Docstoc

Menginstal Perangkat Lunak - Linux - Ubuntu Indonesia

Document Sample
Menginstal Perangkat Lunak - Linux - Ubuntu Indonesia Powered By Docstoc
					16/01/2010

MenginstalPerangkatLunak - Wiki Ubu…

MenginstalPerangkatLunak
Pendahuluan
Saat Anda menginstal Ubuntu, sudah banyak perangkat lunak yang turut diinstal yang sudah dapat Anda gunakan bagi keperluan sehari-hari. Namun, ada kalanya perangkat lunak yang sudah tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda sehingga Anda harus menginstal perangkat lunak lainya. Atau ketika Anda ingin mencoba sebuah perangkat lunak yang belum terinstal pada komputer, Anda juga perlu melakukan instalasi perangkat lunak tersebut. Proses instalasi perangkat lunak di Ubuntu mudah dilakukan. Panduan ini akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai apa yang sebenarnya terjadi saat Anda melakukan instalasi perangkat lunak (sedikit berbau teknis), silakan baca bagian Paket dan Manajemen Paket. Namun jika Anda ingin langsung melakukan instalasi program, Anda dapat melewatkan bagian pertama dan langsung membaca bagian Menginstal Sebuah Paket.

Paket dan Manajemen Paket
Bagian ini berisi konsep dasar dari paket dan manajemen paket. Anda akan mempelajari apakah itu sebuah paket, perbedaan dari tipe-tipe paket yang ada, dan bagaimana manajemen paket bekerja pada Ubuntu.

Apa itu paket?
Perangkat lunak adalah sebuah istilah yang sangat luas dan biasanya digunakan untuk menyebutkan sebuah program yang dapat berjalan pada komputer Anda. Namun, pada dasarnya sebuah program seringkali membutuhkan hal lain untuk membantunya dalam menjalankan tugasnya. Ketika Anda menginstal perangkat lunak, ribuan berkas lain mungkin dibutuhkan agar program tersebut dapat berjalan! Jika Anda memikirkan bahwa berkas-berkas tersebut harus diletakkan pada tempat yang tepat dan beberapa berkas mungkin bergantung pada jenis komputer yang Anda miliki, semuanya akan menjadi kompleks. Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini - Ubuntu memiliki sebuah cara untuk mengatasi kompleksitas ini. Ubuntu menggunakan paket untuk meletakkan segala yang dibutuhkan oleh sebuah program untuk berjalan. Paket adalah kumpulan dari berkas-berkas yang dikumpulkan/digabungkan dalam sebuah berkas, sehingga dapat lebih mudah ditangani. Selain berkas-berkas yang dibutuhkan oleh program, terdapat juga berkas-berkas spesial yang disebut sebagai skrip instalasi (installation scripts), yang antara lain melakukan penyalian berkas ke tempat yang tepat.

Kode sumber atau biner?
Normalnya, ketika seseorang membuah sebuah paket bagi sebuah program, dia akan memasukkan semua kode sumber program tadi kedalam paket tersebut. Kode sumber, yang ditulis oleh programer, berisi sekumpulan instruksi bagi komputer dimana instruksi tersebut dapat dibaca/ditulis oleh manusia. Komputer dapat mengenali kode-kode ini jika kode-kode tersebut telah diterjemahkan ke dalam sebuah bentuk yang dikenali oleh komputer. Salah satu proses penerjemahan ini adalah melakukan kompilasi kode sumber menjadi bentuk biner, yang dikenali oleh komputer. Jadi, mengapa orang yang membuat paket (disebut pemaket/packagers) tidak langsung mengubahnya menjadi bentuk biner? Komputer yang berbeda memiliki bentuk biner yang berbeda. Sehingga jika Anda hanya membuat paket biner untuk salah satu jenis komputer (misalnya komputer Intel), paket tersebut tidak akan bekerja pada komputer lainnya (misalnya Apple Macintosh). Paket kode sumber adalah paket yang hanya berisi kode sumber dan pada dasarnya dapat digunakan pada mesin dengan jenis apa saja jika kode tersebut dikompilasi di atasnya. Paket biner adalah paket yang dibuat secara spesifik bagu sebuah satu jenis komputer, atau arsitektur. Ubuntu mendukung arsitektur x86 (i386 atau i686), AMD64, dan PPC. Paket biner yang tepat akan digunakan secara

C:/…/MenginstalPerangkatLunak - Wik…

1/5

16/01/2010

MenginstalPerangkatLunak - Wiki Ubu…
otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam memilihnya. Untuk mencari tahu arsitektur apa yang sedang Anda gunakan, bukalah Applications --> Accessories --> Terminal, lalu ketikkan arch dan tekan enter.

Ketergantungan Paket
Program yang satu dengan program yang lain sering kali menggunakan beberapa berkas yang sama. Daripada memasukkan berkas-berkas tersebut pada masing-masing paket program, sebuah paket terpisah dapat dibuat yang berisi berkas-berkas yang dipakai oleh beberapa program sekaligus. Jadi, ketika menginstal sebuah program yang membutuhkan berkas-berkas bersama tersebut, paket yang mengandungnya juga harus diinstal. Ketika sebuah paket bergantung pada paket lainnya seperti ini, hal tersebut disebut ketergantungan paket. Dengan membuat seperti ini, paket yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana dan lebih kecil; serta duplikasi berkas dapat dihindari. Ketika Anda menginstal sebuah program, setiap paket yang dibutuhkan olehnya harus diinstall pada saat yang sama. Biasanya paket-paket yang biasa dibutuhkan oleh paketnya sudah terinstal, namun beberapa paket lainnya mungkin akan dibutuhkan juga. Jadi ketika Anda menginstal sebuah paket, jangan kaget jika ada beberapa paket lainnya yang diinstal juga, karena paket yang Anda install tergantung kepada beberapa paket lainnya. Paketpaket tersebut dibutuhkan agar paket yang ingin Anda install dapat bekerja dengan baik.

Pengelola Paket
Sebuah pengelola paket (package manager) adalah sebuah aplikasi yang menangani proses download dan instalasi paket. Ubuntu berisi beberapa aplikasi pengelola paket dan Anda dapat menggunakan salah satunya tergantung sejauh mana Anda ingin memanfaatkan jenis tindakan yang dapat dilakukan dalam manajemen paket. Sebagian besar orang hanya memerlukan fasilitas yang paling sederhana, yaitu Add/Remove tool, yang mudah untuk digunakan.

Kanal/Repositori Perangkat Lunak
Darimana Anda dapat mendapatkan paket? Ubuntu meleteakkan seluruh paketnya dalam sebuah tempat bernama kanal perangkat lunak atau repositori. Sebuah kanal perangkat lunak adalah sebuah tempat yang berisi paket-paket dengan tipe yang sama, yang dapat diunduh dan diinstal menggunakan sebuah aplikasi pengelola paket. Aplikasi pengelola paket akan menyimpan daftar isi dari seluruh paket yang tersedia dalam sebuah kanal perangkat lunak. Suatu saat, aplikasi pengelola paket akan membuat ulang daftar isi tersebut untuk memastikan daftar tersebut adalah daftar yang terbaru. Selain itu, paket-paket yang mengalami pembaruan maupun penambahan juga akan diketahui. Ada empat buah kanal perangkat lunak pada Ubuntu bagi setiap arsitektur, yaitu Main, Restricted, Universe, dan Multiverse. Masing-masing kanal berisi perangkat lunak dengan jenis yang berbeda. Normalnya, hanya paketpaket dari Main dan Restricted yang dapat diinstal. Jika Anda ingin menginstal paket dari Universe dan Multiverse, lihat instruksi yang ada pada Repositori. Selain repositori yang disediakan secara resmi oleh Ubuntu, Anda juga dapat menggunakan repositori dari pihak ketiga. Mohon diperhatikan, beberapa diantaranya tidak cocok dengan yang sudah disediakan oleh Ubuntu dan dapat menyebabkan masalah pada sistem Anda. Halaman http://www.ubuntulinux.nl/source-o-matic dapat membantu Anda dalam mencari repositori tambahan dan halaman Repositori berisi petunjuk bagaimana cara mengaktifkannya.

Menginstal Sebuah Paket
Bagian ini berisi penjelasan bagiamana cara menginstal paket dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia pada Ubuntu dan Kubuntu.

Ubuntu
Ubuntu 6.06 LTS (Dapper Drake)

C:/…/MenginstalPerangkatLunak - Wik…

2/5

16/01/2010

MenginstalPerangkatLunak - Wiki Ubu…

Add/Remove - metode dasar
Cara termudah dalam menginstal sebuah paket adalah dengan menggunakan aplikasi 'Add/Remote'. Klik Applications --> Add/Remove... untuk menjalankannya. Pertama, cari paket yang ingin Anda instal. Anda dapat menggunakan fasilitas pencarian yang ada dan memasukkan kata kunci bagi paket yang Anda cari. Anda juga dapat mencari melalui pengelompokkan berdasar kategori yang diperlihatkan pada bagian kiri dari window. Setelah Anda menemukan paket yang ingin Anad install, tandai kotak di sebelah ikon paket tersebut. Anda dapat melakukannya lebih dari sekali sebanyak paket yang ingin Anda instal. Setelah Anda selesai memiliki paket, klik tombol Apply pada bagian bawah window. Sebuah window baru akan muncul dan menampilkan seluruh paket yang telah Anda pilih. Anda akan ditanyai konfirmasi proses instalasi paket-paket tersebut. Klik tombol Apply jika Anda memang benar-benar ingin menginstal paket-paket tersebut. Anda akan ditanyai password administrator dan setelah itu sebuah window akan muncul dan menampilkan proses instalasi. Setelah proses selesai, Anda dapat menyudahi dengan mengklik tombol Close. Program baru sudah terinstall dan siap digunakan!

Synaptic - metode lebih lanjut
Synaptic Package Manager menawarkan fasilitas yang lebih banyak dalam melakukan instalasi paket. Jika Anda mengalami masalah dalam mencari paket yang tepat dengan aplikasi Add/Remove, cobalah melakukan pencarian dengan Synaptic. Pencarian pada Synaptic akan mencari pada semua paket yang ada pada repositori, walaupun paket tersebut tidak berisi suatu program. Informasi lebih lanjut mengenai Synaptic dapat Anda baca pada SynapticHowto.

Kubuntu
Kubuntu 6.06 LTS (Dapper Drake)

Add/Remove Programs - metode dasar
Cara yang mudah dalam melakukan instalasi maupun penghapusan aplikasi pada Kubuntu adalah dengan menggunakan aplikasi 'Add/Remove Programs'. Klik K-Menu --> Add/Remove Programs untuk menjalankannya. Hak administratif diperlukan untuk menjalankan Add/Remove Programs. Silakan baca RootSudo untuk informasi lebih lanjut. Untuk menginstal aplikasi baru, pilihlah kategori pada bagian kiri lalu tandai kotak dari aplikasi yang ingin Anda instal. Jika sudah, klik tombol Apply untuk memulai proses instalasi aplikasi maupun paket-paket lainnya yang dibutuhkan oleh program tersebut. Aplikasi yang dapat Anda instal awalnya hanyalah aplikasi pada KDE, namun aplikasi GNOME juga dapat Anda instal dengan memilihnya pada dropdown menu yang ada pada bagian atas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fasilitas pencarian yang tersedia. Perangkat lunak yang berasal dari repositori tambahan dapat diinstal dengan mengaktifkan Show: Unsupported dan Show: proprietary software (jika kedua repositori tersebut ada pada daftar repositori yang Anda gunakan). Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca halaman Repositori. Setelah selesai, klik tombol Close. Aplikasi sudah terinstal dan siap digunakan!

Adept - metode lebih lanjut
Adept Package Manager menawarkan fasilitas lebih dalam melakukan instalasi paket. Silakan gunakan Adept jika Anda mengalami masalah dalam mencari aplikasi dengan menggunakan Add/Remove Programs. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Adept, silakan baca Ubuntu:Adept Howto.

Metode Berbasis Teks
Metode berbasis teks dapat digunakan pada Ubuntu, Kubuntu, maupun Xubuntu, namun Anda harus terbiasa

C:/…/MenginstalPerangkatLunak - Wik…

3/5

16/01/2010
menggunakan terminal.

MenginstalPerangkatLunak - Wiki Ubu…

Aptitude - metode berbasis teks
Aptitude adalah sebuah aplikasi pengelola paket yang dijalankan melalui sebuah terminal. Bacalah AptitudeSurvivalGuide untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Aptitude.

apt-get - metode teknis
Aplikasi apt-get adalah sebuah aplikasi berbasis teks untuk mengelola paket yang dapat digunakan jika aplikasi Add/Remove maupun Synaptic mengalami masalah. Aplikasi apt-get menyediakan antar muka tingkat lanjut dalam mengakses APT, sistem manajemen paket yang digunakan pada Ubuntu, namun sebenarnya aplikasi apt-get cukup mudah digunakan jika Anda pernah menggunakannya. Pengguna tingkat lanjut akan merasa dengan menggunakan apt-get, pengaturan paket dapat dilakukan dengan cepat dan lengkap dibandingkan dengan menggunakan aplikasi berbasis grafis yang telah diterangkan sebelumnya. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan apt-get dapat Anda baca pada AptGetHowTo dan CommandLinePackageManagement.

Menginstal dan Mendownload paket
Suatu ketika Anda mungkin perlu menginstal sebuah paket yang Anda download dari sebuah website, bukan sebuah repositori perangkat lunak. Paket-paket tersebut disebut berkas .deb. Karena paket-paket tersebut dapat saja dibuat pada distribusi Linux yang berbeda, paket tersebut mungkin saja tidak menemukan paket lain yang dibutuhkannya. Pada akhirnya, Anda tidak dapat menginstal paket tersebut.

Menggunakan GDebi untuk menginstal paket
GDebi adalah sebuah aplikasi berbasis grafis yang dapat digunakan untuk menginstal paket. Aplikasi tersebut secara otomatis akan mengecek paket-paket lain yang dibutuhkan oleh suatu paket dan akan mendownloadkannya dari repostori Ubuntu jika memungkinkan. Anda perlu menginstal GDebi dengam cara menginstal paket gdebi dengan menggunakan salah satu aplikasi pengatur paket yang telah disebutkan di atas. Jika Anda ingin menggunakan terminal, Anda dapat menggunakan aplikasi apt-get dengan menjalankan perintah sudo apt-get install gdebi. Setelah Anda menginstal GDebi, gunakan aplikasi File Browser untuk mencari paket yang ingin Anda instal. Berkas paket akan terlihat seperti berikut:

Klik dua kali paket tersebut untuk membukanya dengan GDebi. Jika seluruh paket lain yang dibutuhkan sudah ada, klik tombol 'Install package' untuk melakukan instalasi. GDebi akan memberikan pesan peringatan jika ada paket lain yang dibutuhkan yang tidak dapat ditemukan.

Menggunakan aplikasi manajemen paket dari Kubuntu
Untuk menginstal berkas .deb pada Kubuntu, klik kanan pada berkas tersebut dan pilih Kubuntu Package Menu>Install Package.

Menggunakan dpkg untuk menginstal paket
dpkg adalah sebuah aplikasi berbasis teks yang dapat digunakan untuk menginstal paket. Untuk menginstal paket dengan dpkg, bukalah Terminal dan jalankan perintah berikut.
cd direktori

C:/…/MenginstalPerangkatLunak - Wik…

4/5

16/01/2010

MenginstalPerangkatLunak - Wiki Ubu…
sudo dpkg -i nama_paket.deb

Catatan: ubah direktori dengan direktori tempat paket berada dan nama_paket dengan nama berkas paket tersebut. Anda disarankan untuk membaca petunjuk penggunaan dpkg sebelum menggunakannya. Penggunaan yang tidak pada tempatnya akan merusak database manajemen paket. Untuk melihat petunjuk penggunaan dpkg, bukalah Terminal dan jalankan perintah man dpkg.

Pembaruan Otomatis
Ubuntu akan memberitahukan Anda secara otomatis ketika ada perbaikan keamanan maupun pembaruan perangkat lunak yang tersedia. Klik ikon update (akan muncul pada area notifikasi), tuliskan password Anda/administrator, dan ikuti instruksi yang tertera pada layar untuk men-download dan menginstal pembaruan yang ada. Selalu mengikuti perkembangan terbaru adalah hal yang penting. Perbaikan keamanan yang melindungi komputer Anda akan diberikan dengan cara seperti ini.

Daftar Kata
apt: Sebuah 'Advanced Package Tool', aplikasi yang menjadi dasar dari sistem pengelolaan paket pada Ubuntu. apt bertugas menangani hal rumit dari sebuah manajemen paket seperti memelihara database dari paket-paket yang ada. Arsitektur: Tipe prosesor dari komputer yang digunakan dipandang dari arsitektur yang digunakannya. Paket Biner: Sebuah paket yang berisi sebuah program yang dibuat untuk satu arsitektur tertentu. deb: Sebuah berkas .deb adalah sebuah paket dari Ubuntu (atau Debian), yang berisi berkas-berkas yang akan diinstal oleh paket tersebut. Dependency: Sebuah dependency adalah sebuah paket yang harus diinstal ketika menginstal paket lain agar dapat bekerja dengan benar. Pengelola Paket: Sebuah program yang menangani paket. Dengan program tersebut, Anda dapat melakukan pencarian, instalasi, maupun penghapusan paket. Repositori/Kanal Perangkat Lunak: Lokasi dari paket-paket dengan tipe yang sama berada yang siap untuk didownload dan diiinstal. Paket Kode Sumber: Sebuah paket yang berisi kode sumber asli dari sebuah program, yang harus di-compile agar dapat digunakan pada satu arsitektur tertentu.

KategoriDokumentasi
terakhir disunting 2007-03-10 18:28:57 oleh AndyApdhani

C:/…/MenginstalPerangkatLunak - Wik…

5/5


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:1306
posted:1/16/2010
language:Indonesian
pages:5