Docstoc

Tutorial cara membuat file PDF

Document Sample
Tutorial cara membuat file PDF Powered By Docstoc
					CARA MUDAH MEMBUAT E-BOOK
Membuat Dokumen PDF dengan OpenOffice.org

http://www.syahrulefendi.wordpress.com http://www.internetgprs.co.cc syahrulefendi@gmail.com

Banyak keuntungan bila file dokumen kita disimpan dalam format PDF. Mulai dari segi keamanan (perlindungan terhadap kerusakan oleh virus, human error, hilang atau berubahnya property/identitas dokumen, dsb), ukuran file, serta kenyamanan dalam menyajikan maupun menyebarkan (sharing) dokumen tersebut. Namun seringkali kita terkendala karena kita tidak memiliki software yang dapat mengkonversi dokumen kita ke format PDF. Ada banyak aplikasi yang dapat menghasilkan file dengan ekstensi PDF. Namun tidak semuanya menawarkan kemudahan kepada kita untuk mengubah dokumen-dokumen kita menjadi berbetuk PDF. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan masing-masing software untuk mengenali dan menangani seluruh isi dokumen seperti teks, tabel, gambar, simbol, persamaan matematis (equation). Sebagian software sanggup mengenali dan menangani seluruh isi dokumen, tetapi sebagian lagi hanya dapat menangangi dokumen berupa teks saja. Diantara software-software tersebut ada yang berbayar dan banyak pula yang gratisan. Biasanya kualitas atau kemampuannya berbanding lurus dengan harga. Namun untuk urusan konversi dokumen ke PDF, kita punya software open source (gratis) yang sangat bisa diandalkan. Software tersebut adalah satu paket aplikasi office yang ternyata dilengkapi dengan fitur Export as PDF. Software dimaksud adalah OpenOffice.org, yang dalam satu paket instalasinya secara lengkap disertakan : 1. OpenOffice.org Base: Aplikasi Pengolah Database. 2. OpenOffice.org Calc: Aplikasi Pengolah Spreatsheet.

3. OpenOffice.org Draw: Aplikasi Pengolah Gambar. 4. OpenOffice.org Impress: Aplikasi Pengolah Presentasi. 5. OpenOffice.org Math: Aplikasi Pengolah Matematis. Persamaan (Equation)

6. OpenOffice.org Writer: Aplikasi Pengolah Kata. Menariknya, aplikasi office ini dapat membuka file yang dibuat dengan Microsoft Office. Sebaliknya pula, kita dapat memilih untuk menyimpan file OpenOffice.org dengan format yang sesuai dengan Microsoft Office. Artinya, dokumen-dokumen yang telah terlanjut kita buat dengan Microsoft Office, dapat kita buka dengan OpenOffice.org untuk kemudian di export ke format PDF. Tentunya ada beberapa perbaikan/penyesuaian yang harus kita lakukan. Karena akan ada beberapa perubahan pada dokumen Microsoft Office yang dibuka dengan OpenOffice.org. Untuk ke depannya, biasakanlah membuat dokumen perkantoran dengan OpenOffice.org sehingga bila dokumen tersebut akan kita jadikan dokumen PDF, kita dapat dengan mudah melakukannya tanpa kendala lagi. Sebaiknya kita jangan tergantung dengan Microsoft Office, apalagi bila kita termasuk pengguna Microsoft Office yang tidak membeli lisensinya alias bajakan. Dan komunitas OpenSource pun telah membuktikan kualitas karyanya. Lihat saja Mozzila Firefox. Browser ini menjadi software primadona yang sangat banyak digunakan para netter.
Dokumen .pdf ini dibuat dengan


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:3947
posted:2/1/2010
language:Indonesian
pages:2