; Mendiskripsikan Dokumen Transaksi
Documents
Resources
Learning Center
Upload
Plans & pricing Sign in
Sign Out
Your Federal Quarterly Tax Payments are due April 15th Get Help Now >>

Mendiskripsikan Dokumen Transaksi

VIEWS: 17,467 PAGES: 11

  • pg 1
									RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) A. Identitas Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : Mendiskripsikan dokumen transaksi : : SMK YPKK 2 SLEMAN : Dasar-Dasar Akuntansi : X/I : Mengelola dokumen transaksi

1. Mendiskripsikan pengertian dokumen transaksi 2. Mendiskripsikan fungsi dokumen transaksi 3. Mendiskripsikan jenis-jenis bukti transaksi Alokasi Waktu B. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa mampu mendiskripsikan pengertian dokumen transaksi. 2. Siswa mampu mendiskripsikan fungsi dokumen transaksi. 3. Siswa mampu mendiskripsikan jenis-jenis bukti transaksi. C. Materi Pembelajaran 1. Pengertian Bukti Transaksi Bukti transaksi adalah dokumen yang berisi data transaksi untuk kebutuhan pencatatan keuangan. 2. Fungsi Bukti Transaksi Fungsi pokok bukti transaksi adalah sebagai perekam pertama setiap transaksi yang dilakukan perusahaan. Dengan adanya bukti transaksi, setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang terkait dengan keuangan dapat didokumentasikan dan dipertanggungjawabkan secara Akuntansi. Informasi yang dapat diperoleh dari adanya bukti transaksi, yaitu: a) Siapa yang melakukan transaksi. b) Rekening apa saja yang terpengaruh dengan adanya transaksi yang terjadi. c) Penetapan pencatatan rekening ke dalam pencatatan selanjutnya (jurnal). veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 1 : 3 x 45 menit

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

Kalau digambarkan siklus akuntansi pada tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa adalah sebagai berikut,

3. Jenis-Jenis Bukti Transaksi a) Bukti Transaksi Intern Bukti transaksi intern adalah bukti transaksi yang khusus dibuat oleh intern dan dibuat untuk intern perusahaan. Yang termasuk bukti intern adalah sebagai berikut. 1) Bukti Kas Masuk Bukti kas masuk adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah menerima uang secara cash atau secara tunai.

2) Bukti Kas Keluar Bukti kas keluar adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai, seperti pembelian dengan tunai atau pembayaran gaji, pembayaran utang atau pengeluaran-pengeluaran yang lainnya

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 2

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

3) Memo Memo adalah bukti pencatatan antar bagian atau manager dengan bagian-bagian yang ada di lingkungan perusahaan.

b) Bukti Transaksi Ekstern Bukti transaksi ekstern adalah bukti pencatatan transaksi yang berhubungan dengan pihak di luar perusahaan. Misalnya kuitansi, faktur, nota kontan, nota debet, nota kredit dan cek. 1) Faktur Faktur adalah tanda bukti telah terjadi pembelian atau penjualan secara kredit. Faktur dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Bagi penjual faktur yang diterima disebut faktur penjualan. Biasanya faktur dibuat rangkap sesuai dengan kebutuhan. Lembaran pertama untuk pembeli, lembaran kedua untuk penjual dan lembaran ketiga untuk arsip.

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 3

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

2) Kuitansi Kuitansi adalah bukti penerimaan sejumlah uang yang ditanda tangani oleh penerima uang dan diserahkan kepada yang membayar sejumlah uang tersebut. Lembaran kuitansi terdiri dari 2 bagian, bagian sebelah kanan diberikan kepada pihak yang membayar dan bagian kiri yang tertinggal disebut soice (dibaca sus) sebagai arsip penerima uang.

3) Nota Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual.

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 4

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

4) Nota Debet Nota debet adalah bukti perusahaan telah mendebet perkiraan langganannya disebabkan karena berbagai hal. Nota debet dikirimkan oleh perusahaan kepada langganannya karena barang yang dibeli dikembalikan, bisa disebabkan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan dan penjual setuju barangnya diterima kembali atau harganya dikurangi.

5) Nota Kredit Nota kredit adalah bukti bahwa perusahaan telah mengkredit perkiraan langganannya yang disebabkan oleh berbagai hal. Nota kredit dikirimkan oleh perusahaan kepada langganannya sehubungan barang yang dijual tidak cocok atau rusak, untuk itu penjual setuju menerima barangnya.

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 5

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

6) C e k Cek adalah surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di Bank, agar Bank membayar sejumlah uang kepada pihak yang nemanya tercantum dalam cek tersebut. Pihak-pihak yang berhubungan dalam pengeluaran cek tersebut adalah:  Pihak penarik, yaitu pihak yang mengeluarkan dan menandatangani cek tersebut.  Pihak penerima, yaitu pihak yang menerima pembayaran cek tersebut.

D. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 6

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

E. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1 (3 x 40 menit) 1. Kegiatan awal (25 menit) a. Salam dan Doa b. Apersepsi Dalam kegiatan ini, guru mencoba mengajak siswa untuk mengenal bukti transaksi yang sebenarnya sudah dekat dalam kehidupan siswa. Guru menanyakan apakah siswa pernah menerima nota setelah berbelanja di supermarket atau menerima kuitansi setelah membayar uang sekolah. Kemudian siswa menyimak penjelasan singkat tentang bukti transaksi. 2. Kegiatan inti (80 menit) a. Siswa menyimak materi tentang pemakaian bukti transaksi dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam perusahaan. b. Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari lima (5) orang untuk berdiskusi tentang. c. Siswa menyimak penjelasan guru tentang mekanisme diskusi. d. Siswa berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi dalam selembar kertas. e. Siswa mengumpulkan hasil diskusi. f. Siswa menyimak kesimpulan guru tentang pengertian bukti transaksi, fungsi bukti transaksi, dan macam-macam bukti transaksi setelah masingmasing kelompok mencoba menyipulkan secara bergantian. 3. Kegiatan akhir (15 menit) a. Siswa dengan pengarahan guru menyimpulkan tentang pengertian bukti transaksi, fungsi bukti transaksi, dan macam-macam bukti transaksi. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang bagaimana menyiapkan pengelolaan dokumen transaksi dan menyiapkan pengelolaan dokumen transaksi. c. Doa dan salam. F. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran 1. Sumber Belajar a. Hendi Soemantri. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico. b. Modul Online Akuntansi (www.e-dukasi.net). c. Dra. Ch. Erni Kartikawati. 2009. MASTER Modul Acuan Siswa Terampil. Klaten: Penerbit CV Aviva. transaksi dan mengidentifikasi dokumen

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 7

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

2. Media dan Alat Pembelajaran Papan tulis, kapur, modul. G. Penilaian Hasil Diskusi (Soal Terlampir)

Mengetahui, Guru Pembimbing

Sleman, 27 Juli 2009 Praktikan

Dra. Tri Muljani

Fitriyah NIM. 06403241018

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 8

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

LAMPIRAN SOAL DISKUSI BUKTI TRANSAKSI

Bentuklah kelompok yang terdiri dari lima (5) orang, kemudian diskusikan hal-hal di bawah ini! Kumpulkan hasil diskusi dalam selembar kertas! 1) Apa yang Anda ketahui tentang Bukti Transaksi? 2) Mengapa harus ada bukti bukti transaksi? Apakah bukti transaksi memberikan manfaat tertentu? 3) Sebutkan macam-macam bukti transaksi dan jelaskan fungsinya masingmasing! Kunci Jawaban: 1) Bukti Transaksi adalah dokumen yang berisi data transaksi untuk kebutuhan pencatatan keuangan. 2) Fungsi pokok bukti transaksi adalah sebagai perekam pertama setiap transaksi yang dilakukan perusahaan. Dengan adanya bukti transaksi, setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang terkait dengan keuangan dapat didokumentasikan dan dipertanggungjawabkan secara Akuntansi. Informasi yang dapat diperoleh dari adanya bukti transaksi, yaitu:  Siapa yang melakukan transaksi.  Rekening apa saja yang terpengaruh dengan adanya transaksi yang terjadi.  Penetapan pencatatan rekening ke dalam pencatatan selanjutnya (jurnal). 3) Sebutkan macam-macam bukti transaksi dan jelaskan fungsinya masingmasing! No. 1. Macam Bukti Transaksi Cek

Fungsi Sebagai bukti surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di Bank, agar Bank membayar sejumlah uang kepada pihak yang nemanya tercantum dalam cek tersebut.

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 9

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

2.

Nota kredit

 Sebagai bukti penerimaan kembali dan pengurangan harga atas barang yang dikembalikan oleh pembeli (bagi pembuat).  Sebagai bukti dikembalikannya barang yang telah dibeli (kepada penjual) yang disertai dengan adanya pengurangan harga.

3. 4. 5.

Nota debet Nota Kontan Kuitansi

Sebagai bukti adanya pengembalian barang (dibuat oleh pembeli) Sebagai bukti pembelian atau penjualan secara tunai. Bukti penerimaan sejumlah uang yang ditanda tangani oleh penerima uang dan diserahkan kepada yang membayar sejumlah uang tersebut.

6. 7. 8.

Faktur Memo Bukti Kas Keluar

Tanda bukti telah terjadi pembelian atau penjualan secara kredit. Bukti pencatatan antar bagian atau manager dengan bagian-bagian yang ada di lingkungan perusahaan. Tanda bukti bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai. Bukti bahwa perusahaan telah menerima uang secara cash atau secara tunai.

9.

Bukti kas masuk

Tabel Penilaian Kognitif Butir No. 1. 2. 3. Total Skor Skor 2 3 5 10

Tabel Penilaian Afektif No. 1. 2. 3. Indikator Keaktifan siswa dalam mengikuti diskusi. Keuletan siswa dalam mengerjakan soal diskusi. Keberanian siswa saat veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 10 Baik Cukup Baik Cukup

RPP AKUNTANSI SMK KELAS X

veethreea

4.

menyampaikan hasil diskusi. Kerjasama siswa dengan lainnya selama berdiskusi..

siswa

Keterangan: Baik Cukup Baik Cukup : 75 – 100 : 60 – 74 : 20 – 60

veethreea_oryz@yahoo.com | contoh RPP_ku 11


								
To top