Docstoc

VOUCHER SYSTEM

Document Sample
VOUCHER SYSTEM Powered By Docstoc
					VOUCHER SYSTEM
Part of Internal Control of Cash

SISTEM VOUCHER
 Voucher adalah alat yang digunakan dalam suatu sistem

pengendalian (Voucher System), dengan menggunakan objek tertentu dalam bentuk bebas sesuai dengan kebutuhan.  Voucher merupakan otorisasi tertulis untuk mengeluarkan cek, diberi nomor urut yang telah dicetak dan ditandatangani oleh pejabat yang telah ditentukan untuk menunjukkan bahwa perusahaan telah menerima barang/jasa.  Sistem Voucher tidak dipergunakan oleh semua perusahaan, tapi semata-mata merupakan salah satu cara dalam mengawasi/mengendalikan kas.

Contoh Voucher:
 Misalnya anda belanja di suatu supermaket, setiap kelipatan harga tertentu

  



anda diberi diskon tapi tidak dalam potongan harga melainkan dalam bentuk voucher (dalam bahasa orang awan biasanya disebut kupon). Voucher tersebut dapat anda tukarkan dengan sesuatu barang seharga tertentu dan ditempattempat yang di tentukan oleh pemberi voucher serta waktunya tertentu pula. Tidak berlaku diluar batasan tersebut. Suatu ketika anda membaca sebuah majalah atau koran, anda temukan tulisan ” Gunting disini dan dapatkan diskon 50 % belanja di ….. . Guntingan tersebut adalah voucher. Seseorang memberikan 1 lembar voucher yang bertuliskan “Makan Gratis di Restoran Sederhana untuk 2 orang- berlaku tgl ?…. Anda mendapatkan undangan untuk hadir pada sebuah acara di Hotel X. di sudut undangan terdapat tulisan undangan harap dibawa. Disatu sisi undang tersebut difungsikan sebagai voucher, biasanya untuk memperoleh Konsumsi. Voucher pulsa, dll.

Tujuan voucher:
 Media promosi, pembatasan, pengawasan, hadiah dll.  Misalnya saja Undangan yang disebutkan di atas di satu sisi

difungsikan sebagai voucher di mana pada acara tersebut sudah disiapkan konsumsi untuk jumlah tertentu. Tujuannya adalah agar hanya orang tertentu saja yang dapat ikut dalam acara tersebut sementara kita tahu bahwa acara tersebut diadakan ditempat umum yang tidak mungkin melarang orang lain untuk datang kesana. Salah satu cara untuk pengendalian yaitu dengan membatasi. Hanya yang menunjukan undangan saja (sebagai voucher) yang dilayani. Prosedur yang digunakan sesuai maunya pelaksana.  Dalam akuntansi dikenal juga Voucher Sistem dalam pengendalian kas. Agar kas yang tidak ada identitas pemiliknya ini tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak berwenang. Tujuannya adalah mengamankan transaksi bisnis. Voucher system tersebut digambarkan seperti gambar disamping ini.

 Voucher dibuat oleh Bagian Akuntansi (Seksi Hutang) berdasarkan: – Pesanan Pembelian – Laporan Penerimaan Barang – Faktur Pembelian  Saat pembuatan voucher dokumen pendukung tersebut diverifikasi

jumlah, harga dan keakuratan mathematikanya  Setelah voucher disetujui diarsip berdasarkan tanggal jatuh tempo  Saat dibayar dengan cek, voucher dicap lunas dan dipindahkan ke arsip voucher yang sudah dibayar berdasarkan nomor urut.

 Sistem voucher adalah seperangkat

prosedur untuk mengotorisasi dan mencatat hutang dan pengeluaran uang. Sistem voucher menggunakan:
– 1. Voucher (SPMU) – 2. Arsip Voucher yang belum dibayar – 3. Arsip Voucher yang sudah dibayar

Pengendalian internal Pembayaran Kas
 Pembayaran hanya dilakukan untuk

transaksi yang sah saja dan dijamin bahwa potongan pembelian dan potongan tunai diambil  Cek disiapkan oleh orang yang tidak menandatangani cek

UNSUR UTAMA SISTEM VOUCHER
1.

2.

3.

4.

Setiap kewajiban yang menjadi beban perusahaan dicatat pada sebuah dokumen yang dinamakan voucher. Buku harian khusus (dinamakan register voucher) dipergunakan untuk membukukan semua cek yang telah dibuat. Untuk setiap voucher, perkiraan yang bersangkutan di debit (seperti perlengkapan, pembelian barang atau biaya iklan) dan perkiraan utang lancar yang dinamakan voucher payable di kredit. Ketika pembayaran dilakukan, buku harian khusus lainnya dipergunakan untuk mencatat semua cek yang telah dibuat. Buku harian ini disebut register cek dan menggantikan buku pengeluaran/pembayaran kas. Dalam sistem voucher, buku utang digantikan oleh suatu arsip voucher yang belum dibayar. Voucher ini biasanya disimpan berdasarkan tanggal jatuh temponya (untuk memastikan bahwa jumlah tersebut tidak dibayar sebelum tanggal jatuh tempo).


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:3686
posted:1/20/2010
language:Indonesian
pages:11