Docstoc

RENCANA KEGIATAN SIDANG SKRIPSI MAHASISWA

Document Sample
RENCANA KEGIATAN SIDANG SKRIPSI MAHASISWA Powered By Docstoc
					PEDOMAN PELAKSANAAN
UJIAN SIDANG SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR STIE TUNAS NUSANTARA

A. U M U M
1. Pedoman pelaksanaan ini dibuat untuk digunakan sebagai acuan bagi Seluruh Peserta Ujian Sidang Skripsi dan Tugas Akhir yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tunas Nusantara. 2. Peserta Ujian Sidang Skripsi dan Tugas Akhir adalah Mahasiswa STIE Tunas Nusantara yang telah memenuhi persyaratan tertentu dan ditetapkan sebagai Peserta Ujian Sidang Skripsi berdasarkan surat keputusan STIE Tunas Nusantara. 3. Ujian Sidang Skripsi adalah ujian yang pesertanya adalah mahasiswa program studi manajemen (S-1) yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh STIE Tunas Nusantara. 4. Ujian Sidang Tugas Akhir adalah ujian yang pesertanya adalah mahasiswa program studi akuntansi (D-3) yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh STIE Tunas Nusantara.

1. UJIAN SIDANG SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR
1. Pendaftaran Peserta a. Waktu Pendaftaran Pendaftaran ujian sidang skripsi dan tugas ditetapkan sesuai dengan pengumuman dikeluarkan oleh STIE Tunas Nusantara. b. Persyaratan Pendaftaran Adapun persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian sidang adalah sebagai berikut : 1). 2). Telah mengambil seluruh mata kuliah dengan nilai kelulusan sesuai dengan aturan yang belaku di STIE Tunas Nusantara. Menunjukkan KTM yang masih berlaku dan KRS yang menunjukkan pengambilan mata kuliah skripsi / tugas akhir dan sudah ditanda-tangani Oleh Penasehat Akademik dan disahkan oleh STIE Tunas Nusantara.
1

akhir yang

Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

3). 4).

Transkip Nilai Akhir Sementara. Menyerahkan skripsi atau tugas akhir yang telah di jilid dan ditanda-tangani oleh dosen pembimbing masing-masing dan disetujui oleh Ketua Jurusan sebanyak 3 (tiga) buah dengan sampul warna jingga.

2.

Seragam Peserta Seragam peserta yang ditetapkan adalah sebagai berikut : a. Peserta Pria : 1). 2). 3). 4). b. 1). 2). 3). 4). Kemeja lengan panjang warna putih + dasi Celana panjang warna hitam Jaket almamater Sepatu vantopel warna hitam + kaos kaki Kemeja warna putih Rok warna hitam Jaket almamater Sepatu slope warna hitam

Peserta Wanita :

3.

Kelengkapan Ujian Sidang a. b. c. d. Skripsi / Tugas Akhir Bahan-bahan presentasi (slide/transparan) Block-not dan alat tulis Dan Kelengkapan lain pelaksanaan ujian sidang 4. Pelaksanaan Tugas Akhir a. Jadual Pelaksanaan Jadual pelaksanaan ujian sidang dan tim dosen penguji akan diumumkan selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum ujian sidang dilaksanakan. b. Teknis Pelaksanaan 1). 2). Peserta sidang mengisi buku presensi yang disiapkan oleh petugas presensi di pintu masuk ruang sidang dan kemudian menunggu untuk di panggil. Petugas presentasi memanggil peserta sidang satu persatu dan mempersilahkan peserta sidang untuk memasuki ruang sidang. skripsi yang Ujian / Tugas Akhir dengan Dan

berkaitan Sidang

Skripsi

Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

2

3). 4).

5).

Peserta sidang masuk dan mohon ijin kepada ketua tim penguji untuk duduk di bangku yang telah disediakan. Ketua tim penguji membuka sidang dan menanyakan kesiapan dari peserta sidang, selanjutnya mempersilakan peserta sidang untuk mempresentasikan skripsi atau tugas akhirnya. Selesai mempresentasikan skripsi atau tugas akhir, peserta sidang siap menerima pertanyaan dan menjawab setiap pertanyaan dari tim dosen penguji.

c. Pelaksanaan Ujian Sidang 1). 2). 3). Ujian sidang akan dilaksanakan sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan oleh STIE Tunas Nusantara. Peserta ujian sidang diwajibkan menggunakan slide/transparan pada saat melakukan presentasi skripsinya. Waktu yang diberikan untuk melakukan presentasi skripsi atau tugas akhir adalah maksimal 15 menit permasing-masing peserta.

C. SISTEM PENILAIAN UJIAN SIDANG SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR
1. Komponen Penilaian NO. 1. 2. 3. KOMPONEN Sikap Kepribadian Teknik Penyajian Penguasaan Materi PROSENTASE 20 % 30 % 50 %

Keterangan : a. Sikap Kepribadian meliputi : santun, prilaku, dll. cara berpakaian, sopan

b. Teknik Penyajian meliputi : teknik pemaparan skripsi, gaya bicara atau penyampaian, cara menjawab pertanyaan, diplomasi, dll.

Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

3

c. Penguasaan Materi meliputi : sejauhmana kemampuan peserta dalam memahami dan menjawab pertanyaan yang diajukan. 2. Kisaran Nilai Akhir Dan Kategori Kelulusan Kelulusan Ujian Sidang Skripsi Dan Tugas Akhir Mahasiswa adalah minimal dengan Nilai C, dengan kategori kelulusan sebagai berikut :

KISARAN NILAI AKHIR 80 68 56 0 100 79 67 55

NILAI HURUF A B C D/E

KATEGORI KLELULUSAN Lulus Sangat Memuaskan Lulus Memuaskan Lulus Tidak Lulus

Keterangan : a. Lulus Sangat Memuaskan Artinya peserta sidang lulus dengan hasil yang sangat memuaskan, tanpa ada perbaikkan sama sekali (Nilai A). b. Lulus Memuaskan Artimya peserta sidang lulus dengan hasil memuaskan dengan sedikit perbaikkan atau tanpa perbaikkan (Nilai B). c. Lulus Artinya peserta sidang dinyatakan lulus dengan Nilai Cukup, dengan Perbaikkan atau tanpa perbaikkan (Nilai C). Catatan : 1). Untuk Peserta Ujian Sidang yang dinyatakan Lulus Dengan Perbaikkan, maka peserta tersebut dinyatakan lulus, tetapi diwajibkan untuk memperbaiki skripsi atau tugas akhirnya (Nilai C atau Nilai B). Batas waktu perbaikkan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan oleh Tim Dosen Penguji.

2).

Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

4

3).

Apabila sampai batas waktu yang telah ditetapkan, ternyata peserta tersebut tidak melakukan perbaikkan, maka peserta tersebut dinyatakan gagal dan diwajibkan untuk mengulang kembali.

d. Tidak Lulus Artinya peserta sidang dinyatakan tidak lulus dan diwajibkan untuk mengulang pada periode berikutnya (Nilai D atau Nilai E). 3. Materi Ujian Sidang Skripsi Materi yang diujikan dalam ujian sidang meliputi : 1. Mempertahankan dan mempertangjungjawabkan skripsi atau tugas akhir yang telah dibuat. 2. Materi kuliah yang berkaitan dengan Skripsi atau tugas akhir yang telah dibuat.

D. PENGUMUMAN KELULUSAN
1. 2. 3. Kelulusan peserta ujian sidang akan diumumkan setelah Tim Dosen Penguji selesai melakukan rapat pengambilan keputusan. Keputusan kelulusan dituangkan dalam Surat Keputusan Ketua STIE Tunas Nusantara. Seluruh peserta ujian sidang diwajibkan untuk menunggu pengumuman (tidak diperkenankan untuk pulang).

E.

PENUTUP
Demikian Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang Skripsi Dan Tugas Akhir STIE Tunas Nusantara ini dibuat dan ditetapkan, untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan ujian sidang skripsi di lingkungan STIE Tunas Nusantara. Ditetapkan di : Pada Tanggal : STIE Tunas Nusantara Jakarta 3 Maret 2008

Iwan Darmawansyah, SE.Ak., MM Ketua
Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

5

Pedoman Pelaksanaan Ujian Sidang STIE Tunas Nusantara _____________________________

6


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:429
posted:12/8/2009
language:Indonesian
pages:6