Docstoc

PHP, instalasi secara manual

Document Sample
PHP, instalasi secara manual Powered By Docstoc
					PHP : I nst alasi Secara Manual Bagian 1
PHP t elah dikenal dalam m enghasilkan berbagai aplikasi berbasis web, karena free m aka sem akin banyak inst aller package yang bisa digunakan secara langsung, t inggal j alankan sat u file inst aller m aka PHP and The Gangs t elah t erinst all. Tet api kali ini kit a akan m enginst all PHP saj a dengan m enggunakan file ZI P. Berart i t anpa proses inst alasi dong?. Yup, kit a m em ang t idak secara t erang- t erangan m enj alankan aksi kit a, walaupun prosesnya berbeda dan agak but uh ket lat enan t api hasilnya sam a Bos! . Mungkin anda bert anya, kalo ada cara yang m udah kenapa pake yang susah?. I ngat pepat ah kuno, Kalau kit a cuma m elakukan sesuat u yang langsung

sudah kit a kuasai, kit a t idak akan pernah berkem bang . Oke..oke

aj a Bos, t api sebelum nya siapkan secangkir kopi dan duduklah dengan santai. Bila tidak ada ya lari dulu deh ke warung sebelah. Siap?

Yang kit a gunakan adalah php-5.2.4-Win32.zip,

unt uk versi t erbaru

silakan download sendiri ;- ). Langkah pert am a buat sebuah folder pada drive C: \ dan beri nam a php , sehingga j adi sepert i ini m isalnya: C: \ php . Lalu

ekst rak file ZI P- nya ke folder yang t elah dibuat t adi. Carilah file bernam a

php.ini-dist lalu salin file t adi ke C: \ WI NDOWS, dan j angan lupa gant i
nam anya m enj adi php.ini. Dalam file ini t erdapat berbagai pengat uran tentang bagaimana PHP akan bertingkah laku.

Unt uk m enj alankan PHP kit a perlu sebuah web server, karena PHP adalah server side program m ing language. Art inya eksekusi PHP dilakukan di sisi server dan hanya hasilnya y ang dit am pilkan pada browser, sehingga t anpa sebuah web server m aka source PHP hanya akan dit am pilkan apa adanya oleh brow ser. Masih ingat cerit a si pelayan dan sang t am u rest oran? ( pada artikel Apache : I nst alasi Unt uk Pem ula Bagian 1).

Pada episode yang lalu dikisahkan, saat si pelayan selesai m encat at pesanan sang tamu, m aka ia pergi dan balik dengan m em bawa hidangan pesanan sang tamu. Sang tamu tidak pernah tau siapa yang memasak. Apa si pelayan yang memasak?. At au sang t am u sendiri, yang sebenarnya adalah Chef Super yang m enyam ar?. At au m alah penulis, yang dari dulu t idak kebagian peran apapun?. At au j angan- j angan pem baca yang dari t adi geram karena crit anya m ulai ngaco?. Wah- w ah koq j adi kayak serial kom ik det ekt if, m aaf ya pembaca, maklum udah agak ngantuk j adinya nglant ur deh . Tent u saj a yang m em asak adalah si koki di dapur. Ant ara si pelayan dan si koki saling bekerjasama, si koki yang m em asak sedang si pelayan yang m encat at dan m engant ar pesanan. Tanpa adanya si pelayan pesanan sang t am u cum a j adi secarik kert as dengan t ulisan, begit u j uga sebaliknya. PHP disini bisa dianalogikan sebagai si koki tukang masak.

*)Gunakan find untuk memudahkan! **)Sesuaikan dengan direktori Anda!

Yang harus kit a lakukan adalah m em beri t ahu PHP let ak Apache, caranya adalah : 1. Edit file php.ini yang ada di C: \ WINDOWS dengan not epad at au sejenisnya. Cari baris :

doc_root=
ubah menjadi : doc_root= C:\ Program File s\ Apa ch e Gr ou p\ Apache2 \ htdocs Masih di file php.ini cari lagi baris:

extention_dir= /
ubah menjadi :

extention_dir= C:\Program Files\Pemrograman\PHP 2. Simpan perubahan, dengan klik menu>save.

Dari sini PHP t elah m enget ahui adanya Apache, t api Apache belum t ahu adanya PHP. Sehingga kit a j uga harus m em erit ahukan Apache let ak PHPnya, caranya adalah : 1. Buka file httpd.conf yang berada di Group\ Apache2\ conf\ . Cari bagian : C:\ Pr ogr a m File s\ Apache

LoadModule
pada bagian akhir tambahkan skrip berikut :

LoadModule php5_module

C:/php/php5apache2_2.dll

AddType application/x-httpd-php .php 2. Simpan perubahan, dengan klik menu>save.

Yah

akhirnya selesailah sudah pengat uran yang kit a but uhkan. Apakah

sekarang PHP sudah bisa dij alankan?. Yup, pert anyaan bagus. Tent u saj a sudah, kalau t idak percaya silakan coba buat sebuah file t ext docum ent baru pada direkt ori : C:\ Pr ogra m File s\ Apa ch e Gr ou p\ Apache2\ htdocs, isi file tersebut dengan sintak :

<?php phpinfo(); ?>
Dan sim pan dengan nam a phpinfo.php, ingat ekst ensinya harus Buka browser kesayangan anda, pada address ketikkan : .php .

localhost/phpinfo.php
Seharusnya pada browser anda tampil halaman berikut :

Hebat khan PHP, cum a dengan t iga baris perint ah bisa nam pilin sebuah halam an kayak git u. hee hee . Akhirnya kini PHP t elah m enem ukan pasangan sej at inya, yait u Apache dan m ereka hidup bahagia selam anya ..( I Love Happy Ending ).

Mohon maaf kalau ada kekurangan, kritik dan saran dinantikan.


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags: Instalasi
Stats:
views:418
posted:11/21/2008
language:Indonesian
pages:4