Docstoc

BAB III

Document Sample
BAB III Powered By Docstoc
					BAB III METODE PENELITIAN

A. Rancangan Penelitian Rancangan penelitian merupakan pedoman bagi seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian agar data dapat dikumpulkan secara efisien dan efektif, serta dapat diolah dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode survey,penlitian survey adalah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah data berupa variabel, unit, atau individu dalam waktu yang bersamaan. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif yaitu dengan memberikan penjelasan gambaran secara rinci dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder meliputi jumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang, sedangkan data primer dalam penelitian ini adalah rekreasi seperti apa yang dilakukan mahasiswa dalam memanfatkan waktu luangnya . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumnentasi dan teknik kuesioner. Analisis datanya menggunakan teknik analisis persentase yang akan dijabarkan dengan analisis deskriftif.

B. Populasi dan Sampel 1. Populasi Menurut Arikunto (1998:109) populasi adalah keseluruhan obyek penelitian. Sedangkan menurut Sudarmatin (2001:15) populasi adalah keseluruhan obyek yang memiliki karateristik yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2006, 2007, dan 2008 dengan alasan bahwa angkatan tersebut sedang aktif menjalani perkuliahan di Universitas Negeri Malang.

2. Sampel Sampel adalah sebagian dari populasi yang akan diukut dan diselidiki serta dianggap mewakili.

C. Instrumen Penelitian Istrumen penelitian adalah suatu alat bantu untuk mengumpul data. Arikunto (2002:136) mengartikan istrumen penelitian sebagai alat/fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaan lebih mudah diolah. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dilapangan adalah menggunakan kuesioner. Instrumen dalam penelitian dikembangkan dari indikator-indikator pertanyaan pada jabaran variabel. Item-item pertanyaan tersebut dibuat dalam suatu kuesioner.

D. Pengumpulan Data Pengumpulan data merupakan pekerjaan yang paling penting dalam suatu penelitian. Data yang dikumpulkan dalam suatu penelitian ada 2 jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang langsung diperoleh dari sumbernya dengan pedoman wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait yang mendukung penelitian ini. Setelah menentukan jenis dan sumber data, selanjutnya peneliti akan melakukan pengumpulan data dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. 1. Teknik Observasi Sebelum mengadakan penelitian terlebih dahulu diadakan pengamatan langsung (observasi) yang berfungsi sebagai studi pendahuluan untuk mengetahui populasi dan penetapan sampel yang diteliti.

2. Teknik Dokumentasi Teknik dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mencari informasi (data sekunder) yang didapat melalui instasi/lembaga terkait. 3. Teknik Kuesioner Angket yang digunakan dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pola rekreasi mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam memanfaatkan waktu luangnya.

E. Teknik Analisis Data Analisis data yang digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pola rekreasi mahasiswa dalam memanfaatkan waktu luangnya, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Editing, meneliti kembali hasil jawaban yang diperoleh dari responden apakah sudah tepat atau belum. 2. Koding, adalah mengklasifikasikan jawaban responden menurut jenisnya dengan jalan memberikan kode pada jawaban tersebut melalui proses editing. 3. Tabulasi, merupakan proses penyesuaian data yang disajikan dalam bentuk tabel.

F. Analisis Data Pengolahan data yang dilakukan dengan tujuan untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebh mudah dibaca dan diiterpretasikan. Untuk menjawab permasalahan penelitian yang pertama yaitu mengenai karakteristik pengunjung di oyek wisata Wendit di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, maka analisi datanya menggunakan teknik analisis persentase dan analisis tabulasi. Adapaun rumus yang dipakai sebagai berikut:

Keterangan: P = persentase F = frekuensi N = total responden


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:450
posted:1/25/2010
language:Indonesian
pages:4