Mencatat Transaksi ke dalam Persamaan Dasar Akuntansi

					RPP AKUNTANSI SMK KELAS X
Mengidentifikasi dan Menerapkan Pedoman, Prosedur, & Aturan

Oleh : Fitriyah veethreea_oryz@yahoo.com

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Program Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

: SMK YPKK 2 SLEMAN : Menerapkan Prinsip Professional dalam Bekerja : X AK 2/Akuntansi :I : Menerapkan Prinsip Professional dalam Bekerja :

Mengidentifikasi dan menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan.

Alokasi Waktu Indikator

: 8 x 40 menit

:

a. Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dikumpulkan dan dianalisa. b. Informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja ditentukan. c. Ketentuan tentang praktik kerja yang relevan dipergunakan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan pengambilan keputusan secara beretika. A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa mampu menjelaskan pengertian persamaan dasar Akuntansi. 2. Siswa mampu mengidentifikasi harta, utang, dan modal. 3. Siswa mampu mengidentifikasi pengaruh transaksi terhadap Persamaan Dasar Akuntansi. 4. Siswa mampu mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar Akuntansi. B. Materi Pembelajaran MATERI PERTEMUAN I (4x @ 40 menit) 1. Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi Persamaan Akuntansi sesuai dengan prinsip keseimbangan antara harta, utang, dan modal. Harta (aktiva) adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan hak atas kekayaan itu disebut dengan passiva. Bila

2

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

hak atas kekayaan itu adalah pemilik perusahaan sendiri, maka dapatlah persamaan ditulis sebagai berikut: Harta (Aktiva) = = Modal Pemilik (Passiva)

Selain hak atas kekayaan berasal dari pemilik, ada juga hak atas kekayaan yang berasal dari pihak lain (kreditur) misalnya, yang dikelompokkan ke dalam utang. Dengan demikian bentuk persamaannya dapat ditulis menjadi: Harta = Utang + Modal Pemilik (Passiva)

(Aktiva) =

Persamaan di atas disebut dengan Persamaan Dasar Akuntansi. Dalam prinsip akuntansi, hak kreditur (pelunasan utang) lebih diutamakan dari pada hak pemilik (pengembalian modal). Bila perusahaan jatuh pailit misalnya atau bubar. Dalam hal ini hak kreditur atas kekayaan perusahaan harus diselesaikan karena mempunyai hak pertama atas harta perusahaan pemilik. Oleh karena itu, dalam persamaan akuntansi penulisan utang didahulukan daripada modal pemilik. 2. Unsur-Unsur Persamaan Dasar Akuntansi a. Harta / Aktiva (Asset) Harta merupakan seluruh harta benda atau kekayaan yang dimiliki perusahaan, baik berupa benda maupun hak yang dapat dinilai dengan satuan uang. Harta dapat dikelompokkan atas kelancaran (likuiditas) yaitu harta lancar, investasi jangka panjang, harta tetap, harta tidak berwujud dan harta-harta lainnya. 1) Harta lancar, adalah harta yang berupa uang kas/bank dan harta yang sangat mudah dijadikan uang atau umur pemakaiannya kurang dari satu tahun. Yang termasuk harta lancar adalah:

3

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

a) Kas Kas merupakan uang tunai yang siap digunakan dan bebas digunakan setiap saat baik yang ada dalam perusahaan maupun saldo rekening giro perusahaan yang terdapat dalam bank. b) Surat-surat berharga (efek) Surat-surat berharga merupakan surat-surat yang dimiliki perusahaan untuk diperjual-belikan. Gunanya untuk memanfaatkan dana kas/bank yang dipakai. c) Wesel tagih, adalah piutang yang diperkuat dengan promes. d) Piutang , adalah tagihan pada pihak lain baik perorangan maupun badan usaha. e) Persedian barang dagang, adalah persediaan barang yang tersedia untuk dijual (dalam perusahaan dagang), persediaan bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi (dalam perusahaan manufaktur). f) Perlengkapan, adalah barang-barang yang digunakan untuk kegiatan perusahaan dan diperkirakan habis dipakai dalam setahun. Misalnya perlengkapan kantor, perlengkapan toko. (biasanya juga disebut bahan habis pakai). g) Beban dibayar di muka, biaya yang telah dibayar tetapi manfaat dari pembayaran belum diperoleh atau digunakan. Seperti asuransi dibayar di muka, sewa dibayar di muka dan iklan dibayar di muka. 2) Penyertaan (Investasi), adalah investasi jangka panjang dalam bentuk saham, obligasi atau surat berharga lainnya. Investasi bertujuan memperoleh keuntungan pada masa yang akan datang, atau dengan tujuan untuk menguasai perusahaan lainnya. Investasi umumnya dalam bentuk saham dan obligasi. 3) Harta Tetap, adalah harta berwujud yang digunakan untuk operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun, seperti tanah, bangunan, mesin-mesin, peralatan dan sebagainya. 4) Harta tak berwujud, adalah harta yang tidak mempunyai wujud fisik, tetapi merupakan hak-hak istimewa yang menguntungkan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan. Contoh harta tak berwujud antara lain:

4

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

1. Hak paten, yaitu hak istimewa atas suatu barang yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan. 2. Hak Cipta, yaitu hak karena menciptakan sesuatu yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan. Misalnya hak cipta lagu. 3. Goodwill, adalah nama baik perusahaan yang melekat pada perusahaan itu sendiri. Dengan goodwill maka barang yang diproduksi dipercaya dan dibeli oleh masyarakat. b. Utang (liabilities) Kewajiban adalah pengorbanan ekonomis yang harus dilakukan oleh perusahaan pada masa yang akan datang. Pengorbanan untuk masa yang akan datang ini terjadi akibat kegiatan usaha. Kewajiban ini dibedakan atas utang lancar dan utang jangkan panjang. 1) Utang Lancar Utang lancar adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Utang lancar antara lain: a) Wesel bayar, adalah utang yang disertai promes. b) Utang usaha atau utang dagang, adalah kewajiban yang timbul karena pembelian jasa atau barang secara kredit. c) Biaya yang masih harus dibayar, adalah beban yang sudah terjadi tetapi belum dibayar. Misalnya utang sewa, utang gaji dan utang bunga. d) Pendapatan diterima di muka, adalah kewajiban yang disebabkan perusahaan menerima lebih dahulu uang sedangkan penyerahan jasa atau barang belum dilakukan. 2) Utang Jangka Panjang Utang jangka panjang adalah kewajiban yang jangka waktu pelunasannya lebih dari satu tahun. Utang ini timbul karena pelunasan perusahaan untuk membeli peralatan-peralatan baru atau mesin-mesain baru. Yang termasuk utang jangka panjang antara lain: a) Utang Bank, adalah pinjaman modal kerja dari Bank untuk perluasan usaha. b) Utang Hipotik, adalah pinjaman dari Bank dengan jaminan aktiva tetap. c) Utang Obligasi, adalah utang yang disebabkan perusahaan menerbitkan dan menjual surat-surat berharga. 5

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

3) Utang Lain-Lain Utang lain-lain adalah utang yang tidak termasuk utang lancar maupun utang jangka panjang. Misalnya utang kepada direksi dan utang kepada pemegang saham. c. Modal (ekuitas) Modal merupakan nilai lebih antara harta dengan utang, yang merupakan hak bagi pemilik perusahaan. Akuntansi modal pada perusahaan perseorangan disertai nama pemilik, akuntansi modal pada persekutuan disertai dengan nama sekutu. Pada perusahaan Perseroan Terbatas, akuntansi modal disebut dengan modal saham. d. Pendapatan Pendapatan adalah hasil atau penghasilan yang diperoleh perusahaan. Pendapatan dibedakan atas: 1) Pendapatan Usaha, adalah pendapatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha. 2) Pendapatan di luar usaha, adalah pendapatan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan usaha. Misalnya pendapatan sewa, pada perusahaan dagang menyewakan sebagian ruang yang tidak dipakai untuk kegiatan usaha, tetapi disewakan kepada pihak lain. e. Beban Beban adalah pengorbanan yang terjadi selama melaksanakan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan. Beban dapat dibedakan atas: 1) Beban Usaha, adalah pengorbanan yang langsung berhubungan dengan kegiatan usaha. 2) Beban Lain-lain, adalah pengorbanan yang tidak langsung berhubungan dengan kegiatan pokok usaha. Misalnya beban bunga. Beban (biaya) yang dibayar oleh perusahaan pada saat tertentu atas pinjaman yang diperoleh dari Bank.

6

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

MATERI PERTEMUAN II Berikut adalah tabel contoh pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan dasar akuntansi: No. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Pengambilan Prive 9. Pemakaian perlengkapan 10. Penyusutan peralatan 11. √ √ √ √ Beban perlengkapan Beban penyusutan √ √ Prive Pembayaran biaya gaji, √ biaya listrik, biaya sewa. Penerimaan piutang √ √ √ Biaya gaji Biaya listrik Biaya sewa Transaksi Setoran Modal Awal berupa kas, gedung, dan peralatan. Pembelian peralatan/perlengkapan kredit Pembelian peralatan/perlengkapan tunai. Penerimaan pendapatan secara tunai. Pendapatan atas jasa yang telah selesai dikerjakan akan diterima kemudian. Pembayaran utang. HARTA + √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Pendapatan Jasa Pendapatan Jasa Pengaruh Transaksi Terhadap: UTANG MODAL Keterangan + + Modal Awal √ √

7

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

Berikut adalah contoh format Persamaan Dasar Akuntansi: Nama Perusahaan Persamaan Dasar Akuntansi Bulan Juli 2009 (dalam rupiah)
AKTIVA Tgl Kas Piutang Usaha Perlengkap an Peralatan Utang Usaha = Kewajiban + Modal Modal Devita Keterangan

Berikut adalah contoh-contoh transaksi dan analisis pengaruhnya terhadap persamaan dasar Akuntansi: 1) Tuan Ryan mendirikan perusahaan jasa service alat elektronika diberi nama “Ryan Service” dengan menyetor uang tunai Rp. 10.000.000,00 sebagai modal awalnya. Analisis transaksi 1: Akun yang muncul adalah kas bertambah akibat adanya uang tunai yang disetorkan ke dalam perusahaan oleh pemilik. Pada sisi lain, akun modal bertambah, karena uang yang disetorkan tersebut sebagai modal awal usaha. Jadi pengaruh transaksi tersebut adalah: Pada satu sisi harta bertambah berupa kas Rp. 10.000.000,00 dan diimbangi dengan akun modal Rp. 10.000.000,00. 2) Membayar gaji karyawan untuk bulan ini Rp. 600.000,00. Analisis transaksi: Kas berkurang Rp. 600.000,00 yang digunakan untuk pembayar gaji karyawan. Dan modal berkurang Rp. 600.000,00 karena beban/biaya sifat mengurangi modal. Pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi: Harta berkurang berupa kas, dan modal berkurang masing-masing Rp. 600.000,00. 3) Untuk menambah kas perusahaan Tuan Ryan meminjam uang pada Bank BNI Rp. 2.000.000,-

8

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

Analisis transaksi 3 di atas adalah:   Kas bertambah Rp. 2.000.000,00 diimbangi dengan timbulnya utang Bank sebesar Rp. 2.000.000,00. Pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi adalah harta berupa kas bertambah Rp. 2.000.000,00 dan utang bertambah yang dicatat ke dalam akun utang Bank Rp. 2.000.000,00. 4) Membeli peralatan seharga Rp. 450.000,00 dibayar per kas Rp. 150.000,00 sisanya dibayar 2 minggu yang akan datang. Analisis transaksi: Peralatan bertambah Rp. 450.000,00 dan kas berkurang Rp. 150.000,00 kemudian utang bertambah Rp. 300.000,00. Pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi, yaitu: Harta bertambah berupa peralatan Rp 450.000,00 dan harta berkurang berupa kas Rp. 150.000,00 diimbangi dengan bertambahnya utang Rp. 300.000,00.

C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Latihan Soal 4. Penugasan D. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1 (2 x 40 menit) 1. Pendahuluan (20 menit) a. Mengucapkan salam kemudian berdoa. b. Guru menanyakan kondisi siswa dan memeriksa kehadiran siswa. c. Siswa mendengarkan penjelasan singkat terkait dengan materi yang akan dipelajari, tujuan mempelajari materi Persamaan

9

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

Dasar Akuntansi, serta tentang strategi pembelajaran yang akan digunakan, yakni dengan didahului ceramah dan teknik Tanya Jawab, kemudian dilanjutkan dengan latihan soal. d. Apersepsi Dalam kegiatan ini siswa diminta untuk menyebutkan salah satu kegiatan usaha yang ada di dalam masyarakat. Kemudian siswa menyebutkan harta yang dimiliki oleh usaha tersebut (misalnya Salon Kecantikan memiliki alat pengeriting, pelurus rambut, bermacam-macam shampoo, dsb) dan bagaimana cara pemerolehannya. Siswa dengan arahan guru menyebutkan bahwa harta dapat diperoleh dari modal sendiri atau dengan cara utang. 2. Kegiatan Inti (45 menit) a. Siswa memahami penjelasan guru tentang pengertian persamaan dasar Akuntansi, pengelompokan harta, utang, dan modal, serta tentang rumus persamaan dasar Akuntansi (Harta = Utang + Modal). b. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. c. Beberapa siswa diminta menjawab pertanyaan guru terkait dengan materi. 3. Kegiatan Penutup (15 menit) a. Siswa dengan pengarahan guru menyimpulkan pengelompokkan harta, utang, dan modal. b. Siswa diminta untuk mengulang kesimpulan dari materi pelajaran pada pertemuan ini. c. Siswa menerima informasi mengenai kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya, belajar di rumah. d. Salam penutup dan doa. Pertemuan ke-2 (3 x 40 menit) 1. Pendahuluan (15 menit) a. Mengucapkan salam kemudian berdoa. b. Guru menanyakan kondisi siswa dan memeriksa kehadiran siswa. c. Siswa mendengarkan ilustrasi singkat tujuan pembelajaran. 10 yakni siswa akan berlatih mengerjakan persamaan dasar Akuntansi. Siswa diminta untuk

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

d. Apersepsi : siswa mengingat kembali materi yang dipelajari dalam pertemuan sebelumnya, yakni tentang rumus persamaan dasar akuntansi. e. Siswa mendengarkan penjelasan tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari hari ini, yakni siswa berlatih mengerjakan soal. 2. Kegiatan Inti (90 menit) a. Siswa mengingat kembali prinsip persamaan dasar Akuntansi (Harta = Utang + Modal). b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan dasar Akuntansi (Misalnya, transaksi pembelian perlengkapan tunai mengakibatkan berkurangnya harta berupa kas dan penambahan harta berupa perlengkapan). c. Siswa mengerjakan soal latihan Persamaan Dasar Akuntansi. d. Siswa yang mengalami kesulitan mendapatkan arahan dari guru. e. Siswa dengan bimbingan guru mengoreksi hasil pekerjaannya masing-masing dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. 3. Kegiatan Penutup (15 menit) a. Siswa dengan pengarahan guru membuat kesimpulan tentang cara penyusunan persamaan dasar Akuntansi. b. Siswa mengulang kesimpulan dari materi pelajaran pada pertemuan ini. c. Guru memberikan pekerjaan rumah. d. Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. e. Salam penutup dan doa. Pertemuan ke-3 (4 x 40 menit) 1. Pendahuluan a. Mengucapkan salam kemudian berdoa. b. Guru menanyakan kondisi siswa dan memeriksa kehadiran siswa. c. Apersepsi. Dalam kegiatan ini siswa diminta untuk mengingat kembali tentang persamaan dasar Akuntansi dengan menjawab secara cepat pertanyaan yang diberikan oleh guru (misalnya, guru bertanya, ”Perusahaan membayar biaya listrik, bagaimana 11

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

pengaruhnya dalam persamaan dasar Akuntansi?”) Siswa yang ditunjuk menjawab dengan cepat. Jika jawaban siswa tsb kurang tepat, pertanyaan dilempar ke siswa yang lain). d. Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan dan strategi pembelajaran yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari. 2. Kegiatan Inti a. Siswa dengan arahan guru mengoreksi pekerjaan rumah. b. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami (terkait dengan pekerjaan rumah yang telah dikoreksi). c. Siswa mengerjakan soal latihan kembali kemudian mengoreksinya bersama-sama dengan dibimbing oleh guru. d. Selama proses latihan dan mengoreksi latihan, siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. 3. Kegiatan Penutup a. Siswa dengan arahan guru membuat kesimpulan terkait dengan pembelajaran hari ini. b. Siswa mendengarkan instruksi guru untuk mempelajari materi selanjutnya, yakni mengenai penyusunan Laporan Keuangan dari Persamaan Dasar Akuntansi. c. Salam penutup dan doa. E. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran a) Sumber Belajar a. Hendi Soemantri. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico. b. Erni Kartikawati. 2009. MASTER: Modul Acuan Siswa Terampil. Klaten: Penerbit dan Percetakan AVIVA. c. Modul Online Akuntansi (www.e-dukasi.net). b) Media Pembelajaran Papan tulis, kapur, modul. F. Penilaian  Keaktifan dan partisipasi di kelas (siswa yang bersedia bertanya, menjawab pertanyaan, atau mengerjakan soal di papan tulis mendapatkan nilai tersendiri).  QUIZ Persamaan Dasar Akuntansi.

12

RPP AKUNTANSI SMK  No. 1. 2. 3. 4.

KELAS X Veethreea

Tabel Penilaian Afektif Indikator Keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran Keuletan siswa dalam menerima materi. Keberanian siswa di dalam kelas. Kerjasama siswa dengan siswa lainnya selama mengikuti pelajaran. Baik Cukup Baik Cukup

Keterangan: Baik Cukup Baik Cukup : 75 – 100 : 60 – 74 : 20 – 60

Mengetahui, Guru Pembimbing

Sleman, 27 Juli 2009 Praktikan

Dra. Tri Muljani

Fitriyah NIM. 06403241018

13

RPP AKUNTANSI SMK

KELAS X Veethreea

SOAL QUIZ Pada tanggal 5 Juli 2003,Novian mendirikan Salon Kecantikan dengan nama Permata Salon. Berikut ini transaksi yang terjadi selama bulan Juli 2003 sebagai berikut: 1) Penerimaan setoran investasi Novian berupa: a) Uang tunai Rp 10.000.000,00. b) Gedung untuk tempat usaha yang dinilai seharga Rp 50.000.000,00. 2) Pembelian peralatan kecantikan dengan pembayaran kredit seharga Rp 12.000.000,00. 3) Pembelian perlengkapan kecantikan secara tunai Rp 1.200.000,00. 4) Penjualan jasa kepada pelanggan tunai dalam minggu kedua sebesar Rp 900.000,00. 5) Pembelian peralatan seharga Rp 3.000.000,00 dan perlengkapan seharga Rp 600.000,00. Dibayar tunai Rp 2.000.000,00 dan sisanya akan dibayar pada tanggal 10 Agustus 2003. 6) Penjualan jasa kecantikan kepada pelanggan tunai pada minggu ketiga dan keempat sebesar Rp 1.600.000,00. 7) Penggunaan jasa kecantikan oleh seorang pelanggan dalam perayaan pernikahan purinya seharga Rp 3.000.000,00. Sebagai pembayaran diterima tunai Rp 2.000.000,00, sisanya akan dibayar pada awal Bulan Agustus 2003. 8) Pembayaran hutang kepada kreditor sebesar Rp 6.000.000,00. 9) Pembayaran biaya untuk beban bulan Juli 2003: a) Gaji karyawan b) Rekening Listrik c) Beban Lain-Lain 2003 ditaksir seharga Rp 600.000,00. Berdasarkan data di atas, diminta: 1) Susun data keuangan PERMATA Salon per 5 Juli 2003 dalam bentuk persamaan dasar akuntansi. Rp 1.200.000,00. Rp 120.000,00 Rp 230.000,00

10) Sisa perlengkapan kecantikan yang belum dipakai pada tanggal 31 Desember

14