Docstoc

resep coto betawi

Document Sample
resep coto betawi Powered By Docstoc
					Category: Soups & Stews

Description:
Ini hidangan yg gw sajikan menyambut kedatangan tamuku dari Townsville.

Resep lama dari nyokap. Di resep ini gw cuma pakai daging dan babat aja.
Kalau di supermarket suka dijual babat sapi, udah direbus dan udah bersih.
Jadi babatnya putih. Sptnya sapinya agak2 bule. Hehehe!



Ingredients:

Bahan :
Jerohan sapi (usus, babat, paru) dan daging sandunglamur secukupnya (sesuai
selera)
2 lbr daun salam
2 bh lengkuas masing potng 2 cm
1 bh serai memarkan batang putihnya
1 kaleng santan 400ml
3 sdm kecap manis
garam dan gula secukupnya
2 bh daun bawang , dirajang halus
2 bh tomat potong2 4 bagian utk masing2 tomat
acar ketimun

Bumbu Dihaluskan :
1 sdt jintan bubuk
5bh bawang merah
3 bh bawang putih
4 bh kemiri disangrai
1 sdt merica bubuk

Directions:

1. Rebus semua daging sampai empuk dengan salam, lengkuas dan serai
2. Kalau sudah empuk, angkat
3. Goreng setengah matang usus, babat dan paru lalu semua bahan dipotong
kotak2, sisihkan
4. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam sisa rebusan air
5. Kalau air sudah berkurang bisa ditambah sedikit sesuai kebutuhan
6. Masukkan santan, setelah mendidih, tambahkan dengan kecap manis
7. Terakhir masukkan semua bahan daging ke dalam kuah, tambahkan dengan
potongan tomat
8. Beri garam dan gula pasir, koreksi rasa. Kalau kuah sudah agak sedikit
mengental matikan api
9. Saat mau disajikan taburi irisan daun bawang
10.Hidangkan dengan sambal soto, acar ketimun dan emping goreng.




resep soto betawi asli
Comment( 3)

Wisata kuliner ..hehe.. ga maksud mempromosikan loch..hanya sekedar berbagi
Untuk para pencinta dunia dapur (alias masak memasak), nah resep ini tepat sekali untuk
pengemar makanan bersantan,rasanya wuihh muantap dan uenak deh....,
Siapa yang pernah makan soto betawi asli di tanah abang, atau
didaerah yang masih kental budaya betawinya, pasti heran, kok
bersantan, tapi tidak berasa banget santannya ya???
Dan yang pasti lagi, kita juga akan �        ,
                                      heran� kok soto betawi asli
harganya pasti mahal ya??? rata-rata di atas 10 ribu satu mangkuk
belum termasuk nasi putih...
Nah rahasianya ada di bahan pembuatnya yang tergolong agak mahal,
yaitu SUSU SAPI segar.....
Nah ini resep keluarga yang asli orang betawi.... Gampang
deh bikinnya, nggak ribet... selamat mencoba!

SOTO BETAWI ASLI

BAHAN :

1 kilo daging sapi kalau suka bisa pake jeroan sapi ataupun kaki
sapi...
1 lengkuas gepruk
1 sereh
3 lembar daun salam

Rebus bahan-bahan diatas dengan air, buang terus kotoran daging yang
keluar.
Setelah daging empuk, kecilkan api
BUMBU :

5 bawang merah
3 bawang putih
1 ruas jempol jahe
1 sdm ketumbar
1/2 sdt jinten
lada butir secukupnya

Haluskan semua bumbu diatas.


BAHAN LAINNYA :

1 kotak kecil santan kara (yang segitiga itu lho)
1/2 liter susu sapi segar atau susu ultra tawar

kentang kupas, belah 2 goreng
tomat
daun bawang prei diiris
jeruk sambal
emping goreng
bawang goreng

CARA MEMBUAT :
1. Didihkan kaldu daging, masukkan bumbu halus (tidak perlu di tumis)
2. Tambahkan garam, rasakan. Kalau suka boleh tambah bumbu penyedap
secukupnya
3. Tambah santan kara dan susu cair
4. Udah jadi deh kuahnya

CARA PENYAJIAN :
1. Potong / iris kentang ke dalam mangkok
2. Tambahkan irisan tomat
3. Taburin dengan daun bawang
4. Tambah bawang goreng
5. Tambah kecap manis BANGO
6. Tambah merica bubuk (kalau suka)
7. Tuangi kuah sotonya
8. Tambah emping goreng dan peres 1/2 jeruk sambal

Sajikan dengan nasi yang atasnya sudah ditaburin bawang goreng..
Lebih sedap lagi kalau dimakan dengan sambal....
plus makannya bersama suami tersayang up.s heee..

				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:777
posted:3/17/2010
language:Indonesian
pages:4