berkuasa di Samudra Pasai dan Aceh.  Mampu menjelaskan tersiarnya Islam di Jawa.  Mampu menerangkan peran Wali Sanga dalam penyebaran Islam di Jawa.  Mampu menjelaskan nama-nama Wali Sanga Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menerangkan berdirinya Kerajaan Samudra Pasai.  Siswa mampu menyebutkan raja-raja yang berkuasa di Samudra Pasai dan Aceh.  Siswa mampu menjelaskan tersiarnya Islam di Jawa.  Siswa mampu menerangkan peran Wali Sanga dalam penyebaran Islam di Jawa.  Siswa mampu menjelaskan nama-nama Wali Sanga Materi Pokok  Perkembangan Islam di Sumatera dan Jawa Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang perkembangan Islam di Sumater dan Jawa B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan di Sumatera dan Jawa.  Membuat resume tentang perkembangan di Sumatera dan Jawa  Guru menjelaskan  Diskusi kelompok dan individual  Mempresentasi hasil diskusi. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis  Lisan  Tanya jawab Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh ………………….. : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ satu : 6 x 40 menit :

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan Standar Kompetensi Memahami perkembangan Islam di Indonesia Kompetensi Dasar Memahami pekembangan islam di Sulawesi dan Kalimantan. Indikator  Menjelaskan masuknya Islam di Sulawesi serta Islamnya raja Goa dan Tallo  Menjelaskan masuknya Islam di Kalimantan  Menjelaskan raja Banjar masuk Islam Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan masuknya Islam di Sulawesi serta Islamnya raja Goa dan Tallo  Siswa mampu menjelaskan masuknya Islam di Kalimantan  Siswa mampu menjelaskan raja Banjar masuk Islam Materi Pokok  Perkembangan Islam di Sulawei dan Kalimantan Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang perkembangan Islam di Sulawesi dan Kalimantan. B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan Islam di Sulawesi dan Kalimantan.  Membuat resume tentang perkembangan di Sulawesi dan Kalimantan.  Guru menjelaskan tentang yang diresume.  Diskusi kelompok dan individual  Mempresentasi hasil diskusi. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis  Lisan Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh ………………….. : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ satu : 3 x 40 menit :

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan Standar Kompetensi Memahami perkembangan Islam di Indonesia Kompetensi Dasar Memahami perkembangan Islam di Maluku. Indikator  Menerangkan empat kerajaan islam di Maluku.  Menyebutkan nama-nama raja Islam di Maluku  Menjelaskan pengaruh dakwah Sunan Giri di Maluku Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menerangkan empat kerajaan islam di Maluku.  Siswa mampu menyebutkan nama-nama raja Islam di Maluku  Siswa mampu menjelaskan pengaruh dakwah Sunan Giri di Maluku Materi Pokok  Perkembangan Islam di Maluku Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang perkembangan Islam di Maluku B. Kegiatan inti  Siswa membaca buku perkembangan Islam di Maluku.  Diskusi kelompok  Mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis  Lisan Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh ………………….. : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ satu :2 x 40 menit :

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan Standar Kompetensi Memahami perkembangan Islam di Indonesia Kompetensi Dasar Memahami bahwa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia punya andil besar terhadap penyiaran Islam di Indonesia. Indikator  Mampu menyebutkan Sultan pertama Kerajaan Demak  Menjelaskan perluasan kerajaan Islam Demak.  Menjelaskan kedudukan Demak setelah jatuhnya Malaka.  Menerangkan jasa fatahilah terhadap Kerajaan Cirebon.  Menerangkan wilayah kekuasaan Kerajaan Banten. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menyebutkan Sultan pertama Kerajaan Demak  Siswa mampu menjelaskan perluasan kerajaan Islam Demak.  Siswa mampu menjelaskan kedudukan Demak setelah jatuhnya Malaka.  Siswa mampu menerangkan jasa fatahilah terhadap Kerajaan Cirebon.  Siswa mampu menerangkan wilayah kekuasaan Kerajaan Banten. Materi Pokok  Kerajaan Islam sebagai pusat penyiaran Islam. Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa. B. Kegiatan inti  Membaca buku tentang kerajaan-kerajaan Islam.  Tanya jawab tetnang kerajaan-kerajaan Islam di Jawa.  Diskusi kelas dilanjutkan presentasi di dkepan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tugas kelompok  Tes tertulis  Lisan Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh ………………….. : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ satu :4 x 40 menit :

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua :1 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami perkembangan filsafat Islam dan mengambil hikmahnya Indikator  Menjelaskan pengertian filsafat Islam  Menerangkan ciri utama kegiatan filsafat Islam.  Menyebutkan tokoh-tokoh filsafat Islam.  Memerinci hasil karya filosof Islam.  Menjelaskan pengaruh filsafat terhadap ilmu. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan pengertian filsafat Islam  Siswa mampu menerangkan ciri utama kegiatan filsafat Islam.  Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh filsafat Islam.  Siswa mampu memerinci hasil karya filosof Islam.  Siswa mampu menjelaskan pengaruh filsafat terhadap ilmu. Materi Pokok  Pengertian dan manfaat filsafat Islam.  Beberapa tokoh filsafat Islam  Hasil karyanya Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Filsafat Islam. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan Ismuba tentang perkembangan peradaban Islam.  Tanya jawab.  Diskusi kelompok perkembangan Islam dan peradaban Islam. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes tertulis  Tugas rumah Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua :4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami perkembangan dan kemajuan teologi Islam dan dapat mengambil hikmah dan manfaatnya. Indikator  Menyebut pengertian dan ciri-ciri teologi Islam.  Menjelaskan aliran-aliran teologi islam.  Memerinci tokoh-tokoh dan pendapatnya.  Mengambil hikmah dan manfaatnya. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menyebut pengertian dan ciri-ciri teologi Islam.  Siswa mampu menjelaskan aliran-aliran teologi islam.  Siswa mampu memerinci tokoh-tokoh dan pendapatnya.  Siswa mampu mengambil hikmah dan manfaatnya. Materi Pokok  Teologi - Pengertian teologi - Penyebab lahirnya - Macam-macam aliran teologi dan tokohnya. Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Teologi. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan tentang Teologi.  Interaktif antar siswa di kelas.  Diskusi kelompok di kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua :2 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami bahwa ilmu fiqh mengatur hubungan manusia dengan Allah, dengan berlandaskan Qur’an dan As Sunnah. Indikator  Menguraikan pengertian fiqh.  Menyebutkan tokoh-tokoh fiqh yang hasil karyanya.  Menyebut pengaruh ajaran Islam dari empat tokoh. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menguraikan pengertian fiqh.  Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh fiqh yang hasil karyanya.  Siswa mampu menyebut pengaruh ajaran Islam dari empat tokoh. Materi Pokok  Fiqh - Pengertian dan manfaat fiqh - Tokoh-tokoh fiqh - Hasil karyanya Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Ilmu Fiqh. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan tentang ilmu Fiqh.  Interaktif antar siswa dan guru di kelas.  Diskusi kelompok di kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua : 4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami, menghayati dan mengambil hikmah dan manfaat tasawuf dalam Islam. Indikator  Menyebutkan pengertian tasawuf.  Memerinci nama-nama tokoh tasawuf.  Menjelaskan pendapat-pendapat tokoh tasawuf.  Menerangkan dasar hukum tasawuf. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menyebutkan pengertian tasawuf.  Siswa mampu memerinci nama-nama tokoh tasawuf.  Siswa mampu menjelaskan pendapat-pendapat tokoh tasawuf.  Siswa mampu menerangkan dasar hukum tasawuf. Materi Pokok  Tasawuf  Pengertian dan manfaat tasawuf  Kedudukan tasawuf dalam Islam  Beberapa tokoh sufi Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Fasawuf. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan tentang tasawuf.  Membuat resume tentang tasawuf  Tanya jawab  Diskusi small group C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua : 4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami perkembangan ilmu pengetahuan, seperti ilmu kedokteran, geografi, sejarah dan kesenian. Indikator  Menjelaskan dasar ilmu pengetahuan  Menerangkan perkembangan ilmu pengetahuan  Menerangkan tokoh-tokoh ilmu kedokteran  Menyebut ari dan manfaat ilmu sejarha, geografi dan geometri.  Menjelaskan batasan seni dalam Islam  Menerangkan arti dan manfaat sejarah dan seni. Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menjelaskan dasar ilmu pengetahuan  Siswa mampu menerangkan perkembangan ilmu pengetahuan  Siswa mampu menerangkan tokoh-tokoh ilmu kedokteran  Siswa mampu menyebut ari dan manfaat ilmu sejarha, geografi dan geometri.  Siswa mampu menjelaskan batasan seni dalam Islam  Siswa mampu menerangkan arti dan manfaat sejarah dan seni.

Materi Pokok  Ilmu pengetahuan - Kedokteran - Geografi - Geometri - Sejarah - seni

Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi

Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang Ilmu Pengetahuan. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan tentang Ilmu Pengetahuan.  Diskusi kelompok  Tanya jawab  Presentasi di depan kelas. C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah.

Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes lisan  Tes tertulis Playen, Mengetahui Kepala Sekolah Guru mata pelajaran Tarikh …………………..

______________________ NIP……………………..

___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Jenjang Kelas/ Semester Alokasi waktu Waktu pelaksanaan : Tarikh : SMK Muhammadiyah 2 Playen : XII/ dua : 4 x 40 menit :

Standar Kompetensi Memahami Perkembangan Islam (filsafat dan ilmu) Kompetensi Dasar Memahami kemunduran peradaban Islam dan mampu mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Indikator  Menyebut masa kemunduran peradaban Islam.  Menjelaskan tanda-tanda dan ciri kemunduran peradaban Islam  Menjelaskan sebab-sebab kemuduran peradaban Islam Tujuan Pembelajaran  Siswa mampu menyebut masa kemunduran peradaban Islam.  Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda dan ciri kemunduran peradaban Islam  Siswa mampu menjelaskan sebab-sebab kemuduran peradaban Islam. Materi Pokok  Waktu kemunduran peradaban Islam  Ciri kemunduran  Faktor penyebabnya Metode Pengajaran  Ceramah  Diskusi  Demontrasi Langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal Kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa memulai mata pelajaran dengan membaca basmalah. Memberikan apersepsi tentang sebab kemunduran Islam. B. Kegiatan inti  Menelaah buku bacaan tentang faktor kemunduran Islam.  Tanya jawab  Diskusi kelompok  Tugas rumah C. Kegiatan akhir Siswa diberi kesempatan atau peluang untuk mereview pelajaran yang telah disampaikan yang mungkin belum dipahami oleh siswa kemudian dibahas bersama. Siswa diberi motivasi untuk selalu semangat belajar di kelas maupun di rumah. Diakhiri dengan bacaan hamdalah. Sumber pelajaran  Tarikh SMA/ SMK Muhammadiyah  Sejarah dan kebudayaan Islam Penilaian  Tes lisan  Tes tertulis …………………..

Playen, Mengetahui Kepala Sekolah

Guru mata pelajaran Tarikh

______________________ NIP……………………..

___________________


								
To top