Pertumbuhan Penduduk dan Pembangunan Ekonomi by DadangSolihin

VIEWS: 5,502 PAGES: 3

More Info
									Pertumbuhan Penduduk dan Pembangunan Ekonomi

Pendahuluan
• Menjelang dimulainya abad kedua puluh satu, total penduduk dunia diperkirakan mencapai 6,1 miliar jiwa. • Menurut proyeksi PBB, penduduk dunia akan mencapai lebih dari 9,3 miliar jiwa pada tahun 2050 sebelum pada akhirnya mencapai 11 miliar jiwa pada tahun 2200. • Lebih dari 90 persen jumlah penduduk tersebut menghuni negara-negara berkembang.

Drs. H. Drs H Dadang Solihin MA Solihin,

FE-Universitas Darma Persada Jakarta, 25 April 2005
www.dadangsolihin.com 2

Masalah Pokok:
Pertumbuhan Penduduk dan Kualitas Kehidupan
1. Akan mampukah negara Dunia Ketiga meningkatkan taraf hidup penduduknya di tengah sedemikian tingginya laju pertambahan penduduk, baik yang ada pada saat ini j p p , y g p maupun proyeksinya untuk masa mendatang? Sampai seberapa jauhkah laju pertumbuhan penduduk yang sangat cepat itu akan menyulitkan upaya negara Dunia Ketiga dalam mengadakan pelayanan dan berbagai macam fasilitas sosial yang bersifat mendasar bagi penduduknya, seperti perumahan, sarana penduduknya perumahan transportasi, sanitasi, dan keamanan? 2.

Lanjutan… Lanjutan
Apa yang harus dilakukan oleh negara berkembang untuk mengatasi ledakan p g pertambahan angkatan kerjanya g j y yang begitu besar di masa mendatang? Apakah akan tersedia cukup banyak lapangan pekerjaan, atau apakah pemerintahan negara berkembang itu hanya akan berusaha menjaga agar tingkat pengangguran tidak meningkat?

www.dadangsolihin.com

3

www.dadangsolihin.com

4

Lanjutan… Lanjutan
3. 3 Apa j k h i lik i d i l bih ti i A sajakah implikasi dari lebih tingginya laju l j pertumbuhan penduduk di negara miskin terhadap peluang mereka untuk meringankan penderitaan penduduknya yang di kib tk oleh kemiskinan absolut? d d k diakibatkan l h k i ki b l t? Apakah persediaan pangan dunia dan distribusinya sudah cukup memadai, bukan hanya untuk mengimbangi p , y g g lonjakan pertumbuhan penduduk dalam dasawarsa mendatang, akan tetapi juga untuk memperbaiki kualitas dan kecukupan gizi bagi seluruh umat manusia? p g g 4. 4

Lanjutan… Lanjutan
Berdasarkan perkiraan pertumbuhan penduduk, apakah penduduk negara berkembang mampu memperluas dan meningkatkan kualitas kesehatan dan sistem pendidikan yang ada, sehingga setiap orang akan dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, dan fasilitas pendidikan paling tidak memadai pendidikan, pada tingkat dasar?

www.dadangsolihin.com

5

www.dadangsolihin.com

6

Lanjutan… Lanjutan
5. Sampai seberapa jauh rendahnya taraf kehidupan masyarakat menjadi sebuah faktor pokok yang membatasi kebebasan para orang tua untuk menentukan p g besar atau kecilnya jumlah anggota keluarga mereka? Apakah memang ada suatu hubungan yang nyata dan signifikan antara tingkat kemiskinan dan begitu besarnya jumlah anggota keluarga mereka? 6. 6

Lanjutan… Lanjutan
Sampai sejauh manakah peningkatan kemakmuran lebih lanjut dari negara maju menjadi faktor yang menghambat negara miskin dalam upaya mereka g g p y mengatasi lonjakan jumlah penduduk? Apakah usaha-usaha untuk lebih memacu tingkat kemakmuran yang telah dilakukan oleh negara kaya itu memang merupakan faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup global, serta sekaligus merupakan global suatu kekuatan yang menghalangi upaya peningkatan taraf hidup yang tengah ditekuni oleh negara miskin dalam rangka mengimbangi ledakan penduduknya?
www.dadangsolihin.com 8

www.dadangsolihin.com

7

Tingkat Kelahiran dan Kematian
• Tingkat pertambahan penduduk (rate of population increase) dihitung atas dasar persentase kenaikan relatif atas jumlah penduduk neto per tahun yang p ( bersumber dari pertambahan alami (natural increase) dan migrasi internasional neto (net international migration).

Lanjutan… Lanjutan
• Pertambahan alami adalah selisih antara jumlah kelahiran dan kematian di suatu negara, atau istilah yang teknis, selisih antara fertilitas dan mortalitas. • Migrasi internasional neto adalah selisih antara jumlah penduduk yang beremigrasi dan berimigrasi.

www.dadangsolihin.com

9

www.dadangsolihin.com

10

Dadang Solihin’s Profile
Dadang holds a MA degree ( g g (Economics), University of ) y Colorado, USA. His previous post is Head, Center for Research Data and Information at DPD Secretariat General as well as Deputy Director for Information of Spatial Planning and Land Use Management at Indonesian National Development Planning Agency (Bappenas).
Beside working as Assistant Professor at Graduate School of AsiaAsia Pacific Studies, Waseda University, Tokyo, Japan, he also active as Associate Professor at University of Darma Persada, Jakarta, Indonesia. g g globe, included Advanced International He got various training around the g Training Programme of Information Technology Management, at Karlstad City, Sweden (2005); the Training Seminar on Land Use and Management, Taiwan (2004); Developing Multimedia Applications for Managers, Kuala Lumpur, Lumpur Malaysia (2003); Applied Policy Development Training Vancouver Training, Vancouver, Canada (2002); Local Government Administration Training Course, Hiroshima, Japan (2001); and Regional Development and Planning Training , pp , p (1999). He p ) published more than five books Course, Sapporo, Japan ( regarding local autonomous. You can reach Dadang Solihin by email at dadangsol@yahoo.com or by his mobile at +62812 932 2202
11 www.dadangsolihin.com 12

Terima Kasih

www.dadangsolihin.com


								
To top