Sains Kelas 5 SD Semester Ganjil

					ULANGAN TENGAH SEMESTER NAMA SEKOLAH : SD NEGERI NO. 173632 PORSEA MATA PELAJARAN : SAINS KELAS/ SEMESTER : V/ GANJIL T.P 2009/ 2010
I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar ! Selaput tipis yang membungkus paru-paru disebut ………. a. pleura c. bronkiolus b. diafragma d. alveolus 2. Ikan bernafas dengan menggunakan ……. pasang insang. a. 2 c. 4 b. 3 d. 5 3. Serangga bernafas dengan menggunakan….. a. trakea c. paru-paru b. stigma d. kulit 4. Asap kendaraan bermotor menggandung gas beracun yang disebut ………… a. karbondioksida c. nikotin b. karbonmonoksida d. nitrogen 5. Berikut ini yang tidak termasuk pola hidup sehat adalah …………… a. merokok b. makan-makanan bergizi c. berolahraga teratur d. menjaga kebersihan 6. Pencernaan makanan secara mekanis terjadi di dalam ………….. a. mulut c. usus halus b. lambung d. usus besar 7. Getah lambung tidak mengandung ………… a. enzim pepsin c. asam klorida b. enzim rennin d. enzim lipase 8. Penyakit peradangan pada usus disebut ….. a. mag c. diare b. usus buntu d. tifus 9. Untuk pembentukan tulang dab gigi manusia mengkonsumsi ………….. a. zat kapur c. fosfor b. zat besi d. yodium 10. Lubang-lubang kecil yang terdapat di batang daun berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara adalah ………… a. stomata c. pori-pori b. lentisel d. rambut akar 11. Tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam batang adalah …………… a. tebu c. bambu b. pisang d. anggur 12. Tahu, tempe, dan kecap dibuat dari …………. a. jagung c. kacang tanah b. biji kedelai d. kacang hijau 1.

13. Kain katun terbuat dari serat ………… a. karet c. kapas b. kayu d. nilon 14. Pil kina yang diperoleh dari pohon kina digunakan sebagai obat ………… a. malaria c. influenza b. demam berdarah d. hepatitis 15. Mamalia bernafas dengan menggunakan …. a. insang c. trachea b. kulit d. paru-paru II. Isilah titik-titik berikut dengan benar dan tepat ! 1. Kekurangan vitamin D mengakibatkan mudah terserang penyakit ……….. 2. Penyakit akibat salah takaran gizi disebut …… 3. Diantara serambi dan bilik jantung terdapat semacam pintu turun yang disebut …………. 4. Pembuluh nadi yang terbesar disebut ………… 5. Pada anak-anak jumlah denyut nadi berkisar antara ……… denyut permenit 6. Untuk memeriksa denyut jantung secara mendetail dokter menggunakan alat ……. 7. Penyakit anemia disebut kekurangan ……….. 8. Lubang-lubang kecil yang terdapat di permukaan daun bagian bawah disebut ……. 9. Proses fotosintesis menghasilkan …. dan …… 10. Singkong dan wortel menyimpan makanan cadangan di dalam …………. III. Kerjakan sesuai perintah ! 1. 2. 3. 4. 5. Apa yang dimaksud dnegan peredaran darah besar ? Apa guna karbohidrat bagi tumbuhan hijau ? Tulislah 6 zat gizi yang terkandung dalam makanan ! Apa guna pundi-pundi udara pada burung ? Gambarlah bagan aliran darah pada jantung !


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:17213
posted:11/14/2009
language:Indonesian
pages:1