Docstoc

Sejarah Dinasti China

Document Sample
Sejarah Dinasti China Powered By Docstoc
					Zhao Gao adalah kasim kepala pada masa Qin Shi
>> Huang. Dia memainkan
>> peranan yang sangat penting dalam sejarah kejatuhan
>> dinasti Qin.
>> Daftar korbannya adalah Fu Su, Meng Tian, Meng Yi
>> (yg diperankan
>> Jackie Chan), Li Si dan Hu Hai (Qin Er Huang). Zhao
>> Gao sewaktu masih
>> menjadi pejabat kecil pernah dihukum mati oleh Meng
>> Yi karena
>> melakukan kesalahan, namun kemudian diampuni oleh
>> Qin Shi Huang.
>>
>> Ketika Qin Shi Huang meninggal dalam perjalanan,
>> Zhao Gao
>> menghasut/berkomplot dengan Li Si untuk merubah
>> surat wasiat kaisar.
>> Qin Shi Huang sebenarnya bermaksud untuk mewariskan
>> tahta kepada
>> pangeran Fu Su, anak sulungnya yang diasingkan ke
>> perbatasan Utara
>> karena berselisih paham dengan ayahnya mengenai
>> pembakaran buku dan
>> pembunuhan kaum terpelajar aliran Konfusius.
>>
>> Zhao Gao dan Li Si kemudian merubah surat wasiat
>> kaisar, mengangkat
>> pangeran Hu Hai, anak bungsu Qin Shi Huang sebagai
>> kaisar baru, Qin
>> Er Huang (kaisar Qin kedua). Juga memalsukan titah
>> kaisar untuk
>> memerintahkan pangeran Fu Su bunuh diri, mencabut
>> jendral Meng Tian
>> dari kekuasaan militer lalu mengeluarkan titah agar
>> Meng Tian bunuh
>> diri juga. Jendral Meng Yi (adik Meng Tian) yang
>> dulu pernah
>> menjatuhkan hukuman mati kepada Zhao Gao juga tidak
>> ketinggalan
>> dibunuh sekalian.
>>
>> Setelah kaisar Hu Hai naik tahta, Zhao Gao
>> mengkonsolidasikan
>> kekuasaan dengan menghabisi lawan-lawan politiknya,
>> termasuk Li Si.
>> Li Si difitnah dan dijatuhi hukuman mati beserta
>> seluruh keturunannya
>> (3 generasi). Zhao Gao lalu menggantikan Li Si
>> sebagai perdana
>> menteri. Lalu giliran kaisar Hu Hai dicekoki wanita
>> dan arak. Hu Hai
>> yang memang pada dasarnya tidak cakap memerintah
>> negara tenggelam
>> dalam segala kesenangan hasil kerja keras para
>> pendahulu Qin.
>>
>> Untuk membersihkan kalangan pemerintahan dari
>> orang-orang yang berani
>> melawannya, suatu hari Zhao Gao membawa seekor rusa
>> dalam
>> sidang/rapat istana. Kepada kaisar Hu Hai, Zhao Gao
>> mengatakan bahwa
>> rusa itu adalah seekor kuda. Para pejabat/mentri
>> yang sudah
>> dikuasai/takut kepada Zhao Gao juga mengutarakan hal
>> yang sama,
>> walaupun Hu Hai sendiri meragukan hal tersebut.
>> Hanya segelintir
>> pejabat/mentri yang berani mengutarakan kebenaran
>> bahwa binatang itu
>> adalah rusa, bukan kuda. Mereka lalu segera dihukum
>> mati oleh Zhao
>> Gao karena dianggap melawan dirinya.
>>
>> Sementara itu, negara kacau balau karena pemimpinnya
>> tidak cakap. Di
>> sana-sini timbul pemberontakan. Zhao Gao
>> menyembunyikan keadaan yang
>> sebenarnya dari Hu Hai dengan terus
>> menenggelamkannya dalam
>> kenikmatan duniawi. Semua surat pemberitahuan dan
>> permohonan bala
>> bantuan disortir dari kaisar. Setiap kali Hu Hai
>> bertanya kepada Zhao
>> Gao sebagai perdana menteri, Zhao Gao selalu
>> menjawab bahwa negara
>> tentram, rakyat makmur.
>>
>> Akhirnya pasukan pemberontak di bawah pimpinan Liu
>> Bang mencapai Xian
>> Yang, ibukota Qin. Zhao Gao yang panik kemudian
>> membunuh Hu Hai (atau
>> memaksanya bunuh diri). Diceritakan sebelum dibunuh,
>> Hu Hai yang
>> pengecut memohon ampun namun tidak digubris oleh
>> Zhao Gao. Zhao Gao
>> kemudian mengangkat Zi Ying, putra Fu Su menjadi
>> kaisar yang baru. Zi
>> Ying yang mewarisi sifat ayahnya lalu membunuh Zhao
>> Gao dan
>> menyerahkan diri kepada Liu Bang. Dinasti Qin
>> berakhir sudah.
>>
>> Berikut ini pendapat pribadi. Kalau pangeran Fu Su
>> mau menggunakan
>> sedikit rasio berdasarkan ajaran Fa Jia / legalisme
>> tentunya dia
>> tidak akan se-gegabah itu bunuh diri. Karena
>> kekuasaan militer pada
>> saat itu terkonsentrasi di Utara di bawah pimpinan
>> jendral Meng Tian,
>> yang merupakan guru pangeran Fu Su. Dia bisa saja
>> memanfaatkan
>> militer untuk merebut kekuasaan yang memang
>> seharusnya diwariskan ke
>> dirinya. Sejarah bisa sangat berbeda, karena
>> diceritakan bahwa
>> pangeran Fu Su memiliki modal kecakapan untuk
>> memerintah negara.
>> Namun apa daya, pangeran Fu Su mungkin terpengaruh
>> oleh ajaran
>> Xiao/Bakti Konfusius, rela bunuh diri karena demi
>> bakti terhadap
>> orang tua. Terus terang menjadi pertanyaan yang
>> sangat menghantui
>> saya, bagaimana bila suatu saat kita mengalami
>> dilema seperti Fu Su ?
>> Disuruh bunuh diri atau berkorban nyawa oleh orang
>> tua sendiri demi
>> bakti. Akankah kita melakukannya ?
>>
>> Henyung




g jadi penyebab utama hancurnya Dinasti Qin ini adlh Zhao Gao, yg merupakan org
kepercayaan           Qin          Shi         Huang           dan            Huhai.




Ada satu org lage yg berperan besar. Gw lupa namanya, tp dia tuh kasim kepercayaan
Qin Shi Huang. Sebenernya yg mo diangkat kaisar tuh anak tertua dr Qin Shi Huang
yg pinter. Tp, kasim ini mbujuk PM Li Shi utk ngepalsu surat wasiat Qin Shi Huang
gara2 takut posisinya sebagai PM bakal dicopot oleh putra tertua Qin Shi
Huang...kasim ini dan PM Li Shi bersekongkol dan berhasil. Lalu , Huhai yg
sebenarnya tdk ingin naik tahta, jd Kaisar dan putra tertua Qin Shi Huang dibunuh.
Akhirnya      semua    pekerjaan     jatuh    ke    tangan     kasim     Li     Shi.
PM Li Shi akhirnya sadar kalo kasim ini udah ancur bgt kerjaannya, jd dia tegor ini
kasim. Kasim ini ga terima dan mulai cemburu akan kekuatan posisi PM Li Shi. Trus,
Li Shi kalo ga salah difitnah trus dieksekusi. Kasim ini trus jd PM yg akhirnya
ngebunuh                                                                                   Huhai...
NB: Kasim ini gila kekuasaan n korup banget, dia sampe punya baju yg mirip baju
kaisar yg sebenernya dilarang dipakai siapapun kecuali kaisar sendiri...
(nama kasim Zhao Gao)




most      of    dinasti     di     Cina      itu   pasti     jatoh   karena       Kasim     istana.


Dinasti apa yang jatuh bukan karena kasim istana yang korup dan terlalu berkuasa
sehingga                     menjatuhkan                         pemerintahan                    ?


Dinasti                                                                                     Ming.
Jatuhnya        bukan            karena       kasim        istana,    tp         karena      cinta.


Dinasti                                                                                      Yuan
Kakak-adik, Paman-Keponakan,Ayah-anak semua saling perang memperebutkn
kekuasaan. Ditambah lagi ini merupakan momment Nasionalisme pertama Cina yang
diperatukan di bawah Partai Ming di Puncak Terang yang dipimpin oleh Zhu Yuan
Zhang          yg         konon           merupakan        bawahan         Tio        Bu       Ki.


Dinasti                                                                                      Tang
Yg ini complicated.... Ada hubungannya dengan wanita cantik, kasim istana dan
jendral keturunan turki bernama Roshan. Intinya ada jendral gak seneng,ada kasim
cari kesempetan,ada wanita yang memanfaatkan kedekatannya pada kaisar untuk
nepotisme, yach begitulah.


Sebetulnya sih yang membuat jatuh dinasti itu kebanyakan karena emperornya yang
ngak becus. Kasim hanyalah salah satu dari faktornya.
Kamu baca three kingdom kan, nah itu 1/3 nya dinasti Han. 2/3 nya lagi nanti akan
saya kasih sedikit ceritaanya. Tp kamu harusnya dah bisa kebayang kira2x jman
dinasti Han itu kaya apa kalo kamu baca 3 Kingdom. Intinya dijaman Dinasti Haan
wilayah Cina itu sudah 2/3 wilayah RRC sekarang tp karena perang yang
berkepanjangan kira2x 1/2 populasi cina saat itu musnah. Census pertama kali dicina
diadakan dijaman Wang Mang yang kebetulan pada saat yang sama census juga
diadakan di Wilayah Romawi. (This is intresting, kenapa bisa census penduduk
bebarengan yach ???). Waktu itu konon katany di romawi orang lagi cari bayi laki2x
yang dilahirkn dibawah bintang besar dan dicari 3 orang majus, kalo versi Wang
Mang, waktu itu diramalkan ada "Naga" yang dilahirkan dan menjelma jadi manusia,
dia ini harus di cari karena akan menjamin kelangsungan pemerintahan Wang
Mang,Pemerintahan Wang Mang ini boleh dikatakn Theokrasi pertama di Cina
karena dia menyandarkan pemerintahannya pada ajaran agama Kong Hu Cu dan
Taoisme. Census penduduk menunjukan bahwa pada saat itu Cina memiliki populasi
sebanyak 80 Juta Jiwa sedangkan Romawi memiliki 18 juta jiwa dengan hanya 6 juta
yang dapat disebut Roman Citizen. Dalam kurun waktu 200 thn sejak census Wang
Mang populasi dicina hanya tinggal 40 jt jiwa saja. Population Booming baru kembali
ketika kekaisaran Tang berdiri dibawah Tang Tai Zong, dia ini memiliki seorang adik
angkat yang dari golongan pendeta buddha dan diperintahkan untuk mengambil kitab
suci di India, pendeta ini bernama Tang Xuan Zang(Tong Sam Cong dalam dialek
kantonnya).


Jadi ngaco yach ceritany, ditanya Han malah bahasannya beda. Hahahha, tp gak
apa2x nanti saya kasih tau mengenai Han.
Dinasti Xia dan Shang itu tidak begitu banyak yg dapat diceritakan secara historis
akademis karena peninggalan dari jaman itu cukup sedikit dan cerita2x dri jaman itu
terdengar sedikit “bull shit” bagi para akademisi dari barat yang menelitinya karena
penuh dengan hal2x diluar kewajaran. Kedua dinasti itu konon memerintah cina dari
thn 5000 BC sampai sekitar thn 1000 BC. Tapi dari penelitian yang didapat dikatakan
bahwa sebenarnya Dinasti Xia itu memerintah sekitar 2000 SM – 1500 SM lalu
terjadi Chaos lagi dan baru pada thn 1400 SM dinasti Shang muncul dan
memeriontah                    sampai                   1000                   SM.




Setelah itu digantikan dinasti Zhou yg berkuasa dari thn 1000 SM – 256 SM. Masa
pemerintahan mereka dibagi dua yaitu masa Zhou Barat dan Zhou Timur. Dijaman
dinasti Zhou ini baru yang namanya administrasi Negara benar2x berkembang,
pertanian dikembangkan dan kebudayaan digalakan. Dinasti Zhou ini merupakan
fondasi awal dari bentuk Empire di daerah cina. Dijaman ini juga dimana pertama
kali pengetahuan dibukukan dengan judul “The Annal of Spring And Autumn” oleh
Lu Bu Wei. Nah Lu Bu Wei ini sebenarnya adalah ayah dari Yin Zheng yang
merupakan kaisar Qin yang terkenal. (Setelah selesai menulis 3 kingdom saya
mungkin akan menulis cerita ini). Dijaman dinasti ini juga jendral terkenal seperti
Sun Tzu, Sun Wu dan Sun Bin hidup yang akhirnya menghasilkan “Sun Tzu Ping Fa”
(Sun            Tzu             The             Art             Of             War)




Setelah Zhou, dinasti ini digantikan oleh dinast Qin yang memerintah dari thn 255
SM – 207 SM. Raja dari dinasti QIn yang paling terkenal adalah Qin Shi Huang (Shi
Huang Di) yg bernama asli Yin Zheng. Pada jaman dialah Tembok Cina pertama kali
dibangun, banyak cerita terkenal mengenai hal ini. Pada jaman dia juga, terjadi
revolusi besar2xan. Semua tulisan dan buku dibakar, dengan maksud untuk
menyetarakan semua hal. Jadi hanya ada satu bahasa, satu tulisan, satu mata uang dan
juga artinya satu Negara dan satu kaisar. Dijaman inilah Pedang Naga pertama kali
diperkenalkan, dikisahkan bahwa Yin Zheng melakukan ekspedisi dan berhasil
bertemu dengan naga yg memberinya pedang. Dia juga boleh dibilang orang pertama
yang mengambarkan seperti apa naga itu. Dia juga kaisar pertama yang dikisahkan
pernah pergi kelangit dan disana dia mencoba masakan di istana langit. Dia merasa
bahwa masakan disana sangat lezat lalu berusaha mencari tahu rahasianya yang
ternyata adalah Garam. Jadi dia mencuri sedikit bubuk putih itu tetapi ketahuan. Lalu
dia mencoba lari tetapi dalam pelariannya dia menjatuhkan bubuk putih itu kelaut.
Ketika dia kembali ke bumi dia memerintahkan agar prajuritnya mengeringkan air
laut dan dari sanalah legenda garam itu berasal. Pada jaman pemerintahannya juga
Yin Zheng ingin menjadi kaisar 10.000 thn dan kata2x yang terkenal “Wan Shui,
Wan Shui, Wan Wan Shui” digunakan. Dia ingin hidup 10.000 thn dan meminta para
tabib2x istana untuk mencari obat panjang umur. Para tabib mencoba sekuat tenaga
tetapi tidak dapat menemukan obat itu, lalu karena mereka takut dihukum mati maka
mereka berkata bahwa didaerah timur dengan menyebrangi lautan ada seorang
pertapa yang tinggal diatas gunung es dan telah berumur ribuan thn, mereka berkata
bahwa pertapa itu mengetahui obat panjang umur itu. Lalu kaisar memerintahkan
mereka pergi untuk mencarinya, tetapi mereka meminta sebagai upeti kaisar harus
memberikan mereka 1.000 wanita yang masih perawan dan cantik, 1.000 pria
terpandai dan terkuat, 1.000 dayang2x. 1.000 prajurit dan berbagai perlengkapan
lainnya. Setelah itu mereka berangkat. Didalam perjalanan mereka ternyata berhasil
menemukan ramuan yang dapat memperpanjang umur tetapi karena mereka
mengetahui bahwa kaisar QIn itu sangat kejam mereka berpikir bahwa jika dia
dibiarkan hidup berumur panjang maka akan banyak penderitaan jadi mereka
membuang bubuk obat mereka ke sungai dan bahannya dipendam didalam tanah
didekat mata air. Ternyata para orang2x yang dibawanya itu meminum air dari sungai
itu dan mereka semua berumur panjang. Nah kisah ini sepertinya mengada-ada tetapi
kisah ini benar2x nyata. Tempat yang mereka datangi itu sekarang bernama JEPANG,
karena orang jepang sekarang itu berasal dari cina, suku jepang asli itu namanya
AINU dan tidak mirip dengan orang cina. Kedua tempat dimana sungai mereka
membuang ramuan panjang umur itu sekarang terdapat di OKINAWA, makanya
kenapa orang didaerah itu sampai detik ini rata2x berumur lebih panajg dari pada
tempat lainnya didunia. Para tabib itu sebenarnya tidak ingin kembali karena takut
dihukum tetapi ternyata mereka benar2x dapat menemukan obat panjang umur Cuma
karena kaisar kejam maka mereka memlih untuk membuangnya. Setelah itu mereka
membuat bahasa sendiri dan juga kebudayaan sendiri yg walaupun ingin dibuat
berbeda tetapi akhirnya sama dengan kebudayaan induk mereka yaitu kebudayaan
Qin




Ternyata kaisar Qin ini hanya berusia 52 thn saja, dia yang ingin memerintah 10.000
thn hanya memerintah 36 thn. Dia meninggal karena komplikasi obat2xan. Dengan
kata lain dia keracunan karena ingin hidup abadi dia menelan berbagai macam
obat2xan yang akhirnya merusak tubuhnya. Seharusnya dia digantikan putra
tertuanya yaitu pangeran Fu Xu, Pangeran Fu Xu ini sebenarnya seorang yang gagah,
berbakti dan ahli berperang juga ahli literature. Dia suatu kali menentang keputusan
ayahnya untuk membunuh seluruh rakyat sebuah desa yang menolak membayar pajak
karena mereka semua kelaparan. Akhirnya dia dibuang, pada saat kematian kaisar,
anak kedua kaisar yang bernaan Pangeran Hu Hai ini membuat titah palsu dan
meminta Fu Xu unutk menegak racun. Karena merasa bersalah dan juga anak
berbakti maka FU Xu tidak ragu2x untuk meminum racun itu. Pangerah Hu Hai naik
takhta dan akhirnya dia menjadi kaisar Er Qin Shi Huang. Tetapi kelakuannya sangat
buruk dan menyebabkan pemberontakan dimana2x. Dua daerah yang terbesar yang
berani memberontak adalah Chu dan Han. Chu dipimpin oleh rajanya yang bernama
Xiang Yu dan Han dipimpin oleh Liu Bang. Nah film Conqueror concubine itu
mengisahkan kisah ini. Pada akhirya Liu Bang berhasil memenangkap pertempuran
dan                   mendirikan                     dinasti                   Han.
DInasti Han memerintah cina dari thn 202 SM sampai 220 M. padan thn 1 M terjadi
pemberointakan oleh Wang Mang yang menyebabkan dinasti Han berakhir sementara
sampai dan ada dinasti XIN yang hanya berkuasa selama 14 thn sampai akhirnya Liu
Xiu menghancurkan dinasti Xin dan mendirikan kembali dinasti Han. Dijaman ini
juga ditemukan kertas, jalur perdagangan sutra juga dibuka dan ada utusan yg dikirim
untuk pergi ke eropa menemui kaisar roma. Dinasti ini berakhir karena kekacauan
politik. Hal ini terjadi karena para kasim diberikan kekuasaan terlalu besar yg
mencapai kebobrokannya pada jaman Kaisar Huan Dan Kaisar Ling. Setelah itu
Kaisar Xian yang berumur 9 thn diangkat menjadi kaisar dan dia merupakan kaisar
Terakhir yang memerintah Han. Setelah itu kerajaan terpecah menjadi 3 yaitu Wei,
Wu dan Shu. Dari ketiga kerjaan ini akhirnya Wei lah yang berhasil menguasai
sebagian besar daerah Han tetapi kerajaan Wei ini pun akhirnya hancur dan
digantikan oleh kerajaan Jin yang didirkan Sima Yan. Tetapi kerajaan Jin ini juga
tidak stabil dan kudeta terjadi silih berganti selama 200 thn berikutnya sebelum
akhinrya     kerjaan    terpecah    kembali     menjadi     16      kerajaan   kecil.




Setelah 100 thn dalam kekacauan akhirnya ada kerajaan yang menjadi pemenang dan
menguasai seluruh cina, ini adalah dinasti Sui. Dinasti ini juga termasuk berumur
pendek yaitu hanya berusia 37 thn saja (581-618). Dalam waktu yang singakt Dinasti
ini tidak banyak menghasilkan sesuatu terkecuali pembanguan awal untuk Grand
Canal      dan   juga    berhasilnya    dipersatukan      seluruh    daerah    Cina.




Dinasti ini digantikan oleh Dinasti Tang. Dinasti Tang didirkan oleh Li Yuan, tetapi
dalam kenyataanya sebenarnya dinasti ini baru terbentuk setelah Li Shi Min naik
takhta. Jadi Li Yuan ini memimpin pemberontakan dan mendkelarasikan dirinya
sebagari Raja Tang dan anak pertamanya Li Ji Cheng menjadi pewaris takhta. Tetapi
setelah Li Yuan meinnggal Li Shi Min membunuh kakaknya sendiri dan mengambil
takta. Kemudian dia berhasil menguasai seluruh cina dan menjadi kaisar Tang dengan
nama Tang Tai Zong. Dikemudian hari kaisar Tang Tai Zong mengangkat saudara
seorang biksu budha yang menyelamatkan nyawanya, biksu itu diberi nama Tang
Xuan Zang (Tong Sam Chong dalam dialek canton). Dia ini diutus untuk pergi
kebarat dan mencari kitab suci budha agar dapat disalin kedalam bahasa cina.
Perjalanan pulang pergi biksu ini menuju India itu selama 40 thn. Dan dia membawa
kita suci itu dalam 3 keranjang sehingga akhirnya dalam bahasa sansekerta disebut
Tri Pitaka (3 keranjang) atau dalam bahasa mandarinnya “San Xue” (bacanyua sich
lebih terdengar seperti San Jiao) yg artinya 3 pelajaran agung.


berwin
07-11-2005, 04:32 PM
Dinasti Tang juga sempat terhenti sebentar setelah Permaisuri Wu Ze Tian
mengkudeta pemerintahan. Wu Ze Tian ini mendirikan dinasti Zhou II. Dikisahkan
bahwa dinasti Tang itu dilindungi oleh Bola naga yang dibawa dari Daerah gurun.
Bola Naga ini berisi abu orang suci yang konon katanya kalau abu dari orang suci
dibakar maka nanti hasilnya selau debu dan tulang juga ada kristal2x berwarna. Saya
sendiri pernah pergi ke Taiwan untuk melihat hal ini yang katanya merupakan kristal
suci milik Tong Sam Chong/Tang Xuan Zang, Jadi ceritanya thn 1940 an orang
jepang itu ngebongkar makam Tong sam chong dan mereka membakar tulangnya
kemudian setelah tulangnya dibakar dan diremukanan terdapat 5 kristal berwarna
kehijauan dan inilah yang disebut krisatal suci, mereka menempatkannya didalam
tempat khusus. Pada saat chiang kai sek mundur ke Taiwan dia kan bawa semua harta
karun cina, nah barang ini juga dia bawa ke Taiwan. Saya cukup beruntung bisa pergi
ke Taiwan dan melihatnya. Nah balik ke cerita sejarahnya… Bola Naga ini ceritnya
hilang dan kerajaan kacau, sebenarnya peramal istana telah menduga hal ini dia
berkata bahwa Burung Phoneix akan mengantikan Naga sampai seekor harimau
mengusirnya dan Kura2x sakti melindungi singasana setelah itu Naga akan kembali
kebumi. Burung Phoenix ini merupakan lambang permaisuri dan naga merupakan
lambing kaisar dan hal ini menjadi kenyataan. Dibutuhkan waktu sekitar 25 thn
sebelum                            akhirnya                            digulingkan.




Kisah berikutna didalam dinasti ini mengenai Yang Gui Fei, yg merupakan salah satu
dari 4 wanita tercantik dicina, mereka ber 4 disebut tiger lady karena mereka semua
dengan             kecantikannya               menghancurkan               Negara.




Setelah jaman dinsati Tang maka jaman berikutnya adalah dinsati Sung yg
memerintah thn 960 -1127. Dijaman ini ibu kota dipindah ke Kai Feng, disana ada
seorang hakim terkenal bernama Bao Chen. Dalam sejarah aslinya Bawahan Bao
yang terkenal itu bukan perwija Chen Jiao tetapi yang hebat adalah Si Kuda dan Si
Kerbau. Dua pengawal yang selalu ada dibelakang Bao. Nah setelah kematian Bao ini
ibu kota kacau, kasim2x menguasai pemerintahan dan pada saat inil jugalah Keluarga
Yang muncul sebagai pahlawan. Mereka menghancurkan musuh diperbatasan dan
kerajaan Sung dapat bertahan diawal2x pemerintahannya. Di kemudian hari ada
seorang bernama Gao Qiu yang berhasil “menyingkirkan” para kasim, sebenarnya
bukan menyingkirkan tetapi lebih tepat berkolaborasi, jadi para kasim sudah
sedemikiran rupa di musuhi lalu Gao Qiu bertindak seolah2x berhasil menyingkirkan
para kasim dan membuat dia diangkat menjadi perdana menteri, tetapi dalam
kenyataanya dia mengangkat Tong Guan salah satu kasim menjadi “Ibu” angkatnya.
Kaisar Hui Zhong watku itu sangat lemah posisinya dan dia tidak dapat berbuat
apa2x. Nah dijaman inilah 108 pendekar Liang San muncul dan mengalahkan Gao
Qiu. Salah satu yang terkenal dan merupakan anggota paling awal dari 108 pendekar
adalah                                 Lin                                  Chong.




Setelah Gao Qiu digulingkan masalah timbul kembali, tetapi bukan dari dalam negeri
melainkan dari luar negeri. Suku Monggol sudah bersiap2x diperbatasan untuk
menyerang cina, karena pemerintahan pusat kacau maka Genghis Khan dan Kerajaan
Jin berkerja sama serta menyuap jendral penjaga perbatasan untuk membuka gerbang
Tembok Besar. Para pendekar akhirnya berkumpul di Xiang Yang untuk menghalau
serangan ini. Walaupun mereka berhasil mempertahankan daerah selatan tetapi
daerah utara cina telah dikuasai pasukan monggol dan daerah timur mendapat
ancaman dari pasukan Jin. Pasukan Jin didaerah timur ini selmaa belasan tahun tidka
dapat menyerang selatan karena daerah perbatasan dilindungi oleh jendral Yue Fei
dan sejarah kembali terulang karena ada pejabat yang tidak senang dan iri atas
keberhasilan Yue Fei akihrnya mereka memfitnah Yue Fei didepan Kaisar. Kaisar
Gao Zong akhirnya memanggil Yue Fei dan anaknya dan dijatuhi hukuman mati
diibu kota. Ketika Yue Fei telah dipenggal lalu prajurit membuka pakaian perang Yue
Fei dan kaisar melihat dipunggung Yue Fei ada 4 tato yang bertuliskan (Jing Zhong
Bao Guo) yang artinya “Selalu Setia Terhadap Negara”, kaisar lalu menyesal telah
membunuh Yue Fei dan dia akhirnya memerintahkan agar seluruh pejabat dan kasim
yang telah memfitnah Yue Fei untuk dihukum mati. Tetapi karena kematian Yue Fei
ini Negara menjadi goncang dan perbatasan menjadi lemah, Pada akhirnya pasukan
Jin berhasil masuk dan menyerang Sung Selatan. Kerajaan Song masih dapat hidup
karena persatuan pendekar2x dan terutama salah satu kelompok yg namanya menjadi
harum dijaman ini yaitu Kelompok Pengemis (Kai Pang). Tetapi korupsi dan
kebobrokan para pejabat serta para kasim yang menyalah gunakan kekuasaan
membuat       para      pendekar      akhirnya      banyak       yang      kecewa.


Pada thn 1273, Ibu Kota Xiang Yang akhirnya jatuh ketangan prajurit Monggol
setelah lebih dari 10 thn dipertahankan oleh para pendekar dan juga partai kaipang.
Diceritakan jatuhnya Xiang Yang ini sangat dramatis dan dibutuhkan waktu 4 thn
bagi prajurit Monggol sebelum kekuatan mereka kembali seperti sebelum mereka
menyerang Xiang Yang. Panglima terakhir yang menjaga kota Xiang Yang adalah
Guo                                                                           Jing.


Pada thn 1279, He Bei akhirnya berhasil dikuasai oleh Kubilai Khan yang telah
menghancurkan pasukan Jin dan kaisar sung terakhir, Zhao Bing dibunuh. Dengan
begitu berakhirlah kekuasaan Sung dan cina diperintah dinasti Asing. Yaitu Dinasti
Yuan (Monggol). Para pendekar banyak yg mengasingkan diri untuk, para jendral
memobilisasi kekuatan digunung2x karena pasukan monggol selalu mengandalkan
kekuatan pasukan berkuda maka didaereah gunung pasukan mereka jadi tidak
berguna.


Salah satu yang akhirnya mengasingkan diri adalah Zhang Jun Bao yang dikemudian
hari mengubah namanya menjadi Zhang San Feng (Tio Sam Hong) yang aritinya 3
harapan. Dia mengasingkan diri kegunung Wu Dang dan membentuk kelompok
pedang Wu Xia yang akhirnya disebut Wu Dang Wu Xia (Kelompok pendekar
pedang Wu Tang). Dikemudian hari Murid dari Thio San Hong yang bernama Tio Bu
Ki         menjadi          pemimpin           dari        Kelompok            Ming.




Dinasti Yuan ini memerintah dari thn 1279 – 1368 dinasti ini melemah karena
masalah suksesi kekuasaan sehingga terjadi perang saudara. Sebenarnya Genghis
khan telah menguasai cina utara sejak thn 1206 dan telah memerintah sampai thn
1227. Sedangkan suku Jin telag menguasai cina timur laut sejan thn 1127. Jadi
praktisnya Cina telah hancur sejak 150 thn sebelum dinasti Yuan Resmi menguasai
ibukota He Bei. He Bei ini memiliki benteng yg kuat dan pasukan yang kuat karena
re-organisasi oleh Yue Fei tetapi sejak Yue Fei dihukum mati keadaannya jadi
melemah          dan        akhirnya         berhasil        dikuasai        musuh.




Di akhir jaman dinasti Yuan para pendekar sekali lagi bersatu dan menghancurkan
kekuasaan Yuan. Salah satu pendekar yang terkenal berasal dari partai Ming yang
dipimpin oleh Tio Bu Ki yang merupakan cucu murid dari Tio Sam hong. Dan tidak
seperti di film, thio bu ki itu bukan turun dari jabatan ketua gara2x mencintai gadis
mongol tetapi lebih tepat karena dia memang meninggal dunia. Jabatan ketua partai
Ming       akhirnya        jatuh    ke       tangan      Zhu         Yuan        Zhang.




Nah kamu pernah nonton filmya Thio Bu Ki yang pemainya Jet Li bukan ??? kalau
pernah Zhu Yuan Zhang ini adalah biksu dari partai Ming yang melaporkan bahwa
perguruan Hua Shan dan Kun Lun dating menyerang kembali setelah Thio Bu Ki
terluka karena tusukan pedang langit guru Er Mei. Dia juga yang menghasut Thio Bu
Ki agar mengangkatnya menjadi penasehat untuk mengantikan penasehat Yun. Kalo
gak        inget         coba        kamu          nonton        lagi           filmnya.




Nah Zhu Yuan Zhang inilah pendiri dinasti MING. Yang artinya “terang” atau
“cerah”. Nah sekarang kan jelas dari mana asal nama Ming ini. Yach dari partai Ming
yang                  dipimpin              Thio                Bu                   Ki.


Forbidden City
Tiongkok,- Berada di Forbidden City atau Kota Larangan di tengah bandar Beijing,
China seolah-olah kembali ke zaman silam kegemilangan emperor maharaja China
yang dianggap dewa di kalangan rakyat. Tempat ini dijadikan pusat pemerintahan dan
pusat tata kota Beijing tempo dulu. Berkeliling ke seluruh area Forbidden City ini tak
cukup satu hari. Luasnya saja 72 hektar, jumlah kamarnya mencapai 9999. Masing-
masing kamar tergabung dalam beberapa bangunan megah dengan arsitektur asli
China yang menawan. Setiap bagian atap bangunan diukir dengan lukisan naga yang
melambungkan kekuasaan sang kaisar. Kawasan yang dilengkapi parit dan tembok
setinggi sekitar 10 meter itu terbagi dalam dua bagian. Di bagian depan yang ada di
bagian selatan, berisi enam bangunan utama tempat para kaisar menjalankan kegiatan
mengurus kerajaan. Sementara di belakangnya atau bagian utara merupakan tempat
tinggal                    kaisar                  dan                      keluarganya.
Di Forbidden City terdapat beberapa pintu masuk. Pintu utara biasa dijadikan para
raja mencari selir-selir untuk dijadikannya sebagai pemuas nafsu. Pada zamannya,
masing-masing raja dari suatu dinasti mempunyai 3.000 selir. Wow! Untuk mencari
para selir, biasanya raja bisa melihat deretan wanita Tiongkok dari pintu utara. Para
selir ini kemudian ditempatkan di kamar-kamar khusus di lingkungan istana. Raja
sendiri bila ingin menemui para selirnya berkunjung ke bangunan khusus urusan selir.


Para selir saat menemui para raja juga harus telanjang bulat, demi keselamatan sang
raja. Bila para selir mengenakan pakaian dikhawatirkan bisa membawa senjata.
„‟Biasanya raja hanya menggunakan para selir beberapa kali saja. Bahkan saking
banyaknya, ada yang tak sempat berhubungan seks dengan raja, sehingga akhirnya
tua dan masih perawan,” urai Tommy dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih.
Lalu bagaimana raja mampu menjaga staminanya untuk bisa bercinta dengan para
selir? „‟Raja mempunyai ramuan khusus yang dibuat para ahli pengobatannya.
Makanya raja tak pernah lemah dalam urusan diatas ranjang,‟‟ selorohnya.

				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:2064
posted:5/20/2010
language:Indonesian
pages:16