tutorial internet2 by ubay11

VIEWS: 224 PAGES: 9

More Info
									SUMBER : BBM BAHASA INGGRIS A. Membuat Account Email di Yahoo!
Yahoo! adalah salah satu situs yang melayani pemilikan dan penggunaan account email secara gratis. Setiap pemilik account Yahoo! memiliki juga alamat uma-Membuat account di Yahoo! merupakan langkah pertama agar kita dapat menggunakan layanan gratis Yahoo!, antara lain layanan email. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah membuat account email di Yahoo! Indonesia (http://id.yahoo.com) adalah sebagai berikut. 1. Kunjungi situs Yahoo! Indonesia (ketik: http://id.yahoo.com pada kolom address browser). Tampilannya kira-kira adalah sebagai berikut:

Gambar E2- 1. Halaman awal Yahoo! Indonesia 2. Klik Link Surat Gratis: Daftar. Maka akan tampak tampilan layar sebagai berikut.

Gambar E2- 2 Halaman Isian Account Yahoo! Indonesia 3. Isilah kolom-kolom isian sesuai dengan keadaan anda. Email alternatif boleh tidak diisi jika memang tidak punya. Pertanyaan keamanan perlu diisi kalau-kalau kita lupa kata sandi untuk ID Yahoo! kita. Isian ini cukup banyak, sampai kira-kira dua halaman layar. Bila telah selesai klik tombol .

Gambar E2- 3 Contoh Isian Borang (Formulir) Account Yahoo! Indonesia

Gambar E2- 4 Contoh Isian Borang Account Yahoo! Indonesia (lanjutan) 4. Bila isian salah, misalya karena nama email sudah ada yang memakai atau salah menuliskan kode dalam kotak, Anda harus mengulang beberapa isian sebelum bisa meng-klik tombol .

Gambar E2- 5 Account Berhasil Dibuat 5. Account telah berhasil dibuat. ID Yahoo! sekaligus alamat email yang dibuat (pada contoh di atas: hari.wibawanto@yahoo.co.id) harus diingat-ingat. Demikian juga kata sandi yang telah diisikan pada kotak isian sebelumnya. Anda dapat meng-klik tombol bila ingin langsung menggunakan email. Bila tidak, Anda bisa meninggalkan situs ini.

B.

Menulis Surat di Yahoo! Indonesia

Diasumsikan Anda telah: (1) memiliki alamat email di Yahoo! Indonesia, (2) hafal ID Yahoo! dan kata sandinya. Selanjutnya ikutilah langkah-langkah sebagai berikut: 1. Kunjungi alamat situs Yahoo! Indonesia.

Gambar E2- 6 Situs Yahoo! Indonesia 2. Untuk masuk dan melihat surat, klik link Cek status surat anda: Masuk. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Ketiklah IDYahoo! dan sandi anda, kemudian klik tombol .

Gambar E2- 7 Ketikkan ID Yahoo! dan sandi 3. Bila isian benar maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Gambar E2- 8 Tanda berhasil masuk ke kotak surat 4. Tanda bahwa anda menuliskan kata ID Yahoo! dan kata sandi dengan benar adalah bila tampil nama depan anda seperti pada gambar di atas. Klik link untuk melihat situs kotak surat anda. Perhatika bahwa ada satu surat yang datang ke kotak surat anda. Karena anda baru pertama kali membuka layanan ini, kemungkinan besar surat itu adalah surat dari Yahoo! untuk anda. Tampilan setelah meng-klik adalah sebagai berikut.

Gambar E2- 9 Tampilan situs kotak surat anda 5. Klik link Email Masuk untuk melihat isi atau daftar isi surat yang masuk. 6. Klik tombol bila ingin menulis surat.

7. Misalnya Anda ingin membaca email, klik-lah link Email Masuk. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Gambar E2- 10 Tampilan Daftar Email Masuk 8. Klik isi topik (dalam contoh: Selamat datang di Yahoo) bila ingin membaca email yang dikirim oleh Yahoo!. Hasilnya, akan muncul tampilan sebagai berikut.

Gambar E2- 11 Tampilan isi surat dari Yahoo! (berupa gambar poster) 9. Bila anda ingin menulis email, klik tombol yang muncul adalah sebagai berikut. . Tampilan

Alamat email Tembusan (cc)

Isi surat

Gambar E2- 12 Tampilan Form Penulisan Email 10. Anda bisa juga melampirkan dokumen ke dalam email (misalnya dokumen yang ditulis dengan Microsoft Word, Microsoft Excel , Microsoft PowerPoint, Gambar, dan sebagainya). Caranya: a. Klik tombol sebagai berikut. , maka akan tampil seperti gambar

Gambar E2- 13 Tampilan upload lampiran b. Klik tombol ini. , maka akan tampil tampilan berikut

Gambar E2- 14 Kotak Dialog Pilih File c. Pada kotak dialog Pilih File, pilihlah file yang akan dilampirkan, kemudian klik tombol . Akan tampil kembali isian Lampirkan File. Kali ini sudah ada nama file pada kotak isian pertama.

Gambar E2- 15 Kotak Isian Lampirkan File d. Bila ada lagi file yang akan dilampirkan klik tombol berikutnya, bila tidak klik tombol . Mungkin Anda harus menunggu cukup lama kalau file anda berukuran besar.

Gambar E2- 16 Proses melampirkan file e. Bila prosesnya selesai, akan muncul tampilan berikut ini.

Gambar E2- 17 Proses selesai, kotak pesan ditampilkan lagi f. Klik tombol untuk mengirimkan surat.


								
To top