Documents
Resources
Learning Center
Upload
Plans & pricing Sign in
Sign Out

pelatihan-SIG

VIEWS: 555 PAGES: 33

									Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
PENDAHULUAN

UMUM Teknologi Sistem Informasi Geografis dimungkinkan untuk menampilkan seluruh informasi dengan menyertakan komponen geografis, sehingga informasi yang ditampilkan bisa memudahkan pengguna untuk melihatnya. Saat ini sudah banyak sekali beredar aplikasi Sistem Informasi Geografis mulai dari yang gratis hingga berbayar, namun belum tentu semua aplikasi Sistem Informasi Geografis itu bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna, oleh sebab itu masih ada kemungkinan untuk adanya pengembangan aplikasi Sistem Informasi Geografis yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna akhir. Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak (SIG TNGHS) yang dibuat adalah sebuah aplikasi Sistem Informasi Geografis yang berguna untuk menampilkan seluruh data base kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan sistematis. Sistem berbasis komputer yang memberi 4 (empat) kemampuan untuk menangani data bereferensi geografi, yaitu meliputi pemasukan, pengolahan atau manajemen data (penyimpanan atau pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis serta keluaran. Selanjutnya dokumen ini dibuat dan disusun sedemikian rupa dengan dilengkapi dengan fiture-fiture aplikasi dan data pendukung lain yang telah disesuaikan dengan hasil pengembangan. Dokumen ini diharapkan dapat mempermudah para pengguna/operator dalam mengoperasikan aplikasi SIG TNGHS pengembangan Tahun 2007.

MAKSUD DAN TUJUAN Maksud : Modul Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pedoman dalam memberikan gambaran dan penjelasan tentang pengoperasian SIG TNGHS hasil pengembangan Tahun 2007 dengan berbagai fasilitas Sistem Informasi Geografi (SIG), interface dan desain tampilannya. Tujuan : Memberikan kemudahan kepada para pengguna (user) serta membantu tata cara pengoperasionalkan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak hasil pengembangan Tahun 2007

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
RUANG LINGKUP Ruang lingkup penyusunan Modul Pelatihan Aplikasi ini mencakup langkah-langkah cara mengoperasikan Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak hasil pengembangan Tahun 2007 baik yang ditujukan secara khusus untuk Administrator maupun user pada umumnya dengan tata urutan dan pembagian pengguna sebagai berikut :

TOPIK A. PENDAHULUAN 1) 2) 3) 1) 2) 3) 1) 2) 3) 4) 5) 1) 2) 1) 2) G. FAQ 1) 1) FAQ Aplikasi Peta Data FAQ Aplikasi Administrator Umum. Maksud dan Tujuan. Ruang Lingkup.

PESERTA Administrator / Client User/ End User

B. PROSEDUR PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI Spesifikasi Teknis. Kualifikasi Pengguna. Pengenalan Umum Aplikasi

Administrator / Client User

C. APLIKASI PETADATA Pengenalan Bagian Tampilan Pembacaan Manual pada Menu Help

Administrator / Client User/ End User

D. APLIKASI CLIENT INPUT Instalasi Aplikasi Client. Pengenalan aplikasi. Pengisian kode ID

Client User

E. APLIKASI ADMINISTRATOR Pengenalan Menu. Pembacaan Manual pada Menu Help

Administrator

F. SISTEM REPORT Umun Perbandingan Report Aplikasi

Administrator / Client User

Administrator / Client User

H. SISTEM OPERASIONAL PROSEDURE MAINTAIN KOMPUTER

Administrator

SERVER
1) 2) 3)

SOP maintain data aplikasi Web Server SOP maintain database PostgreSQL Server Aktifitas Backup

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
PROSEDUR PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI

SPESIFIKASI TEKNIS Spesifikasi teknis yang dimaksud adalah untuk komputer End User atau User Client. Rekomendasi Piranti Keras (Hardware) User Client
●

KUALIFIKASI PENGGUNA Kualifikasi pengguna aplikasi SiG TNGHS secara umum adalah: Pengetahuan Dasar Komputer: ● Memiliki pengetahuan kerja komputer ● Mengerti secara konsep dan praktek kerja komputer dan perangkat pendukung lainnya ● Pengetahuan Umum Internet dan Teknologi terkait Kemampuan Dasar Komputer: ● Web Browser dan Internet ● Word Processing dan Spreadsheet Kemampuan khusus dalam sistem SIG TNGHS ini dapat dikategorikan menjadi 3 pengguna yaitu : A. Tipe user: End User ● Membaca informasi yang ditampilkan peta SIG ● Membaca dan menganalisa informasi data yang dihasilkan. B. Tipe user: User Client ● Mengetahui dasar-dasar SIG ● Mengetahui protokol SIG TNGHS ● Instalasi aplikasi client. ● Sistem backup dan maintain aplikasi client. C. Tipe user: Administrator Pengetahuan Komputer Mahir: ● Pengetahuan mahir jaringan komputer. ● Mahir dalam mengoperasikan kerja komputer. ● Pengetahuan mahir Internet dan teknologi terkait. ● Kemampuan komunikasi, pemecah masalah dan menganalisa permasalahan. Penguasaan Mahir Komputer: ● Cara kerja Internet Komputer ● Pengamanan Jaringan Komputer ● Berbagai Sistem Operasi, baik server maupun sistem operasi end user/client. ● Penginstalan dan Pemecahan Masalah ● Database PostgreSQL maintain dan sistem backup. ● Sistem backup dan maintain sistem operasi server. Penguasaan Mahir Aplikasi : ● Konsep Sistem Informasi Geografi. ● Instalasi aplikasi client. ● Operasi maintain aplikasi , khususnya menu masukan. ● Mengerti mengenai Web Server. ● Mengerti mengenai Query SQL.

Komputer dengan Processor minimal Pentium III RAM 256 Mb Port USB Support

● ●

Rekomendasi Piranti Keras (Hardware) End User
●

Komputer dengan Processor minimal Pentium III RAM 256 Mb Port USB Support (optional) LAN Support

● ● ●

Piranti lunak (Software)
●

Sistem Operasi, seperti Linux, MAC, Windows XP, Windows Vista. Aplikasi Spreadsheet, seperti Microsoft Excel, Openoffice Calc. Aplikasi Pdf Reader, seperti Adobe Acrobat Reader. Aplikasi Picture Viewer. Internet Explorer 6.0+ atau Mozilla Firefox 2.0.0.0+.

●

●

● ●

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
PENGENALAN UMUM APLIKASI Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak terbagi menjadi 3 bagian yaitu: A. Aplikasi Peta Data Aplikasi dalam menampilkan informasi mengenai SIG TNGHS baik berupa peta maupun informasi data. Aplikasi ini berbentuk web based aplikasi yang dilakukan instalasi pada Server. Sehingga membutuhkan aplikasi Web Browser dalam menjalankannya dari komputer end user yang terhubung secara jaringan terhadap Server. Pengguna:
● ● ●

End User/Public user. Client User Administrator

B. Aplikasi Client Input Aplikasi yang digunakan memasukkan data hasil survey menggunakan data sheet ke dalam bentuk digital. Aplikasi ini berupa desktop applications sehingga diperlukan proses instalasi aplikasi tersebut pada komputer tertentu. Pada aplikasi ini terdapat form inputan yang disesuaikan dengan data sheet yang digunakan seperti ketika melakukan survey. Aplikasi ini dapat diinstal pada lebih dari satu komputer dan tidak diperlukan adanya koneksi jaringan ke Server karena hasil digital aplikasi ini disimpan secara individual pada masing-masing komputer user client ataupun pada media penyimpanan seperti CD. DVD, eksternal harddisk, flash disk atau media lainnya berupa file khusus hasil pemaketan dan kompresi data yang berupa file zip. Untuk melakukan pemindahan data ke server dapat menggunakan media penyimpanan eksternal tersebut dan dilakukan proses input file zip tersebut pada komputer Server dengan aplikasi administrator oleh Administrator Sistem. Pengguna:
●

Client User

C. Aplikasi Administrator. Aplikasi dengan adanya fitur untuk melakukan manajemen user hingga manajemen aplikasi. Salah satu fitur didalamnya adalah terdapat fitur input data baru dari format menggunakan aplikasi client input. Adanya manajemen user dan manajemen level right (tingkatan hak akses) dapat dilakukan penambahan user yang mempunyai hak otorisasi menggunakan aplikasi administrator dalam fungsi atau fitur tertentu. Pengguna:
●

Administrator

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
APLIKASI PETA DATA

Aplikasi Peta Data adalah aplikasi yang menggunakan Internet Explorer 6.0+ atau Mozilla Firefox 2.0.0.0+ atau menggunakan aplikasi internet browser lainnya yang support Javascript dengan teknologi AJAX. Dibawah ini adalah Gambar Tampilan Internet Explorer dengan tampilan blank. Form URL

Gambar Tampilan Internet Explorer Tiap komputer akan berbeda tampilannya sesuai dengan settingan pada komputer yang digunakan. Ketik URL server pada Form URL dengan alamat server untuk aplikasi Peta Data yaitu http://192.168.0.103/tnghsgis/map_view.php Atau dengan masuk ke Portal aplikasi TNGHS yaitu http://192.168.0.103/tnghsgis dan akan tampil tampilan halaman login untuk masuk ke dalam sistem aplikasi administrator. Pada tampilan situs tersebut terdapat link untuk melihat aplikasi Peta Data yaitu dengan melakukan klik pada tulisan View Map Keduanya akan masuk ke tampilan situs aplikasi Peta data seperti terlihat pada Gambar Tampilan Pertama Aplikasi Peta Data. PENGENALAN BAGIAN PETA Terdapat beberapa bagian pada tampilan tersebut yaitu:
● ● ● ●

Toolbar Area Tampilan Peta Map Reference Menu/Tabbing

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
● ● ●

Pelihan Peta Area Penunjang Menu Skala

Toolbar

Map Reference

Menu/Tabbing

Pilih Peta

Gambar Tampilam Pertama Aplikasi Peta Data Area Tampilan Peta Area Penunjang Menu

PEMBACAAN MANUAL PADA MENU HELP Pada Menu terdapat Menu Help. Dengan meng-klik menu ini maka akan ditampilkan manual penggunaan aplikasi secara singkat pada Area Penunjang Menu. Terdapat beberapa Pilihan Penjelasan mengenai penggunaan aplikasi yaitu:
●

Melakukan pemilihan kawasan dan tema peta Pada area pilih peta terdapat dua macam tombol yaitu Tampilkan dan Refresh. Tombol Tampilkan harus di-klik jika melakukan perubahan Pilihan Kawasan ataupun pilihan Tema agar peta yang tampil pada Area Tampilan Peta dapat berubah.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Tombol Refresh harus diklik jika melakukan perubahan CheckBox pada Area Penunjang Menu yang bernama Legenda. Memindah/menggeser tampilan Peta Melakukan zoom selected Area Query data pada peta Mencetak/Print tampilan peta Menampilkan, menyimpan rekap laporan data peta Melakukan pemilihan kawasan dan tema peta

● ● ● ● ● ●

Terdapat pula penjelasan singkat mengenai Icon Toolbar. Dijelaskan masing-masing fungsi dari Icon Toolbar yang untuk lebih detail mengenai fungsi tersebut dapat dilakukan klik tulisan detail pada penjelasan Icon. Dengan melakukan hal tersebut maka akan muncul keterangan lebih detail yang berada di bawah penjelasan singkat Toolbar tersebut. Untuk kembali ke penjelasan singkat Toolbar setelah membaca penjelasan detail Icon, dapat dilakukan pergeseran Scrollbar yang berada di sisi kanan pada area penunjang menu tersebut. Icon yang terdapat pada Toolbar adalah:
● ● ● ● ● ● ● ●

Pan Tool Zoom Area Zoom In Zoom Out Zoom All Query Data Print Map Measure

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
APLIKASI CLIENT INPUT

Aplikasi Client Input adalah aplikasi desktop sehingga diperlukan instalasi pada komputer yang ingin digunakan. INSTALASI APLIKASI CLIENT Untuk melakukan instalasi lakukan dengan meng-klik file install.bat pada direktori paket instalasi. Proses ini akan melakukan secara otomatis beberapa paket instalasi yaitu:
● ● ● ●

Microsoft Dotnet Framework MDAC2.8 Microsoft J# Aplikasi Desktop TNGHS

Pada saat instalasi bisa jadi terjadi warning adanya Repair atau Uninstall, itu berarti telah dilakukan instalasi paket yang disebutkan pada komputer yang digunakan. Misalnya pada saat instalasi Microsoft dotnet Framework, anda bisa melakukan klik Cancel dan tidak jadi instalasi. Dengan begitu proses akan dilanjutkan ke paket berikutnya yatu MDAC. Pada saat instalasi ini, mungkin juga terjadi Error bahwa paket tersebut tidak dapat dilakukan instalasi. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena Operating System yang digunakan komputer tersebut tidak membutuhkan paket instalasi tersebut. Ikuti petunjuk selanjutnya pada layar mengenai proses instalasi aplikasi. PENGENALAN APLIKASI Menu utama aplikasi ini dapat dilihat pada Gambar Tampilan aplikasi client.

Gambar Tampilan aplikasi client Untuk menambah atau membuka data dilakukan dengan memilih menu Form. Sedangkan untuk menutup form yang aktif dengan mengklik tanda X berkotak putih dibawah tanda X yang berkotak merah. Pada toolbar pertama terdapat menu:
● ● ● ● ● ●

Form View Export Setting Windows Help

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Pada Toolbars kedua akan aktif/muncul jika kita melakukan proses Tambah (New Data) atau buka Data (Open Data). Akan terdapat menu berupa Icon:
● ● ● ● ● ● ●

Move First Move Previous Move Next Move Last Add New Delete Save Data

PENGISIAN KODE ID Pada prose input data terdapat form pengisian untuk ID dimana terdapat ketentuan khusus pada field tersebut. Tampilan dari input ID dapat dilihat pada Gambar Tampilan ID.

kode resort

kode item tema

Gambar Tampilan ID Untuk kode resort hanya diperbolehkan berisi:
● ● ●

B1 s/d B6 L1 s/d L4 S1 s/d S4

Untuk Kode item tema hanya diperbolehkan berisi: Gangguan Habitat
KB KL PT GH BC PR PB PL GL Kebakaran Koleksi Liar PETI Gangguan Habitat oleh alasan lain (Gangguan Habit) Bencana Perburuan Liar Perambahan Illegal Logging (Penebangan Liar) Gangguan Lain

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Eko Wisata
BK OW WA WK WG WC WT Batas Kawasan(Patok) Obyek Wisata Air Terjun Kampung Adat Puncak Gunung Camping Ground Obyek Wisata Tebing

Batas Kawasan
BK Batas Kawasan(Patok)

Jalur
JW JP JL JT Jalur Wisata Jalur Penelitian Jalur Jalur Patroli

Pemanfaatan Kawasan dan Jasa lingkungan
PA PS PT PL Pemanfaatan Air Pemanfaatan Satwa Pemanfaatan Tumbuhan Pemanfaatan Lainnya

Spesies Hasil Temuan
OJ SL EJ MC TB Owa Jawa Satwa Lain Elang Jawa Macan Tutul Tumbuhan

Selain kode diatas, maka data tidak akan diproses.

Jika ingin melakukan proses eksport data ke file Zip untuk dipindahkan ke server dapat dilakukan dengan memilih menu export. Data yang dipilih jika bertema species maka harus memilih pada Dropdown ”Tipe Data” species juga. Kemudian diklik tombil Export. Untuk menutup Form Export dapat diklik tanda x dipojok kanan form.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
APLIKASI ADMINISTRATOR

Aplikasi Administrator adalah aplikasi yang menggunakan Internet Explorer 6.0+ atau Mozilla Firefox 2.0.0.0+ atau menggunakan aplikasi internet browser lainnya yang support Javascript dengan teknologi AJAX. Dibawah ini adalah Gambar Tampilan Internet Explorer dengan tampilan blank. Form URL

Gambar Tampilan Internet Explorer Tiap komputer akan berbeda tampilannya sesuai dengan settingan pada komputer yang digunakan. Ketik URL server pada Form URL dengan alamat server yaitu http://192.168.0.103/tnghsgis/ Pada portal aplikasi TNGHS akan tampil Gambar Tampilan Halaman Login untuk masuk ke dalam sistem aplikasi administrator. Diperlukan inputan Nama User dan Password sebagai autentifikasi sebelum menggunakan aplikasi administrator. Masukan pada form isian dengan: Nama User: admin Password: admin

Baik Nama User maupun Password adalah Case Sensitive yaitu untuk tulisan Admin akan berbeda dengan ADMIN maupun admin.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Gambar Tampilan Halaman Login

PENGENALAN MENU

Gambar Tampilan Menu Aplikasi Administrator Menu aplikasi administrator dapat dilihat di bagian atas setelah melakukan login seperti dapat dilihat pada Gambar Tampilan Menu Aplikasi Administrator. Dalam Menu tersebut terdapat pula sub menu, yaitu:
● ●

Home Control Panel
○

Configurasi Roles Operator
■ ■

●

Administration
○ ○

New List

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
●

Data Management
○ ○

Upload Data Report Data

● ●

Map Viewer Help
○ ○

Manual About

●

Logout

Menu yang tampil tergantung dari hak akses yang diberikan kepada user yang login. Pada saat pertama kali masuk disitus tersebut yang merupakan halaman situs login terdapat menu shortcut yang dapat langsung ke beberapa fitur. Seperti terlihat pada Gambar Tampilan Menu Shortcut, yaitu:
●

Roles Yang merupakan Shortcut (jalan pintas) seperti melakukan pada menu: Administration > Roles Operator Yang merupakan Shortcut (jalan pintas) seperti melakukan pada menu: Administration > Operator Informations Map Viewer Report Yang merupakan Shortcut (jalan pintas) seperti melakukan pada menu: Data MAnagement > Report

●

● ● ●

Gambar Tampilan Menu Shortcut

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
PEMBACAAN MANUAL PADA MENU HELP Pada Menu terdapat Menu Help Manual yaitu dengan meng-klik menu dengan: Help > Manual Terdapat beberapa Pilihan Penjelasan mengenai penggunaan aplikasi yaitu:
● ● ● ● ● ● ● ●

Kembali ke Home Melakukan konfigurasi sistem Menampilkan, menambahan atau merubah hak autentifikasi dalam penggunaan aplikasi Melakukan penampilan,penambahan atau perubahan user operator sebagai pengguna aplikasi Melakukan penambahan data dengan menggunakan data dari aplikasi Client dengan upload file Menampilkan data dari database dan menyimpan ke dalam file Melihat peta Keluar Aplikasi

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
SISTEM REPORT

UMUM Untuk melihat informasi data SIG dapat dilakukan baik menggunakan Aplikasi Peta Data ataupun Aplikasi Administrator. Penjelasan mengenai Report pada Aplikasi Peta Data dijelaskan pada Menu Help pada bagian Menampilkan, menyimpan rekap laporan data peta. Penjelasan mengenai Report pada Aplikasi Administrator dijelaskan pada Menu Help Manual pada bagian Menampilkan data dari database dan menyimpan ke dalam file.

PERBANDINGAN REPORT APLIKASI

DESKRIPSI Save As A File Excel Bentuk List Data dalam format HTML

APLIKASI PETA DATA Ya Lebih banyak Field dan tanpa foto Tidak, maksimal Bentuk List Ya

APLIKASI ADMINISTRATOR Tidak Beberapa Field dan tanpa foto Ya dan dengan Foto Ya

Melihat Detail Data Data berdasarkan Tema Menampilkan item tertentu pada sebuah Tema dalam bentuk Listing data report

Ya, dengan memilih Checkbox yang aktif, Tidak misal pada Legenda hanya memilih Macan Tutul yang diaktifkan sedangkan yang lain dinon aktifkan, maka hanya data Macan tutul yang ditampilkan, kemudian melakukan proses reporting.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
FAQ FAQ atau hal-hal yang biasa ditanyakan mengenai permasalah di aplikasi. FAQ APLIKASI PETA DATA
●

Saya baru buka halaman Peta pada aplikasi data peta, namun peta tidak tampil Jawab: Aktifkan Fitur Javascript pada browser anda Gambar tidak tampil pada layar Jawab: Aktifkan Load/View Image pada settingan browser anda. Peta Tidak berubah, padahal saya sudah mengganti Drop Down Kawasan atau Drop Down Tema? Jawab: Tekan Tombol Tampilkan yang berada di bawah Drop Down Kawasan. Saya sudah merubah Checkbox pada Legenda yang berada di Area Penunjang Menu, namun peta tetap menampilkan data lama Jawab: Coba tekan tombol Refresh yang berada di bawah Tombol Tampilkan. Data Report tidak berubah setelah saya ganti Checkbox pada Legenda Jawab: Coba lakukan Query lagi pada peta Saya mengaktifkan UTM Grid pada pilihan Batas/UTM Grid TNGHS dan melakukan query pada Grid yang ada Gambar Item, namun data tidak ada. Jawab: Coba pindah-pindah klik pada Grid disekitarnya yaitu yang berada disamping-sampingnya. Pilhan peta yang berisi Drop down tidak muncul Jawab: Coba klik tanda panah kecil disamping tulisan pilih peta Detail isi legenda tidak muncul Jawab: Coba klik tanda panah kecil disamping tulisan legenda Saya coba cetak dokumen PDF namun tidak tampil atau tidak keluar Jawab: Membutuhkan aplikasi PDF Viewer terinstall pada komputer anda, seperti Adobe Acrobat Reader atau lainnya.

●

●

●

●

●

●

●

●

●

FAQ APLIKASI ADMINISTRATOR
●

Saya baru buka halaman Peta pada aplikasi data peta, namun peta tidak tampil Jawab: Aktifkan Fitur Javascript pada browser anda Gambar tidak tampil pada layar Jawab: Aktifkan Load/View Image pada settingan browser anda. Saya melakukan upload file dan terjadi error ”Wrong Theme Data” Jawab: Anda melakukan kesalahan dalam pemilihan tema form karena jika data yang diupload milik species maka pada saat upload file harus select formnya juga species.

●

●

●

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
SISTEM OPERASIONAL PROSEDURE MAINTAIN KOMPUTER SERVER

Sitem operasioanl prosedure (SOP) maintain untuk komputer server yang berhubungan dengan aplikasi sistem informasi geografis taman nasional gunung halimun salak terbagi 2 yaitu:
● ●

SOP maintain data aplikasi Web Server SOP maintain database PostgreSQL Server

SOP MAINTAIN DATA APLIKASI WEB SERVER Pada Server akan terjadi penambahan data dengan dilakukannya penambahan data menggunakan aplikasi. Selain penambahan pada database juga berupa file yang berisi data spasial dari SIG TNGHS. Backup file-file pada direktori :
● ●

c:\data\ c:\ms4w\apache\htdocs\tnghsgis\_raw\tnghs

SOP MAINTAIN DATABASE POSTGRESQL SERVER Backup prosedure dapat dilakukan melalui komputer server ataupun komputer Client yang terhubung secara jaringan ke komputer server dengan aplikasi penunjang SQL. Salah satu aplikasi penunjang SQL yang sudah terinstal di server adalah aplikasi bawaan dari PostgreSQL yaitu pgAdmin. Pada Server dapat dilakukan pembukaan aplikasi pada Start Menu-nya yaitu pada : Start > Programs > PostgreSQL 8.1 > pgAdmin III Akan tampil aplikasi pgAdmin. Klik pada pilihan koneksi seperti pada Gambar Tampilan PostgreSQL Database Server Koneksi Localhost

Dobleklik disini

Gambar Tampilan PostgreSQL Database Server Koneksi Localhost

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Dobelklik pada tulisan PostgreSQL Database Server 8.1 (localhost:5432) untuk melakukan koneksi ke database PostgreSQL di localhost, yaitu di komputer server itu sendiri. Akan tampil Gambar Tampilan Form Login sebagai autentifikasi sebelum masuk ke database.

Gambar Tampilan Form Login Masukkan password dari kemudian klik OK. Password: 123456

Lebih baik Pada CheckBox Store Password tidak di klik (tidak diaktifkan). Demi keamanan supaya setiap melakukan proses ini selalu menanyakan password seperti diatas. Aplikasi SIG TNGHS ini menggunakan database tnghsdb. Lakukan klik kanan pada mouse pada tulisan tnghsdb pada list nama-nama database yang ada di PostgreSQL komputer Server. Kemudian klik kembali tulisan Backup. tnghs > Backup Maka akan muncul Form Backup dari aplikasi pgAdmin seperti pada Gambar Tampilan Form Backup.

Checkbok yang diaktifkan

Pilih tempat penyimpanan file

Gambar Tampilan Form Backup

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Aktifkan Checkbox untuk Blobs dan With OIDs. Dan klik tombol untuk memilih tempat penyimpanan file. Akan tampil form baru yang untuk memilih lokasi penyimpanan file dan penulisan nama file yang dinginkan. Seperti pada Gambar Tampilan Form Penyimpanan Data Backup. Penulisan nama file sebaiknya disertai tanggal bulan dan tahun sebagai penanda saat dilakukannya backup prosedure. Contoh : database-tnghsdb-20070705

Memilih lokasi penyimpanan file

Gambar Tampilan Form Penyimpanan Data Backup

Tempat penulisan nama file

Jika berhasil maka akan tampil tulisan Process returned exit code 0 pada form rincian backup. Simpan file tersebut pada lebih dari 1 media penyimpanan, misalnya pada media penyimpanan ekternal atau pada komputer lain sebagai alternatif tempat backup.

AKTIFITAS BACKUP Lakukan backup prosedure ini secara berkala, misal tiap bulan.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI PETA DATA

Melakukan pemilihan kawasan dan tema peta Memindah/menggeser tampilan Peta Melakukan zoom selected area Query data pada peta Mencetak/Print tampilan peta Menampilkan, Menyimpan Rekap Laporan Data peta

Toolbar Pan tool Tools ini digunakan untuk melakukan perpindahan/menggeser tampilan peta. [ Detail ] Zoom Area Untuk melakukan pembesaran spesifik daerah pada peta. [ Detail ] Zoom in Pilih tools ini untuk melakukan perbesaran peta Zoom out Pilih tools ini untuk mengecilkan tampilan peta Zoom All Untuk menampilkan peta kembali dengan extents awal Query data Pilih tombol ini, untuk melakukan query data pada peta. [ Detail ] Print map Untuk mencetak peta, pilih tombol ini selanjutnya Tab Tools akan terbuka [ Detail ] Measure Mengukur jarak antar titik sampai dengan kumulatif beberapa titik. [ Detail ]

Tabbing

MAP DATA TOOLS HELP

Menampilkan Pemilih peta, Legenda peta Menampilkan data hasil Query Menampilkan option-option untuk mencetak tampilan dan data hasil query pada peta Menampilkan halaman Pertolongan/Help (Halaman ini )

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Melakukan pemilihan Peta Pilih pada dropdown box "Pilih Kawasan" (1), lalu lakukan pilihan pada dropdown box "Pilih Tema" (2), Pilih Periode Bulan (3) lalu klik tombol "Tampilkan"

Memilih Periode Waktu

Menggeser Peta Melakukan perpindahan/menggeser peta menggunakan tools PAN MAP.Pilih tombol lakukan pemindahan peta. , lalu klik, tahan dan

Melakukan Zoom Rectangle Pilih tombol , lalu pilih area yang akan diperbesar dengan menekan dan tahan (click & drag) tombol mouse sebelah kiri dan lakukan pembentukan area

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Query Data Peta Pilih tombol , untuk melakukan Query pada peta

Ada 2 model query pada mapView: » Query By Feature layer yaitu melakukan query pada peta menggunakan layer bantu, seperti luasan area, batas kawasan, grid dll.

pada gambar diatas maka data-data hasil akan dicari berdasarkan "Batas Kawasan TNGHS". aktifkan feature UTM Grid untuk melakukan query menggunakan feature "UTM Grid". apabila semua feature layer dalam layer Btas/UTM Grid TNGHS, maka yang akan digunakan adalah layer yang paling atas. Contoh Data hasil Query by feature

» Query Spesifik layer melakukan query hanya pada layer yang dipilih

Setelah melakukan pemilihan layer, maka hanya data pada layer tersebut saja yang akan di proses. Pada

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
contoh diatas maka hanya pada layer "Distribusi Satwa" saja akan dilakukan proses query. selanjutnya klik titik data pada peta untuk melakukan query/identify data lihat gambar di bawah

Contoh Data hasil Query Spesifik layer

NOTE: Query data ini tergantung oleh layer-layer yang tampil pada peta, layer yang tidak tampil (hidden layer) atau feature yang tidak tampil (hidden feature) dipeta tidak akan ditampilkan datanya.

pada gambar diatas, maka hasil yang akan tampil hanya data-data Distribusi satwa minus data-data tentang Macan

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Menampilkan, Menyimpan Rekap Laporan Data peta Setelah melakukan Query/Identify data, maka akan tampil Result Query, seperti gambar dibawah ini

dan untuk menampilkan, menyimpan rekap laporan data peta, pilih format file rekap:

•

•

Format HTML Jika format ini di pilih, maka browser akan enampilkan halaman browser baru berisikan tabel rekap laporan data peta Format Excel Jika format laporan ini dipilih maka, browser akan menampilkan "dialog box", seperti gambar dibawah ini

(Tampilan dialog box tergantung oleh OS)

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pilih "Open" untuk menampilkan rekap laporan secara langsung/inline pada browser, "Save" untuk menyimpan file rekap laporan dalam format .excel, untuk membatalkan proses tekan tombol "Cancel"

Mencetak Peta Untuk mencetak peta, pilih tombol atau klik tab Tools, selanjutnya Tab Tools akan terbuka

pilih media cetak,

• •

untuk pilihan PDF file akan tampil option ukuran kertas, dan kualitas image yang akan dicetak untuk pilihan Gif Image atau PNG image akan tampil option kualitas gambar yang akan disimpan ke dalam bentuk file gambar

Melakukan pengukuran antar titik pada peta Pilih tombol ini untuk melakukan pengukuran jarak antara 2 titik, tentukan titik awal dengan menekan tombol mouse sebelah kiri, klik lalu gerakkan mouse untuk menentukan titik berikutnya, klik kanan tombol mouse untuk mengakhiri pengukuran

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
MANUAL APLIKASI ADMINISTRATOR Kembali ke Home Melakukan konfigurasi sistem Menampilkan, menambahan atau merubah hak autentifikasi dalam penggunaan aplikasi Melakukan penampilan,penambahan atau perubahan user operator sebagai pengguna aplikasi Melakukan penambahan data dengan menggunakan data dari aplikasi Client dengan upload file Menampilkan data dari database dan menyimpan ke dalam file Melihat peta Keluar Aplikasi

Kembali ke Home Klik pada menu Home untuk menampilkan halaman utama/halaman utama

Melakukan konfigurasi sistem

Melakukan penyettingan bahasa untuk beberapa menu/link khusus. Ketik nama Situs yang akan berfungsi merubah identitas dari nama situs aplikasi SIG TNGHS ini. Pilih pada dropdown box “Standar Bahasa” (1), kemdian klik tombol Simpan Perubahan jika ingin diproses untuk disimpan pada konfigursi sistem.

Menampilkan, menambahan atau merubah hak autentifikasi dalam penggunaan aplikasi Menampilkan hak autentifikasi yang sudah ada pada sistem dapat dilakukan dengan melakukan penekanan tombol Roles pada shortcut Roles di halaman awal atau kalau pada menu adalah Administration > Roles

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pada halaman Roles ini akan tampil Roles yang sudah ada pada sistem. Seperti terlihat pada Gambar diatas. Jika kita ingin mencari nama roles tertentu dapat dilakukan dengan mengetik pada Form Roles diatas tombol Cari, misal diketik dengan “tor” dan kemudian di klik tombol Cari. Maka akan tampil pada List dengan isi hanya yang mengandung kata “tor”, yaitu “Administrator” dan “operator”. Jika ingin hanya menampilkan yang depannya adalah huruf A maka klik pada bagian berdasarkan abjad yang huruf “A”, maka akan tampil list Roles yang berhuruf depan “A”. Dan jika ingin ditampilkan kembali semua abjad dapat diklik tulisan “Tampilkan Semua”. Untuk membuat Roles baru dapat dilakukan dengan mengklik tulisan Buat Roles Baru pada bagian atas dan dibawah tulisan Roles > List. Tampilan yang akan muncul dapat dilihat pada gambar dibawah

Ketik nama roles baru yang akan dibuat pada form pengisian tersebut kemudian klik Buat Role untuk membuat Role yang baru. Jika ingin kembali ke list Roles tanpa membuat baru dapat dilakukan dengan meng-klik tulisan Daftar Role. Untuk melakukan lebih detail mengenai isi Role yang disetting pada sebuah nama Role dapat dilihat dengan mengklik gambar listing view yang berada pada halaman Roles. Misal melakukan klik pada gambar listing view yang satu garis (satu Row) dengan tulisan Administrator. Maka akan tampil beberapa Group Access Control List dan besera rinciannya.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Jika tanda checkbox pada nama Access List diaktifkan berarti mempunyai hak akses dan jika tidak maka tidak mempunyai hak akses. Pada Group Access List, jika checkbox diaktifkan maka akan ditampilkan rincian list untuk group list tersebut. Misal pada gambar adalah Group access list Report Data. Dengan mengaktifkan checkbox tersebut maka akan tampil checkbox list dibawahnya yaitu Data dan List Data. Dengan tidak diaktifkan checkbox Roles atau Operator maka akan list dibawahnya akan hilang (hidden) seperti pada gambar diatas. Dengan mengklik tombol Simpan perubahan maka akan disimpan perubahan dalam konfigurasi sistem. Jika dengan kondisi seperti diatas yaitu Roles dan Operator tidak di checkbox dan disimpan perubahan tersebut maka user Administrator tidak akan dapat lagi melakukan perubahan Roles karena sudah tidak mempunyai hak akses.

Melakukan penampilan, penambahan atau perubahan user operator sebagai pengguna aplikasi Menampilkan user operator yang sudah ada pada sistem dapat dilakukan dengan melakukan penekanan tombol Operator pada shortcut Operator di halaman awal atau kalau pada menu adalah Administration > Operator > List.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pada halaman Operator ini akan tampil Operator yang sudah ada pada sistem. Seperti terlihat pada Gambar diatas. Jika kita ingin mencari nama user tertentu dapat dilakukan dengan mengetik pada Form Nama User diatas tombol Cari, misal diketik dengan “ng” dan kemudian di klik tombol Cari. Maka akan tampil pada List dengan isi hanya yang mengandung kata “ng”, yaitu “angus” dan “tnghs”. Jika ingin hanya menampilkan yang depannya adalah huruf A maka klik pada bagian berdasarkan abjad yang huruf “A”, maka akan tampil list User yang berhuruf depan “A”. Dan jika ingin ditampilkan kembali semua abjad dapat diklik tulisan “Tampilkan Semua”. Untuk membuat User baru dapat dilakukan dengan mengklik tulisan Buat User Baru pada bagian atas dan dibawah tulisan Operator > List. Atau jika dengan menggunakan menu dengan cara: Administration >Operator > New Tampilan yang akan muncul dapat dilihat pada gambar dibawah:

Ketik semua field yang bertanda asterik (*) kemudian klik tombol Buat User untuk ditambahkan dalam database. Atau klik tombol Reset untuk megkosongkan kembali isian dalam field di Form tersebut. Untuk kembali ke halaman Operator untuk melihat list user tampa melakukan penambahan User baru, dapat dilakukan dengan meng-klik tulisan Daftar User pada sisi atas dibawah tulisan Operator > New.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Untuk melakukan lebih detail mengenai data Operator dari nama tertentu yang sudah terdapat dalam list User di halaman Operator dapat dilihat dengan mengklik gambar Detail . Misal melakukan klik pada gambar Detail yang satu garis (satu Row) dengan tulisan Admin. Maka akan tampil data detail dari user Admin tersebut. Pada halaman detail user dapat dilakukan perubahan data informasi mengenai user tersebut dengan malakukan klik pada tulisan Ubah, dan jika ingin menghapusnya maka klik pada tulisan Hapus pada tulisan disisi atas dibawah tulisan Operator > Detail seperti dapat dilihat pada gambar dibawah.

Pada bagian detail ini terdapat 2 bagian yang ditampilkan yaitu pada bagian kiri adalah detail dari user itu sendiri dan dibagian kanan adalah modul dan hak akses yang dimilikinya. Pada tampian diatas, user tersebut belum mempunyai hak akses dalam aplikasi administrator ini. Untuk menambah hak akses modul tertentu, klik tulisan Tambah Modul.

Pilih Checkbox yang berada pada list modul yang ditampilkan jika ingin diberikan hak akses untuk user tersebut, dan pilih pada drop down “Role” hak akses untuk Modul yang dipilih. Kemudian klik tombol Tambah untuk disimpan pada konfigurasi sistem.

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Melakukan penambahan data dengan menggunakan data dari aplikasi Client dengan upload file Penghubung antara data yang diisi menggunakan aplikasi Client dengan Data pada Server adalah menggunakan fitur ini. Dimana file Zip yang dihasilkan oleh aplikasi Client dilakukan Upload di fitur ini. Untuk melakukan ini fitur ini dengan menggunakan menu: Data Management > Upload File (*.Zip) Dan akan tampil halaman Upload File Zip seperti gambar dibawah.

Pilih pada dropdown box “Pilih Form”. Kemudian pilih file Zip yang akan di upload ke database dengan meng-klik tombol Browse. Kemudian klik tombol Upload untuk melakukan proses upload data.

Menampilkan data dari database dan menyimpan ke dalam file Untuk menampilkan data yang sudah disimpan dalam sistem dapat dilikukan dengan cara melihat Report dengan cara pilih menu : Data Management > Report Data Akan tampil halaman Report seperti dibawah.

Pilih pada dropdown box sesuai yang diinginkan. Tema akan memilih peta tema yang ingin ditampilkan. Ada pilihan radio button bulan dan kumulatif s/d, yang keduanya akan milihat pilihan Bulan dan tahun dibawahnya. Jika pada radio button Bulan maka akan ditampilkan data hanya pada bulan dan tahun yang dipilih. Jika pilihan adalah kumulatif s/d maka akan dilakukan kumulatif sejak Januari tahun yang dipilih dibawahnya hingga bulan yang dipilih dibawahnya tersebut. Kemudian klik tombol Submit untuk melakukan proses. Contoh tampilan hasil report:

Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Untuk melihat detail isi dari data dapat dilihat dengan meng-klik Detail.

Melihat peta

Map Viewer Maka akan tampil tampilan peta, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur didalamnya dapat dilihat pada bagian APLIKASI PETA DATA pada dokumen ini.

Keluar Aplikasi Jangan lupa untuk keluar dari aplikasi ini jika sudah digunakan kembali yaitu dengan memilih menu Logout. Jika anda lupa melakukan hal ini, dan komputer anda digunakan oleh orang lain maka dapat memungkinkan adanya perubahan-perubahan data diluar pengetahuan anda.

PELATIHAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK
Balai TNGHS Kabandungan, 7 – 8 Juni 2007


								
To top