Docstoc

Materi Belajar GIS

Document Sample
Materi Belajar GIS Powered By Docstoc
					Gambar 5. Citra satelit IKONOS yang direkam pada waktu sebelum terjadi bencana ( 6 Oktober 2005) dan pada saat terjadi bencana ( 17 September 2006). Garis merah menunjukkan batas genangan lumpur pada tanggal 29Agustus 2006 sedangkan garis kuning menunjukkan batas luar genangan air pada tanggal 17 September 2006.

TEKNOLOGI Sistem Informasi Geografis SALAH KAPRAH (Indonesia) baik oleh pemerintah, LSM dan Orang2 yang Berkepentingan terhadap Tata Kuasa Wilayah..KENAPA SALAH KAPRAH…???

• Teknologi (Citra Satelit  Landsat, google earth) dianggap data yang TEPAT & AKURAT untuk menetukan siapa yang layak memiliki tata kuasa terhadap suatu wilayah kelola. Bukan data kampung yang dijadikan sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan (BAKOSURTANAL, BPN )
(Luasan lumpur Lapindo dan Wilayah produktif rakyat) • Bagi LSM, Data2 citra satelit (yang diolah berdasarkan kebutuhan pemesan (dephut) dijadikan sebagai acuan dalam memperlancar proses Penguasaan Wilayah Kelola selain masyarakat setempat. Padahal Data2 yang dibuat oleh pemerintah tsb dibuat berdasarkan pesanan dan kepentingan pihak lain selain masyarakat (JICA) • TERPESONA DENGAN KULIT DAN MENIADAKAN ARTI PENTINGNYA SEBUAH DATA DI KAMPUNG

☼ POSISI PEMERINTAH DALAM MELAKUKAN SERTIFIKASI WILAYAH SEMAKIN KUAT (PERPRES 36 = Pertanahan)

☼

MEMAKSIMALKAN DATA & INFORMASI DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR BERSAMA DI KAMPUNG

☼ BANYAKNYA PENYIMPANGAN DATA DAN INFORMASI YANG DISAMPAIKAN PERUSAHAAN MAUPUN PEMERINTAH DALAM MENGAKOMODIR KEPENTINGAN PIHAK LAIN, BUKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT SETEMPAT (MULAI DR MEMBERIKAN SERTIFIKASI – MELAKUKAN PEMBENARAN DAN PEMBOHONGAN UNTUK MENYELAMATKAN PELAKU DR TANGGUNG JAWABNYA)

ALAT BANTU MELIHAT DAN MEMETAKAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN SERTA PENGELOLAAN DAN PENGUASAAN KONDISI SOSIAL-EKOLOGIS KAMPUNG

√

MEMETAKAN BERBAGAI AKTIVITAS KEGIATAN DAN DAMPAK PERTAMBANGAN DI WILAYAH BELAJAR UNTUK DIANALISIS LEBIH TAJAM
ALAT BANTU UNTUK ANALISIS YANG TAJAM UNTUK BELAJAR DIKAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN DATA KAMPUNG Data Kampung  Data Skunder

SUATU SISTEM KOMPUTERISASI YANG MAMPU MENYIMPAN, MENGANALISIS DAN MENGKAJI, BAIK DATA STATISTIK MAUPUN SPASIAL (PETA), UNTUK MENJELASKAN TEMPAT DAN KEGIATAN DIATAS PERMUKAAN BUMI (APA, SIAPA, KENAPA DAN KAPAN)

~ ATTRIBUT ~ POSISI GEOGRAFIS

~ KETERKAITAN RUANG DAN WAKTU

KENAPA GIS…???

Melawan dengan SENJATA yang sama
(hal yang SANGAT PENTING yang terlewatkan adalah sumber data yang AKURAT & BENAR)
 PEMBUATAN BASIS DATA

( Terintegrasi Antara PETA dengan Keterangan Numeriknya )

 KEMUDAHAN DALAM “UP DATE” DATA

(

Mengelolah Data dari Berbagai Sumber

)

 DATA & INFORMASI YANG MUDAH DIPAHAMI

( Dapat Ditampilkan dalam Bentuk Peta, Grafik, Tabel )
 ANALISIS

( Proses Overlay / Tumpang Tindih, Trend/Prediksi, Buffering DLL )

Udahan ach….


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags:
Stats:
views:2383
posted:2/25/2009
language:Indonesian
pages:10
Description: Untuk pemula GIS