laporan PKL

Document Sample
laporan PKL Powered By Docstoc
					BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Efisiensi sangat dibutuhkan dalam kehidupan era modern saat ini terutama dalam dunia industri. Bentuk efisiensi sangat banyak diantaranya dalam segi waktu, tenaga dan biaya. Efisiensi pada penggunaan suatu sistem dapat bertujuan untuk menghemat biaya atau pun menghemat dalam hal waktu untuk setting dan pemasangan suatu alat. Penggunaan Cam merupakan fungsi yang banyak digunakan hampir di keseluruan mesin di PT. Osram Indonesia. Pada mulanya sistem cam yang digunakan adalah cam mekanik yang banyak memiliki keterbatasan, terutama jika terjadi pengembangan atau modifikasi pada suatu mesin. Keterbatasan dari cam mekanik antara lain untuk peletakannya sendiri memakan tempat, diperlukan instalasi pengkabelan untuk supply sistem pensaklarananya. Pemesanaan mekanik Cam juga memebutuhkan waktu. Keterbatasan-keterbatasan tersebut memakan waktu dan dan biaya tambahan. Kerenanya penggunaan Cam digital cukup membantu mengatasi permasalahan diatas. Salah satu contoh sederhana penerapan Cam Digital adalah pada conveyor sealing-exhaust. dan karena conveyor sealing-exhaust bekerja dengan sistem pergerakan indek (per-step) maka shift register sangat berperan penting dalam pengoprasiannya.

1.2 Identifikasi dan batasan masalah Dikarenakan sistem pada conveyor sealing-exhaust cukup komplek dan data yang didapat tidak semuanya ada maka dalam laporan ini penulis batasi permasalahan sebagai berikut : 1

2     Tidak mencantumkan program PLC conveyor sealing-exhaust secara menyeluruh Tidak mencantumkan tentang konfigurasi inteface driver sensor dengan PLC atau pun aktuator dengan PLC Tidak menerangkan mekanisme conveyor seacara detail. Tidak menerangkan sistem komunikasi PLC dan Simatic Touch Panel sebagai HMI (Human Machine Interface), yang berfungsi untuk mengecek proses yang sedang terjadi pada mesin termasuk posisi aktual cam.

1.3 Rumusan masalah    Apa itu cam digital dan shift register? Bagaimana sistem pembacaan nilai derajat dari absolut encoder? Bagaimana sistem penggunaan sistem cam digital dan shift register pada conveyor sealing-exhaust?

1.4 Tujuan Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Kuliah Kerja Industri tahap ke dua. (KKI II) dalam penulisan laporan ini adalah :    Sistem pembacaan derajat absolut encoder dan mempelajari sistem kerja cam digital Mempelajari aplikasi shift register pada conveyor sealing-exhaust Mengetahui penerapan dari cam digital pada conveyor sealing-exhaust


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:2838
posted:1/26/2010
language:Indonesian
pages:2