BAB I by hezt

VIEWS: 507 PAGES: 5

									BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Geografi adalah ilmu yang mengkaji tentang manusia dengan alam dan hubungan timbal balik antara keduanya. Menurut Bintarto (dalam Yulie, 2005:1) mengartikan geografi sebagai ilmu pengetahuan yang mencitrakan (to describe), menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Secara garis besar geografi dapat diklasifikasikan menjadi 3 cabang yaitu geografi fisik (physical geography), geografi budaya (cultural geography) dan geografi regional (regional geography). Geografi fisik yaitu cabang geografi yang mempelajari gejala fisik permukaan bumi yang meliputi tanah, air, udara dan gejala prosesnya. Geografi regional adalah deskriptif yang kompherensif intergratif aspek fisik dengan aspek manusia dalam relasi keruangannya disuatu wilayah seingga secara normal dianggap suatu studi tentang variasi penyebab dan gejala dalam ruang pada wilayah tertentu baik lokal, negara, maupun kontinental. Geografi budaya yang biasa disebut geografi manusia adalah cabang geografi yang bidang studinya terdiri dari aspek keruangan gejala di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai obyek pokok. Obyek pokok yang dimaksud adalah aspek kependudukan, aktivitas ekonomi, politik, sosial dan budaya. Geografi manusia dibagi lagi menjadi geografi ekonomi, geografi politik, geografi sosial dan geografi pariwisata. Dalam kajian geografi pariwisata yaitu mengenai lingkup manusia dan keadaan fisik, jadi pariwisata bisa mengakomodasikan kedua cabang ilmu tersebut (geografi fisik dan geografi sosial) dalam lingkup pembahasannya. Berkaitan dengan istilah pariwisata ini terdapat berbagai pandangan yang berbeda dalam pendefinisiannya, tergantung kepada dari sisi mana mereka memandang dan bagaimana cara pendekatannya. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut. Jenis pariwisata yang bisa di lakukan sesuai dengan motifnya, salah satunya adalah rekreasi. Rekreasi pada hakekatnya merupakan salah satu tujuan utama dari pariwisata apapun jenisnya. Rekreasi adalah suatu bidang kegiataan yang dilakukan secara sukarela untuk mengisi waktu terluang dengan tidak mengganggu norma-norma kehidupan sosial dan bahkan memberikan kepuasan bagi si pelakunya. Jenis pariwisata ini mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bukan pekerjaan rutin akan tetapi merupakan hal yang sifatnya santai

dan merupakan hiburan yang bermanfaat. Rekreasi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang, ketika dia bebas dari pekerjaan atau tugas, setelah kebutuhannya sehari-hari telah terpenuhi. Orang-orang yang melakukan rekreasi ini biasanya adalah orangorang yang memiliki rutinitas yang tetap dan mahasiswa adalah salah satu contohnya. Mahasiswa adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Mutu sebuah perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh aspek kualitas dosen dan tenaga kependidikan, tetapi juga oleh aspek mahasiswa yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Mutu mahasiswa terindikasi antara lain melalui seleksi masuk, kepatuhan terhadap etika, sikap proaktif dalam proses belajar mengajar, serta kompetensi lulusan. Di dalam masa perkuliahannyapun seringkali mahasiswa dihinggapi dengan rasa jenuh terhadap rutinitas sehari-harinya. Mahasiswa hampir setiap harinya disibukkan dengan kuliah, tugas mandiri maupun tugas kelompok. Walaupun jadwal kuliah sebenarnya dari hari senin-jum’at tapi masih ada juga hari sabtu dijadikan sebagai hari pengganti kuliah atau hari sabtu bahkan minggu dijadikan sebagai hari belajar kelompok untuk menyelesaikan tugas kelompok. Belum lagi sebagian dari mahasiswa yang mengikuti organisasi kampus baik intra maupun ekstra, UKM dan kegiatan lainnya seperti kelompok mengajar mahasiswa yang menyalurkan kemampuannya untuk memberikan les atau bimbingan belajar kepada anak usia sekolah, kelompok mahasiswa yang memberikan pembelajaran kepada anak-anak putus sekolah (pengamen, peminta dan lain-lain) dan masih hal lainnya. Yang mana kegiatan seperti itu akan berdampak pada badan dan pikiran mereka yang akhirnya membuat mereka jenuh dan lelah. Hampir semua dari mereka menghabiskan waktu luang untuk berekreasi agar menyegarkan pikiran mereka. Malang sebagai salah satu kota pendidikan yang ada di Indonesia memiliki beberapa perguruan tinggi terkenal baik negeri maupun swasta. Adapun diantaranya adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri Malang, Institut Teknik Nasional, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia dan masih banyak lagi perguruan tinggi lainnya. Salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup diminati oleh mahasiswa adalah Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang merupakan salah satu target dari lulusan SMA/setingkatnya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi karena disini terkenal akan kependidikannya dan disini mahasiswa bisa mendapatkan gelar ganda. Universitas Negeri Malang memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas

Teknik dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Yang mana mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Malang tidak hanya berasal dari satu daerah melainkan berasal dari berbagai daerah bahkan juga ada yang berasal dari luar pulau Jawa. Peneliti disini memilih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, karena fakultas ini dianggap sebagai fakultas yang berat dalam artian fakultas ini sering dikaittkan dengan sains nya yang mana mahasiswa digambarkan menjadi mahasiswa yang sangat disibukkan oleh kegiatan perkuliahannya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sendiri memiliki 5 jurusan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Geografi. Dari 5 jurusan yang ada ini pastinya memilki pola rekreasi tersendiri. Sebagian mengikuti program yang sudah di sediakan oleh UKM yakni di antaranya drama, climbing, paduan suara dan lain sebagainya. Tapi sebagian juga banyak yang melakukan rekreasi sesuai dengan keinginnya sendiri. Yang mana kegiatan itu bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Melihat permasalahan yang sudah diuraikan di atas, maka judul yang akan peneliti angkat adalah ”Pola Rekreasi Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang dalam Memanfaatkan Waktu Luang”

B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka susunan rumusan masalah adalah sebagai berikut: ”Bagaimana Pola Rekreasi Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang dalam Memanfaatkan Waktu Luang?”

C. Tujuan Penelitian Dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk: ”Mendeskripsikan Pola Rekreasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam Memanfaatkan Waktu Luang”.

D. Kegunaan Penelitian Dalam penelitian ini diharapkan dapat memebrikan manfaat bagi: 1. Peneliti Penelitian ini diharapkan berguna sebagai wadah aplikasi dari ilmu yang selama ini diperoleh di bangku perkuliahan.

2. Mahasiswa Universitas Negeri Malang Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang tentang pola rekreasi mahasiswa Universitas Negeri Malang yang nantinya akan membuka peluang kesempatan berwirausaha bagi mahasiswa untuk menyediakan sarana dalam kegiatan rekreasi tersebut. 3. Universitas Negeri Malang Penelitian ini pada akhirnya diharapkan dapat memberikan informasi sekaligus masukan kepada Universitas Negeri Malang sebagai wahana pendidikan untuk bisa memfasilitasi keinginan mahasiswa yang tetap sejalur di dalam dunia pendidikan. 4. Pemerintah Diharapkan penelitian dapat memberikan masukan dalam pengembangan pembangunan kota Malang terkait dengan penyediaan sarana rekreasi agar lebih beragam dan memenuhi keinginan dari masyarakat yang tinggal di Malang baik yang menetap maupun yang sementara.

E. Ruang Lingkup Penelitian Sesuai dengan kegiatan penelitian akan mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Ruang lingkup penelitian ini akan memperjelas variabelvariabel penelitian, indikator, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data serta analisa data yang digunakan dalam bentuk jabaran variabel. Adapun jabaran variabelnya pada tabel 1.1 sebagai berikut:
No Variabel Sub Variabel Indikator Jenis Data  Rekreasi Sosial Sumber Data Teknik Pengumpulan Data 1 Rekreasi Analisis Data

F. Definisi Operasional Adapun definisi operasional, antara lain sebagai berikut: 1. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut. 2. Rekreasi adalah salah satu dari jenis pariwisata. Rekreasi adalah suatu bidang kegiataan yang dilakukan secara sukarela untuk mengisi waktu terluang dengan tidak mengganggu norma-norma kehidupan sosial dan bahkan memberikan kepuasan bagi

si pelakunya. Sehingga mungkin terwujud perkembangan fisik, mental, emosional maupun sosial yang lebih baik. 3. Mahasiswa adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Dan disini dikhusukan mahasiswa di kalangan Universitas Negeri Malang. Mahasiswa yang menjadi sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2006-2008 dengan anggapan bahwa angkatan ini masih dalam masa perkuliahan aktif. 4. Rekreasi yang diteliti adalah rekreasi yang dilakukan mahasiswa di dalam memanfaatkan waktu luangnya.


								
To top