Docstoc

10 profesi IT

Document Sample
10 profesi IT Powered By Docstoc
					10 profesi IT
1. Teknisi Komputer
Tugas Teknisi Komputer adalah mempelajari hardware komputer dan sistem operasi dengan target peserta mampu mengatasi kerusakan komputer, perakitan komputer, dan penyelamatan data. Course Outline: 1. Pengenalan komponen 2. Perakitan 3. Disk Operating System 4. Instalasi Sistem Operasi Windows 5. Instalasi Program Aplikasi 6. Utilities & trouble shooting software 7. Maintenance System 8. Backup & Recovery (penyelamatan data) 9. Trouble Shooting Hardware 10. Maintenance hardware

2. Sistem analis
Sistem analis adalah orang yang menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspekaspek bisnis dan teknologi komputer).Nama lainnya : system designer, business analyst, system consultant, system engineer, software engineer, sistem analyst programmer, information system engineer. Sistem analis : a. Tanggungjawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan. b. Pengetahuan analis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya. c. Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar. d. Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesama analis sistem,programer tetapi juga pemakai sistem dan manajer.

3. Programmer
Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis (lebih memahami teknologi computer). Programmer : a. Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer. b. Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan. c. Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program. d. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.

4. Web database administrator
Web database administrator Adalah seseorang yang mengemban tugas merancang, merawat, dan mengaupdate sistem-sistem database. Bahasa pemrograman yang digeluti untuk keperluan tugasnya adalah SQL. Dengan perangkat ini Web database dapat menjaga Struktur, security, arsip dan integritas database.

5. Network specialist
Network specialist bertanggung jawab mendesign system jaringan computer dan mengamankan semua computer dari virus jaringan dan ancaman para hacker.

6. Operator
Dalam pengelolaan instalasi komputer Analis / perancang harus memperhatikan tata letak komputer / server dan arus kerja departemen TI Salah satu diantaranya adalah merancang ruang lingkup kerja atau ruang lingkup dimana komputer /server tersebut dioperasikan

7. Konsultan
Anda bertanggung jawab sebagai pelaksana implementasi, yaitu memberikan training, konsultasi dan memberikan solusi kepada client dalam hal penerapan software aplikasi dari REALTA Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, sehingga dapat menerima konsultasi dan memberikan penjelasan dalam hal penerapan software aplikasi dengan tepat guna Tugas anda termasu juga menangani complaint maupun permintaan client dalam mengembangkan aplikasi software REALTA yang digunakan client.

8. Project Managers
Project Management UnitSebagai proyek yang relatif besar, diperlukan pengelolaan yang cermat yang memperhatikan segi efisiensi dan efektifitas baik dana, waktu, dan pekerjaan itu sendiri. Oleh karena itu dalam melaksanakan The Upgrading and Development of Haluoleo University Project ini, dibutuhkan suatu bagian yang bertugas mengelola proyek ini dari masalah perencanaan/persiapan proyek, manajemen proyek, administrasi, keuangan, pengembangan SDM hingga pelaksanaan konstruksi proyek. Bagian pengelola ini disebut PMU (Project Managemet Unit). Dalam menjalankan tugasnya, PMU tidak bekerja sendirian, tetapi dibantu oleh unit-unit konsultan profesional, kelompok-kelompok kerja, dan unit pendukung lainnya yang masing-masing memiliki wilayah konsentrasi kerja. Tujuannya adalah mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan dan pengembangan secara optimal.

9. Administrator
Aktivitas utama dari administrator antara lain pengoperasian, pengontrolan dan pengoptimalan sistem. Administrator memelihara dan mengontrol sistem dan infrastruktur yang ada pada pihak pemakai. Proses-proses yang senantiasa dijalankan dan kontinue membedakan aktivitas administrator dari tugas-tugas yang terkait proyek dari spesialis lainnya Administator spesial jaringan, sistem TI, data bank, aplikasi perusahaan dan web membentuk kelompok administrator. Mereka bertugas mengkonfigurasi, mengoperasikan, mengoptimalkan jaringan, sistem teknik informasi, bank data, dan aplikasi perusahaan dan web.

10.Adviser
Adviser memposisikan di diri di daerah irisan antara proses dan profit aktivitas yang berbeda. Ia menjadi penghubung antara produsen dan pemakai dalam hal teknis atau komersial. Lingkup aktivitas khasnya anntara lain juga analisis kebutuhan, delivering dan acceptance dari produ, user training serta technical support. IT supporter dan IT trainer merupakan adviser di lingkup teknis; IT key accounter dan IT product coodinator adalah adviser dalam lingkup komersial. IT supporter menyelesaikan masalah aplikasi dan memelihara produk-produk dan systemsistem (software, hardware, jaringan). Sebagai outsider, IT supporter senantiasa berhubungan dengan beragam aplikasiaplikasi yang berbeda dan heterogen. Hal membedakannya dari seorang administrator. Tugas utama IT trainer adalah memperkenal produk baru ke user dan melatih pemakaian software maupun hardware ke user. Model training klasik, konsultasi personal, E-learning merupakan sebagian bentuk model pelatihan yang mungkin.

Cita-cita saya ingin menjadi Administrator. Why Karena selain dapat mengoperasikan, mengontrol, dapat juga mengoptimalkan system, tentu aktifitas kerja yang menyenangkan, makanya saya berminat. What Yang membuat saya tertarik di dunia ini adalah selain pekerjaan yang menyenangkan disini juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Who Kalangan yang dituju di dalam pekerjaan ini tidak terlalu luas, karena hanya sebagian orang yang bisa mengoptimalkan system dan mengontrol. Where Pasar yang ditargetkan pekerjaan ini sangat luas karena banyak perusahaan yang ingin mendapatkan administrator handal dimana bisa bekerja multi fungsi. How Bagaimana menjadi administrator?adalah kita harus mempunyai skill untuk mengoperasikan computer, mengontrol, dan mengoptimalkan computer.


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:7382
posted:12/25/2009
language:Indonesian
pages:5