1 . Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus

Document Sample
1 . Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus Powered By Docstoc
					1 . Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus memiliki tingkat takson terendah yang sama, yaitu........ A . filum D . ordo B . subfilum E . famili C . kelas Kunci : B Penyelesaian : Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus, termasuk filum chordata dan subfilum vertebrata. Di kelas mulai beda. Paus termasuk kelas mamalia, sedangkan yang lainnya Pisces. 2 . Contoh Cyanophyta (alga biru) yang bereproduksi dengan hormogonium adalah ........ A . Oscillatoria D . Rivularia B . Chroococcus E . Nostoc C . Gloeocapsa Kunci : A Penyelesaian : Hormogonium : sekelompok sel pada alga biru, sebagai alat pembiakan secara fragmentasi. Cyanophyta yang bereproduksi dengan hormogonium adalah Oscillatoria 3 . Perhatikan gambar tumbuhan lumut berikut ini!

Pada bagian No. 1 terjadi proses ........ A . mitosis untuk membentuk spora. D . pembentukan spermatozoa. B . meiosis untuk membentuk spora. E . pembentukan ovum. C . pembentukan sporogonium. Kunci : B Penyelesaian : Sporangium : kotak spora yang merupakan tempat pembentukan spora, dan berlangsung secara meiosis di mana menghasilkan jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk. 4 . Gambar di bawah ini adalah kelompok ganggang biru.

Nama ganggang dari nomor 1, 2, 3, 4 secara berurutan adalah ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

1

A . Rivularia, Oscillatoria, Nostoc, dan Anabaena. B . Rivularia, Nostoc, Gloeocapsa dan Oscillatoria. C . Ricularia, Anabaena, Nostoc dan Oscillatoria. D . Rivularia, Nostoc, Oscillatoria dan Gloeocapsa. E . Oscillatoria, Nostoc, Gloeocapsa dan Rivularia. Kunci : D Penyelesaian : Urutan nama yang benar : 1. Rivularia 2. Nostoc 3. Oscillatoria 4. Gloeocapsa 5 . Ditemukan hewan dengan ciri-ciri : 1. tubuh dan kaki beruas-ruas. 2. dada terdiri atas tiga ruas. 3. memiliki tegmina. 4. ukuran semua kakinya relatif sama. Hewan yang dimaksud adalah ........ A . lalat D . laron B . capung E . kepik C . lipas Kunci : C Penyelesaian : - Orthoptera : sayap depannya disebut dengan tegmina: lipas, belalang, jangkrik, kecoa. - Diptera : lalat - Isoptera atau Achiptera: laron - Odonata : capung - Koleoptera: kepik 6 . Untuk memutus daur hidup cacing darah (Schistosoma japonicum) yang paling efektif adalah ........ A . jangan makan daging siput setengah matang. B . jangan makan ikan setengah matang. C . selalu memakai alas kaki. D . menghindarkan diri dari gigitan nyamuk. E . jangan makan daging setengah matang. Kunci : A Penyelesaian : Cacing dewasa Schistosoma sering ditemukan pada vena, saluran pencernaan, saluran getah bening, saluran kencing. Larvanya hidup di tubuh siput. Sarkarianya masuk ke tubuh hospes bersama air dan dapat menembus kulit. 7 . Ciri-ciri Basidiomycotina adalah ........ A . semua anggotanya bersifat makroskopis dan saprofit B . semua hifanya berinti satu dan bersifat diploid. C . hifanya bercabang-cabang, tidak bersekat, dan bersifat dikariotik. D . basidiospora dan konidiospora sebagai basil reproduksi generatif dan vegetatif. E . basidium berbentuk papan, payung, benang, atau seperti kuping. Kunci : D Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

2

Ciri-ciri Basidiomycotina : - Bersifat makroskopis, tetapi ada beberapa jenis yang bersifat mikroskopis - Hifa bersekat dengan inti satu atau dua - Perkembangbiakan secara generatif dengan basidiospora sedangkan secara vegetatif dengan pembentukan konidiospora. 8 . Pernyataan berikut yang mendukung ciri-ciri hutan hujan tropik basah adalah ........ A . kelembaban udara tinggi, suhu hampir konstan sepanjang hari. B . hujan tidak teratur, tetapi kadang-kadang terjadi hujan yang lebat. C . tumbuhan relatif kecil-kecil, berupa semak. D . curah hujan tidak merata sepanjang tahun dan berupa padang rumput. E . vegetasi spesifik adalah konifer dan hewan aktif di malam hari. Kunci : A Penyelesaian : Bioma hutan hujan tropis terdapat di Amerika Tengah, Amazon, Afrika Barat dan Tengah, Amerika Selatan, dan Asia. Tumbuhan : pohon-pohon besar dengan kanopi yang lebar, epifit (anggrek), merambat (rotan). Hewan : unggas, invertebrata, kera, burung, harimau. 9 . Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur C berikut ini!

Proses yang terjadi pada no. X adalah ........ A . fotosintesis D . pembakaran B . respirasi E . pengendapan C . mati Kunci : B Penyelesaian : Pada bagian X merupakan tahap respirasi dari bakteri, tumbuhan hijau, hewan, dan perombak ke atau dari udara. 10 . Berikut ini yang berperan sebagai konsumen I pada komunitas kolam adalah ........ A . ikan kecil karena memakan Plankton. B . plankton karena menduduki tingkat tropi I. C . fitoplankton karena merupakan pengkonsumsi energi matahari yang pertama. D . ikan besar karena memakan ikan kecil. E . fitoplankton karena berada pada urutan pertama rantai makanan untuk tingkat komunitas kolam. Kunci : A Penyelesaian : Pada komunitas kolam terjadi rantai makanan seperti di bawah ini :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

3

Plankton Produsen

ikan kecil ikan sedang ikan besar pengurai. Konsumen I Konsumen II Konsumen III Pengurai

11 . Pada sungai yang alirannya lambat airnya akan menjadi subur sekali untuk pertumbuhan ganggang dan tanaman pengganggu lainnya, keadaan ini disebut eutrofikasi. Peristiwa ini disebabkan oleh ........ kelebihan CO 2 dan SO 2 hasil dari pelapukan sampah organik. kekurangan dekomposer yang akan membusukkan sampah buangan. timbunan bahan anorganik hasil penguraian sampah organik dan polutan. sampah organik yang tidak mampu terurai oleh mikroorganisme. limbah minyak tanah menutupi lapisan permukaan perairan dan mematikan mikroorganisme. Kunci : C Penyelesaian : Pada air sungai, mengandung banyak unsur hara yang larut di dalamnya yang merupakan hasil pembusukan dari bahan organik. Keadaan ini membuat tumbuhan yang hidup di air dan tumbuhan di sekitarnya menjadi subur (eutrofikasi). 12 . Usaha-usaha berikut yang tidak termasuk melestarikan Sumber Daya Alam hayati adalah........ A . mendaur ulang penggunaan tembaga. B . menjaga habitat asli hewan-hewan tertentu. C . memelihara kebun botani. D . melakukan penghijauan di hutan-hutan. E . mencegah polusi. Kunci : A Penyelesaian : Sumber Daya Alam dibedakan menjadi dua yaitu: 1. Hayati : berasal dari makhluk hidup. Contoh: Flora, fauna, mikroorganisme 2. Nonhayati : berasal dari benda tak hidup. Contoh: besi, tembaga, minyak Jadi yang tidak termasuk usaha melestarikan Sumber Daya Alam adalah mendaur ulang penggunaan tembaga. 13 . Ditemukan jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut : - bentuk pipih, kubus atau silindris. - terletak pada permukaan organ. - berfungsi proteksi, sekresi. Jaringan yang dimaksud adalah ........ A . saraf D . lemak B . epitel E . ikat C . otot Kunci : B Penyelesaian : Sifat/bentuk jaringan epitel : - Berbentuk pipih, kubus atau silindris. - Terletak pada permukaan organ. - berfungsi sebagai pelindung (proteksi) dan juga sekresi. 14 . Organ yang membangun sistem ekskresi adalah ........ A . pankreas, paru-paru, kulit, usus besar. B . hati, usus halus, pankreas, kulit.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

A. B. C. D. E.

4

C . ginjal, paru-paru, usus besar, kulit. D . usus besar, hati, pankreas, ginjal. E . kulit, paru-paru, hati, ginjal. Kunci : E Penyelesaian : Ekskresi : proses pengeluaran sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Yang termasuk organ ekskresi adalah ginjal, paru-paru, hati, dan kulit 15 . Perhatikan gambar penampang melintang daun di bawah ini!

Jaringan yang berlabel X mempunyai fungsi untuk ........ A . penyokong dan penguat. D . mengangkut air dan garam mineral. B . mengangkut hasil fotosintesis. E . pelindung jaringan yang lain. C . menunjang jaringan yang lain. Kunci : D Penyelesaian : Bagian X adalah Xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari tanah ke daun. 16 . Perhatikan gambar berikut ini!

Pada bagian X terjadi proses ........ A . pendewasaan sel B . perpanjangan sel. C . perbanyakan sel. Kunci : B Penyelesaian :

D . diferensiasi sel. E . pertumbuhan primer dan sekunder.

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

5

17 . Perhatikan tabel berikut ini !

Pasangan yang sesuai antara hormon dengan fungsinya adalah ........ A . 1 dan T D . 4 dan P B . 2 dan R E . 5 dan S C . 3 dan Q Kunci : D Penyelesaian : Hormon Etilen : merupakan hormon yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua. Jika buah yang sudah tua masih belum masak dan dipetik, kemudian ditutup karung, atau plastik, maka akan cepat masak. Pasangan yang tepat pada tabel adalah 4 dan P 18 . Pada hewan setelah telur dibuahi oleh sperma terbentuklah zigot yang akan berkembang secara bertahap melalui beberapa fase. Pada fase gastrulasi terjadi proses ........ A . pembelahan sel terus menerus sehingga terbentuk massa sel berbentuk seperti bola. B . pembentukan massa sel seperti bola yang mempunyai rongga berisi cairan. C . pembentukan massa sel yang berbeda-beda sehingga terbentuk 3 lapisan sel yang tidak sama. D . perubahan mesoderm menjadi bentuk awal sebuah organ. E . pembentukan jaringan berbentuk seperti bola padat yang mempunyai kutub berbeda. Kunci : C Penyelesaian : Gastrulasi merupakan proses perubahan dari proses blastula menjadi gastrula. Setelah jadi embrio, dinding terdiri atas tiga lapisan (tripoblastik) yaitu : ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Hewan yang termasuk tripoblastik : cacing, bintang laut, serangga, siput, vertebrata 19 . Jika persendian pada gambar di bawah ini digerakkan, akan menimbulkan gerakan........

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

6

A . satu arah D . dua arah B . menggeliat E . ke segala arah C . berporos dua Kunci : E Penyelesaian : Gambar sendi pada soal termasuk sendi peluru yang memungkinkan gerakan bebas ke segala arah. Sendi peluru ini terdapat pada tulang paha dan pinggul, lengan atas dan tulang belikat. 20 . Pengangkutan air dan mineral-mineral tanah dari lapisan korteks menuju lapisan endodermis terjadi karena ........ A . tekanan akar D . difusi dipermudah B . daya kapilaritas E . transpor aktif C . daya hisap daun Kunci : E Penyelesaian : Transpor aktif : pengangkutan molekul dan ion melalui membran sel melawan gradien konsentrasi yang memerlukan energi. 21 . Perhatikan gambar berikut ini!

Yang berlabel X berfungsi ........ A . membawa O 2 dan sari makanan ke jaringan tubuh. B . membawa O 2 dan sari makanan ke jantung. C . membawa CO 2 dan sisa metabolisme ke jantung. D . memompakan darah ke insang. E . memompakan darah ke jantung. Kunci : A Penyelesaian : CO 2 pada kapiler insang dilepaskan, sedangkan O 2 diserap oleh kapiler insang. Dan kapiler insang darah mengalir dalam aorta dorsal, yang cabang-cabangnya mendistribusikan darah ke kapiler-kapiler di seluruh tubuh untuk memberikan O 2 dan sari
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

7

makanan kepada sel-sel tubuh. 22 . Pernyataan berikut yang benar tentang sistem pembuluh limfe adalah ........ A . pembuluh limfe merupakan sistem peredaran terbuka. B . gerak cairan limfe disebabkan oleh adanya denyut jantung. C . pembuluh limfe bergabung dengan pembuluh arteri. D . pembuluh limfe tidak memiliki klep. E . cairan limfe banyak mengandung sari makanan. Kunci : A Penyelesaian : Aliran getah bening (limfe) tidak selalu di dalam pembuluh sehingga disebut peredaran terbuka. Cairan getah bening yang berasal dari plasma,darah, alirannya tidak sekuat aliran darah, karena hanya didorong oleh kontraksi otot yang berada di sekitar pembuluh getah bening. Ada dua macam pembuluh, yaitu duktus toraksikus dan duktus limfatikus dekster. 23 . Seseorang yang menderita sakit akibat infeksi virus akan mengalami ........ A . peningkatan jumlah neutrofil dan makrofag untuk memakan virus. B . peningkatan jumlah limfosit untuk membuat antibodi. C . penurunan jumlah limfosit karena berinteraksi dengan toksin. D . penurunan jumlah neutrofil dan makrofag karena banyak yang mati. E . penurunan jumlah leukosit untuk merespon antigen. Kunci : B Penyelesaian : Jika seseorang terkena infeksi virus, biasanya badan jadi panas, hal ini disebabkan adanya perlawanan dari tubuh untuk melawan virus dengan cara peningkatan jumlah limfosit untuk membuat antibodi. 24 . Berikut adalah hasil uji zat makanan terhadap sejenis bahan makanan.

Berdasarkan data dalam tabel secara berurutan 1, 2, dan 3 dapat disimpulkan ........ A . protein, glukosa, amilum D . glukosa, amilum, protein B . amilum, glukosa, protein E . protein, amilum, glukosa C . amilum, protein, glukosa Kunci : B Penyelesaian : Jika bahan makanan ditetesi reagen tertentu akan membentuk warna tertentu sebagai indikator mengandung zat tertentu.

Urutan yang benar : 1. Amilum 2. Glukosa

3. Protein

25 . Pernyataan yang bukan merupakan gejala akibat kekurangan vitamin A adalah ........ A . rabun senja (hemeralopia) B . kerusakan epitel kulit.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

8

C . gangguan pada metabolisme zat kapur. D . kerusakan kornea mata. E . pendarahan pada selaput lendir usus. Kunci : C Penyelesaian : Vitamin A atau retinol antiseroftol, memiliki fungsi dalam regenerasi rodopsin dan pertumbuhan epitel. Jika kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan xeroftalmi, keratinisasi, hemeralopi, kulit kaki bersisik, pendarahan selaput lendir usus. Jawaban yang bukan akibat kekurangan vitamin A adalah Gangguan pada metabolisme zat kapur. 26 .

Faktor yang menyebabkan larutan berwarna bergerak masuk ke arah kecambah karena........ A . O 2 digunakan untuk respirasi dan CO 2 diikat oleh NaOH. B . O 2 dan CO 2 digunakan untuk fotosintesis oleh kecambah. C . O 2 dan NaOH diserap oleh kecambah untuk respirasi. D . CO 2 diserap oleh kecambah dan NaOH diikat oleh O 2 . E . CO 2 dan NaOH diserap oleh kecambah untuk fotosintesis, Kunci : A Penyelesaian : Fungsi NaOH yaitu untuk mengikat CO 2 yang dihasilkan oleh kecambah, sehingga tekanan CO 2 dalam botol tetap kecil sedangkan O 2 yang ada di dalam botol tetap bisa diserap oleh kecambah, akibatnya larutan berwarna tertarik maju mendekati kecambah. 27 . Bila hati tidak mampu menghasilkan empedu, maka akan menimbulkan gangguan pada........ A . pencernaan lemak D . kadar gula darah B . pencernaan karbohidrat E . kadar kolesterol darah C . pencernaan protein Kunci : A Penyelesaian : Empedu merupakan zat yang dihasilkan hati untuk mencernakan lemak. Zat warna empedu bilirubin dan biliverdin merupakan hasil pengubahan dari hemin (haemoglobin), sedangkan globin digunakan untuk metabolisme protein dan pembentukan Hb. 28 . Sistem pernafasan pada manusia disusun oleh beberapa organ, bagian yang paling efektif untuk terjadi difusi oksigen dan karbondioksida adalah ........ A . rongga hidung D . alveolus B . larings E . trakeolus C . pleura Kunci : D
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

9

Penyelesaian : Oksigen yang berada di darah masuk ke kapiler darah di alveolus, kemudian O 2 diikat oleh haemoglobin untuk diangkut ke sel-sel tubuh. 29 . Perhatikan gambar Apefridium di bawah ini!

Bagian bertanda X berfungsi menyerap sisa-sisa metabolisme, dan bagian itu disebut nefrostom. Alat tersebut terdapat pada ........ A . cacing pita (Taenia solium) B . cacing hati (Fasciola hepatica) C . cacing tambang (Anchylostoma doedenale) D . cacing perut (Ascaris lumbricoides) E . cacing tanah (Lumbricus terrestris) Kunci : E Penyelesaian : Nefrostom, merupakan lubang dalam saluran (selon) yang berfungsi menyerap sisa metabolisme dan berperan sebagai alat ekskresi pada cacing tanah (Lumbricus terrestris) 30 . Manakah pasangan yang sesuai antara organ dan zat yang dihasilkannya?

A. 1 D. 4 B. 2 E. 5 C. 3 Kunci : C Penyelesaian : Bilirubin dan biliverdin merupakan zat warna empedu di mana empedu dihasilkan oleh hati, sedangkan urea merupakan basil dari uraian arginin di dalam hati. 31 . Fungsi neuron sensorik pada lengkung refleks lutut adalah ........ A . menyampaikan impuls ke otak depan. B . menyampaikan impuls ke sumsum tulang belakang. C . menyampaikan impuls ke efektor. D . menyampaikan impuls ke reseptor. E . sebagai saraf penghubung di dalam pusat saraf. Kunci : B Penyelesaian : - Neron sensorik : berfungsi menerima impuls yang datang dan menyampaikannya ke neron asosiasi yang berada di otak ataupun di sumsum tulang belakang. - Neron asosiasi : menghubungkan neron sensorik dengan neron motorik.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

10

- Neron motorik : mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot (efektor). - Lengkung refleks : merupakan jalan terpendek atau jalan pintas yang dilakukan untuk gerak refleks. 32 . Hubungan antara fungsi saraf dan organnya yang sesuai adalah ........ A . saraf parasimpatik mempercepat denyut jantung. B . saraf parasimpatik melebarkan pupil mata. C . saraf parasimpatik memacu proses pencernaan D . saraf simpatik melebarkan arteri. E . saraf parasimpatik melebarkan bronkiolus. Kunci : C Penyelesaian : Salah satu fungsi saraf parasimpatik yaitu menstimulasi sekresi kelenjar pencernaan, sehingga memacu pada proses pencernaan. 33 . Manakah hormon berikut ini yang dapat menebalkan dinding uterus ? A . FSH D . relaksin B . prostalglandin E . oksitosin C . progesteron Kunci : C Penyelesaian : Fungsi Progresteron untuk menyempurnakan endometrium pada dinding uterus. Sedangkan pilihan yang lainnya : - FSH untuk merangsang perkembangan. folikel, bersama LH merangsang sekresi estrogen dan ovulasi. - Oksitosin: membantu proses kelahiran. - Prostalglandin : dihasilkan oleh kelenjar di mana fungsinya sama dengan oksitosin. - Relaksin: dihasilkan oleh plasenta, fungsinya untuk mengendurkan otot dinding rahim. 34 .

Bagian yang berlabel A pada gambar telinga di atas adalah ........ A . sanggurdi D . landasan B . kokhlea E . kanalis semisirkularis C . tingkap oral Kunci : E Penyelesaian : Gambar berlabel A adalah tiga saluran setengah lingkaran (kanalis semisirkularis) : Sakulus, utrikulus, dan ampula yang merupakan organ keseimbangan dan terdapat di dalam rongga vestibulum pada telinga dalam. 35 . Gambar alat perkembangbiakan tumbuhan di bawah ini menunjukkan cara pemencaran tumbuhan ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

11

A . tuber D . tunas adventif B . rhizoma E . umbi C . stolon Kunci : B Penyelesaian : Gambar di atas termasuk jenis tumbuhan rhizoma dimana perkembangbiakannya dilakukan dengan cara batang yang menjalar di dalam tanah. Contohnya : alang-alang, kunyit, dan lengkuas 36 . Saluran reproduksi internal pada laki-laki yang berfungsi untuk pemasakan sperma adalah........ A . epididimis D . kelenjar prostat B . tubulus seminifterus E . vas deferens C . vesicula seminalis Kunci : A Penyelesaian : Spermatozoa yang sudah terbentuk, meninggalkan testis melalui saluran dan masuk ke epididemis, di epididemis spermatozoa tinggal hingga menjadi masak. Kemudian masuk ke vas deferens, bercampur dengan getah dari kelenjar prostat. 37 . Bagian yang berlabel X, Y, Z pada gambar struktur membran berikut adalah ........

A . lipida, glikolipida, protein D . glikoprotein, lipida, protein B . protein, glikolipida, lipida E . glikoprotein, protein, lipida C . glikolipida, protein, lipida Kunci : C Penyelesaian : Urutan nama yang benar glikolipida (X), protein (Y), lipida (Z). Membran sel tersusun atas: satu lapisan protein dan dua lapisan lemak. Ada dua macam protein : 1. Protein perifer/ekstrinsik: protein yang terdapat di permukaan luar membran. 2. Protein instrinsik/integral: protein yang terdapat di dalam membran.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

12

Fosfolipid, adalah molekul amfilik, di mana setiap molekul mengandung "kepala" yang hidrofilik dan "ekor" yang hidrofobik (takut air). 38 . Pada proses fotosintesis CO 2 masuk ke dalam sel-sel daun secara ........

A . absorbsi D . osmosis B . difusi E . tanspor aktif C . imbibisi Kunci : B Penyelesaian : - Difusi: proses mengalirnya suatu zat dari hipertonis ke hipotonis. Tekanan CO 2 di luar lebih tinggi daripada di dalam sel sehingga CO 2 masuk ke sel. - Absorpsi : penyerapan zat makanan oleh sel. - Imbibisi (imbibire = minum) : masuknya air ke sel. - Osmosis: proses mengalirnya molekul dari hipotonis ke hipertonis melalui selaput semipermeabel. - Transpor aktif: proses aliran zat/molekul yang melawan gradien konsentrasi dengan menggunakan energi.
39 . Perhatikan fase pembelahan berikut!

Gambar I dan II secara berurutan adalah pembelahan sel secara mitosis yang berada pada fase ........ A . anafase-profane D . profase-metafase B . anafase-telofase E . interfase-metafase C . profase-anafase Kunci : D Penyelesaian : Mitosis adalah proses pembelahan sel dari satu sel induk membelah diri menjadi dua sel anak yang bersifat identik dengan induknya. Tahap-tahapannya: 1. Profase Membran inti menghilang, benang kromatin memendek dan menebal membentuk kromatid. 2. Metafase Kromatid terletak di bidang ekuator, lengan kromatid membelah jadi dua, benang spindel tampak semakin jelas 3. Anafase. Masing-masing kromosom ditarik oleh benang spindel menuju ke kutub berlawanan. 4. Telofase Kromosom sudah berada di kutub masing-masing, semakin lama kromosom semakin menipis membentuk benang kromatin, terbentuk membran nukleus, terbentuk nukleolus, pada bidang equator plasma terbagi menjadi dua, terbentuk dua sel anak identik. 5. Interfase. Merupakan fase antarmitosis dan terjadi metabolisme sel.

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

13

40 . Pada pembelahan meiosis terjadi peristiwa berikut : - Pemisahan kromatid yang membentuk kromosom. - Gerakan kromatid ke kutub-kutub yang letaknya berlawanan. Peristiwa tersebut terjadi pada tahap ........ A . metafase I D . metafase II B . telofase I E . anafase II C . anafase I Kunci : E Penyelesaian : Meiosis (pembelahan reduksi) : merupakan pembelahan sel yang menghasilkan sel anak dengan jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk. A. Meiosis 1 : 1. Profase I a. Leptoten d. Diploten b. Zigoten e. Diakinesis c. Pakiten 2. Metafase I 3. Anafase I 4. Telofase I B. Meiosis II : 1. Profase II 2. Metafase II 3. Anafase II 4. Telofase II 41 . Pada gambar oogenesis di bawah ini, no. 1, 2, 3 adalah ........

A . oosit primer D . oogonium B . oosit sekunder E . polosit C . ovum Kunci : E Penyelesaian : Proses oogenesis berlangsung di ovarium, diawali dengan pembelahan sel induk (oogonium), menghasilkan oosit primer. Oosit primer menghasilkan dua sel yang ukurannya berbeda, yang besar disebut oosit sekunder, yang kecil disebut badan polar pertama. Oosit sekunder membelah jadi dua yang tidak sama besar, yang besar disebut ootid (calon ovum) yang kecil badan kutub (polosir). Badan polar pertama juga membelah jadi dua sel
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

14

yang berukuran kecil (polosit). 42 . Manakah pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat enzim? A . mempercepat semua reaksi kimia. B . spesifik pada substrat tertentu, suhu tertentu. C . sebagai biokatalisator, karena ikut bereaksi. D . hanya mempercepat reaksi metabolisme. E . tahan terhadap suhu yang tinggi karena terdiri dari protein. Kunci : B Penyelesaian : Ciri-ciri enzim: - Nama enzim biasanya sesuai dengan nama bahan yang diproses (tidak semua) - Berfungsi sebagai katalisator - Spesifik, bekerja pada suhu tertentu dan substrat tertentu, satu enzim untuk satu substrat. 43 . Tempat berlangsungnya dan jumlah ATP yang dihasilkan pada tahapan transpor elektron adalah ........ A . mitokondria, 2 ATP D . sitoplasma, 34 ATP B . sitoplasma, 2 ATP E . mitokondria, 34 ATP C . mitokondria, 6 ATP Kunci : E Penyelesaian : Jumlah ATP yang dihasilkan seluruhnya dari proses respirasi adalah 38 ATP, dengan rincian : 1. Glikolisis 2 ATP 2. Siklus Krebs 2 ATP 3. Transpor elektron 34 ATP 38 ATP Transpor elektron 34 ATP berasal dari : - Glikolisis : 2 NADH2 = 6 ATP - Dekarboksilasi oksidatif : 2 NADH2 = 6 ATP - Siklus Krebs : 6 NADH2 = 18 ATP 2 FAD = 4 ATP 34 ATP 44 . Berikut ini tempat proses dan hasil akhir dalam 3 tahapan respirasi : 1. dalam matriks mitokondria 5. dengan bantuan sitokrom 2. 34 ATP 6. 2 ATP 3. dalam sitosol 7. dihasilkan H 2 O 4. dihasilkan CO 2 8. asam piruvat Tempat, proses, dan produk pada 2 tahapan respirasi berikut ini adalah ........

A. 1 B. 2 C. 3
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

D. 4 E. 5 15

Kunci : D Penyelesaian :

45 . Perbedaan yang terlihat pada fermentasi asam laktat dengan fermentasi alkohol ialah bahwa fermentasi alkohol ........ A . prosesnya membutuhkan oksigen B . ATP yang dihasilkan jumlahnya lebih banyak. C . terjadi tanpa bantuan mikroorganisme. D . senyawa yang dihasilkan berasal dari asam asetat. E . tidak dibutuhkan tambahan elektron. Kunci : E Penyelesaian : Reaksinya : C 3H 6O 3 C 2 H 5 OH + CO 2 Fermentasi alkohol tidak membutuhkan tambahan elektron. 46 . Perhatikan gambar sebuah kloroplas!

Tempat berlangsungnya pembentukan glukosa sebagai produk akhir fotosintesis terjadi pada bagian yang bernomor ........ A. 1 D. 4 B. 2 E. 5 C. 3 Kunci : D Penyelesaian : Kantong tilakoid yang berlapis membentuk grana dan terjadi pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Sedangkan produk akhir dan fotosintesis dalam pembentukan glukosa berlangsung di stroma.

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

16

47 .

Berdasarkan gambar percobaan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses tersebut ........ A . diperlukan H 2 O dan hydrilla D . diperlukan cahaya dan O 2 B . diperlukan cahaya dan air E . dihasilkan O 2 + air C . diperlukan CO 2 dan cahaya Kunci : C Penyelesaian : C 6 H 12 O 6 + 6 O 2 6 CO 2 + 6 H 2 O Diperlukan CO 2 dan energi cahaya untuk menghasilkan O 2 48 . Diketahui salah satu rantai DNA dengan urutan basa N = GCTAGGCTA. Urutan basa NN yang terdapat pada RNA-d yang dibentuk oleh rantai.DNA tersebut di atas adalah........ A . GCTAGGCTA D . GCUAGGCUA B . CGATCCGAT E . TAGCTTAGC C . CGAUCCGAU Kunci : C Penyelesaian : Proses sintesa protein, berlangsung dalam tiga tahap : 1. Replikasi : DNA menggandakan diri 2. Transkripsi: DNA membentuk d-RNA (sebagai kodon) 3. Translasi: d-RNA masuk ke ribosom dengan membawa kode genetika (triplet) dan terjadi penterjemahan kode genetika oleh t RNA (sebagai antikodon). 49 . Gambar satu nukleotida dengan 3 titik basa (triple point base) pada DNA.

Komponen yang menyusun nukleotida pada gambar tersebut adalah ........ A . 1= PO 4 -3 ; 2 = Deoxyribosa; 3, 4, 5 = Basa Nitrogen.

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

17

B . 1= PO 4 -3 ; 2 = Ribosa; 3, 4,_.5 = Basa Nitrogen. -3 C . 1= PO 4 ; 2 = Basa Nitrogen; 3, 4, 5 = Deoxyribosa. D . 1= PO 4 -3 ; 2 = Basa Nitrogen; 3, 4, 5 = Ribosa. -3 E . 1= PO 4 ; 2 = Deoxyribosa; 3, 4, 5 = Ribosa Kunci : A Penyelesaian : Menurut Francis Crick, model DNA seperti tangga tali terpilin yang tersusun atas : Fosfat Gula deoxyribosa - basa nitrogen

Keterangan : 1 2 3, 4, 5

= Phospat = Gula deoxyribosa = Basa nitrogen

50 . Perbedaan antara RNA dan DNA yang benar adalah ........

A. 1 D. 4 B. 2 E. 5 C. 3 Kunci : C Penyelesaian : RNA : merupakan rantai tunggal yang tersusun atas sebuah gula pentosa yang berupa ribosa dengan gugus hidroksil pada atom C nomor 2. DNA: merupakan rantai berbentuk tangga tali terpilin yang tersusun atas sebuah gula pentosa berupa deoxyribosa di tengah, phosphat di luar, basa N di dalam. 51 . Kuning dalam keadaan homozigot letal (KK), perkawinan tikus jantan berbulu kuning (Kk) dengan tikus betina berbulu kuning (Kk) mempunyai 60 anak yang semuanya sudah beranjak dewasa, Kemungkinan sifat genotif dari ke-60 anak tikus tersebut adalah........

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

18

A . kk B . Kk C . KK Kunci : D Penyelesaian : P : Kk X ( kuning) F : 1 KK (lethal) 2 Kk 1 kk

D . kk dan Kk E . k, Kk, dan KK

Kk ( kuning)

52 . Warna bulu pada kelinci ditentukan oleh alela ganda dengan urutan dominasi C > c ch > C H > C H C = kelabu c = himalaya cH c = albino c = chincila Perkawinan kelinci kelabu Cc dengan Cc cH akan menghasilkan keturunan ........ A . kelabu : chincila : albino = 1 : 2 : 1 B . kelabu : chincila : albino = 2 : 1 : 1 C . kelabu : chincila : albino= 1 : 1 : 2 D . cincila : albino = 2 : 2 E . kelabu : chincila = 3 : 1 Kunci : E Penyelesaian : P : Cc X Cc cH 1 CC Kelabu cH 1 Cc Kelabu 1 Cc Kelabu cH chincila 1 cc Perbandingan Kelabu : Chincila = 3 : 1 53 . Seorang murid menderita penyakit keturunan. Murid tersebut memiliki silsilah keluarga sebagai berikut :

Berdasarkan gambar silsilah, penyakit tersebut disebabkan oleh ........ A . gen resesif pada autosom. B . gen dominan pada autosom. C . gen resesif pada kromosom-x D . gen dominan pada kromosom-x E . gen pada kromosom-y Kunci : C Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

19

Sifat yang diturunkan dari induk kepada keturunannya dibawa oleh gen. Ada gen yang membawa sifat dominan dan ada gen yang membawa sifat resesif, ada yang terpaut sex ada yang tidak terpaut sex.

54 . Berikut ini gambar mutasi gen :

Berdasarkan gambar di atas, tipe mutasi yang terjadi dinamakan ........ A . translokasi D . inversi B . transversi E . delesi . C . transisi Kunci : E Penyelesaian : Beberapa tipe kerusakan kromosom: 1. Delesi: hilangnya salah satu segmen kromosom 2. Inersi: perubahan urutan letak gen 3. Translokasi: potongan kromosom pindah lokasi, akibatnya ada kromosom yang kelebihan gen dan ada yang kekurangan gen. 55 . Hal-hal berikut merupakan petunjuk adanya evolusi, kecuali ........ A . anatomi perbandingan yang bersifat analog. B . anatomi perbandingan yang bersifat homolog. C . embriologi perbandingan berbagai hewan. D . data fosil pada berbagai lapisan batuan. E . domestikasi dengan perkawinan silang. Kunci : E Penyelesaian : Petunjuk adanya evolusi: - adanya perubahan secara berangsur-angsur fosil dari lapisan bumi - tidak ada dua individu yang sama dalam satu keturunan - adanya embriologi perbandingan - homologi dan analogi anatomi tubuh Yang bukan petunjuk evolusi adanya domestikasi dengan perkawinan silang. 56 . Hewan dan daerah sebarannya pada tabel ini yang paling tepat adalah ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

20

A. 1 D. 4 B. 2 E. 5 C. 3 Kunci : D Penyelesaian : Daerah biogeografi oriental, meliputi wilayah: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Filipina, India, Srilanka. Macam hewannya burung merak, gajah, badak, siamang, orang utan, harimau, unggas hutan. 57 . Hal berikut yang merupakan keuntungan pembuatan bibit unggul dengan penyinaran radio aktif (mutasi) adalah ........ A . prosesnya pendek D . tidak timbul kerusakan B . hasilnya pasti E . sifat unggul diwariskan. C . prosesnya aman Kunci : A Penyelesaian : Mutasi dengan cara penyinaran radioaktif, termasuk mutasi induksi. Prosesnya lebih cepat dibanding secara alami. 58 . Hubungan yang sesuai antara organisme dengan produk yang dihasilkannya dalam usaha meningkatkan nilai tambah bahan adalah ........

A. 1 D. 4 B. 2 E. 5 C. 3 Kunci : C Penyelesaian : - Saccharomyces cereviceae (ragi) : untuk pembuatan roti atau tape - Rhizopus oryzae: untuk pembuatan tempe - Aspergillus oryzae: untuk pembuatan sake - Penicilium requeforti: untuk pembuatan keju, dapat menurunkan kadar kasein pada keju - Streptococcus lactis: untuk pembuatan mentega dari lemak susu.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

21

59 . Manfaat kultur jaringan adalah untuk memperoleh ........ A . hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul. B . keturunan yang sifatnya unggul dalam jumlah besar. C . tanaman jenis baru yang tahan lama. D . individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat. E . individu baru yang cepat berkembang biak. Kunci : D Penyelesaian : Kultur jaringan, merupakan usaha perbanyakan tanaman secara vegetatif yang ditanam dalam suatu media. Manfaat kultur jaringan antara lain: - Mendapatkan bibit banyak dalam waktu singkat - Keturunan identik dengan induknya. 60 . Permasalahan-permasalahan berikut dapat diatasi dengan rekayasa genetika, kecuali ........ A . membentuk sifat baru pada organisme tertentu. B . membentuk enzim baru pada organisme tertentu. C . mengobati penyakit infeksi baru pada organisme tertentu. D . membentuk kemampuan baru pada organisme tertentu. E . mencegah munculnya penyakit keturunan baru pada organisme tertentu. Kunci : C Penyelesaian : Yang tidak dapat diatasi dengan rekayasa genetika adalah mengobati penyakit infeksi baru pada organisme tertentu.

Ebtanas/Biologi/Tahun 2002

22


				
DOCUMENT INFO
Categories:
Stats:
views:3861
posted:1/7/2010
language:Malay
pages:22