Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer by qyz12567

VIEWS: 0 PAGES: 18

									Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer
Erik Iman Heri Ujianto Sarjana Teknik (S.T.) Magister Komputer (M.Kom.) Cisco Certified Network Associated (CCNA)

2/24/2009

www.erikiman.com

1

Konsep Awal Jaringan
Konsep jaringan komputer lahir tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University, dipimpin Profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

2/24/2009

www.erikiman.com

2

Time Sharing System (TSS)
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

2/24/2009

www.erikiman.com

3

Distributed Processing
Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Diperlukan perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
4

2/24/2009

www.erikiman.com

Perkembangan Selanjutnya…..
Setelah harga komputer mikro sudah terjangkau dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama atau komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) tanpa melalui komputer pusat. Kemudian berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian juga ketika Internet berkembang, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai terhubung & terbentuk jaringan raksasa WAN.

2/24/2009

www.erikiman.com

5

Definisi Jaringan komputer
Tanembaum (2000) : Kumpulan computer yang dapat berkomunikasi satu dengan yang lain, menggunakan peralatan yang dapat diakses secara bersama (disk, printer, cd, dll). Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersamasama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. ("http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer") Jaringan komputer (computer network) atau disingkat jaringan saja adalah hubungan dua buah simpul (umum berupa komputer) atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagi kekuatan bagi pemroses (Kadir, 2003).

2/24/2009

www.erikiman.com

6

Ardiyansah (2004) www.ilmukomputer.com
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapatsaling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua,puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
7

2/24/2009

www.erikiman.com

Jaringan komputer
http://www.fortunecity.com/skyscraper/amd/359/network.html

Penggabungan teknologi komputer dan komunikasi berpengaruh sekali terhadap bentuk organisasi sistem komputer. Dewasa ini, konsep "pusat komputer", dalam sebuah ruangan yang berisi sebuah komputer besar, tempat dimana semua pengguna mengolah pekerjaannya, merupakan konsep yang sudah ketinggalan jaman. Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem seperti ini disebut sebagai Jaringan Komputer (Computer Network).

2/24/2009

www.erikiman.com

8

Manfaat Jaringan
http://www.fortunecity.com/skyscraper/amd/359/network.html

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien, misalnya :
Pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di meja kerja masing-2. Lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data, saat sedang diproses.

2/24/2009

www.erikiman.com

9

Manfaat Jaringan (Lanjut)
http://www.fortunecity.com/skyscraper/amd/359/network.html

Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

2/24/2009

www.erikiman.com

10

Klasifikasi Jaringan Komputer
Jaringan Komputer Berdasarkan Cakupan Luas : LAN (Local Area Network) MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network) Jaringan Komputer Berdasarkan Kecepatan : Low Speed Network Medium speed network High speed network Super High Speed network Jaringan Komputer Berdasarkan Teknologi Transmisi : Jaringan broadcast Jaringan Point to point

2/24/2009

www.erikiman.com

11

Cakupan Luas (Area)
LAN (Local Area Network) Jaringan dengan area terbatas seperti gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Misalnya : digunakan untuk menghubungkan komputer PC dan workstation dalam kampus, kantor perusahaan atau pabrik untuk saling tukar informasi dengan memakai resources bersamasama. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lain berdasarkan 3 (tiga) karakteristik, yaitu : ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.

2/24/2009

www.erikiman.com

12

Cakupan Luas (Area)
MAN (Metropolitan Area Network) Merupakan vensi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mencakup kantor / perusahaan yang berdekatan atau dalam sebuah kota. Dapat dimanfaatkan untuk keperluan privat (swasta) atau umum. MAN menunjang komunikasi data, suara dan dapat melakukan koneksi dengan jaringan TV kabel.

2/24/2009

www.erikiman.com

13

Cakupan Luas (Area)
WAN (Wide Area Network) WAN mencakup area geografis yang luas, misal : sebuah negara atau benua, dengan beragam fasilitas komunikasi seperti telepon jarak jauh, transmisi satelit, sistem radio permukaan, kabel bawah laut dan lain-lain. Contoh WAN : jaringan computer perbankan, sistem reservasi pesawat, sistem reservasi kereta api, dll

2/24/2009

www.erikiman.com

14

Kecepatan (Speed)
Low Speed Network :
Kecepatan transmisi lebih kecil dari 1 Mbps.

Medium speed network;
Kecepatan transmisi berkisar antara 1-20 Mbps.

High speed network :
kecepatan transmisi lebih besar dari 20 Mbps. ( 20 s/d 150 Mbps )

Super High Speed network :
Kecepatan transmisi mencapai 1 Gbps.

Catatan :
Mbps (Mega bit per second) Gbps (Giga bit per second) Kbps (Kilo bit per second)

2/24/2009

www.erikiman.com

15

Teknologi Transmisi
Jaringan broadcast
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Memungkinkan pengalamatan suatu paket (pesan berukuran kecil) ke semua tujuan. Paket dilengkapi field alamat (berisi keterangan tentang mesin penerima). Saat menerima sebuah paket, mesin akan mengecek field alamat, jika ditujukan pada dirinya maka paket akan diproses dan jika ditujukan bagi mesin lainnya maka paket akan diabaikan. Analogi : jika seseorang memanggil sebuah nama, maka yang mempunyai nama akan menjawab sedangkan yang lain akan mengabaikan meskipun semua yang hadir mendengar panggilan tersebut.

2/24/2009

www.erikiman.com

16

Teknologi Transmisi (Lanjut)
Jaringan Point to point Terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin. Untuk sampai ke suatu tujuan sebuah paket (mungkin) harus melalui satu atau lebih mesin perantara, atau harus melalui banyak route yang berbeda jaraknya sehingga algoritma routing memegang peranan penting pada jaringan ini. Analogi : pesan berantai yang harus melalui beberapa perantara.

2/24/2009

www.erikiman.com

17

Berlanjut ……….

2/24/2009

www.erikiman.com

18


								
To top