PROPOSAL BANTUAN MODAL UNTUK LEMBAGA PENDIDIKAN

					PROPOSAL LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN IT (LP2IT) MOODLE
E-mail HTTP : muludsugito@yahoo.com : www.ilmuilmukomputer.blogspot.com

Latar Belakang
Internet merupakan salah satu bagian dari teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini berkembang dengan sangat dinamis. Saling tukar dan mendapatkan informasi serta berkomunikasi sudah berkembang dengan terciptanya berbagai macam media transformasi. Media transformasi ini terdiri dari jaringan kabel, jaringan tanpa kabel (wireless) dan satelit. Dengan adanya teknologi ini, informasi dan komunikasi bisa dilakukan secara langsung meski kita

berada di tempat yang sangat jauh dengan orang yang kita ajak untuk melakukan saling tukar informasi dan berkomunikasi.

Teknologi internet mulai merambah di Indonesia pada era tahun 1990-an. Saat ini teknologi internet sudah berkembang pesat di Indonesia. Trafik internet domestik di Indonesia pada awal tahun 2004 mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding tahun 2003, yaitu dengan menembus angka 1,2 Gbps. Data tersebut didapatkan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dari hasil pencatatan yang dilakukan di IIX (Indonesia Internet Exchange), yang merupakan pemantauan dari trafik IP antar berbagai ISP yang berada di IIX. Pada Maret 2003, trafik IIX tercatat sebesar 620 Mb/s. Kenaikan ini diindikasikan akibat jumlah pengguna internet di Indonesia yang makin bertambah, serta adanya peningkatan kualitas pengguna internet di Indonesia.

Misalnya, dari yang semula untuk e-mail sekarang sudah sering digunakan untuk berbagai macam aktifitas. Perusahaan-perusahaan yang sebelumnya hanya masih menggunakan narrowband, sekarang sudah mulai menggunakan broadband. Internet lebih banyak digunakan untuk transfer data yang lebih dari sekedar e-mail. Diluar data IIX, masih ada trafik lain yang belum tercatat, yaitu data hubungan langsung antar ISP. APJII juga memperkirakan bahwa trafik internet di jalur internasional dari dan ke Indonesia minimal 1 Gb/s.

Penyebaran prasarana teknologi informasi saat ini belum merata antara di perkotaan dan di daerah, sehingga banyak potensi pasar di daerah belum dapat terlayani. Oleh karena itu Lembaga Pendidikan dan Pengembangan IT (LP2IT) menyediakan sarana dan pendidikan untuk mengembangkan IT di daerah-daerah.

Maksud dan Tujuan
Seiring dengan majunya teknologi dan dunia pergaulan di dunia, banyak masyarakat menggunakan jasa internet untuk mencari pekerjaan, memasarkan produk, mencari informasi terkini, bahkan mencari teman dari segala penjuru dunia. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penyedia jasa internet sangat dibutuhkan pada saat ini.

Tujuan Utama kegiatan ini adalah :     Mengembangkan e-learning Menghasilkan tenaga terampil di bidang teknologi informasi dan multimedia. Mengembangkan jaringan nirkabel. Menyediakan sarana dan prasarana di bidang IT.

Profil Lembaga
1. Nama Badan 2. Alamat : LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN IT (LP2IT) MOODLE : Komplek Terminal Blok C.80 Limpung Batang-Jawa Tengah Indonesia 51262 Telp. +62 0285 7987668, +6281 5695 4884 3. Ketua 4. Jumlah Tenaga Kerja 5. Kegiatan Utama : Mulud Sugito : 12 orang : Pendidikan

Kajian Umum
1. Aspek Pendidikan
IT merupakan teknologi baru yang selalu berkembang dimana pengguna IT pada umumnya belajar secara otodidak. Kebanyakan pengguna IT saat ini hanya untuk browser dan chatting, padahal masih banyak kegunaan IT yang belum disentuh diantaranya e-book, elearning, dan sebagainya. Keadaan ini tidak lepas dari minimnya pengetahuan tentang IT yang disebabkan oleh jarangnya lembaga pendidikan yang memberi keterampilan tentang IT. Lembaga kursus komputer yang ada kebanyakan hanya memberi materi tentang micsosoft office dan sedikit sekali yang memberikan pengetahuan komputer secara online. Begitu juga dengan kurikulum yang ada di sekolah-sekolah formal isinya tentang komputer secara off line, untuk materi komputer on line hanya browsing saja. Itupun cuma diberikan secara teori, praktiknya terhambat oleh sarana koneksi yang belum tersedia. Sarana koneksi internet yang ada kebanyakan menggunakan sambungan kabel seperti speady dari Telkom. Padahal telepon kabel hanya menjangkau di daerah perkotaan. Berbeda dari sambungan nirkabel yang sebenarnya bisa menjangkau daerah-daerah pelosok yang jauh dari sambungan telepon kabel. Padahal jaringan nirkabel CDMA ini tarifnya lebih murah jika dibandingkan jaringan kabel. Hal ini disebabkan oleh minimnya sosialisasi tentang jaringan nirkabel, untuk itu sangat diperlukan suatu lembaga pendidikan yang membekali tentang pengetahuan IT termasuk pengetahuan tentang jaringan.

2. Aspek Ekonomi
IT dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan jutaan manusia di dunia dengan biaya yang sangat murah. Melalui IT kita dapat memperoleh informasi tentang pekerjaan, peluang usaha, promosi produk dan masih banyak lagi. Ini adalah sedikit manfaat bagi pengguna IT untuk kemajuan ekonomi. Dengan berdiringa LP2IT akan menyerap banyak pekerja untuk berpartisipasi dan bisa memberikan peluang usaha bagi lulusannya. Misalnya guru-guru bisa membuat e-learning, para pencari kerja bisa mendapat informasi kerja, dan para pengusaha bisa mempromosikan produknya.

3. Aspek Sosial
Pendirian LP2IT ini didasari oleh keprihatinan banyaknya anak-anak pendidikan dasar yang putus sekolah maupun yang tidak melanjutkan ke sekolah menengah. Oleh karena itu lembaga ini bertekad untuk membantu mereka agar bisa melanjutkan pendidikan agar bisa hidup mandiri. Bantuan diberikan anak-anak miskin dalam bentuk beasiswa pendidikan. Beasiswa ini berasal dari pendapatan yang diperoleh lembaga kami, dan akan langsung diberikan kepada yang berhak melalui pola bapak asuh.

Analisa Investasi
1. Permodalan
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan Lembaga Pendidikan ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah = Rp 10.360,00) Rp 281,530,000,- (senilai US $ 27,174.71 untuk kurs US$ dengan perkiraan rata-tata laba bersih minimal Rp 17.000.000,- per

bulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke-18 (delapan belas) (dengan asumsi 1 bulan pertama belum mendapatkan keuntungan maksimal). Sumber permodalah usaha ini berasal dari : 1. Penambahan modal oleh pemodal (pinjaman lunak). 2. Bantuan dana hibah. 3. Keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi. 4. Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham. 5. Dari pemodal lain yang ingin ikut andil menanamkan saham. 6. Dari dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal).

2. Bagi Hasil (Profit)
Prosentase bagi hasil yang kami tawarkan adalah 80% untuk pemodal dan 20% untuk pengelola, dengan Rp demikian pemodal diperkirakan akan demikian mendapatkan diperkirakan keuntungan sedikitnya 15.000.000,perbulan. Dengan

pemodal akan balik modal paling lama 20 bulan. Dengan demikian usaha ini akan

Break Even Point pada bulan ke 18 (delapan belas). *terlampir*

Bagian laba untuk modal yang berasal dari dana hibah akan didermakan untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak miskin. Sedangkan yang berasal dari pinjaman akan diberikan kepada pemodal sebagai bagi hasil (deviden).

Laporan rugi/laba akan diberikan selambat-lambatnya tanggal 15 setiap bulan berjalan dengan tutup buku setiap akhir bulan.

3. Biaya Penyusutan
Pada prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke-1, ke-2, dst. Karena 1,5% perbulan dari kami aset menganggarkan milik pemodal, biaya dana penyususutan sebesar semua

penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.

4. Surat Perjanjian
Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubuhi materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum.

Strategi Pemasaran
1. Nilai Strategis
 Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk mengadakan pelatihan elearning bagi guru-guru SD (Elementary School) dan SMP (Yunior High School) serta SMA (Senior High School)    Harga yang murah dan terdapat sistem paket. Akses internet yang cepat bersaing dengan warnet-warnet disekitarnya. Tempat strategis berada di pinggir jalan mencakup tempat institusi seperti sekolah, kampus dan lembaga pendidikan, perkantoran, pemukiman indekost.  Fasilitas lengkap, antara lain: 1. Headset 2. Backup data 3. Scan dan print hitam putih dan warna    Pelayanan yang memuaskan. Privasi terjaga. Maintenance komputer yang rutin setiap 2 minggu sekali.

2. Target Konsumen
   Guru Siswa/I SMU/SMP yang dekat dengan lokasi warnet. Mahasiswa/i.

  

Karyawan/wati, Profesional muda. Penghuni kostan dan penduduk sekitar. Masyarakat umum.

3. Koneksi Internet
Koneksi yang akan kami gunakan pada jasa Internet ini adalah provider berbasis internet SPEEDY dengan menggunakan kabel yang tersebar luas di Indonesia dengan kecepatan up to 1 mbps. Dengan ini dapat dipastikan bahwa dengan menggunakan provider tersebut, koneksi yang akan digunakan tergolong berakses cepat.

4. Pengelola
Sumber Daya Manusia yang ahli dalam bidangnya dan berpengalaman sangatlah dibutuhkan dalam bidang usaha ini, karena SDM tersebut akan menjadi mesin penggerak yang sangat berperan penting untuk kemajuan suatu bidang usaha.

Penutup
Dengan proposal penawaran baik. ini, Oleh kami berharap itu, maksud kami dan selaku tujuan pihak kami dapat tersampaikan dengan karena pengelola

mengharapkan kerjasama dan bantuan anda. Akhir kata semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan memberikan rahmat serta ridho-Nya kepada kita semua. Amin.

Batang, Mei 2009 LPK IT

Mulud Sugito

Lampiran 1 Rencana Anggaran dan Belanja Pe n di r i an LP 2 I T M o od le
No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Investasi Hardware Item Jumlah Satuan Komputer client Core duo Monitor Flat 20 Unit Komputer Data Core 2duo hdd500gb 1 Unit Komputer router Core duo 1 Unit Komputer billing Core duo Monitor advance 1 Unit Swicth HUB 24Port 1 Buah Swicth HUB 8Port 1 Buah Printer HP scanner Copy 1 Unit WebCam 5 Buah AC 1pk 1 Buah Skat 20 Unit Kursi Meja client 20 Unit Kursi meja Server 1 Unit Scanner 1 Unit Total Software Jumlah 21 20 Total Harga 6,000,000 9,000,000 3,500,000 3,500,000 1,750,000 280,000 900,000 250,000 4,000,000 1,500,000 300,000 500,000 750,000 Total Rp120,000,000 Rp 9,000,000 Rp 3,500,000 Rp 3,500,000 Rp 1,750,000 Rp 280,000 Rp 900,000 Rp 1,250,000 Rp 4,000,000 Rp 30,000,000 Rp 6,000,000 Rp 500,000 Rp 750,000 Rp181,430,000

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

No 1 2

Item Windows Ori XP Home Indobilling

Satuan titik Unit

Rp Rp

Harga 850,000 50,000

Total Rp 17,850,000 Rp 1,000,000 Rp 18,850,000

No 1 2 3

Pekerjaan Banner Spanduk 5m BOX neon Banner PROMO BOX dalam

Publikasi Jumlah 2 1 1

Satuan Unit Unit Unit

Rp Rp Rp

Harga 150,000 500,000 450,000

Total Rp 300,000 Rp 500,000 Rp 450,000 Rp 1,250,000

No 1 2

Item Pengadaan Tempat Renovasi

Renovasi Tempat Jumlah Satuan 1 Unit 1 Unit Total Total Investasi Awal

Harga Rp 65.000.000 Rp 15.000,000

Total Rp 65,000,000 Rp 1 5 ,000,000 Rp 80,000,000 Rp281,530,000

(Terbilang: dua ratus delapan puluh satu juta lima ratus tiga puluh ribu rupiah)

Lampiran 2 Spesifikasi Komputer
Client : Motherboard Next Gen Proc 1.8 Dual Core Hardisk 80Giga Memory 1Gb Lan Card, SoundCard Onbord DVD rw Cassing PowerUp Headset Monitor LCD 17” WEB CAM

Server Data : Motherboard Asus Proc 2.4 Core 2 duo Hardisk SATA 500Giga CD room Memory 2Giga Monitor Advance

Server Billing : Motherboard Next Gen Proc 1.8 Dual Core Hardisk 80Giga Memory 1Gb Lan Card, SoundCard Onbord DVD rw Cassing PowerUp Headset Monitor Advance”

Server Router : Motherboard Next Gen Proc 1.8 Dual Core Hardisk 80Giga Memory 1Gb Lan Card, SoundCard Onbord CD Room Cassing PowerUp

Lampiran 3 Proyeksi Keuntungan
No. Uraian 1 Pendapatan a. Kursus b. Warnet c. Service d. Penjualan Accesoris Total Pendapatan 2 Biaya-Biaya a. Biaya Penyusutan 1,5% b. Biaya Personalia c. Biaya Speady d. Biaya Listrik e. Biaya operasional Total Biaya 3 Laba Bersih Sebelum Pajak Tahun 1 12.000.000 168.000.000 6.000.000 6.000.000 192.000.000 Tahun 2 15.000.000 192.000.000 7.500.000 9.000.000 223.500.000 Tahun 3 17.500.000 240.000.000 12.500.000 15.000.000 285.000.000 Tahun 4 20.000.000 250.000.000 15.000.000 17.500.000 302.500.000

50.675.400 24.000.000 6.000.000 3.000.000 6.000.000 89.675.400 102.324.600

50.675.400 27.000.000 6.000.000 3.000.000 6.000.000 92.675.400 130.824.600

50.675.400 30.000.000 6.000.000 3.000.000 6.000.000 95.675.400 189.324.600

50.675.400 33.000.000 6.000.000 3.000.000 6.000.000 98.675.400 203.824.600


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags:
Stats:
views:29266
posted:6/6/2009
language:Indonesian
pages:8