Nyeri Otot

Document Sample
Nyeri Otot Powered By Docstoc
					2007
Artikel Populer By cakmoki

[BLOGGER DAN NYERI OTOT]
Sebuah bahasan spesifik seputar gangguan otot terkait aktifitas blogging. Tulisan ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya: ngeblok jangan lupa jaga kondisi.

Kode ICD. 10 : ICD-10, M.79.1 Tulisan ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya: Ngeblok jangan lupa jaga kondisi. Sebuah bahasan spesifik seputar gangguan otot terkait aktifitas blogging. Selain nge-Blog, para blogger memiliki aktifitas bermacam-macam. Bahwa blogging dijadikan sebagai selingan, pengisi waktu luang, bagian aktifitas utama bahkan sebagai aktifitas utama, semuanya terpulang kepada setiap individu. Yang pasti nge-blog memerlukan waktu khusus. Artinya, duduk di depan komputer atau laptop, menulis dan seringkali berinteraksi. Interval dan lamanya waktu (durasi) untuk ngeblog juga bervariasi. Nah, terkait dengan durasi ngeblog inilah kadangkala tanpa terasa menimbulkan keluhan nyeri otot, rasa pegal atau keluhan lain yang berhubungan dengannya. Terlebih jika sebelumnya menjalani aktifitas lain. Akumulasi berbagai aktifitas ditambah semangat ngeblog, bagi sebagian orang tak urung menimbulkan keluhan pada otot dan berbagai aksesnya. Bagi sebagian yang lain, mungkin saja ngeblog justru sebagai refreshing untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalani rutinitas sehari-hari. So, individual. Ok, golongan ini bisa kita abaikan. Penulis ingin mengajak berbagi seputar blogging dan keluhan nyeri otot (myalgia). Keluhan lain yang mungkin timbul di luar keluhan otot dan yang berhubungan dengannya, sementara tidak kita bahas.

POSISI NGEBLOK
Pada umumnya, ngeblog dilakukan dalam posisi duduk. Mungkin ada blogger lebih suka tengkurap sambil memelototi laptopnya. Apa ada posisi lain ? Duduk lama dalam posisi tetap, dapat menimbulkan gangguan otot misalnya: otot punggung, otot leher atau sakit kepala lantaran ketegangan otot leher. Biasanya nyeri otot berlangsung sekitar 48 jam dan pulih dengan istirahat. Selain itu, gangguan otot sehubungan dengan ngeblog disebabkan juga oleh akumulasi kelelahan, disadari maupun tidak. Apakah ada kemungkinan sebab lain? Ada. Kita tidak membahasnya pada postingan ini.

BENTUK GANGGUAN OTOT
Beberapa kemungkinan gangguan otot yang berhubungan dengan aktifitas ngeblog, antara lain:  Sakit kepala. Keluhan ini dimungkinkan lantaran memelototi layar dalam waktu lama. Tidak setiap blogger mengalaminya. Ada yang tahan tanpa keluhan apapun kendati ngeblog terus menerus selama 5 jam. Kepala serasa melayang atau terasa hanyut. Kemungkinan disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak karena gravitasi atau karena postural hypotension. Ada lho sedang enak-enaknya ngeblog kemudian berdiri tiba-tiba pandangan serasa gelap, kepala seolah ringan dan gloyoran (bhs jawa). Eit, jangan panik friends. Silahkan duduk kembali, santai sejenak, setelah pulih silahkan berdiri perlahan-lahan. Kaku leher, nyeri otot leher atau kaku kuduk. Wajar aja lah, keasyikan ngeblog leher jadi kaku. Kadang merambat menjadi sakit kepala (tension headache) Nyeri otot bahu, nyeri punggung. Tidak selalu nyeri, kadang hanya terasa kaku di bagian tersebut. Kaku atau nyeri pinggang. Kaki juga bisa mengalami hal yang sama. Kelamaan duduk friends. Kesemutan (bhs jawa: geringgingen, bhs banjar: katur-katur). Bisa juga kram. Ini mah masalah aliran darah yang kurang lancar. Sila regangkan bagian yang kesemutan, relaksasi, santai sejenak.









Harap diingat bahwa bentuk (manifestasi) gangguan otot di atas bisa diakibatkan oleh sebab lain. So, jangan dibalik. Artinya jika misalnya blogger mengalami sakit kepala, tidak lantas menuduh ngeblog sebagai satusatunya tersangka. Masih ada penyebab lain timbulnya gangguan otot. Gambar : How to sit at a computer. Ada beberapa pendapat soal jarak antara mata dan layar monitor. Gambar di samping menunjukkan 18-28 inchi, sumber lain menyebutkan 10-24 inchi. Apapun pilihan kita, yang terpenting adalah rasa nyaman kala kita berkutat di depan komputer.

TIPS
Dibawah ini adalah beberapa tips untuk menghindari gangguan otot bagi blogger:  Istirahat dan tidur cukup. Jangan lupa melakukan relaksasi, misalnya: tai-chi, yoga atau sejenisnya sesuai minat. Relaksasi dapat juga dengan cara berbaring santai selama beberapa jam untuk memberi kesempatan pemulihan pada otot. Sempatkan olahraga ringan dan teratur. Jenis yang dianjurkan: bersepeda, jalan kaki, berenang (pakai bikini?) *halah*. Biasakan melakukan peregangan sebelum olahraga dan relaksasi setelahnya. Minum cairan dalam jumlah cukup, untuk mencegah kram karena kekurangan cairan 9dehidrasi) Jika diperlukan, bisa kompres air hangat atau pemijatan (massage) ringan di daerah yang kaku atau nyeri. Peregangan setiap 1-2 jam diperlukan untuk mencegah nyeri otot, terutama jika blogger duduk lama dengan posisi tetap.









Pilih kursi dan posisi yang nyaman dan usahakan tulang belakang dalam posisi lurus. Bila perlu dapat memekai penyangga leher untuk santai barang sejenak. Sesuaikan posisi layar dengan jarak dan sudut pandang senyaman mungkin. Jarak antara mata dan layar sangat relatif, bisa 50 cm, 60 cm bergantung pada kebiasaan dan lebar layar. Untuk sudut pandang, sebaiknya posisi lurus. Atur sinar layar sedemikian rupa hingga tidak mengganggu mata, agar otot mata tidak cepat lelah. Pemakaian filter dapat dipertimbangkan jika sinar layar dirasa kurang cukup memberikan kenyamanan. Sesuaikan pula posisi keyboard dengan posisi tangan agar tidak mudah lelah.









Ada yang mau menambahkan ? Monggo.

Selamat ngeblog, semoga bermanfaat

Topik Terkait:
1. Pain Management: Myofascial Pain Syndrome (Muscle Pain) 2. Myalgia 3. How to sit at a computer

Sumber Gambar:
1. NopainSpray 2. Afghan women 3. How to sit at a computer 4. BestStuff Samarinda, April 2007 cakmoki


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:3549
posted:3/12/2009
language:Indonesian
pages:8
Description: artikel tenatng keluhan otot pada blogger