tugas teknik by sofyanarifin

VIEWS: 913 PAGES: 10

									TUGAS TEKNIK MENULIS KARYA ILMIAH

MODUL 4

“ Menulis Karya Ilmiah Sesuai Dengan Target Pembaca ”
Dan

MODUL 5

“ Menulis Karya Ilmiah ”

Disusun oleh kelompok III: Nama 1. Sri suharti 2. Sri Wahyuningsih 3. Sri Wijayanti 4. Sukmadi 5. Takyun 6. Temu wahyu Hermani 7. Tri Aristanti 8. Tri Karunia Maherawati 9. Wiwik Handayani 10. Yuli Yustiana 11. Zaiful Romadhon 12. Zuhroh NIM 817268755 817268676 817350977 817174739 817267491 817267484 817268762 817357962 817268669 817357869 817358079 817357994

UNIVERSITAS TERBUKA 2009

MODUL 4 MENULIS KARYA ILMIAH SESUAI DENGAN TARGET PEMBACA

Kegiatan Belajar I

Bagaimana Pembaca Memahami Tulisan
Sebuah tulisan pada dasarnya adalah kumpulan kata-kata, mungkin terdiri dari ribuan kata. Dengan demikian, pemahaman pembaca terhadap suatu tulisan sangat dipengaruhi oleh pemaknaan terhadap kata-kata tersebut. Ada 3 aspek yang terkait dengan pengetahuan pembaca mengenai sebuah kata : 1. Aspek Pertama adalah semantik atau makna ruas dari sebuah kata itu. Dalam pengertian semantik ini, pengetahuan tentang kata tidak saja, seperti yang tercantum dalam kamus, tetapi juga keterkaitan dengan perincian makna lainnya. 2. Aspek Kedua adalah menjelaskan pengetahuan pembaca mengenai kata ialah aspek sintaktik. Aspek ini terkait dengan pengkatogorian kata misalanya kata benda, kata kerja, kata sifat. 3. Aspek Ketiga adalah Pragmatik. Aspek Pragmatik membimbing pembaca terhadap arti dalam tulisan berdasarkan arti secara keseluruhan dari tulisan tersebut. Terkait dengan aspek ini adalah ejaan penulisan kata tersebut.

A. PEMAKNAAN KATA Makna sebuah katamerupakan bagian dari pengetahuan pembaca mengenai kata tersebut, oleh karena itu dalam penulisan sedapat mungkin menghindari kata yang bermakna ganda atau gunakan makna yang diperkirakan akan diterima secara umum. Ada 2 teori dalam menjelaskna bagaimana makna dan kata saling terkait.

a. Teori yang menyatakan bahwa makna kata terkait dengan objek dinyatakan oleh kata tersebut. Misalnya makna “kursi” terkait dengan objek yang digunakan untuk duduk. b. Teori yang menyatakan bahwa kata tidak merujuk pada objek, tetapi pada konsep. Misalnya kata tetap menggunakan kata “ kursi” untuk objek tempat duduk yang berkaki 3, meskipun kebanyakan kursi memiliki empat kaki.

B. PROSES MEMBACA Proses membaca dipengaruhi oleh empat kondisi pembaca 1. Kemampuan pembaca tersebut dalam memproses kata dan kalimat. Kemampuan ini terkait dengan pemahaman terhadap bagaimana kata dikenali serta bagaimana suatu makna terkait dengan makna yang lain. 2. Proses membaca dipengaruhi oleh kemampuan pembaca memahami apa terkait. Kemampuan ini penting karena tulisan yang paling rinci pun tidak dapat memaparkan semua hal sesuai keadaan sebenarnya. 3. Kemampuan pembaca menangani kata- kata baru 4. Proses membaca dipengaruhi oleh kemampuan pembaca untuk memilih informasi dalam tulisan berdasarkan kebutuhannya.

Kegiatan belajar 2

TARGET PEMBACA
A. Masyarakat Akademis
Karakteristik dari masyarakat akademis ini terhadap tulisan yang kita buat ialah bersifat menguji. Pembaca memfokuskan pada kakuratan informasi serta cara memperoleh informasi tersebut. Bukan saja hasil penelitian yang menjadi perhatian mereka, tetapi juga proses untuk mendapatkan hasil tersebut yang paling mereka perhatikan.

B. Masyarakat Ilmiah
Karakteristik target pembaca ini bahwa mereka membaca menambah pengetahuan keilmuan dalam bidanyanya. Mereka juga mungkin saja kritis terhadap keakuratan informasi dan cara memperoleh informasi tetapi tidak seperti target pembaca masyarakat akademis, dimana mereka tidak memfokuskan pada menguji. Laporan ilmiah untuk target pembaca masyarakat ilmiah mementingkan unsur kebaruan dan orisinalitas.

C. Penyandang Dana
Hal-hal yang diharapkan oleh penyandang dana terhadap laporan Ilmiah biasanya telah dinyatakan secara jelas dalam bentuk dokumen kerangka acuan atau terms of reference ( TOR ). Dalam TOR tersebut secara spesifik pihak penyandang dana menyatakan format serta informasi yang diharapkan dari suatu laporan Ilmiah.

D. Masyarakat Umum
Target pembaca masyarakat umum ialah pembaca yang membaca tulisan Ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Masyarakat umum lebih membutuhkan pengetahuan yang bersifat praktis, sedangkan masyarakat Ilmiah membutuhkan pengetahuan yang memperkaya wawasan teoritis. Penulisan yang ditunjukkan pada target pembaca masyarakat umum memerlukan cara mengkomunikasikan hasil penelitian yang hati-hati, cermat dan teliti. Pengungkapan harus lebih mudah dipahami oleh masyarakat awan dengan cara pengungkapan bahasa sehari- hari yang popular.

MODUL 5 Kegiatan Belajar I

Sistematika dan Cara Penyusunan Laporan Penelitian
Laporan penelitian merupakan suatu media atau dokumen komunikasi antara penelitian dengan masyarakat umum terutama pembaca yang ditargetkan atau yang berkepentingan dengan penelitian yang telah dilakukan tersebut. Secara umum laporan penelitian harus memiliki unsur : 1. Judul Tulisan 2. Abstrak 3. Pendahuluan 4. Bahan dan Metode Penelitian 5. Hasil 6. Pembahasan 7. Simpulan dan Saran 8. Daftar Pustaka Sistematika suatu laporan penelitian yang lengkap terdiri dari 3 bagian pokok yaitu : A. Bagian Pembuka B. Bagian inti C. Bagian penutup

A. Bagian Pembuka
1. Judul Adalah pintu atau muka dari sebuah karya ilmiah. Untuk itu judul sebuah karya ilmiah harus menampilkan fakta yang ingin diungkapkan jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan. 2. Halaman Judul Diletakkan sesudah halaman depan atau cover. Halaman judul diikuti oleh halaman pengesahan.

3. Kata Pengantar Memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang latar belakang konteks penelitian. 4. Abstrak merupakan gambaran umum mengenai substansi laporan penelitian. Pada abstrak inilah penulis menyampaikan gambaran singkat mengenai latar belakang, metode, serta temuan hasil penelitian.

B. Bagian inti
1. Pendahuluan Secara umum bagian pendahuluan harus secara lengkap mengemukakan tentang latar belakang, ruang lingkup/pembatasan dan rumusan masalah, tujuan atau pertanyaan penelitian, serta anggapan dasar atau hipotesus, oleh karena itu dalam bagian pendahuluan biasanya juga dikemukakan secara ringkas teori dan hasil penelitian serupa terdahulu yang dijadikan dasar dalam pembatasan dan perumusan masalah, perumusan tujuan serta pembuatan hipotesis.  Latar belakang masalah yang baik harus me ngandung 3 hal yaitu :

1) Penelaahan/pembahasan mengenai literature maupun hasil penelitian lain yang relevan dengan masalah yang maju teliti 2) Penjelasan mengapa peneliti menganggap masalah/topic tersebut penting untuk dipelajari/diteliti tersebut penting untuk dipelajari/diteliti 3) Manfaat hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan aplikasinya dalam praktik. 2. Kajian Pustaka dan Kerangja Teori Kajian pustaka merupakan bagian penting dari suatu laporan penelitian karena pada bagian ini diungkapkan teori-teori serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama atau serupa. Kerangka teori ini merupakan dasar pemikiran yang menerangkan dari sudut mana suatu permasalahan akan ditinjau yaitu dengan menjelaskan

hubungan antar konsep yang nantinya dijabarkan menjadi berbagai variable penelitian. 3. Metodelogi Penelitian Pembahasan tentang metode pengumpulan dan analisis data pada dasarnya merupakan inti dari sebuah tulisan ilmiah. Pada bagian ini penulis harus menyajikan secara cermat dan jelas mengenai bagaimana data dikumpulkan dari responden atau sampel penelitian serta metode analisis seperti apa yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian ataupun hipotesis yang diajukan pada bagian pendahuluan. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam bagian metodologi penelitian ini adalah uraian tentang kelemahan - kelemahan yang membatasi penelitian yang telah dilakukan. 4. Hasil dan Pembahasan Hasil pembahasan dalam sebuah laporan penelitian pada dasarnya merupakan inti dari sebuah tulisan ilmiah. Pada bagian ini penulis harus menyajikan secara cermat dan jelas mengenai hasil analisis data serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan kerangka teori yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Secara umum bagian ini harus menekankan 3 hal : 1) Hasil analisis konsep 2) Hasil analisis pokok yang berhubungan dengan tujuan dan

pertanyaan/hipotesis penelitian 3) Pembahasan mengenai hasil tersebut dihubungkan dengan teori dan penelitian terdahulu dan disajikan dalan bagian kajian pustaka dan kerangka teori. 5. Simpulan dan Saran Simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis dari penelitian yang dilakukan. Pada dasarnya simpulan diperoleh dari uraian analisis, interpretasi, dan deskripsi yang telah dituliskan oleh penulis pada bagian analisis dan pembahasan. Pada bagian akhir, biasanya simpulan disertai dengan saran mengenai penelitian lanjut

yang dapat dilakukan walaupun saran dapat ditulis pada bagian akhir dari sebuah karya ilmiah, tetapi penulisan mengenai saran ini tidak menjadi keharusan.

C. Bagian Penutup
Bagian penutup pada umumnya terdiri dari 1) Daftar pustaka 2) Lampiran dan, 3) Daftar indek atau qlosarium Daftar pustaka merupakan hal wajib dicantumkan. Sedangkan lampiran dan daftar indek hanya dituliskan apabila diperlukan daftar pustaka yang disusun sesuai standar internasional yang paling banyak digunakan yaitu standar dari Association Of American Psychology ( APA )

Kegiatan Belajar 2

SISTEMATIKA DAN CARA PENYUSUNAN MAKALAH
Makalah pada dasarnya merupakan bentuk karya Ilmiah yang paling sederhana diantara karya Ilmiah lainnya. Makalah adalah karya Ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang

pembahasannya berdasarkan data dilapangan yang bersifat empiris-objektif.

A. Bagian Pembuka
Bagian pembuka adalah penulisan makalah sangat sederhana dan umumnya dituangkan dalam halaman judul saja. Karena sifatnya yang singkat, pada umumnya terdiri dari 5 – 20 halaman tergantung keperluan dan aturan yang dikenakan maka pada makalah tidak lazim disertakan keterangan, misalnya “ Daftar Isi” dan “ Kata Pengantar”

B. Bagian Inti
Bagian inti makalah hasil penelitian seperti halnya pada laporan penelitian berisi : a) Pengantar/pendahuluan b) Metodelogi penelitian c) Kajian pustaka dan kerangka teori d) Hasil dan pembahasan e) Simpulan dan saran ( perbedaannya dengan laporan penelitian, penyampaian uraian unsur-unsur ini dalam makalah disajikan dalam versi yang lebih singkat )

C. Bagian Penutup
Bagian penutup digunakan untuk menyampaikan simpulan hasil penelitian yang dilaporkan dalam bagian inti makalah.

Kegiatan Belajar 3

Penyusunan Abstrak
A. Pengertian Abstrak
Secara umum abstrak dapat diartikan sebagai versi mini dari sebuah karya Ilmiah. Meneut Houghton ( 1975 ) abstrak dapat didefinisikan sebagai rangkuman informasi yang terdapat dalam sebuah dokumen. Abstrak untuk karya ilmiah harus menyajika rangkuman singkat dari tiap bagian pentinbg dalam karya Ilmiah seperti 1) Pembukaan 2) Kajian Pustka 3) Metode Materi 4) Hasil dan pembahasan

B. Jenis Abstrak
Menurut Day ( 1993 ) abstrak yang dikenal dalam penulisan sebuah karya ada 2 jenis yaitu :

1) Abstrak Informatif merupakan ringkasan dan memuat hal- hal pokok yang asli dalam sebuah karya Ilmiah, yang banyak digunakan dalam penulisan makalah jurnal atau penulisan karya Ilmiah penelitian. 2) Abstrak Deskriptif yang dirancang untuk menunjukkan subjek atau bahasan dari sebuah karya Ilmiah yang mempermudah calon pembaca untuk memutuskan apakah mereka akam membaca seluruh karya tersebut atau tidak.

C. Kegunaan Abstrak
Abstrak diterbitkan bersama dengan naskah aslinya maka abstrak dapat berfungsi sebagai petunjuk depan atau heading bagi pembaca. Kegunaan lain dari abstrak adalah dengan membaca abstrak, pembaca dapat mengetahui secara tepat perkembangan ilmu dalam bidang tertentu yang ingin diketahui secara garis besar.

D. Penyusunan Abstrak Karya Ilmiah Hasil Penelitian
Abstrak untuk karya tulis hasil penelitian menggunakan jenis abstrak normative yang memiliki struktur yang jelas, seperti telah dijelaskna sebelumnya abstrak penulisan laporan penelitian pada intinya terdiri dari 5 hal penting yaitu : 1) Latar Belakang 2) Tujuan 3) Metode 4) Hasil dan 5) Simpulan


								
To top