Docstoc

Prabelism Blog

Document Sample
Prabelism Blog Powered By Docstoc
					Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

.:: Optimalkan Mozilla Firefox ::.

Salah satu browser yang paling terpopuper saat sekarang ini adalah Firefox. Dengan menggunakan browser ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Kelebihan yang paling utama dari Firefox adalah built-in pop-up blocker-nya yang bekerja secara lebih efektif. Browser ini hanya memerlukan 55 MB dari RAM Anda untuk membuka 25 window sekaligus, cukup sedikit resource yang terpakai. Berikut adalah cara-cara untuk mengoptimalkan browser firefox anda, agar lebih cepat dan aman Cara Terhindar dari Script Jahat Banyak orang yang beranggapan kalau Mozilla Firefox itu merupakan browser teraman yang pernah ada. Apalagi dengan dukungan komunitas open source yang cukup besar. Lubang-lubang keamanan yang muncul dapat segera dibenahi. Itu yang menyebabkan browser berlambang rubah api ini menjadi favorit. Lalu muncul anggapan bahwa dengan hanya bermodalkan browser ini, komputer akan aman dari serangan hacker. Padahal belum tentu. Kita masih tetap memerlukan antivirus, antispyware, firewall, dan alat keamanan lainnya. NoScript adalah salah satu ekstensi Firefox yang bisa digunakan untuk mengamankan browser. Ekstensi ini dapat diunduh gratis dari situs www.noscript.net. Setelah diinstal, aturlah noScript dengan cara meng-klik kanan pada jendela Firefox lalu pilih menu[NoScript] → [Option]. Pada tab [General] yang terbuka, berikan wildcard terhadap situs-situs yang sudah bisa dipastikan keamanannya. Jika kedapatan sebuah skrip pada suatu situs, maka NoScript ini akan memberitahukannya dengan cara memunculkan pesan seperti berikut ini: "Scripts Currently Forbidden". Jika memang dirasa script ini tidak membahayakan, klik [Option] → [Temporarily allow file://] atau [Option] → [Allow file://] untuk membolehkan script sejenis ini berjalan secara terus menerus. Cara Memblokir Jendela Pop-Up Dalam menjelajah dunia maya, kita sering disibukkan oleh jendela-jendela pop-up yang mengganggu. Pada browser Firefox, terdapat fasilitas pemblokiran jendela Pop-Up. Tapi fasilitas ini ada jeleknya juga, karena memblokir setiap jendela pop-up yang muncul. Untuk itu kita harus melakukan pengaturan secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

  



Pada jendela utama Firefox, pilih menu [Tools] → [Option] Pada jendela yang baru tampil, Klik menu [Content} dan aktifkan kotak cek [Block popup Windows] Untuk mengaktifkan jendela pop-up pada situs-situs web tertentu, tekan tombol [Allowed Sites], dan masukkan alamat situs tersebut pada kolom "Address of Website". Setelah semua situs pilihan dimasukkan, klik [Allow] . [Close] agar perubahan yang anda lakukan tersimpan

Cara Cepat Tutup Browser Firefox Pada saat kita mau menutup browser Firefox, biasanya browser tidak langsung tertutup. Tetapi akan menampilkan kotak dialog yang menyatakan ada beberapa tab yang sedang aktif, Jendela konfirmasi menanyakan apakah anda yakin akan menutup jendela ataukah membatalkannya. Bagi anda yang suka bekerja secara terburu-buru, fasilitas ini akan sangat membantu. Tetapi bagi anda yang merasa terganggu, dapat menghilangkan jendela konfirmasi tersebut dengan cara sebagai berikut:
     

Jalankan browser Mozilla Firfox Pada kolom "Address" ketik "about:config". Akan muncul jendela peringatan. Klik tombol [I'll be carefull, I promise] Carilah baris "browser.tabs.warnOnClose" lalu klik kanan Pilih opsi [Toggle] pada menu pop-up yang muncul Sekarang tidak ada lagi jendela konfirmasi yang mengganggu

Bersihkan Data-data Penting Anda dari Firefox
Pada saat anda mengunjungi sebuah website, Firefox akan mencatat situs-situs yang pernah anda kunjungi. Begitu pula jika anda mengisi form dengan username ataupun password, Firefox juga akan mencatatnya. Jika anda tidak ingin data-data penting anda itu terlihat oleh orang lain, bersihkan saja jejak-jejak itu. Caranya adalah sebagai berikut:
  



Jalankan Mozilla Firefox Pada jendela browser, klik menu [Tools] → [Clear Private Data] atau tekan [Ctrl] + [Shift] + [Delete] Sebuah jendela baru berjudul "Clear Private Data" bakal muncul, Di jendela ini ada kotak [Browsing History],[Saved Form Information], [Saved Passwords], [Download History], [Cookies], [Cache] dan [Authenticated Sessions]. Anda bisa menentukan apa saja yang ingin anda bersihkan dengan memberi tanda cek di depan masing-masing opsi. Langkah terakhir, klik tombol [Clear Private Data Now] untuk menyapu jejak anda.

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Konfigurasi Browser Untuk Mempercepat Koneksi Internet Atur Besarnya Cache Saat anda membuka sebuah situs, maka secara otomatis, semua elemen-elemen yang ada di situs itu akan ditarik oleh browser. Elemen-elemen itu dapat berupa icon, gambar, teks, script, dan lain-lain, Elemen-elemen itu akan disimpan di dalam sebuah tempat bernama cache. Jika suatu saat anda membuka kembali situs yang sama, maka browser tidak perlu lagi menarik elemen-elemen yang sudah ia tarik. Itu bisa mempercepat proses loading sebuah situs. Bagaimana cara kita mengatur cache pada browser firefox?
 

Klik menu Tools → Option Pilih Advanced → pilih tab Network. Atur besar cache sesuai yang anda inginkan (secara default adalah 50 MB). Secara teori, ukuran cache bisa anda buat sebesar kapasitas harddisk yang tersisa. Namun semakin besar cache yang anda buat, maka semakin sering harddisk anda terfragmentasi. Sehingga anda harus seringsering melakukan defrag harddisk.

Blokir Gambar Gambar pada suatu situs akan memperlambat loading sebuah situs. Jika anda tidak suka melihat gambarnya dan hanya ingin melihat tulisannya saja, maka loading gambar tersebut bisa dicegah dengan cara sebagai berikut:
  



Klik menu Tools → Option Pilih content, dan hapus centang pada "Load Images Automacally. Tombol "Exceptions" adalah situs-situs yang anda perbolehkan untuk ditampilkan gambarnya, dengan cara memasukkan alamat-alamat situs yang jadi pengecualian, lalu klik "Allow". Pada lokasi yang sama, anda juga bisa menonaktifkan Java. Java kadang-kadang diselipkan oleh pemilik situs dengan berbagai apllet. Oleh karena itu bisa memperlambat proses loading sebuah situs. Namun ada situs-situs yang mengharuskan Java dalam keadaan aktif. Dalam hal ini barulah Java diaktifkan.

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Add-on Fasterfox 2.0.0

Browser apa yang biasa Anda gunakan untuk menjelajahi dunia maya? Jika menggunakan Mozilla FireFox Anda bisa memaksimalkan kecepatannya dalam menjelajahi dunia maya. Salah satunya dengan plugin Fasterfox (versi terakhir adalah 2.0.0). Berdasarkan informasi, Fasterfox dapat meningkatan kecepatan pada saat browsing sampai dengan 20% dibandingkan dengan kecepatan browsing tanpa menggunakan plugin Fasterfox. Untuk mendownload FasterFox bisa melalui menu Tools pada FireFox, kemudian pilih Add-on, lalu klik Get Extensions pada pojok kanan bawah. Atau untuk lebih mudahnya dengan menggunakan browser Mozilla FireFox, kemudian klik Add to Firefox, dan ikuti perintah selanjutnya. Donwload : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/tag/fasterfox

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Meningkatkan Kinerja Browser Firefox dengan Firetune
Browser Firefox saat ini menjadi browser andalan saya dalam menjelajahi dunia maya (kadang juga menggunakan Safari, Chrome, IE, dan Opera), saya sendiri masih menggunakan Firefox versi 3.0.14. Menurut saya versi ini relatif lebih enak digunakan dibanding versi 3.5. Ngomong-ngomong soal Firefox. Trik Firefox kali ini menggunakan aplikasi Firetune bikinan Totalidea. Firetune ini sendiri adalah aplikasi freeware alias gratis dan penggunaannya sendiri tidak harus diinstall, tapi bisa langsung dipergunakan, serta bisa diterapkan pada semua versi Firefox (1.x, 2.x, dan 3.x).

Dalam menjalankan fungsinya, Firetune memberikan 5 pilihan utama yang merupakan kombinasi antara kecepatan komputer (CPU) dan kecepatan koneksi yang bisa kita tentukan berdasarkan spesifikasi komputer dan jenis koneksi yang kita gunakan (komputer cepat adalah dengan prosesor di atas 1.5Ghz dan memory minimal 512 Mb, sedangkan koneksi internet cepat adalah untuk koneksi minimal DSL atau kabel). Pertama adalah komputer dan koneksi yang sama-sama cepat. Kedua, sistem komputer cepat dan kecepatan koneksi sedikit lambat. Ketiga, komputer cepat dan koneksi lambat. Pilihan keempat dan kelima adalah parameter untuk komputer yang memiliki kecepatan lambat dan sebaliknya koneksi internet cepat (keempat), atau kecepatan koneksi internet juga lambat (kelima).

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Untuk memulai proses peningkatan kinerja browser Firefox, langkah pertama adalah melakukan backup konfigurasi Firefox yang telah ada dengan memilih Create backup of Configuration. Setelah proses backup selesai, langkah selanjutnya adalah memilih 1 diantara 5 parameter yang ada dan klik Tune it!. (Catatan: tutup dulu Firefox sebelum menjalankan aplikasi Firetune ini) Setelah selesai, kita bisa kembali menggunakan Firefox dan melihat perbedaannya. Saya sendiri mencoba memang merasakan perbedaan saat loading terasa lebih cepat dibandingkan sebelumnya, tapi benar tidaknya perubahan tersebut silakan dicoba sendiri. Untuk informasi lebih lanjut dan mendownload aplikasi Firetune klik link dibawah ini http://ariawijaya.com/2009/10/17/meningkatkan-kinerja-browser-firefox-dengan-firetune/

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Tweak about:config
Firefox juga memiliki fasilitas tweaking tersendiri. Anda bisa mengakses fasilitas ini dengan mengetik "about:config" di kolom addres bar. Akan muncul peringatan yang bertuliskan "I'll be careful, I promise!", Klik tulisan ini dan akan muncul berbagai setting yang bisa berpengaruh terhadap Firefox. Berikut ini adalah setting yang bisa diatur:


network.http.pipelining

Jika diubah nilainya menjadi True, Firefox akan memanfaatkan fitur HTTP pipelining yang didukung oleh beberapa server sehingga akan mempercepat proses browsing.


network.http.pipelining.maxrequests

Menentukan jumlah request maksimal yang dikirim saat menggunakan HTTP Pipelining. Defaultnya adalah 4, dan maksimal 8 (recomended). Untuk men-disable, ganti nilainya menjadi 1.


network.http.proxy.pipelining

Jika nilainya True (recomended), maka fitur HTTP Pipelining akan dipakai untuk mengakses proxy server.


network.dns.disableIPv6

Jika ISP anda belum mendukung IPv6, maka percuma bila seting ini diberi nilai False. Lebih baik True (recomended).


network.protocol-handler.external.ms-help

1. ubah nilainya menjadi True. Lalu klik kanan, dan pilih New, Integer. Beri nama nglayout.initialpaint.delay.Klik OK. Lalu masukkan nilainya dengan 0 2. Klik kanan lagi dan pilih New, Integer, Beri nama content.notify.backoffcont. Lalu beri nilai 5 3. Klik kanan dan pilih New, Integer, Beri nama ui.submenuDelay, dan beri nilai 0


network.prefetch-next

Setting ini apabila diberi nilai True, maka Firefox akan mulai men-download halaman yang diramalkan akan dibuka oleh anda, seperti misalnya hasil pencarian Google yang paling atas. Padahal belum tentu anda akan membuka halaman itu. Akibatnya bandwith akan terpakai, dan memperlambat proses loading halaman lain yang justru sedang dibuka. Oleh karena itu ubah settingnya menjadi False (recomended).

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan


Flashblock

Flashblock adalah extension atau add-on untuk Firefox, yang bisa memblokir pemunculan Macromedia Flash, Macromedia Shockwave, dan Macromedia Authorware di dalam Firefox. 1. Jalankan Firefox, dan arahkan ke alamat https://addons.mozilla.org/enUS/firefox/addon/433 2. Bila sudah terbuka, klik Add to Firefox 3. Di jendela yang muncul, klik Install Now. Tunggu hingga selesai 4. Restart Firefox.


Adblock

Adblock mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Flashbock, namun Adblock hanya memblokir konten yang dikategorikan sebagai iklan, 1. Jalankan Firefox, dan arahkan ke alamat https://addons.mozilla.org/enUS/firefox/addon/1865 2. Bila sudah terbuka, klik Add to Firefox 3. Di jendela yang muncul , klik Install Now. 4. Setelah di restart, akan muncul daftar subscription. Pilih salah satu, lalu klik Subscribe


TCP Optimizer

TCP Optimizer bisa di download dari www.speedguide.net/downloads.php (596 KB) 1. Download, dan langsung jalankan tanpa instalasi. Biar aman, semua setting sebaiknya di backup dulu dengan klik File - Backup current settings. Beri nama, lalu simpan 2. Pilih tab Latency, dan klik start. TCP Optimizer akan melakukan proses ping ke beberapa situs. Setelah selesai, catat nilai average-nya. 3. Pindah ke tab General Setting, pilih Network Adapter yang anda pakai, dan pilih opsi Optimal Settings. Klik Apply changes 4. Dijendela berikutnya klik OK. 5. Restart PC anda. 6. Jalankan lagi TCP Optimizer, dan lakukan lagi tes seperti no.2. Jika nilai averagenya menjadi semakin kecil, itu artinya koneksi internet anda semakin bertambah cepat.

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Cara Mudah Download dengan Firefox
Apapun yang ada di Internet dapat didownload, jika tahu caranya. Berikut adalah tips dan trik downoad video, e-book, dan game. Download Video dari You Tube 1. 2. 3. 4. Buka www.youtube.com dan pilih video yang ingin didownload Klik kanan link videonya, dan pilih Copy Link Buka http://keepvid.com, kemudian paste link tersebut, dan klik download Setelah itu, akan muncul dua buah link, Low Quality dan High Quality. Pilih salah satu 5. Klik Download, dan pilih Save pada jendela yang muncul. Untuk menikmati hasil download, pastikan anda sudah menginstal paket codec terbaru yang sudah bisa memainkan file FLV maupun MP4. Selain keepvid.com, masih banyak lagi website yang menyediakan layanan sperti ini, contohny: javimoya.com, file2hd.com, farkie.com, videodownloadx.com, dan masih banyak yang lainnya. Video streaming tidak hanya ada di YouTube saja, banyak sekali website yang menyediakan fitur seperti ini. Menyaksikan video streaming dengan koneksi internet paspasan bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan. Oleh karena itu, lebih baik didownload saja. Cara men-download video streaming dari website manapun yang anda inginkan adalah dengan cara sebagai berikut. 1. 2. 3. 4. 5. 6. Jalankan Browser Firfeox Buka www.downloadhelper.net/install.php, dan klik link Add to Firefox Dijendela yang muncul, klik Install Now Tunggu hingga prosesnya selesai, setelah itu restart Firefox. Klik tanda panah yang ada di icon DownloadHelper, pilih download Pilih lokasi penyimpanan. Dan File itu akan disimpan dalam format FLV.

Download Trailer Film
Jika anda ingin mendownload trailer atau cuplikan film yang akan dirilis, pada websitenya tidak akan muncul opsi untuk mendownloadnya. Bagaimana caranya? 1. Buka www.apple.com/trailers/,dan pilih salah satu trailer film yang ingin didownload. 2. Dihalaman berikutnya, akan muncul opsi resolusi film-nya. Pilih yang anda inginkan. Sebagai contoh resolusi 480p

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

3. Klik kanan link 480p, dan pilih Copy Link Adress, kemudian paste di bagian address web browser. Jangan di-enter dulu, melainkan tambahkan huruf "h" di link tersebut, seperti contoh berikut; Link aslinya adalah http://movies.apple.com/movies/sony/itmightgetloud/itmightgetloud_480p.mov.S etelah ditambahkan huruf "h" akan menjadi http://movies.apple.com/movies/sony/itmightgetloud/itmightgetloud_h480p.mov 4. Klik Enter dan trailer siap untuk di-download dalam format MOV.

Download Game Berbasis Flash
1. Jalankan browser Firefox anda 2. bukalah halaman https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3829 untuk menginstall Addon bernama "Live HTTP Headers". 3. Bukalah halaman website yang menyajikan game berbasis flash, contohnya www.kongregate.com dan pilihlah game yang ingin didownload. Tapi jangan diklik dulu. 4. Pada Firefox, klik menu Tools, Live HTTP headers 5. Pilih tab Generator, dan beri centang hanya di Request dan Capture 6. Sekarang baru klik link game tersebut, kemudian pantau isi tab Generator tadi. Akan banyak baris-baris kode yang muncul, dan cari baris kode yang awalannya bertuliskan #request# GET http://chat.kongregate.com/games/. Hapus centang pada Capture, lalu klik kanan baris kode itu, dan pilih copy 7. Paste kode itu ke download manager atau ke bagian addres dan buang kata-kata #request# GET. Dam flashpun siap untuk didownload.

Download Buku dari Google
1. Jalankan Browser firefox 2. Install add-on bernama Greasemonkey dari https://addons.mozilla.org/enUS/firefox/addon/748 3. Install userscript untukGoogle Books Downloader dari http://userscripts.org/scripts/show/37933 4. Buka http://books.google.com, dan cari buku yang ingin didownload dengan opsi "Full View Only" 5. Klik link buku itu, dan di halaman berikutnya akan muncul link "download This Book" 6. Pilih dari halaman berapa buku itu ingin didownload, lalu klik download

Prabelism-Blogspot
Tutorial untuk mengoptimalkan browser , email : boy_ik@musician.org

Bikin Konten Blog Tanpa Login di Browser
Jika anda seorang blogger, sejumlah plugin untuk keperluan blogging juga tersedia. Plugin ini akan memudahkan anda memposting konten baru tanpa mesti membuka halaman login blog. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah ScribeFire Blog Editor, yang dapat ditemukan di halaman penyedia add-on Firefox (https://addons.mozilla.org). Dengan aplikasi ini anda dapat membuat post baru di panel yang muncul di bagian bawah halaman browser, yang dapat diaktifkan dengan menggunakan tombol F8. Sebelumnya anda anda harus menge-set koneksi antara plugin dengan layanan blog via wizard yang muncul ketika pertama kali plugin diaktifkan.

(PC Mild ,PC Plus, Blogger Indonesia)


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Stats:
views:90
posted:11/15/2009
language:Indonesian
pages:11