BAB I PENULISAN ILMIAH dan TUGAS AKHIR

Document Sample
BAB I PENULISAN ILMIAH dan TUGAS AKHIR Powered By Docstoc
					BAB I PENULISAN ILMIAH dan TUGAS AKHIR

Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir merupakan karya tulis hasil penelitian dan praktek kerja yang disusun berdasarkan metode ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa dibawah pengawasan dosen pembimbing, untuk memenuhi sebagian persyaratan kelulusan jenjang pendidikan Diploma I, Diploma III dan Strata I di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Poltek Cirebon.

Tujuan Penulisan Ilmiah dan Pembuatan Tugas Akhir Menilai kemampuan mahasiswa menyampaikan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya dan menerapkan dalam kenyataan yang ada di lingkungan kerja. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman serta dapat mencoba menerapkan atau membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang

diperolehnya di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada pada lingkungan kerja. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisa dan merancang sistem informasi berbasis komputer disuatu perusahaan.

Batasan Penulisan Ilmiah dan Pembuatan Tugas Akhir Pada Penulisan Ilmiah dan pembuatan Tugas Akhir untuk masing-masing jenjang pendidikan baik untuk jenjang DI, DIII dan SI ada beberapa batasan – batasan untuk jenjang pendidikan tersebut, sehingga output yang akan dihasilkan sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan yang ada di STIKOM Poltek Cirebon. Pada jenjang pendidikan DI, mahasiswa diharapkan dapat melakukan dan memahami penerapan aplikasi pada suatu permasalahan yang ada di suatu sub sistem serta dapat melakukan pengoperasiaan program aplikasi yang sedang up to date. Pada jenjang pendidikan DIII, mahasiswa diharapkan dapat memecahkan suatu permasalahan yang ada di suatu sistem dan dapat membuat program komputererisasi

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

1

yang dibutuhkan, sehingga dapat diterapkan serta mampu membangun sistem yang baru dengan menonjolkan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh program aplikasi tersebut. Pada jenjang pendidikan SI mahasiswa diharapkan mampu menganalisis, membangun, merancang, dan mengembangkan sistem serta menciptakan program aplikasi komputer dan prototype yang dibutuhkan, sehingga dapat diterapkan di masa yang akan datang.

Kriteria Penilaian Penilaian pada saat melakukan uji sidang Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir baik pada jenjang DI, DIII dan SI diantaranya meliputi : 1. Sistematika Penulisan Meliputi pengetahuan – pengetahuan yang bersifat umum yang disesuaikan dengan topik permasalahan yang diangkat, literatur yang digunakan serta keaktifan dan sikap yang dicerminkan pada saat sidang oleh penyaji. 2. Isi Penulisan Meliputi kemampuan penulis di dalam menganalisa pemecahan masalah disertai dengan solusi penyelesaian masalah. 3. Uji Program Meliputi pengujian program yang dihasilkan sampai pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang digunakan serta dbmsnya dan penerapan programnya.

Tempat, Waktu dan Objek Pembuatan Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir 1 Tempat praktek kerja dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan cara mengajukan permohonan untuk praktek kerja pada perusahaan yang diinginkan. (Surat pengantar permohonan praktek kerja dapat diminta di Akademik). 2 Praktek kerja dilakukan di luar waktu perkuliahan dan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan yang berlaku. 3 Pemilihan tempat praktek kerja dan objek penelitian harus memperhatikan hal sebagai berikut :

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

2

Mudah dilaksanakan, dalam arti lokasi tempat praktek kerja perizinan kerja, data yang tersedia dan lain-lain. Diperkirakan terdapat masalah yang sesuai dengan konsentrasi objek penelitian yang akan dibuat. Berupa organisasi bisnis maupun non bisnis, badan usaha, industri atau lembaga negara dalam berbagai skala usaha dan bentuk. Minimal mengungkap salah satu sub sistem aktifitas organisasi dari kasus yang dibahas, dengan sekurang-kurangnya melibatkan 3 buah file (file master, file transaksi dan file referensi/ acuan). Metode penelitian diarahkan ke dalam bentuk observasi langsung (deskriftif).

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

3

BAB II TATA CARA PENULISAN ILMIAH / TUGAS AKHIR

A. Bahan dan Ukuran 1. Kulit Luar Kulit luar dapat diperoleh di perpustakaan, diperkuat dengan karton dan dilapisi plastik. 2. Kertas yang dipakai Kertas yang dipakai adalah HVS 80 gr/m dengan ukuran A4.

B. Pengetikan Pengertian hanya pada satu muka atau tidak bolak- balik, dengan syarat sebagai berikut : 1. Jenis Huruf Huruf yang dipakai berukuran 12 untuk seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama (Times News Roman). 2. Bilangan dan Satuan Bilangan diketik dengan angka misalnya jumlah dokumen 5 file. Bilangan pada permulaan kalimat tidak diketik dengan angka, tetapi harus dieja, misalnya 15 jenis barang, harus ditulis: lima belas jenis barang. Bilangan desimal ditandai dengan koma, bukan dengan titik, misalnya harga jual per unit Rp 25.754,50. Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik di belakangnya misalnya mg, kg. 3. Jarak Jarak antara 2 baris ketikan adalah 2 spasi tunggal, kecuali kutipan langsung, judul tabel / gambar dan daftar pustaka yang lebih dari 1 baris diketik jarak 1 spasi. 4. Batas Tepi Batas tepi kiri: 4 cm Batas tepi kanan: 3 cm Batas tepi atas: 4 cm

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

4

Batas tepi bawah: 3 cm 5. Judul Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir, Bab, Sub Bab dan Pasal a. Judul Penulisan Ilmuiah Tugas Akhir. Harus diketik seluruhnya dengan huruf besar. Tanpa ada kata yang disingkat kecuali untuk singkatan yang berlaku umum seperti PT, CV. Pengetikan diatur simetris ditengah tanpa diakhiri dengan tanda titik. Bila judul lebih dari satu baris, ketikan harus dalam bentuk piramida terbalik dengan jarak baris adalah dua spasi tunggal. b. Judul Bab, harus diketik dengan huruf besar, diatur simetris di tengah – tengah dan tanpa diakhiri dengan tanda titik. Bila judul lebih dari satu, ketikan harus dalam bentuk piramida terbalik, dengan jarak baris adalah satu spasi tunggal. Huruf yang dipakai berukuran 14 inci. c. Judul Sub Bab, ditulis simetris di tengah – tengah. Semua kata dimulai dengan huruf besar. Kecuali kata penghubung dan kata depan, tanpa diakhiri dengan titik. Sub bab dicetak tebal. d. Judul Pasal, diketik dimulai dari batas tepi kiri dan dicetak tebal. Hanya hurup pertama saja yang berupa huruf besar, dan pengetikan tidak akhiri dengan titik. Kalimat pertama sesudah pasal dimulai dengan alinea baru. Contoh penulisan judul Bab dan pasal terdapat pada lampiran. 6. Rincian kebawah Apabila dalam penulisan naskah terdapat rincian yang harus disusun kebawah, dipakai nomor urut dengan angka sesuai dengan urutan rincian.

C. Penomoran 1. Halaman a. Bagian awal Tugas Akhir, dimulai dari halaman pengesahan Tugas Akhir, diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil. b. Bagian utama dan bagian akhir, mulai dari pendahuluan (Bab 1) sampai dengan halaman terakhir dari lampiran, diberi nomor dengan angka latin. c. Nomor halaman ditempatkan di sebelah kanan atas, kecuali bab baru, nomor halaman ditempatkan di tengah bagian bawah.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

5

2. Bab, Sub Bab, dan Pasal a. Setiap bab diberi nomor urut dengan angka romawi besar, dituliskan simetris di tengah – tengah di atas judul bab yang bersangkutan. b. Sub bab diberi nomor urut dengan angka latin. c. Pasal diberi nomor urut dengan angka latin. d. Sub pasal diberi nomor urut dengan huruf kecil. e. Ayat diberi nomor urut dengan angka latin dalam dua tanda kurung. f. Sub ayat diberi nomor urut dengan huruf kecil dalam dua tanda kurung. 3. Tabel dan gambar Tabel dan gambar diberi nomor urut dengan angka latin.

D.

Tabel dan Gambar Penyajian dan gambar mengikuti tata cara sebagai berikut : a. Tabel dan gambar dibuat pada kertas naskah dan diletakkan simetris terhadap tepi kiri dan kanan pengetikan. b. Tabel dan gambar boleh diletakkan di tengah halaman diantara baris-baris kalimat teks tubuh utama Tugas Akhir. c. Tabel dan gambar yang memerlukan kertas yang lebih besar dari halaman naskah dapat dipakai. Tetapi sebaiknya hanya tabel dan gambar yang jika dilipat satu kali sudah mencapai ukuran halaman naskah saja yang dimasukkan dalam teks. d. Huruf dan angka tabel harus diketik. Kolom – kolom tabel harus disusun sedemikian rupa sehingga mudah dibaca. Jarak antara satu baris dengan baris lainnya didalam tabel satu spasi. e. Tabel mempunyai garis batas yang tidak melampaui batas kertas yang boleh diketik. f. Kolom tabel diletakkan sejajar dengan panjang kertas. g. Jika judul tabel terdiri dari dua baris atau lebih, maka baris-baris tersebut dipisahkan dengan satu spasi.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

6

h. Baris pertama judul tabel harus terletak tiga spasi dibawah baris terakhir teks, sedang baris terakhir judul harus terletak dua spasi di atas garis batas atas atau tabel. i. Setiap tabel tentang data, dibawah tabel harus ditulis sumbernya.

E. Kutipan Sebagaimana bentuk karya tulis ilmiah lainnya. Pengertian Tugas Akhir membutuhkan adanya pembuktian, penguatan, dukungan atau otoritas (“technical authority“) dari pihak – pihak yang memiliki kompetensi dalam bidang tertentu . Pembuktian, penguatan, dukungan atau otoritas tersebut dapat diambil atau dikutip dari berbagai sumber. Oleh karena itu sumber yang dijadikan acuan (referensi) hendaknya benar-benar terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan tingkat kebenaran dan atau mutu ilmiahnya. Adapun kutipan dapat dilakukan dengan cara mengutip pendapat atau ide yang terdapat pada sumber lain kemudian memasukkan kedalam Tugas Akhir (kutipan Langsung). Selain itu kutipan dapat juga dilakukan dengan hanya menyebutkan sumbernya, sedangkan ide asli yang terdapat dalam sumber itu diolah sedemikian rupa, sehingga uraian yang diutarakan itu merupakan interpretasi penulis (kutipan tidak langsung). Dalam menyebut sumber kutipan pada prinsipnya cukup hanya menyebutkan nama pengarang (yang sudah lazim dikenal), tahun penerbitan dan nomor halaman. 1. Kutipan langsung Kutipan langsung adalah kutipan pendapat atau sumber tertulis dengan sama sekali tidak menyimpang dari sumbernya. Dalam kutipan langsung ini terdapat beberapa ketentuan, yaitu : a. Apabila kutipan kurang dari 5 baris kutipan diketik biasa dengan tanda petik dengan jarak 2 spasi serta di cantumkan nama pengarang, judul buku, penerbit dan tahun terbit. Misalnya : “Penentuan besarnya investasi atau alokasi modal dalam inventory mempunyai efek yang langsung terdapat keuntungan perusahaan”. (Riyanto, Manajemen Pemasaran, Erlangga 1990)

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

7

b. Apabila kutipan lebih dari 5 baris kutipan diketik satu spasi dimulai dari hitungan margin kiri 10 karakter dan kanan 10 karakter, dicantumkan nama pengarang, penerbit dan tahun terbit. Misalkan : “ Adanya investasi dalam inventory yang terlalu besar dibandingkan dengan kebutuhan akan memperbesar beban bunga, memperkaya biaya penyimpanan dan pemeliharaan digudang, memperbesar kemungkinan kerugian karena kerusakan, turunnya kualitas, keusangan, sehingga semuanya ini akan memperkecil keuntungan perusahaan “. (Riyanto, Manajemen Pemasaran, Erlangga 1990) 2. Kutipan tidak langsung Kutipan tidak langsung adalah suatu kutipan pendapat – pendapat atau uraian dari buku lainnya yang penyajiannya dengan bahasa sendiri. Untuk kutipan tidak langsung ini diketik seperti uraiannya sendiri, termasuk spasinya. Misalnya :

Investasi yang terlalu besar atau terlalu kecil dalam persediaan secara langsung akan mempengaruhi keuntungan perusahaan.

F. Bahasa 1. Pemakaian bahasa Bahasa Indonesia yang dipergunakan ialah bahasa Indonesia yang baku kalimat harus utuh dan lengkap dalam arti ada subjek, predikat, objek, dan keterangan. 2. Istilah a. Jika memakai istilah asing, pergunakan huruf miring (italics) untuk istilah tersebut.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

8

BAB III SISTEMATIKA PENULISAN TUGAS AKHIR

LEMBAR JUDUL LEMBAR PENGESAHAN LEMBAR PENGESAHAN SIDANG MOTTO DAFTAR RIWAYAT HIDUP ABSTRAKSI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR SIMBOL

BAB I

PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Identifikasi Masalah 1.3 Pembatasan Masalah 1.4 Maksud dan Tujuan 1.5 Metode dan Teknik Penelitian 1.6 Kerangka Pemikiran(SI) 1.7 Anggapan Dasar dan Hipotesis(SI) 1.8 Sistematika Penulisan 1.9 Lokasi dan Waktu Penelitian

BAB II

LANDASAN TEORI 2.1 Teori Objek Penelitian/Metodologi Research 2.2 Metode Pembangunan Perangkat Lunak 2.3 Tool Perancangan (DFD, ERD, dll) 2.4 Tool Perangkat Lunak (VB, Delphi, dll)

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi

9

BAB III

ANALISIS SISTEM 3.1 Analisis Organisasi 3.1.1 Sejarah Singkat 3.1.2 Stuktur Organisasi dan Uraian Tugas 3.2 Analisis Prosedur 3.2.1 Uraian Prosedur Sistem 3.2.2 Diagram Sistem Prosedur (Flow Map) 3.3 Analisis Dokumen dan Informasi 3.3.1 Analisis Dokumen 3.3.2 Analisis Informasi

BAB IV

PERANCANGAN SISTEM 4.1 Desain Struktur Organisasi 4.1.1 4.1.2 4.2 4.3 4.4 Desain Struktur Organisasi Desain Tugas

Desain Prosedur Desain Dokumen dan Informasi Desain Aliran Data 4.4.1 4.4.2 4.4.3 4.4.4 4.4.5 4.4.6 4.4.7 Flow Map Diagram Kontek Diagram Aliran Data Entitas Relationship Diagram Database / Tabel Uji Normalisasi Kamus Data

4.5 Desain Interface & Struktur Menu 4.6 Implementasi Perangkat dan Sistem 4.6.1 Implementasi Perangkat Lunak 4.6.2 Implementasi Perangkat Keras 4.6.3 Pedoman Pengoperasian Program

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 10

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 5.2 Kesimpulan Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN – LAMPIRAN

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 11

BAB IV PENJELASAN SISTEMATIKA PENULISAN ILMIAH / SKRIPSI
JUDUL LEMBAR PENGESAHAN LEMBAR PENGESAHAN SIDANG MOTTO Menggambarkan cerminan untuk meningkatkan kualitas pribadi yang mandiri serta untuk memacu untuk menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan semangat pada orang lain. DAFTAR RIWAYAT HIDUP Menggambarkan biodata diri penyusun. ABSTRAKSI Bagian ini menggambarkan secara garis besar hasil dari Penulisan Ilmiah / Skripsi sehingga harus benar-benar mengantarkan pembaca dapat memahami maksud dari Penulisan Ilmiah/Skripsi yang dituangkan oleh penyusun. KATA PENGANTAR Bagian ini menggambarkan kepada pembaca pada persoalan-persoalan yang dibahas dan memberitahukan secara ringkas sifat dan tujuan pembahasan serta hal lain yang dipandang perlu oleh penyusun untuk diketahui oleh pembaca sebagai latar belakang untuk memahami Penulisan Ilmiah / Skripsi yang disusun. Seandainya perlu ditambahkan dapat dikemukakan ucapan terima kasih kepada pihakpihak yang telah membantu untuk mewujudkan Penulisan Ilmiah / Skripsi yang baik, sehingga diharapkan penyusun tidak merendahkan diri menunjukkan kekurangan tulisannya. DAFTAR ISI Daftar isi harus menunjukkan dengan tepat letak setiap bagian pada halaman yang memuatnya. Daftar isi ini bukan saja untuk petunjuk bagi pembaca tetapi juga untuk dijadikan petunjuk mengenai organisasi pemikiran penyusun, sehingga dengan mempelajari pembagian bab serta judul setiap bab dan urut – urutan bab tersebut Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 12

pembaca dapat dengan mudah memperoleh gambaran mengenai isi Penulisan Ilmiah / skripsi tersebut. DAFTAR TABEL Apabila ada, bagian ini memuat daftar seluruh tabel yang disajikan dalam penulisan ilmiah / skripsi serta harus menunjukkan dengan tepat letak setiap tabel pada halaman berapa tabel tersebut disajikan. DAFTAR GAMBAR Menjelaskan gambar – gambar apa saja yang terdapat dalam penulisan ilmiah / skripsi serta harus menunjukkan dengan tepat letak setiap gambar pada halaman berapa gambar tersebut disajikan. DAFTAR SIMBOL Menjelaskan keterangan simbol – simbol yang digunakan pada diagram alir data dan diagram sistem prosedur sehingga dapat dipahami dengan jelas. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Menjelaskan latar belakang dilakukannya tugas akhir ditempat yang dipilih dan perlunya pengembangannya atau penyempurnaan suatu sistem informasi berbasis komputer. 1.2 Identifikasi Masalah Penjelasan mengenai permasalahan pokok yang dihadapi, selanjutnya dapat dibuat dalam bentuk pertanyaan atau juga kalimat pernyataan sesuai dengan kondisi system lama pada saat melakukan penelitian, misalnya : persediaan barang di gudang terlalu banyak, pembelian barang tidak ekonomis, banyak piutang tidak tertagih, pengendalian manajemen kurang efektif, dll. 1.3 Pembatasan Masalah Menjelaskan batasan atau ruang lingkup permasalahan yang akan dituangkan dalam pembuatan tugas akhir ini.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 13

1.4

Maksud dan Tujuan Menjelaskan maksud dilaksanakannya tugas akhir ini dan menjelaskan tujuan dilakukannya pengembangan atau penyempurnaan sistem tersebut untuk mengatasi permasalahan yang diidentifikasikan.

1.5

Metode dan Teknik Penelitian Menjelaskan metode dan teknik penelitian yang digunakan untuk mempelajari suatu sistem melalui teknik observasi termasuk wawancara dan pengumpulan dokumen.

1.6

Kerangka Pemikiran (SI) Merumuskan tentang konsep dasar teori yang melandasi objek penelitian guna menuju dibangunnya suatu hipotesa.

1.7

Anggapan Dasar dan Hipotesa (SI) Anggapan dasar merupakan konsep dasar teoritis yang memperkuat dibangunnya hipotesa (pendapat para ahli yang sudah diakui kebenarannya). Hipotesa adalah merumuskan pendapat peneliti/dugaan sementara peneliti terhadap suatu objek peneliti yang kebenarannya akan diuji melalui hasil penelitian.

1.8

Sistematika Penulisan Menjelaskan perincian dan keterkaitan antar bab/sub bab dari penulisan tugas akhir ini.

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Teori Objek Penelitian Teori yang disajikan merupakan teori yang relevan, lengkap, mutakhir dan urut sejalan dengan permasalahan. Teori yang dikemukakan berasal dari sumber-sumber teori, seperti studi pustaka dan dari hasil penelitian, seperti interview. 2.2 Tool Perancangan (Diagram Kontek, DAD, ERD, dll) Teori tentang pemodelan dan tool yang digunakan, teori tentang pemodelan terbagi 2 diantaranya adalah Data Flow Oriented.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 14

Masing-masing pemodelan memiliki tool yang berbeda, seperti pada data flow oriented dengan tool Diagram Kontek, Diagram Aliran Data dan Data Object dengan tool UML. 2.3 Tool Perangkat Lunak (VB, Delphi) Menjelaskan tentang VB, Foxpro, Delpi, dan lain-lain serta alasan mengapa menggunakan perangkat lunak tersebut serta dijelaskan fasilitas apa yang mendukung pengembangan terutama pada topik yang diangkat. 2.4 Metode Pembangunan Perangkat Lunak Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan masalah sesuai dengan metode pembangunan perangkat lunak. Terdapat 4 macam teori pembangunan perangkat lunak, diantaranya : metode prototype, waterfall dan lain-lain serta menjelaskan masing-masing kelebihan dan kekurangan serta mengapa teori tersebut di anggap cocok dengan topik yang akan dibangun.

BAB III ANALISIS SISTEM 3.1 Analisis Organisasi 3.1.1 Sejarah singkat Penjelasan global tentang organisasi tempat kerja praktek 3.1.2 Struktur Organisasi dan Uraian Tugas Penjelasan tentang bentuk struktur organisasi dan uraian tugas pada fungsional organisasi yang menangani masalah ini. 3.2 Analisis Prosedur 3.2.1 Uraian Prosedur Menjelaskan sistem prosedur yang sedang berjalan untuk sistem yang dibahas yang melibatkan beberapa entitas, menggunakan berbagai dokumen masukan dan keluaran serta melakukan berbagai kegiatan dalam bentuk narasi. 3.2.2 Diagram sistem prosedur ( Flow Map)

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 15

Penggambaran diagram sistem prosedur secara grafis menggunakan simbol-simbol diagram alir. 3.3 Analisis Dokumen Dan Informasi 3.3.1 Analisis Dokumen Menjelaskan mengenai dokumen masukan yang digunakan disistem yang bersangkutan beserta item-itemnya. 3.3.2 Analisis Informasi Menjelaskan mengenai informasi yang dikeluarkan dan digunakan di sistem yang bersangkutan beserta item-itemnya.

BAB IV PERANCANGAN SISTEM Membahas permasalahan yang ada dari hasil analisa sistem yang telah dituangkan pada Bab III. 4.1 Desain Struktur Organisasi Secara umum diharapkan dapat meningkatkan sistem yang baru. Dengan adanya penambahan atau pengurangan beberapa komponen sehingga diharapkan dengan adanya perubahan struktur organisasi memberikan warna baru untuk pengembangan sistem yang ada. 4.1.1 Desain Struktur Organisasi Menggambarkan rancangan baru, apabila ada penambahan atau pengurangan dari struktur organisasi sebelumnya sehingga struktur organisasi yang baru dapat meningkatkan mutu dari pengembangan sistem yang ada. 4.1.2 Desain Tugas Menjelaskan masing-masing tugas yang ada dalam Desain Struktur Organisasi sehingga tidak ada tugas yang sama dari masing-masing bagian.

4.2 Desain Prosedur Menjelaskan sistem prosedur yang akan berjalan untuk sistem yang baru yang melibatkan beberapa entitas, menggunakan berbagai dokumen

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 16

masukan dan keluaran serta melakukan berbagai kegiatan dalam bentuk narasi. 4.3 Desain Dokumen dan Informasi Menjelaskan mengenai dokumen masukan yang dirancang untuk digunakan pada sistem yang baru beserta item-itemnya serta menjelaskan mengenai dokumen keluaran yang dirancang untuk digunakan ke dalam sistem yang baru beserta item-itemnya. 4.4 Desain Aliran Data 4.4.1 Flow Map Penggambaran diagram sistem prosedur yang dibuat untuk sebuah sistem baru secara grafis menggunakan simbol-simbol diagram alir. 4.4.2 Diagram Kontek Menjelaskan mengenai gambaran ruang lingkup sistem yang sedang berjalan secara keseluruhan yang ditandai dengan satu lingkaran untuk nama sistem dan keterkaitannya dengan beberapa kotak entitas eksternal serta aliran data 4.4.3 Diagram Aliran Data DAD Lojik menjelaskan representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukkan proses-proses dalam sistem tersebut, dan semua aliran data ke dalam dan ke luar dari proses-proses tersebut. DAD Lojik menunjukkan dimana, bagaimana, dan oleh siapa proses-proses dalam sebuah sistem tersebut dilakukan. DAD Lojik

menggambarkan kegiatan-kegiatan logis yang dilakukan oleh sebuah sistem. 4.4.4 Entitas Relationship Diagram Model Entity – Relationship yang berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut-atribut yang merepresentasikan seluruh fakta dari ‘dunia nyata’ yang kita tinjau, dan dapat digambarkan dengan lebih sistematis dengan menggunakan Diagram Entity Relationship (Diagram E – R).

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 17

4.4.5 Data Base/Tabel Kumpulan data yang disimpan secara terstruktur (= tersusun dengan baik, efisien, terkendali mutunya) sesuai dengan kebutuhan informasi yang akan dilayaninya, beserta (sebagian) cara

interpretasinya (= semantik) 4.4.6 Uji Normalisasi Merupakan usaha untuk menghilangkan anomali, secara klasik dilakukan dengan landasan Functional-Dependency (FD),

Multivalued-Dependency (MVD) dan Join-Dependency (JD) yang ada pada kumpulan relasi ybs. Secara teoritik telah didefinisikan beberapa buah bentuk normal (normal-form atau NF) : bentuk normal 1st NF 2nd NF 3rd NF Boyce-Codd NF 4th NF 5th NF atau PJNF sasaran pada sebuah desain database Keterangan prasyarat definisional berdasarkan FD ---idem-----idem--berdasarkan MVD berdasarkan JD biasanya hanya sampai 3NF,

BCNF atau paling jauh sampai 4NF saja. Normalisasi dilaksanakan melalui dekomposisi, dengan syarat : - Lossless join property : jika extension hasil dekomposisi di-joinkan akan kembali ke extension semula. - Dependency preserving : tidak ada dependency yang hilang atau terpotong. 4.4.7 Kamus Data Menjelaskan katalog fakta tentang data dan kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi serta fungsi dari Kamus Data itu sendiri untuk menjelaskan semantik dari setiap "panah" dan "store" dalam DFD dan Diagram Konteks.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 18

mendeskripsikan isi/ komposisi setiap "panah" dan "store" dalam DFD dan Diagram Konteks, sampai bentuk atomiknya. menjelaskan semantik dari setiap "komponen" pada komposisi sampai tingkat atomiknya, termasuk jika ada sistem pengkodean. 4.5 Desain Interface dan Struktur Menu Merupakan Rancangan antarmuka perangkat lunak yang akan dibangun meliputi Desain Interface Input, Desain Interface Output (Informasi) serta Desain Print Out, sedangkan pada Stuktur Menu merupakan daftar berjenjang butir-butir instruksi yang dapat dipilih pemakaian program untuk melaksanakan berbagai kegiatan pengoperasian program. 4.6 Implementasi Sistem Menjelaskan bagaimana cara kerja rancangan sistem yang baru dapat diterapkan pada tempat dimana penyaji melakukan penelitian ilmiah di perusahaan/instansi. Serta menjelaskan prosedur kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan perancangan sistem yang ada serta menguji, menginstal, dan memulai mengoperasikan sistem hasil pengembangan atau perancangan. 4.6.1 Konfigurasi Perangkat Lunak Menjelaskan hasil dari aplikasi perangkat lunak yang dibangun meliputi : Tampilan Interface serta Listing Program. 4.6.2 Konfigurasi Perangkat Keras Menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat keras yang akan digunakan untuk menerapkan system informasi yang telah

dikembangkan atau dirancang. Meliputi jenis komputer, ukuran memori, kapasitas penyimpanan, jenis layar, printer, dsb. 4.6.3 Pedoman Pengoperasian Program Menguraikan tentang petunjuk pengoperasian sistem yang

dikembangkan atau dirancang untuk keperluan pemakai dalam

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 19

mengoperasikan sistem tersebut. Tahapan pengoperasian program yang dibuat diantaranya terdiri dari : a. Kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak minimal. b. Tata cara instalasi program. c. Prosedur pengoperasian sistem. d. Petunjuk mengatasi kesalahan jika terjadi pada saat

mengoperasian sistem.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Menguraikan penyelesaian dari identifikasi masalah yang ada serta menjelaskan hasil yang diperoleh dengan adanya pengembangan atau perancangan sistem tersebut. 5.2 Saran – saran Menjelaskan tentang usulan-usulan yang berhubungan dengan

pengembangan atau perancangan system tersebut pada saat ini dan pada masa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA Sebagai buku acuan dalam mengerjakan Penulisan Ilmiah / Tugas Akhir ini, diharuskan menggunakan sekurang – kurangnya 7 buku yang bersangkutan dengan pengembangan atau perancangan sistem informasi berbasis komputer.

DAFTAR LAMPIRAN Berisi salinan dokumen-dokumen masukan dan keluaran perusahaan sebelum sistem dikembangkan atau dirancang serta listing program. Setiap lampiran diberi sampul berjudul, misalnya : Lampiran 1 Lampiran 2 Dokumen Masukan dan Keluaran Listing Progam

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 20

LAMPIRAN : 1 Contoh : Judul Penulisan Ilmiah / Skripsi

SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI DI CV. ERLANGGA CIREBON

SKRIPSI
Program Sarjana Strata Satu ( SI ) Jurusan Teknik Informatika

Disusun Oleh :

PUSPA INDAH
NRP : 14500126

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER (STIKOM) POLTEK CIREBON 2005

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 21

Lampiran : 2 Contoh Lembar Pengesahan :

SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI DI CV. ERLANGGA CIREBON

DIKETAHUI DAN DISETUJUI OLEH :

Pembimbing I

Pembimbing II

Drs. Yaya Sunarya, MM

Susi Widyastuti, S.Kom

Pembantu Ketua I

Ketua Jurusan

Drs. Yaya Sunarya, MM

Ir. Virgiyanti

Mengetahui, KETUA STIKOM POLTEK CIREBON

Yuhano, M. Kom

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 22

Lampiran : 3 Contoh Lembar Pengesahan Sidang / Prasidang

LEMBAR PENGESAHAN SIDANG / PRASIDANG

SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI DI CV. ERLANGGA CIREBON

Di Susun Guna memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu ( SI ) Jurusan Teknik Informatika di STIKOM Poltek Cirebon

Oleh :

PUSPA INDAH
NRP : 14500126

Tanggal Sidang : 3 Januari 2004

Disahkan Oleh :

Penguji I

Penguji II

Penguji III

Drs. Yaya Sunarya, MM

Ir. Virgiyanti

Susi Widyastuti, S. Kom

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 23

Lampiran : 4 Contoh Daftar Isi : DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN MOTTO DAFTAR RIWAYAT HIDUP…………………………………………………………...i ABSTRAKSI……………………………………………………………………………..ii KATA PENGANTAR…………………………………………………………………..iii DAFTAR ISI…………………………………………………………………………….iv DAFTAR TABEL ……………………………………………………………………….v DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………………….vi DAFTAR SIMBOL..........................................................................................................vii

BAB I

PENDAHULUAN………………………………………………………..1 1.1 Latar Belakang………………………………………………………..1 1.2 Identifikasi Masalah…………………………………………………..2 1.3 Pembatasan Masalah………………………………………………….3 1.4 Maksud dan Tujuan…………………………………………………..4 1.5 Metodologi dan Teknik Penelitian……………………………............5 1.6 Kerangka Pemikiran (SI)......................................................................6 1.7 Anggapan Dasar dan Hipotesis (SI).....................................................6 1.8 Sistematika Penulisan………………………………………………...6

BAB II

LANDASAN TEORI…………………………………………………….7 2.1 Teori Objek Penelitian.……………………............................………..7 2.2 Tool Perancangan (DFD, ERD, dll)…….…………………………….8 2.3 Tool Perangkat Lunak (VB, Delphi)…….……………………………9 2.4 Metode Pembangunan Perangkat Lunak …………………………...9

BAB III

ANALIS SISTEM INFORMASI………………………………………10

Analisis Organisasi……………………….………………………….10

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 24

3.1.1 Sejarah Singkat……………………………………………….11 3.1.2 Stuktur Organisasi dan uraian Tugas…………………………12 3.2 Analisis Prosedur……………………………………………………13 3.2.1 Uraian Prosedur Sistem………………………………………14 3.2.2 Diagram Sistem Prosedur ( Flow Map)……………………...15 3.3 Analisis Dokumen dan Informasi…………………………………...16 3.3.1 3.3.2 Dokumen Input ( Masukan)…………………………………17 Informasi ……………………………………………………18

BAB IV

PERANCANGAN SISTEM …………………………………………….19 4.1 Desain Struktur Organisasi………………………………..………….19 4.1.1 4.1.2 Desain Struktur Organisasi………………………………….20 Desain Tugas………………………………………………...21

4.2 Desain Prosedur………………………………………….…………..22 4.3 Desain Dokumen dan Informasi………………………….…………23 4.4 Desain Aliran Data…………………………………………..………24 4.4.1 Flow Map…………………………………………….………25 4.4.2 Diagram Kontek…………………………………….….…….26 4.4.3 Diagram Aliran Data……………………………….………...27 4.4.4 Entitas Relations Ship Diagram…………………….………...28 4.4.5 Data Base/Tabel……………………………………….……...29 4.4.6 Uji Normalisasi……………………………………….……....30 4.4.7 Kamus Data ………………………………………….………31 4.5 Desain Interface dan Struktur Menu………………………………...32

BAB V

IMPLEMENTASI………………………………………………………...33 5.1 5.2 5.3 Konfigurasi Hardware (Perangkat Keras)…………………………...33 Konfigurasi Software (Perangkat Lunak)…………………………...34 Pedoman Pengoperasian Program…………………………………...35

BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN …………..……………………………..36

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 25

6.1 6.2

Kesimpulan………………………………………………………....36 Saran-saran………………………………………………………….37

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………..38 LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 26

Lampiran : 5 Contoh Daftar tabel DAFTAR TABEL Tabel 4.1 Tabel 4.2 Dst… Ket : Tabel 4.1 Menunjukkan letak tabel pada Bab IV urutan ke satu terletak di halaman 20. Bentuk Normal Kesatu……………………………………………………20 Kamus Data………………………………………………………………31

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 27

Lampiran : 6 Contoh Daftar tabel DAFTAR GAMBAR Gambar 4.1 Gambar 4.2 Dst… Ket : Gambar 4.1 Menunjukkan letak Gambar pada Bab IV urutan ke satu terletak di halaman 20 Struktur Organisasi …...…………………………………………………20 Diagram Konteks..………………………………………………………31

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 28

Lampiran : 7 Contoh Daftar Pustaka DAFTAR PUSTAKA

Jogiyanto HM, “Analisis Dan Desain Sistem Informasi”, Yogyakarta, 1989, ANDI OFFSET Yogyakarta

Drs. Ario Suryo Kusumo, “Pemrograman Database Dengan Visual Basic 6.0”, Jakarta, 2002, Elex Media Komputindo.

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 29

Lampiran : 8 Contoh Penulisan

BAB III ANALISIS SISTEM

3.1 Analisis Organisasi ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………

3.1.1 Sejarah Singkat ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………… ……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………

3.1.2

Stuktur Organisasi Dan Uraian Tugas ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………… .……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………….

3.2

Analisa Prosedur

……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 30

KATA PENGANTAR

Alhamdulilah berkat Rahmat Allah SWT kami dapat menyusun buku pedoman tata cara Penulisan Ilmiah / Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Poltek Cirebon tahun akademik 2004/2005. Sudah menjadi tekad kami untuk selalu meningkatkan kualitas akademik dalam berbagai aspek secara bertahap, terencana, dan berkelanjutan agar menghasilkan lulusan yang berbobot dan profesional sehingga mampu mengantisipasi masa depan yang penuh dengan tantangan terutama pada dunia IT. Oleh karena itu keberadaan buku pedoman ini agar dapat dipahami bersama sehingga semua kegiatan dapat terselenggara secara tertib menurut suatu pola yang jelas sesuai dengan garis – garis besar kebijaksanaan, penyempurnaan dan pengembangan akademik. Buku ini dapat menjadi peganan bagi seluruh mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji sehingga tercapai apa yang dicita – citakan. Dengan adanya buku pedoman tata cara penulisan ini diharapkan seluruh civitas akademik dapat meningkatkan mutu dan kualitas lulusan yang akan dihasilkan.

Cirebon, Desember 2005 Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Poltek Cirebon

Otong Saeful Bachri Ketua Jurusan

Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 31 i

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................................. DAFTAR ISI ............................................................................................................. BAB I BAB II PENULISAN ILMIAH DAN SKRIPSI ................................................ TATA CARA PENULISAN ILMIAH / SKRIPSI ................................ A. Bahasa dan Ukuran .......................................................................... B. Pengetikan ........................................................................................ C. Penomoran ....................................................................................... D. Tabel dan Gambar ............................................................................ E. Kutipan ............................................................................................. F. Bahasa .............................................................................................. SISTEMATIKA PENULISAN PI / SKRIPSI ....................................... Bab I Pendahuluan ............................................................................ Bab II Landasan Teori ........................................................................ Bab III Analisis Sistem ........................................................................ Bab IV Perancangan Sistem ................................................................ Bab V Implementasi ........................................................................... Bab VI Kesimpulan dan Saran ............................................................ PENJELASAN SISTEMATIKA PENULISAN PI / SKRIPSI ............. Bab I Pendahuluan ............................................................................ Bab II Landasan Teori ........................................................................ Bab III Analisis Sistem ........................................................................ Bab IV Perancangan Sistem ................................................................ Bab V Implementasi Sistem ............................................................... Bab IV Kesimpulan dan Saran ............................................................ Contoh Judul Penulisan Ilmiah / Skripsi ................................. Contoh Lembar Pengesahan ................................................... Contoh Lembar Pengesahan Sidang / Prasidang .................... Contoh Daftar Isi ..................................................................... Contoh Daftar Tabel ............................................................... Contoh Daftar Gambar ............................................................ Contoh Daftar Pustaka ............................................................ Contoh Penulisan .................................................................... i ii 1 5 5 5 7 8 9 11 12 12 12 13 13 14 14 15 16 18 19 21 25 26 28 29 30 31 34 35 36 37

BAB III

BAB IV

LAMPIRAN 1 LAMPIRAN 2 LAMPIRAN 3 LAMPIRAN 4 LAMPIRAN 5 LAMPIRAN 6 LAMPIRAN 7 LAMPIRAN 8

ii Tata Cara Penulisan PI/Skripsi 32