ZAMAN PRASEJARAH - DOC by samuraisensei

VIEWS: 68,028 PAGES: 4

More Info
									ZAMAN PRASEJARAH
ZAMAN PRASEJARAH adalah suatu zaman dimana manusia belum mengenal tulisan atau huruf. ZAMAN ARKEOZOIKUM (+ 2.500 juta tahun yang lalu)  Merupakan zaman tertua (zaman awal) dalam sejarah perkembangan bumi.  Keadaan bumi belum stabil, kulit bumi masih dalam proses pembentukan dan udara masih sangat panas.  Belum ada tanda-tanda kehidupan. ZAMAN PALEOZOIKUM (+ 340 juta tahun yang lalu)  Merupakan zaman primer kelanjutan dari arkeozoikum.  Terjadi penurunan suhu yang mengakibatkan bumi lambat laun dingin.  Tanda-tanda kehidupan semakin jelas yaitu munculnya makhluk bersel satu seperti bakterri dan sejenis amfibi. ZAMAN MESOZOIKUM (+ 140 juta tahun yang lalu)  Disebut juga zaman sekunder atau zaman reptil.  Terjadi pertumbuhan kedua dalam tingkat kehidupan makhluk hidup.  Muncul reptil raksasa (dinosaurus) dan atlantosaurus serta jenis burung dan binatang menyusui tingkat rendah. ZAMAN NEOZOIKUM (+ 60 juta tahun yang lalu)  Keadaan bumi sudah mulai stabil dan kehidupan semakin berkembang dan beraneka ragam.  Zaman neozoikum terbagi menjadi : a. zaman tersier (zaman ketiga) b. zaman kuarter (zaman keempat) ZAMAN TERSIER  Jenis-jenis binatang besar mulai berkurang  Mulai hidup jenis binatang menyusui seperti kera dan monyet ZAMAN KUARTER  Mulai muncul tanda kehidupan manusia purba  Terdiri dari : a. Masa Pleistosen (Diluvium) b. Masa Aluvium (Holosen) Page 1

MASA PLEISTOSEN (zaman es/glasial)  Berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu.  Kehidupan manusia sudah mulai ada.  Ditandai dengan mulai mencairnya es yang bertumbuk di kutub utara.  Permukaan air laut menurun sekitar 100 – 150 meter yang akhirnya berubah menjadi daratan. MASA HOLOSEN  Berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalu.  Mulai muncul Homo sapiens atau manusia cerdas seperti Homo wajakensis.  Species tersebut merupakan nenek moyang dari manusia modern.

PENGELOMPOKAN MANUSIA PURBA MENURUT MASANYA No Masa 1 Pleistosen Bawah Manusia Purba di Indonesia Pithecanthropus robustus Pithecanthropus mojokertensis Megantropus palaeojavanicus Pithecanthropus erectus Homo wajakensis Homo soloensis Homo sapiens

2 3 4

Pleistosen Tengah Pleistosen Atas Holosen

PENINGGALAN MANUSIA PURBA 1. Fosil Manusia Purba  Fosil merupakan sisa-sisa kehidupan makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan pada masa lalu yang sekarang sudah membatu.  Fosil digunakan sebagai dasar informasi tentang kehidupan manusia purba.  Fosil sering disebut fosil pandu atau leit fosil 2. Sampah Dapur (Kjokkenmoddinger)  Berupa kulit kerang sisa makanan manusia purba yang kemudian membentuk bukit kerang.  Bukit kerang di Indonesia ditemukan di Medan (Sumatera Utara) dan Langsa (Aceh).

Page 2

3. Tempat Perlindungan di Bawah Karang (Abris Sous Roches) atau Gua Karang.  Gua karang merupakan tempat tinggal manusia purba yang terdapat di tepi laut atau di daerah pegunungan kapur.  Gua karang di Indonesia ditemukan di Pacitan (Jawa Timur), Teluk Tiron (Papua), Pulau Seram (Maluku), Sulawesi Selatan 4. Alat-alat yang Digunakan oleh Manusia Purba  Digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia purba.  Alat yang digunakan masih bersifat sederhana.  Contoh : alat serpih, mata panah, mata tombak, kapak, beliung persegi, kapak lonjong. Beberapa hasil budaya manusia purba adalah : ZAMAN BATU (LITHIKUM)  Alat yang digunakan hampir semua terbuat dari batu.  Terbagi menjadi : a. Zaman batu tua (palaeolithikum) Alat yang digunakan terbuat dari batu yang masih kasar dan belum diasah. Kehidupan manusia purba masih berpindah-pindah (nomaden) b. Zaman batu tengah (mesolithikum) Alat yang digunakan terbuat dari batu yang sudah diasah tapi belulm halus. Kehidupan manusia purba sudah mulai menetap. c. Zaman batu muda (neolithikum) Alat yang digunakan batu yang sudah diasah halus dengan bentuk yang bagus dan bervariasi. Kehidupan manusia purba mulai menetap dan bercocok tanam. ZAMAN LOGAM  Kebudayaan manusia purba sudah lebih maju.  Manusia purba sudah mampu melebur logam untuk membuat alat yang dibutuhkan.  Terbagi menjadi : a. Zaman tembaga Manusia purba menggunakan logam tembaga untuk membuat alat rumah tangga. Proses pembuatannya masih sangat sederhana. b. Zaman perunggu Manusia purba mampu menggunakan perunggu yang terbuat dari campuran tembaga dan timah. Alat yang digunakan lebih keras daripada tembaga dan bentuknya lebih halus.

Page 3

c. Zaman besi Manusia purba mampu melebur bijih besi yang dibentuk sedemikian rupa walaupun masih kasar. Bijih besi dibentuk alat rumah tangga, alat berburu, alat bertani.

Page 4


								
To top