Docstoc

Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spritual

Document Sample
Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spritual Powered By Docstoc
					Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Emotional Spiritual Quotient

E S Q
BEST SELLER

Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Ary Ginanjar Agustian

Kalau di dalam presentasi ini ada Rukun Iman dan Rukun Islam, bukan berarti ekslusifisme aliran atau agama, tapi keinginan untuk menyampaikan kebenaran. Kalau di dalam presentasi ini ada Al Qur’an, itu bukan untuk golongan, tapi untuk seluruh umat manusia Bukan Al Qur’an untuk Islam. Bukan dunia untuk Islam. Tapi Al Qur’an dan Islam untuk dunia. Islam merindukan perdamaian dan kebahagiaan sejati Bersama dengan yang lain.

SA LAM PERD AMA IAN Q

E S

Jikalau sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya (Q.S. 7 Al A’raaf : 96) Krisis multidimensi saat ini sangatlah memprihatinkan, dan jika dirunut ke belakang bermuara dari pola pembangunan SDM saat ini yang terlalu mengedepankan IQ (kecerdasan intelektual) dan materialisme, tetapi mengabaikan EQ (kecerdasan emosi) terlebih lagi SQ (kecerdasan spiritual). Sebagai wakil Allah di muka bumi, tidak sepatutnya kita membiarkan hal ini terus terjadi tanpa mengambil langkah untuk menyelesaikannya. Kami percaya bahwa untuk mengatasi masalah yang kompleks ini diperlukan suatu metode pembangunan SQ yang tetap berlandaskan kepada nilai-nilai mulia Rukun Iman, Rukun Islam dan Ikhsan, sehingga akan mengoptimalkan EQ dan SQ secara terpadu (ESQ). Oleh karena itu kami mengajak Anda untuk bersama-sama menghidupkan kembali dan menyebarluaskan nilai-nilai luhur spiritualisme Islam dalam setiap denyut kehidupan. Apabila engkau memiliki sebiji kurma di tanganmu maka tanamlah, meskipun besok akan kiamat, semoga engkau mendapat pahala. (Al Hadits)
Selamat Berjuang !
Ary Ginanjar Agustian

Sampaikan walaupun hanya satu ayat ( Al Hadits ) Dengan adanya Presentasi ini, diharapkan penyebarluasan konsep pembangunan kecerdasan emosi dan spiritual yang berpegang teguh pada nilai-nilai luhur Rukun Iman, Rukun Islam dan Ikhsan yang terstruktur dalam format ESQ Model dapat cepat tersosialisasikan ke seluruh masyarakat.
5 Langkah ESQ : 3. 4. 5. 6. 7. Jadikan dakwah sebagai kebiasaan. Kirimkan presentasikan ini kepada orang lain (keluarga, sahabat atau siapa saja). Presentasikan Bangun dan pererat tali silaturrahmi. Ciptakan kader
Tiada hari tanpa dakwah !

Serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik pula Q.S. 16 an Nahl : 125
Rinaldi Agusyana ESQ Leadership Center

PEN CIPTA AN LA NGIT D AN BUMI Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. Q.S. 3 Ali ‘Imran : 190 - 191

BIG BA NG
Proses terciptanya alam semesta melalui sebuah ledakan besar

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah sesuatu yang padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Q.S. 21 Al Anbiyaa’ :30

GA LA KS I
Diameter galaksi 50.000 tahun cahaya dan di dalamnya terdapat 100 milyar benda-benda sebesar matahari. Kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik

Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya) menjelaskan tandatanda (kebesaran-Nya), supaya meyakini pertemuan dengan Tuhanmu.
Q.S. 13 Ar Ra’d : 2

TH E BLAC K H OLE
Hasil Foto Teleskop Infrared Chandra Th.2000 The Milky Way (Bima Sakti) - Kepadatan massa black hole 2,6 juta kali matahari - Jarak 26.000 th cahaya dari bumi - Garis tengah 50.000 tahun cahaya - Terdapat 100 milyar bintang dalam satu galaksi, semua ber-Thawaf

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (garis orbit) bagi perjalanan bulan itu supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).

Q.S. 10 Yunus : 5

N E B U L A Nebula adalah kumpulan 100 milyar galaksi yang
berbentuk seperti bunga mawar

Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi mawar merah Seperti (kilapan) minyak. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Q.S. 55 Ar Rahmaan : 37-38

TH AWA F A LA M SEM EST A

Seluruh planet berputar mengelilingi pusat, inilah Thawaf alam semesta.

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguh-Nya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Q.S. 17 Al Israa’ : 44

THA WA F M ANUSIA Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan Janganlah kamu bercerai-berai

Q.S. 3 Ali Imran : 103

TAHWAF AL AM S EME ST A & T HAWAF MAN US IA

Black Hole dengan grafitasinya yang sangat kuat menjaga, menjangkar dan menarik seluruh planet agar tetap pada orbitnya. Apabila keluar dari garis orbit maka hancurlah tatanan alam semesta.

Begitu pula aktivitas manusia terjadi karena tarikan dan dorongan Spiritual pada ruh manusia, seperti gerakan Thawaf. Apabila manusia keluar dari “garis orbit” dan mengubah “pusat orbit” (kiblat) maka rusaklah tatanan jiwa dan sosial masyarakat.

MAN A PUS AT O RBIT A ND A ?

IQ = Kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio
Contoh : 2 x 2 = 4

EQ = Kemampuan mendengar suara hati sebagai sumber
informasi Contoh : komitmen, loyalitas, dan kepekaan

SQ

= Kemampuan memberi makna puncak spiritual (ultimate meaning) Contoh : spiritualisasi pekerjaan

SELAMA INI TERJADI PEMISAHAN ANTARA EQ DENGAN SQ
EQ (Kecerdasan Emosional) Manusia Manusia

EQ
SQ (Kecerdasan Spiritual) Tuhan

SQ

Manusia

ESQ MENGGABUNGKAN EQ & SQ
Rukun Iman, Rukun Islam dan Ihsan Menyempurnakannya

ESQ = EQ + SQ
Tuhan

SQ

EQ
Manusia

Manusia

MENGAPA PERLU ESQ ?

IQ

EQ

SQ

HASIL
BUTA HATI

   
 = BAIK  = RENDAH

   

   

DIKTATOR KORUPTOR

PETAPA MANUSIA PARIPURNA ESQ

BAGAIMANA MENGGABUNGKAN 3 KECERDASAN SEKALIGUS SECARA SEIMBANG ?
Aktivitas Fisik (IQ) dan Emosi (EQ) Mengorbit kepada SQ

= Dimensi Spiritual (SQ) = Dimensi Emosi (EQ) = Dimensi Fisik (IQ)

ESQ M ODE L – T HAWAF UNI VE RS AL
ESQ Model adalah sebuah model untuk membangun dan mengasah 1 Kecerdasan spiritual dan emosional • Aktivitas fisik dan IQ dibimbing oleh 5 langkah bersumber pada nilai Rukun Islam. Kecerdasan Emosi (EQ) dibentuk oleh 6 prinsip 5 yang bersumber dari Total nilai Rukun Iman. Action Kecerdasan Spiritual (EQ) berisi suara hati Ilahiah (Fitrah) bersumber dari percikan Asmaul Husna yang bersifat Universal. Seluruh gerakan berThawaf mengelilingi titik Tuhan (God Spot) seperti gerakan alam semesta (Ihsan)
Mission Statement

•

STAR
OR WE PR GAN LL IN IZ CI E D 6 PLE

PRINCIPLE 1

2 Character Building

LE E G IPL AN N C I 2 PR

•

4 LEARNING PRINCIPLE

4 Strategic Collaboration

LE AD 3 PR ERS INC HI IPL P E
3 Self Controlling

GO D S POT

5 ON L E SI VI CIP IN PR

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai Daripadanya, dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air daripadanya, dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan

Q.S. 2 Al Baqarah : 74

Perumpamaan mereka ialah seperti orang yang menyalakan api. Maka setelah api itu menerangi sekelilingnya. Allah menghilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat dilihat. Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar)

Q.S. 2 Al Baqarah : 17-18

ZERO MIND PROCESS { ZMP }
Langkah 1 : Jernihkan God Spot – hilangkan 7 belenggu hitam

TUJUH LANGKAH ZMP 2. Hindari prasangka buruk, upayakan berprasangka baik kepada orang lain. Berprinsiplah selalu kepada Allah Yang Maha Suci. Bebaskan diri dari pengalaman-pengalaman yang membelenggu pikiran, berpikirlah merdeka. Dengar suara hati, peganglah prinsip “karena Allah”, bepikirlah melingkar sebelum menentukan kepentingan dan prioritas. Lihatlah semua sudut pandang secara bijaksana berdasarkan suara-suara hati yang bersumber dari Asmaul Husna. Periksa pikiran anda terlebih dahulu sebelum menilai segala sesuatu. Ingatlah bahwa semua ilmu pengetahuan bersumber dari Allah SWT.

3.
PRASANGKA NEGATIF
PE LI NGA TE RA RUH TU R

PENGARUH PENGALAMAN

UH AR IP NG NS P PE PRI IDU H

4.

GOD SPO T

5.

UH GAR PEN NDING BA PEM

PE NG UH AN AR AR NG PA UH NG TI S ND S PEPEN & ITA UD AN E R IO G UT K PR

6.

7.

Mereka berkata :”Hati kami tertutup atas apa yang kamu seru dan ditelinga kami ada sumbatan dan antara kami dan kamu ada dinding”. Q.S. 41 Fushshilat : 5

8.

RUMUS ZMP
Bangkitkan “Raksasa Tidur” Dalam Diri Anda !

1 0
Jika Anda Ikhlas dan jernih ( = 0 ) maka Anda akan mendekati yang Maha Tak Terhingga yaitu Allah ( = 1 ). Angka berapapun jika dibagi dengan nol maka akan mendekati angka tak terhingga. Bersihkan diri Anda dari belenggu ( Zero Mind Process = ZMP ).

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia Q.S. 3 Ali ‘Imran : 110

RUMUS ZMP

Bangkitkan “Raksasa Tidur” Dalam Diri Anda !

1 0
Jika Anda Ikhlas dan jernih ( = 0 ) maka Anda akan mendekati yang Maha Tak Terhingga yaitu Allah ( = 1 ). Angka berapapun jika dibagi dengan nol maka akan mendekati angka tak terhingga. Bersihkan diri Anda dari belenggu ( Zero Mind Process = ZMP ).

T A

R

T = Tauhid A = Abdi (hamba) Allah R = Rahmatan lil ‘Aalamin

Jika T = 1 (Sifat Esa) & A = 0 (hati jernih), maka R = rahmat (karunia) akan menjadi tak terhingga (tak terhitung)

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia Q.S. 3 Ali ‘Imran : 110

Allah adalah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah ibarat misykat. Dalam misykat itu ada pelita. Pelita itu di dalam kaca. Kaca itu laksana bintang berkilau. Dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkati. Pohon Zaitun yang bukan di timur atau di barat, yang minyaknya saja hampir-hampir menyala dengan sendirinya, walaupun tiada api menyentuhnya. Cahaya di atas cahaya ! Allah menuntun kepada cahay-Nya, siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah membuat perumpamaan bagi manusia. Sungguh Allah mengetahui segala.

Q.S. 24 An Nuur : 35

Langkah 2 : Dengarlah SUARA HATI ILAHIAH dari ‘pusat orbit’ (God Spot) Sifat Fitrah Manusia (SQ)
Pengasih sesama Menguasai Diri Berhati Jernih Cinta Damai Kejujuran Kreatif Pemaaf Murah Hati Pembuka Hati Berpengetahuan Empati Objektif Adil Mensyukuri Bersikap Mulia Berhati Luas Kebenaran Komitmen Konsisten Mandiri Inovatif Bersikap Terpuji Memiliki Skill Enerjik Selalu Menghargai Sinergis Ikhlas Pemberi Maaf Inspirator Estetis Pendelegasi Berilmu Sabar
Sumber : Asmaul Husna

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari bani Adam keturunannya dari sulbinya, dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berkata: “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami) kami bersaksi”. Q.S 7 Al A’Raaf : 172

ME NTAL BUILD ING

STAR PRINCIPLE
LE E G IPL AN N C I 2 PR
OR WE PR GAN LL IN IZ CI E D 6 PLE

1

4 LEARNING PRINCIPLE

LE AD 3 PR ERS INC HI IPL P E

GO D SPOT

5 ON LE SI VI CIP IN PR

Langkah 3 :

MEN TAL BUILD IN G

Lindungi dan pagari Suara Hati Ilahiah sebagai Fitrah manusia (God Spot) dan bentuk mental (EQ) dengan enam prinsip :
     

Star Principle Angel Principle Leadership Principle Learning Principle Vision Principle Well Organized Principle

: Orientasi hanya kepada Allah : Loyalitas seperti Malaikat, tanpa pamrih : Meneladani kepemimpinan Rasulullah : Manusia pembelajar yang berpedoman pada Al Qur’an dan Sunnah. : Visi jauh ke depan (dunia dan akhirat) : Bersinergi dan maksimal pada segala peran, siap dan ikhlas menghadapi segala tantangan dan resiko.

Hai orang yang beriman!Berimanlah kepda Allah dan Rasul-Nya, kepada Kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan Kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa yang mengingkari Allah dan Malaikat-malaikatNya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan Hari Kemudian, sesatlah ia dengan kesesatan yang jauh. Q.S. 4 An Nissa’ : 136

PE RS ONAL & SOCI AL ST RE NGTH
Langkah 4 : • Pastikan seluruh tindakan Anda pada “garis orbit” stasioner. Kelima “lintasan orbit” ini adalah pedoman yang memastikan agar aktivitas fisik (IQ) dan perilaku (akhlak) tetap 5 Total pada garis Fitrah. Hukum alam akan menjaga “garis orbit” ini (Sunnatullah). Apabila Anda keluar dari “garis orbit” maka Suara Hati Ilahiah akan memberi tahu Anda melalui getaran emosi (radar hati) Kelima lintasan itu disarikan dari Rukun Islam
1 Mission Statement

•

STAR
OR WE PR GAN LL IN IZ CI E D 6 PLE

PRINCIPLE 1

Action

2 Character Building

LE E G IPL AN N C I 2 PR

•

•

4 LEARNING PRINCIPLE

•

4 Strategic Collaboration

LE AD 3 PR ERS INC HI IPL P E
3 Self Controlling

GO D S PO T

5 ON LE SI VI CIP IN PR

PE RS ONAL & SOCI AL ST RE NGTH Lima Lintasan Orbit

Personal Strength • • • Missio Statement Character Building Self Controling Sosial Strength • • Strategic Collaboration : Realisasikan kolaborasi melalui kebiasaan memberi dan memulai, bentuk melalui zakat Total Action : Transformasikan secara total Suara Hati Ilahiah menjadi langkah nyata. Ihram, Wukuf, Lontar Jumroh, Kurban, Thawaf dan Sa’i : Tetapkan misi kehidupan sebagai rahmat bagi alam semesta melalui syahadat : Bangun karakter agung melalui shalat : Mampu mengendalikan diri untuk memastikan semua aktivitas pada “garis orbit”, bentuk melalui puasa

Shibghoh Allah (“celupan” Allah). Siapakah yang lebih baik shibghohnya dari pada Allah? Hanya kepada-Nya lah kami menyembah. Q.S. 2 Al Baqarah : 138

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. Akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu adalah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang yang meminta-minta, dan (memerdekakan) hamba sahaya, menegakkan Shalat, dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperanngan. Mereka itulah orangorang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang Bertaqwa.

Q.S. 2 Al Baqarah : 177

TIPS MEMBANGUN DAN MEMELIHARA E S Q ANDA
Langkah 1. 2. 3. 4. 5. Jernihkan hati (ZMP) Hidupkan Cahaya Hati (God Spot) Bangun Mental (Mental Building) Bangun Ketangguhan Pribadi (Personal Strength) Bangun Ketangguhan Sosial (Social Strength) Lakukan : Istighfar : Dzikir Asmaul Husna : Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir : Syahadat, Shalat dan Puasa

: Zakat dan Haji

Hai orang yang berselimut! Bangunlah lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah!Dan pakaianmu bersihkanlah! Dan perbuatan dosa tinggalkanlah! Q.S. 74 Al Muddatstsir : 1-5

JAWABAN ALLAH

Seorang hamba berkata : “ Segala puji bagi allah Tuhan semesta alam”. Allah menjawab : “Hamba-Ku telah memuji-Ku”. Sang hamba berkata : “Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Allah menjawab: “Hamba-Ku telah menyanjung-Ku”. Sang hamba berkata : “Raja yang menguasai hari pembalasan”. Allah menjawab : “Hamba-Ku telah memuliakan-Ku”. Sang hamba berkata : “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”. Allah menjawab : “Ayat ini antara Aku dan hamba-Ku setengahsetengah dan hamba-Ku berhak atas apa yang ia minta”. Sang hamba berkata : “Tunjukilah aku ke jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan mereka yang Engkau murkai dan bukan pula jalannya orang-orang sesat”. Allah menjawab : “Itu semua untuk hamba-Ku, dan hamba-Ku berhak atas Apa yang ia minta”.

Hadits Qudsi

SAYYIDINA UMAR BIN KHATTAB R.A
berkata :

“Hatiku telah melihat Tuhanku karena hijab (tirai) telah terangkat oleh taqwa. Barangsiapa yang telah terangkat hijab (tirai) antara dirinya dan Allah, maka menjadi jelaslah di dalam hatinya akan gambaran kerajaan bumi dan kerajaan langit”.

Terima kasih atas waktu Anda telah mengenal / memanfaatkan untuk satu hal kecil tapi buat hal yang paling besar & bermanfaat

Salam ESQ,


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:763
posted:1/23/2010
language:Indonesian
pages:32