Docstoc

MAKNA LAMBANG UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Document Sample
MAKNA LAMBANG UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Powered By Docstoc
					MAKNA LAMBANG UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

LAMBANG

Lukisan : Burung Enggang, Gong, Lipan dan Sinar Warna : Merah/Putih, Kuning dan Hitam kebiru-biruan Tulisan : Motto " " WAJA SAMPAI KAPUTING

Penjelasan : BURUNG ENGGANG : Dalam fauna Indonesia burung Enggang Kalimantan bersifat spesifik dan berbeda paruhnya dengan burung-burung Enggang yang ada di Sulawesi. Hidupnya di pohonpohon besar, di tengah pulau dan bersarang pada puncak pohon-pohon tersebut. Sayapnya kuat dan warna bulunya hitam dan berkilau menampakkan warna biru tua kalau kena sinar.

Kesimpulan : 1. Kekuasaan 2. Dapat memandang jauh 3. Hitam mencerminkan dalam arti kejiwaan

GONG Di seluruh Nusantara, sejak zaman dahulu GONG tergolong sebagai alat perlengkapan istana raja, di samping di pergunakan sebagai salah satu alat bunyi-bunyian (terutama dalam pasangan gamelan). Sebagai alat bunyi-bunyian yang berfungsi memberi irama. Dizaman masa kerajaan-kerajaan dahulu,gong dipakai juga sebagai alat penghimbau, alat mengelu-elukan rakyat dan alat untuk memberi alamat. Dalam suatu mythe disebutkan bahwa dimasa Lambung Mangkurat, Pangeran Suryanata keluar dari laut pertapaan dalam sikap duduk di atas gong emas yang berlukiskan naga.

Kesimpulan 1. Alat hubungan dengan sejarah dan riwayat 2. Alat kemegahan 3. Alat memberi alamat.

:

LIPAN : Lukisan Lipan pada gong sebagai peringatan bahwa lambing raja-raja Kalimantan dimasa terakhirnya kebanyakan melukiskan lipan. SINAR : Dengan tidak menyampingi arti lahir dan fungsi dari sinar, yakni pemberi kebahagiaan jiwa dan penerangan / penyebaran ilmu kepada masyarakat.

Kesimpulan : Sinar menimbulkan penerangan.

Penerangan menimbulkan ilmu dan akal. Ilmu dan akal untuk kebahagiaan Nusa dan Bangsa.

LINGKARAN : Lingkaran berarti keabadian.

WARNA : Merah dan Putih : Nasionalisme Kuning keemasan : Megah Hitam : Dalam (kejiwaan)

MOTTO : WAJA SAMPAI KAPUTING Usaha Sampai Akhir (VOLHARDING).

TENTANG PENULIS

Salam Sukses….! Perkenalkan nama saya Arip Rahman, anak pertama dari dua bersaudara. Lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, pada tanggal 31 Juli 1989.

Saat ini penulis menjalani kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Ilmu Komputer, Universiatas Lambung Mangkurat.

Memiliki blog sebagai sumber pembelajaran dan untuk menuangkan inspirasi, adapun beberapa blog yang telah dibuat adalah : http://smartbekantan.blogspot.com http://unduhmedia.blogspot.com http://arhanata.blogspot.com http://logikahidup.blogspot.com http://www.vcc-ebook.co.cc


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Stats:
views:711
posted:1/31/2010
language:Malay
pages:4
Description: Penjelasan tentang makna dan lambang universitas lambung mangkurat