Docstoc

faktor_abiotik_2_

Document Sample
faktor_abiotik_2_ Powered By Docstoc
					Faktor Abiotik
Saudara mahasiswa..

Seperti sudah kita bahas pada inisiasi 1, bahwa di dalam ekosistem akan terjadi Interaksi antara faktor/lingkungan abiotik (lingkungan yang tidak hidup), seperti suhu, udara, tanah, mineral, air, dsb dengan faktor/lingkungan biotik (organisme hidup), seperti mikroba, tumbuhan, dan hewan.

Beberapa contoh faktor abiotik Lingkungan abiotik seringkali juga disebut dengan lingkungan fisik, sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan organisme. Berikut beberapa contoh faktor abiotik di dalam ekosistem 1. Air Air sangat penting bagi semua organisme. Sebagian besar bumi kita adalah air, karena air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Namun demikian sebagian besar air terdapat di laut sebagai air asin dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung). Di samping itu terdapat juga air dalam bentuk awan, hujan, air sungai, air tawar, uap air, dsb. Seluruh air yang ada di permukaan bumi bergerak mengikuti suatu siklus yang disebut dengan siklus air (siklus hiodrologi). Siklus hidrologi dapat Anda pelajari pada modul 2.

2. Udara Udara di atmosfer terdiri dari campuran berbagai gas seperti nitrogen (78,08%), oxygen (20,95%), argon (0,93%), CO2 (0,038%), serta gas lainnya sebesar 1%. Berbagai gas tersebut sangat berperan di dalam kehidupan organisme, misalnya oksigen. Ketersediaan oksigen sangat ditentukan oleh adanya tumbuhan berklorofil selama melakukan fotosintesis, dan kekurangan oksigen akan mempengaruhi mahluk hidup yang terdapat di dalam ekosistem tersebut.

3. Temperatur Udara juga sangat erat hubungannya dengan temperatur yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan organisme. Ekosistem yang mempunyai temperatur tinggi akan mempunyai keragaman organisme yang berbeda dengan ekosistem dengan temperatur rendah. Temperatur juga akan mempengaruhi kegiatan yang terjadi di dalam ekosistem, seperti aliran energi.

Bagaimana hubungan antara faktor biotik & abiotik terjadi? Mengetahui interaksi antara faktor biotik dan abiotik sangat penting dalam mempelajari ekosistem. Karena struktur dan fungsi dari ekosistem sangat dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Interaksi yang terjadi di dalam ekosistem sebetulnya tidak hanya antara komponen biotik & abiotik tetapi juga dapat terjadi antar komponen biotik (antara satu mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya), seperti kompetisi, predasi, simbiose, dsb. Sedangkan untuk hubungan antara komponen abiotik dengan biotik (organisme) misalnya pengaruh iklim (suhu, curah hujan dan ketersediaan air, dsb) terhadap keberadaan dan kehidupan organisme di dalam ekosistem, terjadinya keterbatasan faktor makanan karena faktor abiotik (suhu, temperatur, tanah) yang tidak mendukung untuk kehidupan organisme, yang kemudian akan terjadi keterbatasan makanan, stress pada organisme, migrasi, penyesuaian diri organisme terhadap lingkungan, dsb. Sampai saat ini, studi tentang hubungan timbal balik antara lingkungan dengan organisme banyak dilakukan baik melalui pendekatan sinekologi ataupun autekologi. Anda masih ingat kedua istilah tersebut bukan?. Meskipun banyak yang dapat dipelajari tentang interaksi antara kedua komponen tersebut, namun hal yang juga banyak dipelajari saat ini adalah tentang siklus materi dan aliran energi.

Faktor abiotik juga menentukan jenis organisme yang ada di dalamnya. Misalnya di puncak gunung yang mempunyai suhu dingin mempunyai jenis organisme yang berbeda dengan wilayah dataran rendah dengan suhu yang cukup tinggi. Demikian pula organisme gurun akan berbeda dengan organisme daerah artik (kutub).

Bahan diskusi: Masih ada beberapa faktor abiotik lainnya dan bagaimana faktor tersebut berpengaruh terhadap organisme biotik. Cobalah Anda cari pada literatur atau Anda dapat browsing di internet, dan sampaikan di dalam forum ini agar dapat berdiskusi dengan teman lainnya. Coba perhatikan pula lingkungan di sekitar tempat Anda tinggal. Amati berbagai faktor biotik dan pengaruhnya terhadap organisme yang ada di sekitarnya. jangan lupa membaca modul yang relevan dengan topik ini.

Selamat belajar..,

Tutor Yuni tri hewindati


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:2772
posted:12/21/2009
language:Indonesian
pages:3