Docstoc

Mendiskripsikan Entry Jurnal

Document Sample
Mendiskripsikan Entry Jurnal Powered By Docstoc
					CONTOH RPP AKUNTANSI KELAS X

veethreea

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) A. Identitas Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : Mendiskripsikan entri jurnal : : SMK YPKK 2 SLEMAN : Dasar-Dasar Akuntansi : X/I : Memproses entri jurnal

1. Mendeskripsikan pengertian jurnal 2. Mendeskripsikan fungsi jurnal
3.

Mendeskripsikan macam-macam dan bentuk jurnal : 3 x 45 menit

Alokasi Waktu B. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mendeskripsikan pengertian jurnal 2. Mendeskripsikan fungsi jurnal 3. Mendeskripsikan macam-macam dan bentuk jurnal C. Materi Pembelajaran 1. Pengertian Jurnal Jurnal merupakan catatan pertama setelah adanya bukti transaksi sebelum dilakukan pencatatan dalam buku besar, sehingga jurnal sering dikatakan sebagai catatan asli atau book of original entry. 2. Fungsi Jurnal a) Fungsi Pencatatan Artinya, semua transaksi yang terjadi berdasarkan bukti dokumen yang ada harus dicatat. b) Fungsi Historis Artinya, transaksi yang terjadi harus dicatat sesuai urutan waktu (kronologis). c) Fungsi Analisa Artinya, setiap transaksi yang dicatat dalam jurnal harus merupakan hasil analisa dari bukti-bukti transaksi hingga jelas letak debet/kredit perkiraan beserta jumlahnya.

veethreea_oryz@yahoo.com | 2010 1

CONTOH RPP AKUNTANSI KELAS X d) Fungsi Instruktif

veethreea

Artinya, pencatatan dalam jurnal merupakan instruksi atau perintah untuk melakukan posting atau memindahkan debet/kredit ke dalam buku besar. e) Fungsi Informatif Artinya, jurnal dapat memberikan informasi/pemberitahuan mengenai transaksi yang terjadi. 3. Macam-macam Jurnal a) Jurnal Umum b) Jurnal Khusus  Jurnal Penerimaan Kas.  Jurnal Pengeluaran Kas.  Jurnal Pembelian.  Jurnal Penjualan.  Jurnal Umum. 4. Bentuk Jurnal

Keterangan: a) Pengisian nomor halaman jurnal. b) Pengisian tahun, bulan dan tanggal transaksi. c) Pengisian jenis perkiraan. d) Perkiraan yang di debet ditulis sebelah atas merapat ke sebelah kiri dan perkiraan yang di kredit ditulis di bawahnya dan menjorok ke sebelah kanan. e) Pengisian dengan nomor kode buku besar pada saat pemindah bukuan (posting) ke buku besar. f) Pengisian jumlah uang yang di debet g) Pengisian jumlah uang yang di kredit.

veethreea_oryz@yahoo.com | 2010 2

CONTOH RPP AKUNTANSI KELAS X

veethreea

Cara Pengisian ke dalam Jurnal: a) Mencatat tanggal 1) Tahun dicatat pada kolom tanggal paling atas (pada baris pertama) dan hanya ditulis satu kali pada setiap halaman. 2) Bulan ditulis pada baris kedua pada kolom tanggal. 3) Tanggal ditulis pada baris kedua pada kolom tanggal yang berlajur kecil. b) Mendebet perkiraan Nama perkiraan yang harus di debet dicatat sebelah atas dan menjorok ke sebelah kiri pada kolom keterangan. c) Mengkredit perkiraan Nama perkiraan yang harus di kredit dicatat sebelah bawah perkiraan yang di debet, dan menjorok ke sebelah kanan ditulis pada kolom keterangan. d) Lajur reference Diisi dengan nomor kode perkiraan apabila jurnal itu telah dipindahkan ke buku besar. e) Halaman jurnal Diisi sesuai dengan lembaran jurnal. f) Memindahkan jumlah jurnal Apabila suatu halaman jurnal yang dipakai sudah penuh, maka pencatatan transaksi akan dilanjutkan pada halaman berikutnya dengan menuliskan kata “jumlah dipindahkan” dalam lajur keterangan. Setelah itu jumlahkan lajur debet dan kredit; jumlahnya harus sama. Beri tanda sudah dicek (V) dalam lajur reference.

D. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Tanya Jawab veethreea_oryz@yahoo.com | 2010 3

CONTOH RPP AKUNTANSI KELAS X

veethreea

E. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1 (3 x 45 menit) 1. Kegiatan awal (25 menit) a. Salam dan Doa b. Apersepsi Dalam kegiatan ini, guru mencoba mengajak siswa untuk mengingat kembali tentang analisa debet kredit. 2. Kegiatan inti (80 menit) a. Siswa menyimak materi tentang pengertian, fungsi, bentuk, dan cara pengisian jurnal. b. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. 3. Kegiatan akhir (15 menit) a. Siswa dengan pengarahan guru menyimpulkan tentang fungsi, bentuk, dan cara pengisian jurnal. b. Siswa diberi pekerjaan rumah. c. Doa dan salam. F. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran 1. Sumber Belajar a. Hendi Soemantri. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico. b. Modul Online Akuntansi (www.e-dukasi.net). c. Dra. Ch. Erni Kartikawati. 2009. MASTER Modul Acuan Siswa Terampil. Klaten: Penerbit CV Aviva. 2. Media dan Alat Pembelajaran Papan tulis, kapur, modul. G. Penilaian Test tertulis. Mengetahui, Guru Pembimbing Sleman, Agustus 2009 Praktikan pengertian,

Dra. Tri Muljani

Fitriyah NIM. 06403241018

veethreea_oryz@yahoo.com | 2010 4

CONTOH RPP AKUNTANSI KELAS X SOAL :

veethreea

1) Apa yang dimaksud dengan jurnal? 2) Jelaskan maksud dari: jurnal mempunyai fungsi historis! 3) Mengapa dalam perusahaan yang besar digunakan Jurnal Khusus? 4) Gambarkan bentuk jurnal! Jelaskan fungsi kolom Ref dan fungsi penulisan halaman! 5) Data yang diisikan dalam jurnal bersumber dari mana? Jelaskan! Kunci Jawaban: 1) Jurnal adalah catatan pertama setelah adanya bukti transaksi sebelum dilakukan pencatatan dalam buku besar. 2) Jurnal berfungsi untuk mencatat transaksi yang terjadi sesuai dengan urutan waktu (kronologis). 3) Karena intensitas terjadinya transaksi lebih banyak dan terus berulang-ulang. 4) Kolom Ref diisi dengan kode akun transaksi yang telah diposting ke buku besar. Penulisan halaman sangat bermanfaat karena jurnal seringkali terdiri atas lebih dari satu halaman. Halaman nantinya juga akan ditulis dalam kolom Ref Buku Besar untuk mengetahui transaksi terkait dicatat di jurnal halaman berapa.

5) Data yang dituliskan dalam jurnal, bersumber dari bukti transaksi. Karena bukti transaksi memang dokumen sumber pencatatan.

veethreea_oryz@yahoo.com | 2010 5