Manajemen Waktu Untuk Remaja

Document Sample
Manajemen Waktu Untuk Remaja Powered By Docstoc
					                                 Manajemen Waktu Buat Remaja

Apa cita-citamu/rencanamu/targetmu/mimpimu utk tahun depan?
Lima tahun lagi?
10 tahun lagi?
20 tahun lagi?
40 tahun lagi?

Ayo, silakan dituliiiiiizzzz………………………..

Nah fren, begini, sehari dalam setiap hidup kita, siapa pun dia, kan sama tuh, jatahnya 24 jam,
dengan setiap jamnya terdiri atas 60 menit. Mau orang Arab, Amerika, orang Kutub atau Indonesia.
Samaaaa. Mau laki, perempuan, Jawa, Batak, Manado, Cina, Afrika, Samaaaa….

Meski, kata penelitian ih, angka harapan hidup orang memang beda-beda secara umum. Katanya
nih, rata2 angka harapan hidup perempuan amerika itu 80 tahun, laki-laki 75 tahun. Sementara angka
harapan hidup perempuan Indonesia 75 dan laki-lakinya 70 tahun. Itu semua diamati dengan
bandingan kualitas hidupnya, termasuk soal gizi, sarana prasana hidup dari negara masing dan lain-
lain deh.

Nah, hiduo selama itu, yang kira-kira habis lebih dari 60 tahunan itu kalau dilihat-lihat buat ngapain
aja ya?

Pengennya tentu semakin hari semakin oke kan, bener gak sih? Benerrrrrr…..

dan tuntunan Rasul pun ternyata kayak gitu ternyata… tapi sebagian orang ternyata merugi looooh,
itu kata Allah: Demi masa. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali (bagi) yang
beriman dan yang beramal sholeh.(Yang selalu) Nasehat-menasehati dalam kebenaran dan
kesabaran [QS. Al-Ashr : 1-3]

Wuih, berarti kita kudu pandai2 bagi waktu yak…apalagi…ada pembatasan tuh dari Allah, yaitu:
UMUR alias maut.

Soalnya, yang namanya maut itu gak kenal diskriminasi, gak bisa mundur, gak bisa maju, gak bisa
ketahuan pula kapan dan gimananya:

“Maka jika telah datang waktunya (ajal), mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun
dan tidak dapat (pula) memajukannya.” (QS al-A’raaf [7]: 34)

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu
kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Munafiqun : 11) ,

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah
ditentukan waktunya. (QS. Ali-Imran : 145)

… Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman : 34)

Umur rata-rata ummatku adalah antara 60-70 tahun (HR. Bukhari)

Dan waktu itu nisbi alias relatif lho, ada yang berasa lamaaa banget (kalau lagi nunggu dan bete) dan
ada yang berasa cepat (kalau lagi hepi). Begitu juga pas datang hari berbangkit rasanya jadi cepet:
Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia)
melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari . (QS. An-Naaziat : 46)

Terus gimana dunk…

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan
apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya
Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Hasyr:18)
So, persiapkan diri untuk masa depan/visioner, baik masa depan dunia, juga masa depan akhirat.
Tentu dengan bekal yang cukup dan tepat. Cukup aja tapi nggak tepat… jangan, atau tepat aja tapi
nggak cukup…. juga jangan…

Bekal terbaik adalah takwa “ Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa”
(2:197)

Kok kesannya akhirat banget. Nggak boleh apa cari dunia……………..
Ya pasti bolehlaaah tapi buat sekedar gak lupa aja lho yaaa. “Dan carilah pada apa yang telah
dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan
bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi…” (QS al-Qashash [28]: 77)

Oke-oke jadi gimana nih biar sukses dunia akhirat. Hmmm…ditata dong hidup kita. Biar yang sedikit
tetap menghasilkan yang paling maksimal. Biar kayak Usamah bin Zaid yang di usia 17 tahun sudah
jadi panglima perang melawan pasukan romawi. Biar kayak Muhammad al Ghazali yang
menghadirkan buku Shirah Nabawiyah di usianya yang ke 17. Biar kayak Bill Gates yang di usianya
yang ke 19 tahun udah bisa merancang program komputer dan pada 25 tahun memperoleh 1 juta
dollarnya yang pertama. Biar kayak kehidupan para ensiklopedian yang di usia muda udah punya
banyak banget karya…


Untuk sukses bersama waktu, bagaimana kesimpulannya?
1. Memahami tujuan hidup kita
   a. Hamba Allah yang muttaqin
   b. Khalifah; memakmurkan bumi
   c. Dai
   d. Orang yang penuh manfaat, rahmatan lil alamin
2. Menetapkan tujuan
   a. Sukses dunia; apa aja ayo… tentu yang punya nilai lebih baik…
       1. Berhasil meraih cita-cita pribadi
       2. Berhasil meraih cita-cita keluarga
       3. Berhasil meraih cita-cita masyarakat
   b. Husnul khatimah
   c. Ridho Allah --------------------- Surga Allah; kekal dalam kebaikan
3. Mencapai tujuan ini semua perlu dimenej dengan cara:
   a. Cari ilmu yang luas dan pahami, belajar mah madal hayah
   b. Harta kudu banyak, yang luas dan berkah tentu
   c. Badan kudu sehat dan bugar
   d. Jiwa-mental spiritual-ruhani kudu imbang, sehat
   e. Gak mungkin dilakoni sendiri, kudu berjamaah dan berukhuwah
   f. Tata waktu dengan baik


Zirlyfera Jamil
siluetpelangi@gmail.com

				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Stats:
views:244
posted:8/27/2010
language:Indonesian
pages:2
Description: hidup manusia terbatas dan umur tak mengenal diskriminasi. baru menata hidup setelah dewasa? wah, sayang sekali, karena keberkahan hidup dapat kita peroleh dengan merancang arah dan isinya sejak remaja. jadi, jangan tunda lagi...manajemen waktu pun perlu dipelajari dan dibangun oleh para remaja