14-refleksi dan tindak lanjut by ubay11

VIEWS: 8,812 PAGES: 17

More Info
									REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

BAHAN BELAJAR MANDIRI
Topik Refleksi dan Tindak Lanjut Jumlah Jam Pertemuan 4 jam (4 x 50 menit) ke-14

Topik ini

berhubungan dengan tugas terstruktur

yang telah dilakukan oleh guru dalam pertemuan minggu sebelumnya. Para peserta diwajibkan membawa contoh data hasil observasi dan penemuan data lain yang sudah terkumpul.

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

114

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

1. PENGANTAR
Refleksi adalah kegiatan mengulas secara kritis (reflective) tentang perubahan yang terjadi pada siswa, suasana kelas, dan guru (Arikunto, dkk., 2008:133). Pada tahap ini, guru peserta sebagai peneliti menjawab pertanyaan mengapa (why), bagaimana (how), dan seberapa jauh (to what extent) intervensi telah menghasilkan perubahan. Berdasarkan hal tersebut lewat refleksi kita berusaha untuk: • memahami proses, masalah, persoalan, dan kendala yang nyata dalam tindakan strategik, dengan mempertimbangkan ragam perspektif yang mungkin ada dalam situasi pembelajaran kelas • memahami persoalan pembelajaran dan keadaan kelas di tempat pembelajaran dilaksanakan Dalam melakukan refleksi, kolaborasi dengan teman (termasuk para ahli) akan berperan penting dalam memutuskan judging the value, menghasilkan rekonstruksi makna situasi pembelajaran kelas (seberapa jauh action telah membawa perubahan, apa/di mana perubahan terjadi, mengapa demikian, apa kelebihan/kekurangan), dan memberikan dasar perbaikan rencana siklus berikutnya. Refleksi merupakan tahap akhir dari sebuah PTK, yaitu setelah tahap perencanaan, tindakan, dan observasi. Tahap ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah masalah PTK sudah tuntas diatasi atau belum. Jika sudah, kegiatan PTK dihentikan pada siklus itu, sedangkan jika belum tuntas harus diteruskan ke siklus berikutnya. Siklus ini merupakan perbaikan dari siklus sebelumnya. Peneliti mencoba mengatasi kekurangan/kelemahan yang terjadi akibat tindakan yang telah dilakukan.

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

115

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

a. Kedudukan Refleksi
Topik ini merupakan topik ke 13 setelah terkumpul data. Topik Refleksi dibahas pada pertemuan setelah peserta berlatih menganalisis data. Ini dilakukan setelah guru melakukan tindakan dan ini sangat penting karena tahap refleksi merupakan kegiatan evaluasi.

b. Fungsi Refleksi
Refleksi mempunyai fungsi penting sebagai penentu atau alat evaluasi apakah tindakan yang dilakukan sudah mencapai hasil yang diharapkan. Ungkapan bahwa refleksi merupakan jiwa pelaksanaan PTK sedangkan tindakan merupakan jantung PTK mengandung makna bahwa refleksi dilakukan setelah tindakan dan tahap akhir refleksi adalah penentuan tindakan selanjutnya.

c. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan dalam topik ini adalah permasalahan yang terkait dengan kemampuan merefleksi dan tindak lanjut. Pembahasan difokuskan pada hal-hal yang harus ada dalam refleksi dan tindak lanjut, langkah-langkah refleksi, dan menyusun program tindak lanjut. Agar pemahaman terhadap topik ini lebih baik, terdapat beberapa kegiatan yang harus dilakukan. Kegiatan tersebut meliputi hal-hal berikut. a. b. c. d. e. Curah pendapat (brainstorming) Diskusi kelompok Penugasan mencari sumber berhubungan dengan topik belajar yang

Latihan membuat refleksi dan tindak lanjut Penugasan untuk menulis refleksi dan tindak lanjut PTK yang sudah dilakukan.

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

116

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

d. Petunjuk Kegiatan
Kegiatan pembelajaran Refleksi dilaksanakan pada saat tatap muka di MGMP dan diluar MGMP, baik sebagai tugas terstruktur maupun mandiri. Pada waktu berada oi MGMP, guru pemandu memberikan kuis yang berhubungan dengan refleksi mengapa disebut jiwanya PTK. Kemudian, kapan analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Diskusi kelompok juga diadakan. Guru pemandu menyiapkan skenario untuk simulasi sementara guru peserta bermain peran mendiskusikan hasil temuan dan menginterpretasikan data. Untuk lebih memahami arti refleksi dalam kaitannya dengan pembelajaran bermutu, guru peserta wajib mampu menjelaskan kata kunci yang dipakai dalam PTK.

2. KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Setelah pembahasan refleksi ini, guru peserta di MGMP dapat mencapai kompetensi dan indikator berikut ini: Kompetensi Guru peserta mampu merefleksi yang berarti mengevaluasi data dan menginterpretasi sesuai dengan data yang telah dianalisis Mereka sanggup dan mampu menguraikan, menghubungkan dan menginterpretasi data kemudian menyimpulkannya. Indikator Pencapaian Kompetensi a. Guru peserta mampu melaksanakan kegiatan kelompok mendiskusikan data yang diperoleh untuk dievaluasi b. Guru peserta mampu menjawab pertanyaan dalam kuis yang dirancang oleh guru pemandu c. Guru peserta mampu memutuskan apakah hasil refleksi perlu direvisi karena dampaknya kurang signifikan d. Guru peserta mampu menentukan rencana tindakan berikut setelah menginterpretasi data.

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

117

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

3. PERSIAPAN
a. Memahami isi Bahan Belajar Mandiri Refleksi dengan membaca Bahan Belajar Mandiri generik atau bahan yang disediakan dalam lampiran b. Memahami isi handout/tayangan PowerPoint tentang Refleksi sebagai jiwa dalam PTK c. Mempelajari kembali cara menginterpretasi data dalam Bahasa Inggris d. Menyiapkan contoh data yang diperoleh dalam Bahasa Inggris e. Menyiapkan kuis bagi peserta untuk pemantapan f. Menyiapkan skenario untuk simulasi dalam upaya lebih memahami Refleksi
g. Menyiapkan

kelas dengan media yang sesuai dengan situasi dan kondisi; kalau tidak ada LCD ada OHP atau White board, Flip chart atau papan tulis biasa guru pemandu dapat menyesuaikan dengan keadaan

[Guru pemandu dapat menggunakan transparansi atau foto kopi bila PowerPoint tidak dimungkinkan]. PowerPoint 1 Penjelasan tentang kompetensi dan indikator pencampaian kompetensi, kegiatan, dan hasil belajar yang diharapkan untuk dicapai Mengapa Guru-guru melaksanakan PTK Refleksi harus

PowerPoint 2 PowerPoint 3

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

118

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

4. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar 1
Burns, Anne, 1999 . Collaborative Action Research for English language teachers. Cambridge: CambridgeLanguage Teaching Library. Wiriaatmaja Rochiati, 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung UPI dan PT Remaja Rosdakarya. Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.Bandung Insan Cendekia Arikunto, Suharsimi, suhardjono, Supardi , 2007. Penelitian tindakan Kelas. Blimaumi Aksara Susilo, 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Book Publisher Suroso, 2007. Classroom Action Research. Pararaton Publishing. Suwarsih Madya, Penelitian Tindakan, Bandung: Alfabeta, 2007.

Sumber belajar 2

Sumber belajar 3 Sumber belajar 4 Sumber belajar 5 Sumber belajar 6 Sumber belajar 7

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

119

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

5. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan 1 (5 menit) PENDAHULUAN :  setelah salam, doa, menjelaskan topik, ,kompetensi serta indikator pencapaian kompetensi.  Kemudian guru pemandu mengadakan apersepsi atau memberikan pertanyaan untuk menimbulkan minat. Kegiatan 2 (25 menit) Pemberian kuis sehubungan dengan topik  Guru pemandu menyiapkan kelas dan media pembelajaran Kegiatan 3 (90 menit) Mempraktekkan Refleksi  Peserta bekerja dalam kelompok mendiskusikan hasil temuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris, menganalisis data dan mendiskusikannya serta menginterpresentasi -nya  Kemudian setiap kelompok melaporkan hasil interpretasi data.

Kegiatan 6 (5 menit) Pemberian Tugas Setelah pertemuan MGMP guru pemandu meminta peserta membaca tugas terstruktur dan tugas mandiri pada buku kerja mereka.

Kegiatan 5 (60 menit) Menuliskan definisi kata kunci dalam PTK, khususnya refleksi dan menyusun rencana tindakan siklus 2

Kegiatan 4 (90 menit) Pendalaman materi dengan simulasi  Skenario simulasi disiapkan oleh guru pemandu dan dibagikan kepada peserta .

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

120

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

Kegiatan 1

Pendahuluan [5menit]
Setelah pembukaan, guru pemandu menumbuhkan minat para peserta sesuai dengan topik Refleksi. Tentu saja guru pemandu harus menyebutkan kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi sebelum persepsi atau pemberian pertanyaan untuk menumbuhkan minat peserta. Selanjutnya gunakan tayangan PowerPoint/tayangan 1: Penjelasan tentang kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi.

Kegiatan 2

Pemberian kuis sehubungan dengan Refleksi dan Tindak lanjut [25menit]
 Guru pemandu melakukan tanya jawab tentang topik refleksi dan tindak lanjut PTK pembelajaran bahasa Inggris dengan peserta didik Pertanyaan pemandu:  Apa Refleksi dan tindak lanjut itu?  Mengapa perlu ada refleksi dan tindak lanjut dalam PTK?  Apa hubungan refleksi dengan langkah sebelumnya dalam PTK pembelajaran Bahasa Inggris?  Bagaimana lanjut? melakukan refleksi dan tindak

 Hal-hal apa saja yang perlu direfleksi dan ditindak lanjuti?

Guru pemandu menyiapkan kuis yang berkenaan dengan PTK dan khususnya refleksi. Contoh: 1. 2. 3. Sebutkan langkah langkah PTK sebelum Refleksi ! Refleksi berhubungan dengan data yang terhimpun. Berikan contoh data yang diperoleh dalam pembelajaran Bahasa Inggris ! Jelaskan apa yang dimaksud dengan refleksi adalah jiwa dari PTK !
PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

121

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

4.

Apa pentingnya diskusi dalam menginterpretasi data? Kapankah Anda menentukan untuk merencanakan tindakan berikutnya?

Kegiatan 3

Mempraktekkan Refleksi [90 menit]
Guru pemandu mengingatkan bahwa guru peserta sudah mempelajari bagaimana menganalisis data dan menginterpretasikannya. Dalam kegiatan ke 3 ini peserta berlatih mengevaluasi dan menginterpretasi hasil temuan yang telah dianalisa. Selanjutnya, guru peserta mendiskusikan tindakan yang akan dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi. Pada tahap akhir peserta harus mempresentasikan hasil kesimpulan mereka beserta alasannya.

Kegiatan 4

Pendalaman materi dengan simulasi [90 menit]
Guru pemandu membagi kelas dalam 5 kelompok setiap kelompok diberi skenario berbeda yang harus diperankan oleh tiap kelompok. Contoh skenario: Perankan: Salah seorang dari anggota kelompok menjadi guru pemandu yang harus berbicara tentang pentingnya refleksi dalam PTK Salah seorang bertanya tentang data yang berupa catatan mengenai bagaimana harus menginterpretasikannya.Yang berperan sebagai guru pemandu harus mampu menjelaskan. Waktu Persiapan 15 menit sebelum tampil. 1. Perankan seolah-olah Anda sedang menghadapi masalah tentang cara menganalisis hasil temuan tentang hasil tes pelafalan [pronunciation] siswa yang belum mencapai target yang diharapkan. Diskusikan dengan anggota kelompok lain. Anda harus berakting seperti Anda betul-betul dalam diskusi kelompok [guru pemandu mencatat dan pada akhir sesi ini memberikan komentar yang membangun]

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

122

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

Kegiatan 5

[60 menit] Setiap peserta wajib menuliskan dengan kata kata sendiri definisi kata kunci sebagai berikut:
Class room action research [PTK], masalah nyata, intervensi, langkah PTK, achievement test, Refleksi, reduksi data penyimpulan. Setelah selesai, peserta menyerahkan hasil tulisan kepada guru pemandu. Kemudian, jawabannya didiskusikan secara klasikal. Setelah itu, guru peserta menyusun rencana tindakan siklus 2.

Kegiatan 6

Tugas terstruktur :
Rekam suara sepuluh siswa sebagai perwakilan dari tiap kelompok untuk mencari tahu kemauan pelafalan mereka [pilih dua orang dari tiap kelompok]. Siapkan teks berupa news agar dibaca siswa seolah-olah mereka sedang membaca berita. Analisis hasil rekaman sebagai kegiatan refleksi Anda.

Tugas mandiri :
Silakan baca informasi tentang action research terutama tentang refleksi dan buatlah ringkasannya.  Guru pemandu melakukan tanya jawab tentang topik refleksi dan tindak lanjut PTK pembelajaran Bahasa Inggris dengan siswa Pertanyaan pemandu:    Apa refleksi dan tindak lanjut itu? Mengapa perlu ada refleksi dan tindak lanjut dalam PTK? Apa hubungan refleksi dengan langkah sebelumnya dalam PTK pembelajaran bahasa Inggris? Bagaimana melakukan refleksi dan tindak lanjut? Hal apa sajakah yang perlu direfleksi dan ditindak lanjuti?

 

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

123

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT



Guru pemandu menyajikan informasi tentang halhal yang berhubungan dengan topik refleksi dan tindak lanjut PTK dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP. Penyajian dilengkapi dengan penggunaan tayangan PowerPoint (sumber belajar 1) dan tayangan video atau foto pembelajaran (jika ada).

Diskusi Kelompok
  Guru peserta dibagi dalam kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang. yang

Guru pemandu membagikan contoh hasil refleksi (sumber belajar 2) dan meminta tiap kelompok untuk mendiskusikan kelengkapan refleksi tersebut. Pertanyaan pemandu  Hal-hal apa sajakah yang terdapat dalam contoh refleksi ?  Bagaimanakah cara penyampaian atau sistematika penulisannya?  Cocokkah tindak lanjut yang akan dilakukannya? Mengapa?



Hasil diskusi dapat berupa temuan, hikmah (lesson learned) untuk dijadikan bahan masukan atau pengalaman dalam menyusun refleksi. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya.



Kegiatan Kerja Kelompok
 Guru pemandu membagikan studi kasus dalam bentuk hasil analisis dan interpretasi data (sumber belajar 3) dan meminta tiap kelompok untuk membuat refleksi dan tindak lanjut. Guru pemandu memandu guru peserta dalam berlatih membuat refleksi dan tindak lanjut berdasarkan studi kasus tersebut.



BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

124

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

Kunjung Karya
  Setiap kelompok memajang hasil kerja kelompok masing-masing. Setiap kelompok menugaskan salah satu wakilnya untuk menanggapi pertanyaan dan komentar pengunjung dari kelompok lain. Masing-masing kelompok melihat karya kelompok lain dan melakukan tanya jawab.



Kegiatan Kerja Mandiri
 Guru peserta diharapkan membawa dokumen atau tugas pada pertemuan sebelumnya (hasil analisis data dan interpretasi) Guru pemandu dan tiap guru peserta mengkaji ulang kejelasan dan kelengkapan tugas Tiap guru peserta membandingkan hasil kerjanya dengan hasil kerja rekannya dan saling menanggapi (dilakukan dalam kelompok) Tiap guru peserta menyempurnakan hasil kerjanya dengan bimbingan guru pemandu. Tiap guru peserta membuat rancangan refleksi dan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi tersebut dengan bimbingan guru pemandu. Pertanyaan guru pemandu 1. Apakah kegiatan yang saya lakukan melalui PTK telah mampu memperbaiki proses belajar mengajar di kelas? Apa perubahan penelitian? yang diperoleh melalui

 

 

2.

3. Seberapa jauh perubahan ke arah perbaikan itu terjadi? 4. Apa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan?

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

125

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

Penutup (Tanya Jawab, Penguatan, Refleksi, dan Tindak Lanjut)
 Guru pemandu memberikan kesempatan kepada guru peserta untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan topik refleksi dan tindaklanjut PTK. Guru pemandu memberikan penguatan terhadap hal-hal yang telah dipelajari. Pernyataan penguatan berupa rangkuman Refleksi adalah mengingat dan merenungkan kembali suatu tindakan persis seperti yang telah dicatat dalam lembar observasi. Refleksi berusaha memahami proses, masalah, persoalan,atau kendala yang dihadapi dan meminta peneliti PTK untuk menimbang-nimbang pengalamnnya lalu mencari dan menemukan saran-saran tentang cara untuk meneruskan tindakannya. Refleksi biasanya dibantu oleh diskusi di antara para peserta  Guru pemandu dan refleksi pembelajaran guru peserta melakukan



Pertanyaan untuk refleksi Apakah indikator yang telah ditetapkan dalam mempelajari topik ini telah tercapai  Guru pemandu menginformasikan tugas mandiri yang harus dikerjakan guru peserta Arahan Tugas Mandiri 1. 2. 3. Pelajari dan cek kembali rancangan refleksi dan tindak lanjutnya. Buat refleksi dan tindak lanjut PTK yang telah Anda lakukan. Pelajari cara lain atau contoh dalam membuat refleksi dan tidak lanjut.

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

126

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

6. PENILAIAN
Penilaian terhadap pencapaian hasil belajar guru peserta dilakukan melalui pengamatan peserta waktu proses pembelajaran dan produk yang dihasilkan. Proses yang dapat dinilai dapat mencakup aspek afektif, misalnya: keaktifan dalam diskusi, kontribusi dalam diskusi, kesungguhan mengikuti kegiatan. Produk yang dapat dinilai adalah hasil refeksi dan rancangan tindak lanjut PTK pada siklus berikutnya. Produk guru peserta akan dilampirkan dalam portofolio.

Refleksi Awal

Perencanaan Tindakan I

Pelaksanaan Tindakan I

Observasi

Refleksi dan Evaluasi

Revisi Tindakan I (Perencanaan Tindakan II)

Pelaksanaan Tindakan II

Observasi

Refleksi dan Evaluasi

Refleksi dan Evaluasi

Bagan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas

Pada saat menayangkan bagan di atas, guru pemandu menginformasikan bahwa analisis data diwakili oleh momen refleksi putaran PTK. Dengan melakukan refleksi, peneliti memiliki wawasan autentik yang dapat membantu menafsirkan datanya. Informasikan pula bahwa penjelasan lebih lanjut tentang refleksi ada dalam topik tersendiri.

PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

127

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

LAMPIRAN – LAMPIRAN
Lampiran 1
PowerPoint 1: Penjelasan tentang kompetensi, indikator pencapaian kompetensi,kegiatan,dan hasil belajar yang diharapkan dicapai. kompetensi Indikator dan pencapaian kompetensi Kegiatan belajar Hasil yang diharapkan Menjelaskan dengan jelas apa makna refleksi.

Guru peserta mampu merefleksikan data dan menginterpretasikannya kemudian menyimpulkannya.

1.Melaksanakan 1.Guru interpretasi pemandu hasil penemuan melaksanakan pre activity 2.Menyimpulkan kemudian hasil penemuan apersepsi dan menentukan 2.Guru tindakan pemandu melaksanakan 3.Mendiskusikan kuis tentang makna kata pembelajaran kata kunci bermutu. dalam PTK dan menuliskannya 3.Guru dengan kata pemandu kata sendiri. menyiapkan skenario untuk melatih guru peserta lebih memahami pembelajaran bermutu dengan simulasi. 4.Guru peserta menuliskan definisi kata kata kunci terkait dengan PTK, terutama refleksi.

Interpretasi data dan kesimpulannya

Menentukan tindakan selanjutnya.

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

128

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

Lampiran 2
Mengapa Guru guru harus melaksanakan [diterjemahkan dari Anne Burns,1999] PTK

Menurut Ross, [dalam Burns A 1999],PTK secara kolaborasi adalah bentuk perkembangan staf yang kuat karena kegiatan PTK melakukan praktek dulu bukan dari teori ke praktek. Guru diberi dorongan untuk mencari jalan keluar atau solusinya sendiri kemudian menyimpulkan sendiri. Pengalaman Ross membuktikan bahwa setelah dia melakukan penelitian PTK secara kolaborasi dikelas yang terdiri dari para emigrant di New South Wales dia melakukan penelitian berdasar pada studi kasus. Dia menjadi bagian dari kelompok penelitian kolaboratif ,yang terdiri dari guru guru yang berasal dari berbagai pusat pengajaran yahg berbeda. Namun dalam wadah organisasi yang sama. Ross dan kawan kawan guru membuktikan bahwa PTk adalah alat transformasi untuk menjawab masalah dalam kelas dan mengembangkan strategi dan teori mengajar untuk memenuhi kebutuhan siswa yang heterogin. Dia menganjurkan dengan sangat agar guru guru mengadakan penelitian tindakan . Selanjutnya menurut Supardi[2007], PTK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas bila permasalahan yang dijadikan fokus penelitian adalah masalah yang diangkat dari kondisi nyata yang terjadi dikelas Salah satu srategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memberikan kepada para pendidik atau tenaga kependidikan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran dan lainnya secara profesiomal dan kolaboratif melalui PTK. Berikut beberapa hal yang perlu dipahami tentang PTk yang dapat memperjelas jawaban mengapa guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas.[Supardi,2007]: 1. PTK adalah suatu pendekatan untuk meningkatkan pendidikan dengan melakukan perubahan kearah Perbaikan terhadap hasil pendidikan dan pembelajaran. PTK adalah penelitian partisipatori yang melibatkan orang yang melakukan kegiatan untuk meningkatkan prakteknya sendiri; PTK dikembangkan melalui self reflective spiral; a spiral of cycles of planning,acting observing reflecting the replanning;
PB /IDENTIFIKASI MASALAH/09/IPA

2.

3.

129

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT

4. PTK adalah penelitian yang kolaboratif, melibatkan partisipan bersama sama bergabung untuk mengkaji praktek pembelajaran dan mengembangkan tentang makna tindakan. 5. PTK menumbuhkan kesadaran diri mereka yang berpartisipasi dan berkolaborasi dalam seluruh tahapan PTk; 6. PTK adalah proses belajar yang sistimatis,dalam proses tersebut menggunakan kecerdasan kritis membangun komitmen melakukan tindakan; 7. PTK memerlukan orang untuk membangun teori tentang praktek mereka [guru]. 8. PTK memerlukan gagasan dan asumsi kedalam praktik untuk mengkaji secara sistimatis bukti yang menantang [memberikan hipotesis tindakan]. 9. PTK memungkinkan kita untuk memberikan rasional justifikasi Rasional tentang pekerjaan kita terhadap orang lain dan membuat orang menjadi kritis dalam analisis [Mc taggart,1997]

Lampiran 3
Refleksi [disarikan dari Susilo,2007] Refleksi dilakukan untuk mengadakan upaya evaluasi yang dilakukan guru dan tim pengamat dalam PTK. Refleksi dilakukan dngan cara berdiskusi mengenai berbagai masalah yang muncul di kelas penelitian yang diperoleh dari analisis data sebagai bentuk dari tindakan yang dirancang. Pada kegiatan refleksi ini juga ditelaah aspek mengapa, bagaimana dan sejauh mana tindakan yang dilakukan mampu memecahkan masalah secara bermakna. Berdasarkan masalah-masalah yang muncul pada refleksi hasil perlakuan tindakan pada siklus pertama,maka akan ditentukan oleh peneliti apakah tindakan yang dilaksanakan sebagai pemecahan masalah sudah mencapai tujuan .

BBM/REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT/14/B.INGGRIS SMP

130


								
To top