PANDUAN PROPOSAL Hibah Karya Dosen

Document Sample
PANDUAN PROPOSAL Hibah Karya Dosen Powered By Docstoc
					Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN IDE DAN MENJAWAB MASALAH AKTUAL

PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL HIBAH KOMPETISI KARYA DOSEN (Hibah Penelitian)
LATAR BELAKANG Kesempatan mengungkapkan ide untuk menjawab berbagai permasalahan aktual perlu selalu diberikan kepada dosen JTE. Dengan kesempatan tersebut diharapkan kepekaan intelektual dosen dapat terasah, sehingga diharapkan ide-ide baru yang inovatif selalu muncul terutama untuk menjawab permasalahan aktual dengan konteks elektro-teknik. Peran dosen dalam mengembangkan suasana akademik yang positif dirasa sangat strategis. Hal mengingat dosen adalah lokomotif penggerak roda penelitian dalam sebuah universitas. Untuk itu dirasa perlu untuk diciptakan iklim aktif, inovatif, dan kompetitif untuk menggali ide-ide baru terutama yang sesuai dengan perkembangan dan aplikasi teknologi. Keterlibatan mahasiswa dalam lingkungan yang aktif, inovatif, dan kompetitif seperti tersebut diatas, diharapkan dapat memberikan efek positif yang signifikan terhadap rasa percaya diri, daya kritis dan partisipasi aktif mereka. Hal ini diharapkan menjadi subyek pembelajaran bagi mahasiswa lainnya secara berantai sehingga dari tahun ke tahun semakin membesar (critical-mass). Paparan diatas merupakan bagian dari tujuan diselenggarakannya Program Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT – JTE FT UGM yang didukung oleh DIKTI melalui Program Hibah Kompetisi A2 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan JTE. Peningkatan ini diharapkan dapat melengkapi muatan (content) materi pembelajaran dan penyempurnaan pada proses pembelajaran. Salah satu usaha untuk menyempurnakan muatan materi pembelajaran dapat ditempuh dengan meningkatkan kualitas penelitian bidang kompetensi dosen JTE. Kecuali manfaat langsung dari suatu penelitian yang dapat berupa informasi/disain baru, manfaat tidak langsung dari penelitian tersebut yang berupa suasana keilmuan, kerjasama dalam tim, jiwa kemandirian dan komunikasi intensif sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang terlibat didalamnya. Beranjak dari hal di atas maka Program Hibah Kompetisi A2 JTE FT UGM pada tahun anggaran 2005 akan menyediakan dana penelitian dalam bentuk Hibah Kompetisi Karya Dosen yang dikompetisikan bagi seluruh dosen JTE FT UGM.

TUJUAN Tujuan dari Hibah Kompetisi Karya Dosen adalah untuk mencari ide-ide penelitian baru yang mampu dikerjakan oleh dosen JTE, sehingga pemahaman terhadap bidang ilmu dan kemampuan mengaplikasikannya menjadi terasah, terdokumentasi dan terpublikasi sehingga dapat memperkaya bahan perkuliahan dan lebih mendekatkan materi perkuliahan tersebut dengan kondisi aktual.

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

1

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

TEMA Tema : Penumbuhan inovasi bidang teknik elektro untuk menjawab permasalahan aktual.

PERSYARATAN PENGAJUAN 1. Usulan diajukan oleh dosen mandiri atau kelompok (2-3 orang), ketua pengusul proposal adalah dosen yang berwenang untuk membimbing tugas akhir mahasiswa dan proposal perlu diketahui oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UGM. 2. Usulan diarahkan untuk membantu terselenggaranya penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa sebagai tugas akhir mahasiswa pada bidang yang diusulkan. 3. Usulan harus melibatkan mahasiswa S1 Reguler (antara 4-6 orang) yang akan melaksanakan tugas akhir, yang dalam keikutsertaannya harus menyelesaikan tugas akhir secara tepat waktu (sesuai kurikulum). Catatan : Nama mahasiswa yang akan diikutsertakan dalam penelitian boleh tidak dicantumkan pada proposal yang diajukan. Namun demikian, pemenang hibah harus menyerahkan nama-nama mahasiswa tersebut paling lambat pada tanggal 30 Mei 2005 kepada panitia. FORMAT USULAN DAN TAHAPAN SELEKSI Format proposal dapat dilihat pada bagian Format Proposal Hibah Kompetisi Karya Dosen. Proposal diketik sepanjang maksimal 15 halaman A4, font TimesNewRoman 12, spasi 1.5, rangkap 4 (empat), dengan sampul warna biru muda. Seleksi terhadap proposal yang diterima akan dilakukan oleh Tim Reviewer yang terdiri atas 3 (tiga) orang. Seleksi tahap pertama berupa review dari tim reviewer dilanjutkan seleksi tahap kedua berupa presentasi proposal oleh pengusul proposal. Hasil seleksi akan diajukan ke Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) Depdiknas untuk dapat diputuskan proposal yang dibiayai. Nama pemenang akan diumumkan setelah ada persetujuan dari DPT. MEKANISME DAN KRITERIA SELEKSI Seleksi terhadap proposal yang diterima akan dilakukan oleh Tim Reviewer yang terdiri atas 3 (tiga) orang. Seleksi tahap pertama berupa review dari tim reviewer dilanjutkan seleksi tahap kedua berupa presentasi proposal oleh pengaju proposal. Hasil seleksi akan diajukan ke Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) Depdiknas untuk dapat diputuskan proposal yang dibiayai. Nama pemenang akan diumumkan setelah ada persetujuan dari DPT.

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

2

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

Proposal yang diajukan harus memenuhi kriteria: No. Kriteria 1. Masalah yang diteliti Acuan Penilaian - Kontribusi pada keilmuan - Tinjauan pustaka - Perumusan masalah - Kaitan tema dengan judul - Makna ilmiah - Orisinalitas - Kemutakhiran - Pola pendekatan ilmiah - Kesesuaian metode - Material baru - Informasi/Desain baru - Peneliti - Teknisi - Laboratorium dan peralatan Jumlah Bobot (%) 15

2.

Orientasi penelitian

30

3. 4. 5.

Metode penelitian Keluaran penelitian Kelayakan sumber daya

30 15 10

100

PELAKSANAAN DAN BESAR HIBAH Waktu implementasi adalah 7 (tujuh) bulan, 1 Mei 2005 s.d. 18 November 2005. Kegiatan Hibah Kompetisi Karya Dosen tahun 2005 ditawarkan 3 hibah, masingmasing sebesar Rp 25.000.000,00 (Dua puluh lima juta rupiah) termasuk PPh dan PPn. Komponen anggaran yang diajukan terdiri atas: 1. Honorarium (maksimum 30%) 2. Pembelian/Sewa Alat 3. Bahan Habis Pakai 4. Biaya Perjalanan 5. Biaya lain-lain. Dana kegiatan akan diberikan dalam 3 (tiga) tahap: Tahap 1 sebesar 50% pada awal pelaksanaan, Tahap 2 sebesar 30% setelah pengumpulan laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan, dan Tahap 3 sebesar 20% setelah menyerahkan laporan ahkir yang sudah disetujui oleh tim reviewer. PENYERAHAN PROPOSAL Proposal diajukan ke : Studio A2 Program Hibah Kompetisi JTE FT UGM Lantai 3 sayap selatan. Ibu/Bapak Dosen yang menginginkan file .doc Format Proposal Hibah Kompetisi Karya dapat mengunjungi website http://te.ugm.ac.id/hibahA2/ atau email ke hibahA2@te.ugm.ac.id. Batas waktu pengajuan proposal diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2005 pukul 16.00 WIB.

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

3

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

JADWAL KEGIATAN KEGIATAN Sosialisasi kegiatan Batas akhir penyerahan proposal Desk Evaluation oleh Tim Reviewer Presentasi Proposal Persetujuan Pengumuman Pemenang, Penandatanganan Kotrak dan Pencairan Dana Tahap 1. Batas akhir penyerahan nama mahasiwa yang terlibat dalam penelitian Pelaksanaan Program Hibah Karya Dosen Monitoring presentasi, Penyerahan laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan Pencairan Dana Tahap 2 Batas akhir pelaksanaan penelitian, Presentasi untuk evaluasi akhir, Penyerahan Laporan Akhir Pencairan Dana Tahap 3 BATAS WAKTU / PELAKSANAAN 1 Maret 2005 31 Maret 2005 1-8 April 2005 12-14 April 2005 15-21 April 2005 22 April 2005

30 April 2005 1 Mei 2005 Agustus 2005 * 18 November 2005 Desember 2005*)

*) Menyesuaikan dengan turunnya dana hibah dari Dikti
MONITORING DAN EVALUASI Pada bulan Agustus 2005, Tim Reviewer akan mengundang penerima hibah untuk berpresentasi guna memantau kemajuan pelaksanaan hibah dan penerima hibah menyerahkan laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan. Pada akhir bulan November, Tim Reviewer akan mengundang penerima hibah untuk berpresentasi guna menyampaikan informasi hasil pelaksanaan kegiatan, sekaligus menyerahkan laporan akhir pelaksanaan kegiatan. LAIN-LAIN 1. Format laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan dan laporan akhir akan disampaikan kemudian. 2. Hasil kegiatan berupa softcopy dan hardcopy juga dilampirkan dalam pelaporan. 3. Seluruh aset dan hasil penelitian yang didanai dengan dana hibah ini adalah milik Jurusan Teknik Elektro FT UGM

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

4

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

[Contoh Format Proposal Hibah Kompetisi Karya Dosen] USULAN HIBAH KOMPETISI KARYA DOSEN PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN IDE DAN MENJAWAB MASALAHAN AKTUAL
HIBAH KOMPETISI A2 JTE FT UGM 2005

Judul Usulan ................................................................................. ...................................................................

Diajukan oleh: ........(ketua tim)..........

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA MARET 2005
Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

5

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

HALAMAN HIBAH KOMPETISI KARYA DOSEN PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN IDE DAN MENJAWAB MASALAHAN AKTUAL
HIBAH KOMPETISI A2 JTE FT UGM 2005

Judul Peneliti Utama Nama Jenis kelamin NIP Pangkat/Golongan Jabatan sekarang Fakultas/Pusat Studi Perguruan tinggi Alamat Kantor

:

: : : : : : : :

Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55981 Telp (0274) 902200, 879505 Fax (0274) 879505

Email Usulan jangka waktu

: : 7 bulan 1 Mei 2005 s.d. 18 November 2005 Rp 25.000.000,-

Biaya yang diperlukan

:

Mengetahui: Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Ketua Jurusan,

Jogjakarta, Maret 2005 Ketua peneliti,

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

6

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

Daftar Isi

Hlm. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Uraian umum Kaitan tema dengan judul Abstrak rencana penelitian Masalah yang diteliti Desain dan metode penelitian Kajian pustaka dan studi pendahuluan yang sudah dilaksanakan Keluaran penelitian Rincian biaya penelitian Daftar pustaka 1.

Lampiran 1. 2. 3. Justifikasi Anggaran Biografi/Daftar riwayat hidup Sarana dan prasarana penunjang penelitian yang dimiliki

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

7

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

1. URAIAN UMUM 1.1. Judul Penelitian : 1.2. Penanggung Jawab Program/Ketua Peneliti Nama : Jabatan : Unit Kerja : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UGM Alamat Surat : Jurusan Teknik Elektro FT UGM Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55981 Telepon : Telp (0274) 902200, 879505 Faksimili : Fax (0274) 879505 Email : 1.3. Tim Peneliti
No Nama dan gelar akademik NIP (dosen) NIM (mhsw) Bidang keahlian Alokasi waktu Jam/Minggu Bulan

1. 2. 3. 1.4. Subyek penelitian : 1.5. Masa pelaksanaan Mulai : 1 April 2005 Berakhir : 30 November 2005 1.6. Jumlah biaya yang diusulkan : Rp 25.000.000,1.7. Lokasi Penelitian : 1.8. Perguruan tinggi pengusul : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada 1.9. Instansi yang terlibat : 1.10. Keterangan lain yang dianggap perlu : 2. KAITAN TEMA DENGAN JUDUL (Uraian maksimum 50 kata) 3. ABSTRAK RENCANA PENELITIAN (maksimum 400 kata) 4. MASALAH YANG DITELITI 5. KAJIAN PUSTAKA DAN STUDI PENDAHULUAN YANG SUDAH DILAKUKAN 6. DESAIN DAN METODE PENELITIAN 7. KELUARAN PENELITIAN (dapat berupa Material baru, Informasi/Disain baru)

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

8

Program A2 Hibah Kompetisi
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

8. RINCIAN ANGGARAN PENELITIAN
Perincian pengeluaran uang 1. 2. 3. 4. 5. Gaji dan upah (maksimal 30%) Pembelian/Sewa Alat Bahan Habis Pakai Biaya Perjalanan Biaya Lain-lain Jumlah 25.000.000,Jumlah (Rp)

9. DAFTAR PUSTAKA

Jurusan Teknik Elektro FT UGM, 2005

9

BAGIAN II PROGRAM JTE
Penumbuhan Inovasi Sistem Pembelajaran: Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis ICT (Information and Communication Technology)

Lampiran 1 Justifikasi Anggaran

No 1.

Uraian pengeluaran Gaji dan upah - Ketua Peneliti - Anggota Peneliti - laboran/Teknisi Pembelian/Sewa Alat - Upgrade atau pembelian baru peralatan penelitian - Upgrade atau pembelian baru software - dll Bahan Habis Pakai - ATK - Bahan penelitian (komponen elektronik, pembuatan model/mook-up/maket/konstruksi fisik, dll) - dll Biaya perjalanan sebutkan tujuannya dan berapa lama (hari) - Tiket kendaraan p.p - Lumpsum Biaya lain-lain - Pemotretan/scanning sample - Dokumentasi - Fotokopi dan penjilidan - Administrasi surat menyusat - Pemeliharaan alat Jumlah

Volume unit

Satuan (Rupiah)

Jumlah (Rupiah)

2.

3.

4.

5.

25.000.000,-

Contoh unit : OB (orang bulan), untuk komponen honor OK (orang kali), untuk komponen perjalanan OH (orang hari), untuk komponen akomodasi atau lumpsum unit, paket, buah untuk komponen barang pembelian

Lampiran 2 Biografi/Daftar Riwayat Hidup (seluruh tim peneliti termasuk mahasiswa)

Lampiran 3 Sarana dan prasarana penunjang penelitian yang dimiliki No Nama Peralatan Status Kepemilikan nama laboratorium pribadi

A2 Program Hibah Kompetisi Tahun 2005, Jurusan Teknik Elektro FT UGM


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:1963
posted:5/4/2009
language:Indonesian
pages:10
Description: PANDUAN PROPOSAL Hibah Karya Dosen