Docstoc

Makalah Pembinaan Terhadap Ketrampilan Mengajar Guru

Document Sample
Makalah Pembinaan Terhadap Ketrampilan Mengajar Guru Powered By Docstoc
					PEMBINAAN TERHADAP KETRAMPILAN MENGAJAR GURU Oleh : Moh. Mujib Zunun @lmisri

I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Guru adalah salah satu di antara factor pendidikan yang memiliki peranan yang paling strategis, sebab gurulah sebetulnya “pemain” yang paling menentuakan di dalam terjadinya proses belajar mengajar. Di tangan guru yang cekatan fasilitas dan sarana yang kurang memadai dapat diatasi, tetapi sebaliknya di tangan guru yang kurang cakap, sarana, dan fasilitas yang canggih tidak banyak memberi manfaat. Berangkat dari asumsi tersebut maka langkah pertama yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas tenaga pendidiknya terlebih dahulu. Dicanangkanlah program DII untuk guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah adalah merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas guru baik untuk program pengadaan maupun penyetaraan. Salah satu di antara cirri kemajuan zaman tersebut adalah adanya suatu pekerjaan yang ditangani secara professional, sehingga pekerjaan itu dikerjakan secara sungguh-sungguh dan serius oleh orang yang memiliki profesi di bidang tersebut. Pekerjaan guru merupakan pekerjaan profesi, karena itu mesti dikerjakan sesuai dengan tuntutan profesionalisme. Di bidang keguruan ada tiga persyaratan pokok seseorang itu menjadi tenaga profesionalis di bidang keguruan. Pertama, memiliki ilmu pengetahuan di bidang yang diajarkannnya sesuai dengan kualifikasi di mana dia mengajar. Kedua, memiliki pengetahuan dan keterampilan bi bidang keguruan, dn ketiga memiliki moral akademik. (Haidar Putra, 2004 : 75-76)

B. Rumusan Masalah

1

Pokok bahasan dalam makalah yang berjudul “Pembinaan Terhadap Ketrampilan Mengajar Guru” adalah sebagai berikut : 1. Pengertian Guru 2. Ketrampilan Mengajar 3. Upaya pembentukan guru madrasah yang profesional

C. Tujuan Penulisan Makalah Sesuai dengan permasalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penulisan ini diarahkan untuk : 1. Untuk mengetahui hakikat guru 2. Untuk mengetahui keterampilan mengajar 3. Untuk mengetahui upaya pembentukan guru madrasah yang profesional.

D. Sistematika Penulisan Makalah Sebagai langkah akhir dalam penulisan makalah ini, maka klasifikasi sistematika penulisannya sebagai berikut : Bab I : Pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, pembatasan dan rumusan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan. Bab II : Dibahas tentang tinjauan hakikat guru, keterampilan mengajar, dan upaya pembentukan guru madrasah yang profesional Bab III : Merupakan bab terakhir dalam penulisan makalah ini yang berisikan tentang kesimpulan.

II PEMBAHASAN

A. Pengertian Guru B. Ketrampilan Mengajar C. Upaya Pembentukan Guru Madrasah yang Profesional

2

III KESIMPULAN

BIBLIOGRAPY

3


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:3646
posted:1/13/2010
language:Indonesian
pages:3