Docstoc

MODUL 01

Document Sample
MODUL 01 Powered By Docstoc
					MODUL #1

MINDSET
Pemahaman Penting dan Sangat Serius Yang Harus Anda Pegang Sebelum Memulai Blogging

DIBAGIKAN SECARA GRATIS OLEH: HTTP://NARUTO-R.BLOGSPOT.COM HTTP://ADSMU.BLOGSPOT.COM
Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

1

DAFTAR ISI
1. PENDAHULUAN Mengapa Saya Membuat Buku Ini? Siapa Joko Susilo? Sekilas Tentang Blog Jokosusilo.Com Dari Mana Saya Dapatkan Konsep Rahasia Blogging? Bagaimana Menggunakan Modul-Modul Ini? 2. PENGENALAN BLOG Apakah Blog Itu Dan Mengapa Banyak Orang Membicarakannya? Mengapa Orang Membaca Blog? Mendapatkan Uang Secara Beruntun Dari Blogging Memperlakukan Blog Sebagai Bisnis Manfaat Besar Blogging Untuk Bisnis Menampilkan Keahlian Anda Pada Calon Customer Mengembangkan Hubungan Yang Lebih Akrab Dengan Pelanggan Mindset Seorang Blogger Sukses 3. MEMULAI LANGKAH PERTAMA DENGAN RAHASIA BLOGGING Apakah Rahasia Blogging Itu? Fakta-Fakta Kedahsyatan Rahasia Blogging Bagaimana Rahasia Blogging Meningkatkan Penghasilan Anda Secara Drastis? Rahasia Blogging: 7 Langkah Rahasia Membangun Blog Sukses Spektakuler

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

2

BAB 1 PENDAHULUAN
Mengapa Saya Membuat Buku Ini?
Anda sudah punya blog? Tipe blog macam apa punya anda? Jika anda menggunakan blog untuk meningkatkan pendapatan, sudah berapa banyak uang yang anda hasilkan dari blog? Saya paham, memulai blog dari NOL dan mengharap kesuksesan yang besar dari sana bukanlah hal mudah. Apalagi bagi anda yang menjadikan blog sebagai sumber uang. Jika hari ini anda belum mendapatkan sepeser pun dari blog anda, bukan berarti anda gagal. Anda hanya belum tahu bagaimana membuat blog menjadi sumber uang yang dahsyat dan melipatgandakan pendapatan anda. Di sini anda akan temukan bagaimana membuat blog anda sukses berdasarkan apa yang sudah saya alami. Apa saja yang bisa anda ramu untuk blog anda sehingga bisa lebih populer dari pada sekarang ini. Saya ingin berbagi rahasia pada anda sebuah strategi mujarab yang telah saya gunakan untuk menciptakan sebuah blog yang sukses spektakuler. Dengan panduan ini, anda tidak perlu lagi berjuang tanpa arah yang jelas dalam membangun dan membesarkan blog anda. Saya tidak bilang menghasilkan uang dari blog itu mudah. Tapi saya juga tidak bilang itu sulit. Cara menghasilkan uang dari blog itu sederhana, anda hanya membutuhkan strategi yang benar dan konsistensi. Itu saja. Tapi, bagaimana caranya? Silakan baca ebook ini sampai tuntas! Anda akan menemukan jawabannya secara lengkap.

Siapa Joko Susilo?
Jika anda sudah mengunjungi www.FormulaBisnis.com, sedikit banyak tentu anda sudah tahu siapa saya dan bagaimana sepak terjang saya hingga bisa menekuni bisnis internet. Saya tidak akan lelah mengompori orang-orang bahwa bisnis internet adalah bisnis masa depan. Bukan hanya karena saya berkecimpung di bisnis ini, tapi karena fakta “masa depan bisnis ada di internet” memang benar adanya. Bagi anda yang belum tahu siapa saya, ijinkan saya bercerita sedikit. Nama saya Joko Susilo. Saya dulunya adalah seorang arsitek gagal yang bosan bekerja secara konvensional. Suatu saat saya temukan “dunia lain” yang lebih menarik, menantang, dan sepertinya menjanjikan banyak uang. Dunia itu adalah internet.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

3

Saya mulai berkecimpung di dunia bisnis internet sejak tahun 2001. Setelah mengalami banyak trial dan error, pada tahun 2002 saya berhasil menciptakan sebuah konsep yang sekarang sangat populer di dunia Internet Marketing Indonesia. Nama konsep itu adalah SMUO = Sistem Mesin Uang Otomatis. Yaitu sebuah konsep bisnis sederhana tentang cara menghasilkan uang melimpah dengan menjual informasi melalui internet. Konsep seperti ini tadinya masih langka di Indonesia. Tapi sekarang, ini merupakan konsep bisnis internet paling populer dan berhasil di Indonesia. Website utama saya adalah www.FormulaBisnis.com. Inilah website yang menjadi tulang punggung bisnis saya. Hingga tahun 2009, website ini sudah berusia 7 tahun. Bukannya makin memudar, kepopuleran FormulaBisnis semakin menggila dan tidak bisa terbendung bahkan oleh saya sendiri. Dari sini, FormulaBisnis.com berhasil membuka mata puluhan ribu orang akan dahsyatnya kekuatan internet untuk bisnis. Dia juga menelorkan ribuan usahawan internet baru yang menjual informasi beragam melalui internet.

Sekilas Tentang Blog JokoSusilo.com
Seiring dengan perkembangan FormulaBisnis.com yang semakin besar, dan begitu banyaknya anggota, baik yang free maupun yang sudah membeli produk saya, saya merasa perlu memberikan sebuah wadah untuk mereka. Yaitu sebuah sarana yang bisa memberikan arah dan pemahaman lebih baik lagi mengenai apa dan bagaimana berbisnis internet secara benar. Saya ingin membuat wadah yang tidak hanya memberikan wawasan seputar bisnis internet, tapi juga menumbuhkan semangat, rasa kebersamaan, serta motivasi tinggi kepada pembaca, sehingga mereka tidak merasa sendiri dalam memperjuangkan impiannya meraih sukses di bidang ini. Saya ingin memiliki sarana yang bisa menyampaikan buah pikiran saya, ilmu-ilmu yang saya dapat, sehingga mereka bisa tetap mengambil manfaat dari apa saja yang saya resapi setelah 7 tahun bergumul di bidang ini. Dan tidak munafik, saya ingin membuat sebuah alat yang bisa membuat nama saya semakin dikenal, semakin populer, dan akhirnya ikut mendongkrak bisnis saya. Satu-satunya jawaban untuk semua keinginan saya diatas... adalah BLOG! Saya berupaya keras mencari jawaban lain, tapi saya tidak menemukan jawaban yang lebih bagus ketimbang membuat BLOG. Singkat cerita, lahirlah blog JokoSusilo.com. Sebuah blog bisnis internet yang memberi pencerahan, motivasi, kebersamaan, dan dorongan kepada para pembaca untuk melakukan ACTION mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Blog ini berslogan, STOP DREAMING START ACTION! Dan slogan itu selalu tersirat di setiap postingan yang saya buat 3 kali seminggu. Silakan baca beberapa artikel saya, dan anda akan merasakan kekuatan semangat dan dorongan untuk segera bertindak untuk kemajuan anda.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

4

Sekarang, kata banyak orang blog ini sudah sangat populer. Menjadi blog rujukan bagi ribuan orang yang ingin menyeriusi bisnis di internet. Saya bersyukur, impian saya memiliki blog sukses spektakuler bisa terkabul, bahkan lebih cepat dari yang saya perkirakan. Hanya dalam satu tahun!

Dari Mana Saya Dapatkan Konsep Rahasia Blogging?
Satu hal yang belum saya ceritakan kepada anda soal kelahiran blog JokoSusilo.com adalah, saya membutuhkan waktu 6 bulan untuk meyakinkan diri bahwa saya siap meluncurkan blog ini. Setelah pertama kali terbesit keinginan membuat blog, saya mulai berpikir ulang. Pikir saya, saya tidak boleh asal membuat blog. Blog bukanlah pekerjaan yang akan selesai dalam satu kali kerja. Blog butuh “pemeliharaan dan perawatan” yang serius dan dalam jangka waktu lama. Jika saya tidak siap dengan konsekuensinya, kredibilitas saya bisa hilang. Pelanggan tidak akan percaya lagi pada saya. Makanya, rencana membuat blog saya tahan. Saya tahu, membangun sebuah blog tidak cukup dengan membeli domain , memasang hosting, dan mengisi content secara rutin. Lalu pengunjung datang dengan sendirinya dan membludak. Tidak cuma itu yang harus saya lakukan agar blog saya bisa sukses. Oleh karena itu, jauh sebelum saya memulai ngeblog, saya pelajari ilmu blogging dari sebanyak mungkin sumber yang menurut saya bagus. Baru kemudian saya persiapkan hal-hal detil lebih lanjut. Saya pelajari bagaimana menulis posting yang menghipnotis, bagaimana menampilkan karakter blog yang kuat dan sebagainya. Intinya, saya pikirkan semua hal yang berkaitan dengan cara menciptakan blog sukses dan mencatatnya menjadi rumusan tersendiri. Dari dasar rumusan itu, mulailah saya ngeblog pada bulan Januari 2008. Dua bulan berjalan blog hanya menunjukkan perkembangan yang tidak seberapa. Terpaksa saya review lagi rumusan blogging, saya buang yang percuma dan masukkan yang berguna. Begitu seterusnya. Akhirnya, pada bulan ketiga dan selanjutnya, blog jokosusilo.com menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Bulan demi bulan blog ini mengalami peningkatan dalam hal traffic, komentar, maupun penghasilan. Prestasi terus menanjak hingga akhirnya blog ini genap berusia satu tahun. Hasilnya, traffic blog mencapai 5000 pengunjung per hari, komentar pembaca mencapai 200an per posting, dan penjualan meningkat 500%! Dan saya yakin perkembangan ini masih akan terus berlanjut. Semua ini terjadi karena sebuah rumusan blogging yang selalu saya optimasi keampuhannya. Seperti yang pernah saya bilang, rumusan ini adalah panduan saya. Rumusan ini adalah cermin langkah yang saya lakukan untuk membesarkan blog JokoSusilo.com hingga seperti sekarang ini. Ini adalah sebuah proses panjang, dari sekumpulan rumusan yang hanya teori, yang lalu diuji coba, dioptimasi sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah rumusan blogging terbaik bagi saya.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

5

Sekarang rumusan ini berada di tangan anda, dan kita sepakat menyebutnya “Rumusan Rahasia Blogging”. Inilah rumusan yang akan mengantar anda ke gerbang kesuksesan mengelola blog, dengan catatan anda mengikuti seluruh petunjuk di dalamnya dengan penuh disiplin dan tanggung jawab. Membuat blog sukses itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Anda memerlukan strategi yang tepat, disiplin, dan penerapan secara benar. Sekarang anda tak perlu melewati apa yang dulu saya lakukan. Karena saya akan berikan semua yang saya tahu tentang blogging dan seluk beluknya dalam ebook ini. Anda hanya wajib membacanya dan ACTION! Anda siap?

Bagaimana Menggunakan Modul-Modul Ini?
Paket informasi ini dibagi dalam 7 modul. Tiap-tiap modul membahas secara rinci aspek terpenting membangun sebuah blog sukses. Jika digabungkan, anda akan mendapatkan panduan blogging setebal 350 halaman. Cukup banyak dan cukup pusing jika anda membaca semua dalam semalam. Berikut pembahasan Rahasia Blogging secara terurut: MODUL #1: MINDSET Misi Penting dan Sangat Serius yang Harus Anda Pegang Sebelum Memulai Blogging MODUL #2: PLANNING Bagaimana Langkah Awal Merancang Blog dan Mengoptimasinya Hingga Menghasilkan Profit Tanpa Henti. MODUL #3: CONTENT Bagaimana Menyajikan Content Blog yang Menghisap Pembaca dan Membuatnya Ketagihan. MODUL #4: TRAFFIC 1 Metode Yang Saya Pakai Untuk Menghasilkan 5000 Pengunjung Blog Per Hari MODUL #5: TRAFFIC 2 Metode Traffic Lanjutan Yang Akan Melipatgandakan Jumlah Pengunjung Anda MODUL #6: MONETIZE Bagaimana Menyulap Blog Anda Menjadi Mesin Pencetak Uang MODUL #7: LEVERAGE Bagaimana Membuat Blog Anda Menghasilkan Uang Lebih Banyak dengan Beban Kerja Jauh Lebih Sedikit Yakinlah, proses belajar anda akan panjang... Saran saya, jangan mencoba mendalami semuanya dalam satu malam atau satu minggu. Hasilnya pasti nihil. Lakukan itu hanya jika anda ingin mengetahui gambaran menyeluruh materi Rahasia Blogging dari saya. Setelah itu, kembali ke modul pertama... dan pelajari pelan-pelan. Berikan waktu pada diri anda untuk memahami

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

6

pemikiran saya soal topik blog di modul terkait. Berikan waktu bagi diri anda untuk menerapkan satu aspek penting di modul tersebut, selangkah demi selangkah. Agar tujuan pembelajaran blogging ini bisa tercapai, saya anjurkan anda mempelajari Rahasia Blogging dalam 7 minggu. Satu modul untuk satu minggu. Ini bukan berarti anda akan sukses pada minggu ke tujuh! Tidak, perjalanan anda masih panjang. Jangan hanya dibaca dilayar monitor, tapi cetaklah! Jilid setiap modul secara tersendiri. Dengan begitu, anda akan memiliki 7 jilid Rahasia Blogging. Bukan satu buku tebal Rahasia Blogging. Saat anda fokus pada satu modul, singkirkan jilid lainnya dan hanya pegang satu jilid modul anda. Begitu seterusnya. Setelah anda menyelesaikan pembelajaran 7 minggu, silakan jalankan konsistensi penerapan strategi dalam setiap kegiatan blogging anda. Sekali lagi, konsisten. Saya selalu bilang, membuat blog sukses itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Caranya sederhana, namun anda harus konsisten. Dan di sinilah peran anda sangat diperlukan. So, selamat belajar.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

7

BAB 2 PENGENALAN BLOG
Saya yakin anda sudah pernah mendengar kata ‘blog’. Di media massa, baik televisi maupun koran, blog ikut ramai dibicarakan. Istilah blog kini tak kalah terkenalnya dengan kata ‘internet’ dan ‘situs web’ (website) itu sendiri. Tapi, apakah anda tahu apa sebenarnya blog itu? Bagaimana blog itu bekerja? Dan yang terpenting bagaimana blog bisa membuat anda jadi kaya raya? Anda tak sabar mulai? Baiklah. Mari kita langsung saja...

Apakah Blog Itu dan Mengapa Banyak Orang Membicarakannya?
Apa sebetulnya blog itu? Kalau anda ketikkan kata kunci “arti blog” di search engine akan sangat banyak definisi yang bermunculan. Misalnya Wikipedia mendefiniskan “blog sebagai aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.” Selain definisi menurut Wikipedia di atas, banyak definisi blog lainnya. Perbedaan definisi ini tentu sangat wajar. Sebab, setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya. Kalau saya amati, biasanya antar definisi hanya berbeda pada penekanannya saja. Kalau anda tanya kepada saya, apa itu blog? Supaya cepat dipahami, saya biasa menjawabnya dengan menunjukkan contoh langsung yang membedakan blog dengan situs web. Meskipun sebenarnya blog juga merupakan jenis situs web. Untuk contoh blog lihat www.JokoSusilo.com dan contoh situs web lihat www.FormulaBisnis.com. Perhatikan sejenak. Anda bisa menangkap bedanya kan? Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan (diari) online. Ya betul-betul seperti buku harian! Karena pada awalnya, banyak yang menggunakan blog untuk menuangkan pengalaman pribadinya selama ini di sana. Namun dalam perkembangannya, yang ditulis bukan hanya soal pengalaman pribadi saja, tapi bisa apapun. Dari tulisan ringan sampai yang serius. Temanya juga berkisar tidak hanya tentang diri sendiri, tapi sekarang sudah bisa apapun.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

8

Secara konten, bukan cuma bisa diisi tulisan saja, tapi juga bisa diisi dengan suara (podcast) dan video (vlog= video blog). Hanya saja, sampai sekarang ini konten yang dominan masih berupa tulisan. Sebuah blog sekarang juga tidak hanya bisa ditulis sendiri, tapi bisa oleh beberapa orang sekaligus. Blog semakin populer. Pada November 2005, Google mendapatkan 475 juta hasil pencarian atas kata kunci (keyword) “blog”. Tahun 2009 ini, anda akan menemukan 3 milyar hasil untuk keyword yang sama. Pada tahun 2005, blog directory technorati mencatat lebih dari 21 juta blog telah dibuat oleh manusia. Lalu bagaimana dengan sekarang? Saat ini, blog yang ada telah mencapai lebih dari 200 juta!! Wow… peningkatan yang cukup fantastis bukan? Tak heran kalau perkembangan blog sungguh luar biasa. Hambatan-hambatan yang dulu menyulitkan orang untuk membuat situs web, kini tak lagi ada dengan munculnya blog. Kekakuan situs web yang seperti membuat pengunjung berhubunganan dengan ‘benda mati’, sekarang dengan blog tidak lagi terjadi. Blog ibarat perwakilan karakter pemiliknya di dunia maya. Blog menampilkan seperti apa diri anda. Dan kalau artikel anda disukai pengunjung, maka anda akan mudah membangun komunitas blog yang membuat mereka akan selalu datang ke blog anda. Nah, ini pentingnya kenapa kemudian sejumlah blogger selalu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan/traffic-nya. Karena dengan traffic tinggi, merupakan modal penting anda bisa membuat blog menghasilkan uang. Selain traffic, banyak hal lain yang menunjang blog anda agar bisa menghasilkan uang. Ini saya akan sampaikan kemudian. Mari kita lanjutkan saja …

Mengapa Orang Membaca Blog?
Saya tidak akan berhenti meyakinkan anda. Sebuah blog yang sukses spektakuler mampu melejitkan bisnis anda secara luar biasa! Dan, cuma ada satu alasan mengapa blog bisa mengantarkan anda pada gerbang kesuksesan. Anda penasaran? Kuncinya sederhana... Orang suka membaca blog! Benar, keberadaan blog mampu menggeser kedudukan media massa. Bagaimana tidak? Setiap kali kita browsing di search engine, tak jarang informasi detil yang kita cari justru didapatkan dari sebuah blog. Bukan di portal berita, juga bukan dari ensiklopedia. Ditambah lagi, search engine itu lebih suka menampilkan blog dibanding situs web. Karena blog sering di-up date, dan content-nya lebih segar. Blog mampu memberikan persis yang kita harapkan! Meski tidak selamanya begitu, tapi sering kali ya demikian yang terjadi. Blog mengupas sebuah topik dari sudut pandang pemilik blog. Bukankah semua orang bebas menulis apa saja di blog pribadinya? Nah, apa yang tidak disorot media massa, bisa kita baca di sini. Kita pun suka mengetahui segala sesuatu secara detil, kan? Komplit dari A sampai Z. Misal kita ingin mendapat informasi tentang dunia bisnis internet. Bukankah lebih baik kita

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

9

menggali informasi dari pakarnya? Kita lebih puas jika informasi itu datang langsung dari sumber berita. Maka wajar kalau kita datangi blog seorang pebisnis internet sukses. Benar? Itulah alasan utama blog mudah meraih perhatian banyak orang. Nah, faktanya dunia blogging sudah mempunyai tempat khusus di hati para pecandu internet. Kenapa anda tidak segera memanfaatkan blog untuk bisnis anda? Di tengah kerumunan, di situlah uang berada... jika ada kerumunan semut, kenapa anda tidak menawarkan gula? Katakan pada semut bahwa anda punya gula! Ya, blog sangat mudah menarik traffic. Jika blog anda ramai, saya sangat yakin akan ada prospek yang “terjerat” dan menjadi pelanggan bisnis anda. Baik... saya sudah mencoba meyakinkan anda untuk tak lagi meragukan blog. Tapi, kalau anda masih belum mantap, tidak apa. Saya masih punya beberapa alasan. Semoga anda puas dengan yang berikut ini... Blog bisa menularkan informasi secara luas. Saya ambil contoh, anda tergila-gila pada bola. Dan, anda ingin membuat blog. Kira-kira apa dan bagaimana isi blog anda? Saya jamin, konten blog anda tidak akan jauh-jauh dari dunia bola! Itulah kenapa seorang blogger mengisi blog mereka dengan satu tema atau minat tertentu. Untuk blogger yang punya keahlian dalam satu bidang pun cenderung mengisi blog dengan tetek-bengek ilmu yang mereka kuasai. Misal saya seorang chef terkenal. Dalam blog saya, apalagi isinya kalau bukan resep-resep masakan. Meskipun tidak semua postingan saya berupa resep. Tapi pastilah banyak resep masakan yang saya pajang di blog. Orang-orang pun terlanjur mengidentikkan saya dengan makanan. Jadi kenapa saya harus jauhkan blog saya dari resep-resep makanan? Nah, blogger yang memiliki minat sama biasanya membentuk sebuah jaringan atau komunitas. Di sini mereka bebas membahas tema-tema yang mereka angkat. Segala isu pasti jadi pembicaraan hangat. Pun, saling bertukar komentar dan saling mengunjungi. Jadi, jangan khawatir hits anda rendah karena teman-teman sesama komunitas anda akan menjadi pengunjung setia anda. Coba bayangkan jika anda menggunakan blog untuk ajang promosi produk. Jaringan blogger anda akan menjadi agen iklan yang bekerja sangat cepat! Tidak percaya? Maka anda harus membuktikannya. Karena saya sudah memberi anda bukti. Blog: media yang lebih manusiawi. Sebuah blog adalah sebuah kepribadian. Karena apa yang ada dalam blog merupakan curahan pemikiran, pendapat, cara pandang dan sikap si empunya blog. Dari sebuah blog pula kita bisa mengenal seseorang secara lebih mendalam. Anda kenal Sandra Dewi? Atau bahkan anda salah seorang fans Sandra Dewi? Kalau iya, saya yakin anda pasti sudah kerap menyambangi blog Sandra di

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

10

sandradewi.seleb.tv. Dengan bertamu di blog artis cantik ini, kita bisa tahu apa dan bagaimana dia yang sebenarnya langsung dari yang bersangkutan. Apalagi saat Sandra sedang diterpa gosip miring. Kita akan tahu klarifikasi langsung darinya dan bukan melalui media infotainment. Seperti yang kita pahami, infotainment sering menyajikan berita-berita yang tidak berimbang dan justru memojokkan orang yang diberitakan. Nah, dengan adanya blog, kita bisa memperoleh keterangan yang lebih akurat. Di sisi lain, blog menjadi wadah bagi si artis untuk menyatakan hal yang benar menurut dirinya. Ketika infotainment sibuk memojokkan, para artis yang juga blogger bisa segera menangkis berita yang tidak sedap melalui blog. Hebat bukan? Blog bisa menolong seseorang dari gosip-gosip yang merugikan. Blog lebih interaktif. Rahasianya ada di box komentar. Setiap posting pasti merangsang datangnya komentar. Semakin banyak komentar, semakin anda mendapat apresiasi. Dan, box komentar ini bukan cuma berharga bagi anda. Tapi, pengunjung setia anda juga! Betapa tidak, setiap kali mereka ingin bereaksi atas posting yang sudah anda publish, tinggal klik saja dan ketik pesan di kolom yang sudah disediakan. Anda pun tinggal pilih apakah pesan ini ditampilkan atau tidak. Dibandingkan dengan email, box komentar lebih interaktif. Pengunjung bisa cepat menanggapi posting anda. Dan, anda pun cepat menjawab komentar mereka. Praktis ya? Blog lebih cepat menyajikan informasi. Dengan adanya blog, semua orang bisa menyiarkan berita. Bukan cuma media massa saja yang bisa meneriakkan informasi. Anda, saya, kita semua juga bisa! Nah, misalnya ada satu kasus. Tetangga saya adalah keponakan presiden Amerika Barrack Obama (ini cuma contoh lho!) Kebetulan tidak banyak orang yang tahu. Dan, saat pemilu AS sedang heboh diberitakan di mana-mana, saya menulis cerita ini di blog saya. Bagaimana menurut anda? Saya jauh lebih cepat dari pada media masa manapun, kan? Bahkan mungkin tetangga saya itu diekpos media setelah cerita di blog saya ini tersiar kemana-mana. Inilah salah satu kehebatan blog. Kita tidak perlu menjadi bagian dari insan media untuk memberitakan hal yang menarik. Cukup membuat blog! Pun kita bisa menyajikan berita-berita penting yang tidak diangkat media, tapi disukai banyak orang. Dunia bisnis selalu mengikuti selera orang. Kemana arah pasar, di situlah uang mengalir. Kini fakta berbicara, orang suka membaca blog. Sudah pasti, ada pasar potensial yang bisa anda gali di sana. Dalam bisnis internet, anda tidak boleh berhenti di satu titik. Jangan puas hanya dengan memiliki satu situs web. Orang-orang di luar sana membutuhkan anda! Banyak hal yang harus anda bagi, banyak yang mesti anda sebar dan, masih banyak produk yang wajib anda pasarkan! Buatlah blog! Bagikan pengetahuan anda pada khalayak, ceritakan pengalaman anda. Dan, pancing mereka untuk menjadi pelanggan anda. Menyenangkan, bukan?

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

11

Mendapatkan Uang Secara Beruntun dari Blogging
Uang, inilah kata kunci mengapa anda membeli ebook ini. Benar kan? Anda ingin menambah income anda dan percaya blogging bisa mewujudkan keinginan anda. Anda akui atau tidak, dengan membeli Rahasia Blogging anda pasti berharap blog anda bisa berhasil dan jika anda memiliki produk, anda bersikukuh agar produk anda pun semakin laris. Saya paham apa yang anda rasakan. Uang selalu punya daya pikat yang luar biasa. Medan magnet lembaran kertas bertuliskan angka-angka ini sungguh kuat. Ya, karena uang menjadi jawaban atas segala kesulitan ekonomi. Setidaknya dengan memiliki uang yang cukup, kita tidak perlu khawatir besok mau makan apa. Uang bisa menentramkan perut kita. Dan, dengan perut yang tentram, pikiran juga tentram. Benar begitu? Tidak ada orang yang mau bergelut dengan kemiskinan. Anda boleh berpendapat lain. Tapi, kenyataannya memang demikian. Kita bebas melakukan apapun jika kita memiliki banyak uang. Asal jangan lepas kontrol dan melakukan perbuatan yang tidak baik. Uang juga menjadi alasan utama kenapa kita harus berbisnis internet. Bisnis internet menjamin kesuksesan anda selama yang anda lakukan benar dan usaha anda maksimal. Di luar sana banyak pebisnis internet yang mengatakan blogging bisa membuat anda kaya. Ya, anda bisa sukses dengan menjadi blogger. Tapi, tunggu dulu, blogger yang bagaimana yang bisa sukses? Blog seperti apa yang bisa mendatangkan hujan uang untuk produk anda? Blog bagaimana yang bisa mendongkrak popularitas anda? Jika blog anda sejauh ini sepi pengunjung, bisakah anda mengharapkan banyak uang di sana? Sebaiknya jangan berharap apapun agar anda tidak kecewa. Kita harus berani melihat kenyataan. “Blog saya saat ini masih kurang respon. Bahkan dalam satu hari hanya dikunjungi beberapa orang saja.” Jujurlah pada diri anda. Dan, katakan, “Saya perlu berubah! Blog saya harus diubah!” Hanya orang yang mau berubahlah yang bisa mengecap manisnya kesuksesan. So, apa saja yang harus diubah? Untuk menjawab pertanyan ini kita harus menelisik lebih dalam tentang kegiatan blogging anda. Bagaimana niat anda sebelum ngeblog. Punyakah anda perencanaan? Dalam sehari, berapa lama anda mencurahkan waktu untuk mengelola blog? Berapa waktu yang anda habiskan dalam seminggu untuk menjawab komentar? Berapa kali anda mengkaji ulang konten blog? Dan sebagainya. Saya beri tahu rumusan sederhana yang bisa mengubah peruntungan blog anda. Jika anda menginginkan blog yang anda bangun menghasilkan uang melimpah, berarti anda

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

12

harus bekerja untuk blog anda. Tidak bisa dengan membuat blog lalu ditinggal begitu saja. Dimana ada uang, di situlah bisnis. Dan bagaimanapun wujud bisnis yang anda geluti, anda harus fokus. Jangan-setengah-setengah. Anda perlu memiliki skill dan komitmen yang kuat. Ngeblog bisa saja jadi kegiatan sampingan di luar pekerjaan utama anda. Tapi, besarnya uang yang akan anda peroleh tentu nilainya “sampingan” juga. Seorang blogger profesional belum mencapai apa yang mereka inginkan sampai akhirnya mereka meninggalkan pekerjaan utama mereka. Coba perhatikan lingkungan blog yang ada di Indonesia. Pernahkah anda menemui, blog sukses di Indonesia yang dijalankan oleh pemiliknya secara sampingan. Dalam arti, pemiliknya punya pekerjaan utama, dan mengelola blog nya di sela-sela pekerjaan rutinnya? Tidak ada! Jika pun ada, saya yakin blognya tidak akan pernah bisa sukses spektakuler. Anda mengerti maksud saya, bukan? Ya, saking perlunya perhatian khusus, blogging bisa menyita banyak waktu anda. Banyak orang yang terpikat pada dunia blogging sampai akhirnya ia memutuskan untuk “QUIT” dari pekerjaan. Sekarang, coba saya tanya, “relakah anda melepas pekerjaan utama anda?” Ini adalah kenyataan. Setiap orang membutuhkan fokus. Saya juga. Anda juga. Saya berani membakar semua jembatan dibelakang saya sehingga mustahil untuk kembali. Selanjutnya, saya tidak punya pilihan lain kecuali fokus membangun bisnis yang sudah menjadi pilihan saya. Menjadi pengusaha online profesional, dan sebagai blogger profesional. Sering kali saya utarakan dalam perbincangan bersama teman-teman newbie, boleh saja anda eksis di bisnis internet sambil masih tetap bekerja secara offline. Artinya, anda tetap punya pekerjaan selain bisnis internet. Nanti setelah anda mulai merasakan keberhasilan di dunia online, anda baru berani meninggalkan pekerjaan offline anda. Hanya saja, hasil yang akan anda peroleh saat masa transisi itu jauh berbeda dibandingkan jika anda total 100% mencurahkan waktu dan perhatian anda di bisnis internet. Nah, apalagi blogging. Anda harus punya cukup waktu untuk membuat konten blog, menjawab komentar, bergabung di forum, dll. Kalau anda tidak punya waktu yang berkualitas untuk blog anda, jangan harap anda bisa memiliki blog populer yang menghasilkan uang. Sebelum anda melangkah lebih jauh, sebaiknya mantapkan dulu niat anda. Seriuskah anda untuk mendapatkan uang dari usaha blogging? Jika iya, usaha anda juga harus serius. Percuma anda mempelajari strategi dan taktik blogging jika anda cuma mau main-main. Karena hasilnya sudah terlihat, jika nad atidak serius, anda pasti gagal mendapat uang dari blog anda. Yang ada, anda justru terburu-buru untuk segera mendapat uang dari blog. Dalam sekejap mata anda ingin blog anda jadi yang terhebat. Padahal tidak ada yang bisa sukses secepat itu. Meski sekarang ini jamannya serba instan, anda tidak bisa meraih

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

13

keberhasilan secepat kilat. Kesuksesan yang saya raih pun membutuhkan waktu setahun. Blogging memiliki serangkaian tahap yang tidak bisa disepelekan. Ada berbagai teknik yang mesti anda pelajari. Juga tak ketinggalan tips-tips dari para ahli harus anda ikuti karena akan sangat berguna untuk blog anda. Selain itu, anda juga harus mempelajari berbagai kasus blog yang sukses dan blog yang gagal. Jika anda tidak punya komitmen kuat untuk menjadi profesional blogger, saya takut anda akan kelelahan di tengah jalan. Belum memperoleh apa-apa anda sudah menyerah. Frustasi karena ingin mendapatkan uang dalam waktu yang cepat! Saya tidak hanya memberi anda janji-janji indah betapa nikmatnya memiliki blog yang sukses spektakuler. Saya juga akan memperlihatkan pada anda jalan berliku yang harus anda lalui sebelum mereguk keberhasilan sebagai blogger sukses. Bersiaplah untuk kecewa, terkejut, jatuh bangun, dan pada akhirnya anda akan mendapat energi dan mindset baru. Anda akan merasakan sendiri keseluruhan proses yang kita hadapi akan mengubah sikap dan kebiasaan kita selama ini. Dan, yang lebih penting anda akan benar-benar merasakan profit yang terus berlipat dari upaya blogging anda.

Memperlakukan Blog Sebagai Bisnis
Pada pembahasan di atas saya menyinggung masalah pekerjaan. Ya, banyak blogger sukses meninggalkan pekerjaan awal demi mengelola blog mereka. Sekilas, antara blogging dan bekerja adalah dua hal yang sama. Benar? Apakah anda juga berpendapat begitu? Kalau iya, wah, berarti saya harus meluruskan pandangan anda. Meskipun anda berhenti bekerja, bukan berarti anda beralih kerja menjadi seorang blogger. Kok bisa begitu? Karena anda bukan lagi seorang pekerja. Ketika anda memutuskan untuk terjun di bisnis internet (blogging juga termasuk model bisnis internet), anda sudah berubah menjadi seorang bos! Seorang pebisnis, seorang pengusaha. Anda menjadi bos untuk diri anda sendiri dan merangkap sebagai karyawan untuk diri sendiri pula. Sabar, pada awalnya anda memang harus bekerja sendirian. Tapi, akhirnya nanti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengelola bisnis anda yang semakin besar. Ok? Anda adalah pebisnis blogging... anda memiliki blog, membuatnya berhasil mengalirkan uang untuk anda, dan anda memiliki aset online yang terus bertahan sampai masa depan. Profesional blogger bukanlah penulis yang mendapatkan uang dari tulisannya. Seorang blogger profesional memiliki blog yang akan terus membawanya pada keamanan finansial. Bagaimana tidak? Saat blog anda meraih traffic tinggi, sebagian besar prospek akan mendatangi anda. Jika anda memiliki produk yang benar-benar bagus dan dibutuhkan pengunjung, peluang anda mendapat pelanggan baru sangat besar!

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

14

Saya mendapatkan profit melimpah dari sebuah blog bukan hanya karena saya punya blog. Saya mendapatkan limpahan materi karena blog saya mampu mendongkrak angka penjualan produk saya. Itulah yang saya coba tularkan pada anda. Bagaimana anda bisa mendongkrak penjualan produk dengan membangun sebuah blog. Sekali lagi saya ulangi, blogging sebenarnya tidak sulit. Sebaliknya, blogging itu mudah dan anda tidak perlu usaha yang teramat keras untuk memiliki mesin blogging penghasil uang. Anda hanya perlu bekerja secara konsisten dan yang paling penting anda memiliki mindset optimis, maju terus pantang mundur! Dan anda menerapkannya pada perilaku anda sehari-hari.

Manfaat Besar Blogging Untuk Bisnis
Sebagai pebisnis internet kita harus berpikiran ala pebisnis pula. Sekarang, sebagai pemilik sebuah bisnis anda mau tidak mau perlu sebuah wadah yang bisa menjaga hubungan antara anda dengan pelanggan anda. Anda pun perlu sebuah tempat di mana anda bisa unjuk gigi siapa anda yang sebenarnya. Anda harus menciptakan brand! Tunjukkan citra diri anda yang positif. Jalin komunikasi dengan para pelanggan adalah jalan terbaik meningkatkan kualitas anda. Semakin anda membuka diri, semakin besar peluang anda untuk dikenal dan mendapat pelanggan baru. Anda tidak bisa selamanya bersembunyi dibalik sebuah situs web yang “mati” karena minimnya kontak dengan pengunjung. Nah, ketika anda sudah mempunyai tempat yang tepat untuk mengekspresikan bisnis anda, jangan biarkan diri anda melewatkan kesempatan untuk mengecap dahsyatnya sukses! Blog yang ada di depan anda adalah jembatan menuju kesuksesan yang selalu anda bayangkan sebelumnya! Membangun blog adalah sebuah tantangan sekaligus ujian bagi anda. Jika anda berhasil dengan kegiatan blogging berarti anda benar-benar teruji sebagai pebisnis internet handa. Tapi, jika anda gagal dalam blogging, berarti anda tidak punya mental sebagai pebisnis internet yang sukses. Kenapa? Karena tidak ada kata gagal dalam dunia blogging. Anda baru disebut gagal setelah anda memutuskan untuk berhenti berusaha, berhenti belajar. Anda selalu bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan anda. Setiap hari terbuka kesempatan untuk anda memperbaiki blog anda. Tinggal bagaimana usaha yang anda lakukan. Sejauh mana anda sanggup melangkah? Inilah tantangannya. Sekali lagi, komitmen yang kuat perlu anda tanamkan dalam hati anda! Blog sangat besar artinya untuk kemajuan bisnis internet anda. Entah anda memiliki produk atau tidak, blogging tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Pebisnis internet adalah orang yang dekat dengan seluk-beluk internet. Jangan sampai anda tidak ikut membesarkan blog padahal anda adalah orang yang dekat dengan dunia ini. Apa kata dunia kalau anda tidak mempunyai blog? Dan, jangan sampai alasan anda tidak mempunyai blog adalah karena sudah terlanjur menjadi blogger yang gagal. Selama anda berbisnis, betapapun buruknya kualitas anda dalam blogging, anda tidak bisa meninggalkan blog. Karena blog kini menjadi pusat perhatian semua pengguna

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

15

internet di dunia. Dan, blog memiliki banyak keunggulan yang akan membawa bisnis kita pada sukses besar! Anda tidak boleh melangkah mundur, yang ada anda hanya boleh maju, maju, dan maju terus untuk mensukseskan blog anda.

Menampilkan Keahlian Anda Pada Calon Customer
Tampillah sebagai seorang profesional. The real profesional! Anda wajib membangun brand anda sebagai orang yang ahli di bidangnya. Misal, anda menjual produk-produk komputer. Anda harus menampilkan keahlian anda di bidang komputer. Tidak bisa tidak! Anda harus tahu apa saja yang anda jual. Juga, anda harus mengantongi ilmu yang cukup tentang komputer. Lalu apa yang harus anda tampilkan di blog agar anda dipandang sebagai seorang profesional? Begini… tulislah artikel tentang produk dan layanan anda. Teruslah fokus membidik hal-hal yang ada di sekitar produk anda. Dengan terus memberikan artikel yang berkualitas, anda akan terlihat pandai di depan pelanggan anda. Dan, jangan sungkan merespon komentar yang diutarakan pelanggan anda di kotak komentar. Jika pengunjung tanya tentang satu hal, beri solusinya. Temukan jawaban akan kesulitan mereka. Anda tidak perlu langsung menjawab pertanyaan tersebut pada hari itu juga. Jika anda merasa kesulitan, anda bisa bertanya pada pakar yang lebih ahli. Yang penting anda memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan pengunjung anda. Dengan cara ini anda akan terlihat ahli di depan pelanggan anda. Kalau saya yang jadi pelanggan anda pun, akan yakin kalau anda benar-bear ahli di bidang komputer. Mengapa? Karena anda bisa menjawab semua kesulitan-kesulitan saya.

Mengembangkan Hubungan Yang Lebih Akrab Dengan Pelanggan
Manfaat besar selanjutnya dari sebuah blog untuk bisnis adalah adanya jalinan keakraban dengan pelanggan. Blog lebih fleksibel dari pada jenis-jenis web online lain. Situs web tidak bisa melakukan apa yang blog bisa. Ya, ini dia, anda bisa berhubungan secara langsung dengan para pelanggan produk anda. Apapun masukan yang diberikan pengunjung, anda harus terima. Entah itu baik maupun buruk. Entah itu kritik yang membangun maupun kritik yang meruntuhkan. Anda harus tetap berterimakasih pada pengkomentar. Karena sudah mau mencurahkan waktu mengeluarkan uneg-uneg mereka. Betul kan? Dengan membuka pintu komunikasi seluas-luasnya anda bisa meraih kepercayaan pengunjung. Seumpama anda mendapatkan komplain dari pelanggan, anda bisa langsung mengetahuinya. Dan, anda pun bisa seketika melakukan tindakan “penyelamatan” bisnis. Bukan tidak mungkin komplain atas produk anda bisa menyebabkan bisnis anda tercoreng. Dan, jika anda mendapatkan banyak kepuasan dari pelanggan pun anda bisa langsung menampilkannya di blog anda. Pengunjung yang lain tentu bisa membacanya. Jelas saja anda bisa menaikkan pamor anda. Menarik ya?

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

16

Well, sebelum kita beranjak ke bab selanjutnya, saya tidak lupa mengingatkan anda untuk tidak menyerah dan tetap berkomitmen pada blog anda. Saya sudah jelaskan banyak hal pada anda. Mungkin anda masih bingung apa yang harus segera anda lakukan dengan blog anda. Saya tahu anda sudah bernafsu untuk take action! Tapi sabar... Tidak ada kesuksesan yang instan, kita harus berjalan perlahan. Selalu isi baterai semangat anda. Jangan lelah untuk terus belajar mengikuti trend teknologi internet yang bisa menolong anda menjalankan bisnis. Sekali lagi jangan menyerah! Bisnis anda tidak akan bisa berdiri hanya dalam waktu sehari. Anda harus konsisten menginvestasikan waktu dan usaha di sini. Kalau anda tidak siap dengan itu semua, sebaiknya berhentilah sampai di sini. Stop! Jangan teruskan membaca ebook ini. Karena saya tidak ingin anda membuang waktu percuma. Kecuali, anda mengidamkan kesuksesan yang luar biasa. Anda harus siap menjadi pebisnis internet yang tangguh. Tidak loyo hanya karena satu atau dua masalah kecil saja. Tapi, anda juga baiknya tidak terlalu bekerja keras. Sekali waktu ambillah jeda untuk beristirahat. Biarkan otak anda segar. Agar, anda bisa berpikir lebih jernih dan lebih baik. Pebisnis internet sukses menghabiskan banyak waktu berpikir dan berpikir. Aktivitas anda tak jauh dari usaha mewujudkan ide-ide cemerlang yang ada di kepala anda. Jadi anda perlu sekali-sekali melakukan hal-hal yang membuat anda jauh dari rutinitas dan membuat hati anda enjoy. Setelah semuanya berubah jadi segar, kembalilah berbisnis!

Blogger Bisa Sukses Diawali dari Mindset
Semuanya bermula dari mindset. Kalau mindset blogging anda sudah benar, saya yakin level blog sukses spektakuler akan anda anda capai. Itulah yang saya coba tanamkan sejak awal pertemuan kita di modul ini. Selain mindset-mindset di atas, apa sajakah mindset lain yang diperlukan oleh seorang blogger sukses? 1. Utamakan pengunjung ketimbang uang Memang mungkin anda awalnya membeli ebook ini dengan tujuan untuk mendapatkan uang melimpah dari blogging. Tapi yang ingin saya tekankan, kalau uang melimpah yang anda dapatkan itu hanyalah efek atau akibat, dan bukan penyebab. Karena itu yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah pengunjung. Soal uang otomatis akan mengikuti setelah anda mampu menyajikan manfaat yang dicari pengunjung. 2. Blogging adalah bisnis Kebanyakan orang mungkin menganggap blogging sekedar hobi. Tapi bagi penganut Rahasia Blogging, blogging adalah bisnis. Yah, karena bisnis maka anda perlu menjalankannya secara serius. Maksud saya bukan lalu anda selalu

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

17

harus pasang muka serius saat blogging. Tapi artinya lakukan dengan sungguhsungguh. Dan hebatnya di di bisnis blogging, malah anda kan lebih bersenang-senang. Anda bisa bertemu banyak teman baru dan bisa mengobrol dengan mereka. Anda bisa senang-senang dengan komunitas blogging anda. Sekali lagi, blogging bukan pekerjaan iseng-iseng berhadiah. Tapi blogging adalah bisnis. 3. Kreatif Penganut Rahasia Blogging juga seorang yang kreatif. “Ah tidak, saya tidak kreatif. Malah pendiam dan pemalu.” Mungkin anda menyangkal begitu. Tapi saya selalu yakin kalau sebetulnya setiap orang itu kreatif. Dan anda bisa tuangkan kreativitas anda itu lewat blogging. Anda bisa membuat posting yang tak ada duanya. Anda bisa mengolah blog anda sedemikian rupa. Atau anda menyalurkan ide-ide anda lewat blogging. Percayalah kalau anda itu sangat kreatif. Dan energi kreatif itu ada dalam diri anda. Anda tinggal mengeluarkannya. 4. Bermental positif Penganut Rahasia Blogging juga orang yang bermental positif. Selalu memancarkan energi positif lewat blognya. Mengajak orang berbuat kebaikan dan hal-hal yang positif. Mengapa mental positif? Karena positif akan menghasilkan hasil yang positif. Mental positif akan memacu motivasi anda untuk terus ACTION. Dan mental positif akan membuat anda selalu melihat peluang di balik sebuah kesulitan. 5. Suka komunikasi dan berbagi Penganut Rahasia Blogging suka berjalan-jalan mengunjungi blog lainnya. Saling tegur sapa dan menanyakan kabar. Mereka juga suka berbagi yang diketahuinya. Intinya, penganut Rahasia Blogging adalah blogger yang terbuka dan tak pelit! Ok... sekarang mari kita lanjutkan ke bahasan selanjutnya. Saya jamin, anda akan menemukan banyak “harta karun” yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Cuma di sini, bersama saya...

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

18

BAB 3 MEMULAI LANGKAH PERTAMA DENGAN RAHASIA BLOGGING
Kenapa masakan si A lebih enak dari pada si B? Padahal bahan-bahan yang mereka gunakan sama dan mereka memakai alat yang sama? Nah, sedikit analogi ini sengaja saya sebutkan untuk memancing rasa ingin tahu anda tentang blog sukses spektakuler. Pertanyaan yang sama bisa dengan pertanyaan tadi, mengapa blogger A memiliki blog yang jauh lebih sukses dan ramai dikomentari banyak pengunjung dibanding blogger B. Padahal mereka menggunakan model blog yang sama dan mungkin juga berisi tentang topik yang sama. Anda ingin tahu jawabannya? Silakan simak lebih jauh...

Apakah Rahasia Blogging Itu?
Mungkin banyak yang sudah anda baca tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Bisa jadi anda sekarang juga sudah mulai menghasilkan uang lewat blog, meski hasilnya belum seberapa. Tapi yang pasti, itu akan butuh waktu yang SANGAT lama untuk membuat anda jadi kaya. Proses trial dan error akan terus menghantui anda. Betul tidak? FAKTANYA, hanya segelintir blogger yang betul-betul bisa memaksimalkan blognya sampai mampu mendulang uang terus-menerus dan dalam jumlah yang besar. Blogger yang berhasil melakukannya memiliki strategi khusus yang biasanya enggan untuk dibagikan kepada orang banyak. Karena memang itu senjata rahasia mereka. Maka untuk itulah saya buat Rumusan Rahasia Blogging untuk anda. Rumusan ini adalah panduan lengkap yang akan menyulap blog anda, dari blog yang bukan apa-apa menjadi blog sukses yang melipatgandakan penghasilan anda. Bagi anda yang baru memulai blog, panduan ini bisa menjadi penyelamat dan penunjuk jalan yang lebih cepat untuk membuat blog yang berhasil. Anda akan tahu bagaimana seharusnya membangun blog secara benar, efektif dan memberikan hasil memuaskan. Anda akan tahu apa saja kesalahan-kesalahan blogging yang sejak dulu anda perbuat tapi tidak anda sadari. Selanjutnya, anda bisa memperbaikinya agar aliran uang yang tersumbat selama ini bisa mengalir lancar ke kantong anda. Saya harap anda sudah punya gambaran apa yang akan dituju oleh Rahasia Blogging ini. Tinggal bagaimana anda mengetahui kerangka kerja (frame work) teknis Rahasia Blogging itu. Saya jamin, anda akan terkejut melihat formula dan cara kerjanya!

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

19

Fakta-Fakta Kedahsyatan Rahasia Blogging
Anda mungkin merasa masih belum punya cukup bukti untuk mempercayai manjurnya rumusan blogging ini. Tapi, itu tidak masalah, saya akan tunjukkan beberapa faktanya pada anda agar anda bisa yakin bahwa Rahasia Blogging benar-benar bisa mengubah blog anda secara drastis! Fakta #1 - Penghasilan Meningkat Drastis Hingga 500%!

Coba anda simak baik-baik statistik penghasilan di atas. Perhatikan bagaimana awalnya saya hanya memperoleh sekitar Rp 50 juta per bulan saat mengawali blogging pada bulan Januari 2008. Kemudian saya mulai menerapkan Rumusan Blogging di bulan Maret. Hasilnya bisa anda lihat, peningkatan profit beruntun terus saya alami sampai akhirnya menembus Rp 250 juta per bulan. Dan ini penghasilan BERSIH! Kenikmatan ini terus saya nikmati sampai sekarang dengan kecenderungan profit terus meningkat. Anda pun saya yakin bisa merasakan kenikmatan yang sama dengan saya. Masih ragu? Mari kita lanjutkan pada fakta kedahsyatan kedua… Fakta #2 - Pembaca Meledak Dengan Komentar Yang Terus Membanjir Bagaimana perasaan anda sebagai pemilik blog, jika setiap postingan anda ramai dibaca dan dikomentari oleh pembaca anda. Tidak ada hal yang lebih membanggakan selain mendapatkan respon di setiap artikel yang kita tulis. Komentar sahut menyahut, membuat komunitas blog anda semakin ramai dan hidup. Jadinya anda semakin bersemangat mengurus blog anda. Itulah yang terjadi dengan blog saya. Memiliki banyak pembaca setia dan semua memberikan komentar membangun dan positif. Bukan hanya puluhan komentar, tapi bahkan mencapai 200an komentar. Kebahagiaan mendapat respon dari pembaca ini sebentar lagi juga bisa anda rasakan. Mendapat respon dari pengunjung berarti mereka mengapresiasi content anda. Dan jalinan interaktivitas seperti inilah yang sangat diingkan kebanyakan blogger. Dengan “Rahasia Blogging” bukti nyata akan anda rasakan sendiri.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

20

Nah, agar anda semakin yakin dan tidak perlu ragu lagi, mari kita lihat fakta kedahsyatan Rahasia Blogging berikutnya. Fakta #3 - Dari 50 menjadi 5000 kunjungan per hari Simak baik-baik bagaimana Rahasia Blogging memberi dampak spektakuler pada blog saya. Dari yang mulanya hanya 50 kunjungan langsung melonjak menjadi 5000 kunjungan perhari… dan ini masih terus berlanjut.

Pengunjung unik, jumlah kunjungan, jumlah halaman yang dikunjungi, hits, dan bandwith, semuanya langsung meningkat pesat tanpa pernah terbayangkan sebelumnya. Anda bisa lihat sendiri statistik di atas. Serta bisa anda rasakan dan buktikan sendiri atmosfir keriuhan dan keakraban para pengunjung di www.JokoSusilo.com. Rahasia blogging membuat siapapun yang pertama kali berkunjung akan langsung jatuh cinta dan terus datang lagi dan lagi. Nanti akan anda temukan bagaimana membuat pengunjung langsung jatuh cinta saat melihat blog anda pertama kali. Anda juga akan temukan bagaimana mengikat pengunjung menjadi setia selamanya. Lainnya anda juga bisa dapatkan kiat memancarkan brand personal anda lewat blog. Fakta #4 - Blog Semakin Populer Lebih dari 500.000 website mencantumkan kata “JokoSusilo.com”, dan jumlahnya akan terus bertambah. Hanya dalam kurun waktu 12 bulan, blog ini sudah mendapat review dari ribuan situs web lain. Sampai saat ini, terdapat 500.000 lebih situs web yang menampilkan nama blog JokoSusilo.com di halaman webnya. Artinya? Rumusan Rahasia Blogging membuat blog JokoSusilo.com semakin populer dalam waktu singkat. Dan tentu saja, ini akan terus berlanjut. Kesuksesan yang sama akan anda rasakan. Bagaimana anda mampu membuat blog dengan suka rela menautkan link ke blog anda, dan mereka merasa sangat beruntung bisa melakukannya. Bagaimana menampilkan blog anda di halaman depan search engine tanpa harus bersusah payah. Dan bagaimana jurus-jurus

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

21

rahasia penghasil sumber link (yang selama ini belum pernah diungkapkan blogger mana pun)! Masih belum puas juga? Mari simak fakta kedahsyatan kelima Rahasia Blogging… Fakta #5 - Meraih Ranking Tinggi di Alexa yang Hanya Mimpi Bagi Sebagian Besar Bloggers. Blog ini berhasil meraih rangking tinggi berdasarkan data di Alexa. Semakin meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu. Mulai dengan Alexa rangking 2 juta, naik ke 1 juta, 500 ribu, 200 ribu hingga saat ini sudah bisa mendobrak rangking 68.000 dari 100 juta situs web di seluruh dunia. Dan ini masih berlanjut... Nanti anda akan dapatkan bagaimana melejitkan rangking di Alexa tanpa harus memasang toolbar Alexa di blog anda. Bagaimana anda bisa menjaga performa rangking blog anda agar stabil dan terus meningkat. Anda juga akan tahu rahasia-rahasia tak terungkap dari Alexa yang bisa mendorong rangking terus naik. Dan banyak lagi lainnya… Nah, bagaimana? Apakah anda sudah cukup puas dengan beragam fakta-fakta kedahsyatan Rahasia Blogging di atas? Jika anda sudah puas berarti itu belum cukup membuat saya bahagia. Sebab kepuasan anda mengetahui Rahasia Blogging ini menjadi tak ada artinya selama belum dipraktekkan. Itu belum cukup bisa menguji seberapa jauh kebenaran kata-kata saya. Mari kita lanjutkan...

Bagaimana Rahasia Blogging Meningkatkan Penghasilan Anda secara Drastis?
Bagaimana sih kerangka kerja Rahasia Blogging itu? Bagaimana mungkin saya percaya Rahasia Blogging bisa membantu saya meningkatkan income? Bagaimana bisa Rahasia Blogging meningkatkan traffic dalam blog saya? Rumusan dasar Rahasia Blogging sebetulnya sangat sederhana:

Blog Sukses Spektakuler = Strategic Blogging + Great Products
Anda tahu maksudnya? Seperti rumusan di atas, ada dua faktor untuk membuat blog anda menjadi sukses spektakuler. 1. Strategic Blogging. Faktor ini menyangkut rumusan, taktik, dan strategi dalam blogging yang membuat anda tahu apa yang harus diperbuat dengan blog anda, bagaimana melakukannya, dan kapan waktunya. Manfaat yang dihasilkan dari strategic blogging adalah traffic yang terus meningkat, komentar yang melimpah, dan pembaca yang terus setia kepada blog anda.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

22

2. Great Products. Setelah anda menerapkan Strategic Blogging, ubah keberhasilan blog anda menjadi aliran uang. Untuk itu anda juga perlu memiliki produk berkualitas yang berkaitan dengan tema blog anda. Selanjutnya, arahkan secara diam-diam agar mereka membeli produk anda. Di sinilah mesin uang berada. Dengan mengkombinasikan kedua hal ini, saya jamin blog anda akan mengalami sukses spektakuler. Anda tidak hanya memiliki blog yang ramai dikunjungi, tetapi juga sebuah blog yang mengalirkan uang tanpa henti ke rekening anda. Anda tidak memerlukan rumusan lain. Anda perlu memahami rumusan dasar di atas, dan di modul-modul berikutnya saya akan jabarkan lagi rumus dasar ini. Yang perlu anda lakukan adalah menerapkan kedua hal tadi. OK, berikutnya saya akan jabarkan rumusan dasar rahasia blogging di atas ke dalam 7 langkah terurut untuk membangun sebuah blog sukses spektakuler. Silakan anda lanjutkan…

7 Langkah Rahasia Membangun Blog Sukses Spektakuler
Sebelum menjalankan aktivitas seharian, anda baiknya menuruti nasehat dokter untuk membiasakan sarapan. Tunggu... jangan mengerutkan dahi dulu. Anda tahu kan filosofi sarapan? Kalau kata dokter, sarapan adalah bekal kita untuk berkegiatan sehari penuh. Benar, setelah sarapan kita biasanya nyaman kerja. Kita bisa fokus dan tidak terganggu rasa lapar. Begitu pula dengan bisnis. Kita perlu menyantap “sarapan”. Artinya, kita perlu menyiapkan segala sesuatu sebelum kita bertempur di medan bisnis yang sesungguhnya. Anda paham maksud saya kan? Jika ingin memenangkan persaingan, lakukan persiapan yang matang. Isi baterai blog anda dengan tenaga penuh. Nah, selanjutnya anda pun perlu makan siang. Pada prinsipnya, sama seperti bekal makan siang yang putra-putri anda bawa ke sekolah. Bekal makan siang berkewajiban menjaga stamina putra-putri anda, bukan? Karena mereka perlu asupan nutrisi agar tetap fokus pada sisa waktu pelajaran di siang hari. Jadi, no food, no energy. Bisnis blogging pun perlu asupan energi. Ketika energi sarapan di pagi hari sudah habis, anda harus segera menyantap makan siang. Semua ini agar blog anda tidak kehabisan bahan bakar. Anda pun tidak akan kehabisan semangat sampai blog anda benar-benar berdiri kokoh dan dikerumuni pengunjung. Apakah anda perlu makan malam? Tentu perlu. Tapi saat makan malam pastinya anda sudah tidak perlu risau memikirkan pekerjaan anda. Jika seharian tadi anda sudah bekerja maksimal, makan malam adalah saatnya berpesta pora. Silakan anda merayakan keberhasilan anda hari ini. Tahukah anda, seorang Amerika biasa menyantap steak lezat dan menenggak wine di malam hari.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

23

Ya, anda cuma perlu bersuka cita jika blog anda sudah berdiri kokoh dan tak tergoyahkan. Nah, sekarang apa saja sarapan dan makan siang sehat yang perlu anda berikan untuk blog anda? Semuanya saya kemas dalam...

Rahasia Blogging - 7 Langkah Rahasia Membangun Blog Sukses Spektakuler:
Langkah 1: Mendapatkan mindset blogging yang benar Anda harus meluruskan mindset anda dalam bisnis blogging. Selama ini blog masih dianggap sebagai kerja hobi. Artinya, anda ngeblog karena anda memang suka blogging. Anda tidak begitu memikirkan berapa banyak uang yang anda hasilkan dari blogging. Selain itu, sebagian besar netter masih percaya kalau blog hanya akan menghasilkan uang recehan. Blog hanya akan mendapat penghasilan dari iklan-iklan banner yang nilainya tidak seberapa. Nah, sekarang waktunya anda mengubah mindset ini. Blog bisa mewujudkan apapun yang anda mau dengan bisnis anda. Blog menawarkan anda kesuksesan asalkan anda tidak tanggung-tanggung menjalani kehidupan seorang blogger sukses. Blogging bukan lagi pekerjaan iseng-iseng berhadiah. Langkah 2: Melakukan perencanaan dan amunisi yang tepat Apa yang perlu anda lakukan untuk menelurkan pelaksanaan yang bisa berjalan dengan baik? Tak ada yang lebih baik dari pada perencanaan matang. Seperti yang biasa dikutip di berbagai buku marketing, bisnis anda bisa saja berjalan tanpa perencanaan. Namun tanpa perencanaan sama halnya anda merencanakan kegagalan. Anda harus siap berperang dan kembali dengan mengibarkan bendera kemenangan. Tentunya, untuk memenangkan peperangan anda harus memiliki amunisi yang cukup. Amunisi apa saja yang harus anda kantongi? Nanti anda akan temukan dipenjelasan berikutnya. Langkah 3: Menyajikan materi yang menghisap Content layaknya “selebritis” yang menjadi pusat perhatian. Di atas saya sudah katakan bahwa pengunjung internet suka membaca blog. Yang paling pengunjung cari dari sebuah blog adalah contentnya. Semakin bagus content sebuah blog, semakin banyak pengunjung yang datang. Ibarat bunga, blog anda harus memiliki madu yang benar-benar manis. Sehingga kumbang-kumbang semakin suka menghisap anda. Maka materi content yang anda sajikan harus bermanfaat bagi pengunjung. Setidaknya jika anda melakukan transfer of knowledge, ya, content anda berisi banyak ilmu yang bisa pengunjung unduh.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

24

Apapun blog yang anda buat, apapun topik yang anda tawarkan, berikan apa yang pengunjung cari. Berikan lebih dari yang mereka harapkan. Langkah 4: Menerapkan strategi marketing yang akurat Selanjutnya tinggal anda terapkan strategi marketing untuk blog anda. Pikirkan baik-baik apa yang harus anda lakukan agar semua orang di seluruh dunia mengetahui keberadaan blog anda. Cara apa yang harus anda tempuh? Misal, anda memasang iklan banner, bergabung dengan beberapa directory, dll. Atau, bisa juga anda memakai strategi marketing offline. Nanti anda akan temukan secara detail bagaimana caranya. Langkah 5: Melipatgandakan hasil strategi marketing anda secara kuat Selanjutnya, setelah strategi marketing awal sudah membuahkan hasil, anda perlu langkah tambahan untuk mengokohkan posisinya dan merangsang pertumbuhan lebih besar lagi. Dengan cara ini anda bisa memiliki blog yang jauh lebih populer daripada yang bisa anda bayangkan Langkah 6: Memiliki strategi monetizing yang hebat Sekarang saatnya anda menguangkan blog anda. Setelah blog anda terkenal dan memiliki banyak pengunjung, kini saat paling baik dan paling tepat untuk memanen uang dari blog anda. Bagaimana caranya? Tawarkan produk dan jasa yang anda punya. Kalau tidak punya produk sendiri, produk orang lain pun bisa anda pajang di sini. Memiliki blog dengan jumlah kunjungan dan traffic yang besar adalah dambaan semua blogger. Nah, jika anda sudah memiliki semua itu namun belum bisa menghasilkan uang dari sana, pasti ada yang salah dengan blog anda. Ada yang salah dengan strategi monetizing blog anda. Bisa jadi produk yang anda tawarkan kurang menarik, atau layanan yang anda punya tidak banyak dibutuhkan pengunjung. Langkah 7: Meleverage keampuhan blog di segala aspek Hanya blog terbaik yang akan diingat orang. Maka tak heran jika para pemilik blog terbaik disebut sebagai superblogger. Karena tidak gampang menjalankan blog dan mendudukkannya di posisi terbaik. Blog terbaik berarti memiliki tingkat kunjungan dan traffic tertinggi. Hanya orang yang tahu rahasianya yang bisa membuat blog seperti ini. Blog yang bagus biasanya tidak hanya memiliki satu keunggulan. Tapi, di banyak aspek, blog seperti ini juga memikat perhatian. Hampir dapat dipastikan, blog yang memiliki traffic tinggi adalah blog yang lay outnya menarik, fontnya mudah dibaca, komentar pengunjungnya berisi, dan bonusbonus yang diberikan pun berkualitas. Jadi bukan cuma contentnya saja yang bagus, atau hanya lay outnya saja yang enak dipandang.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

25

Oke, saya yakin anda semakin penasaran dan tidak sabar mengungkap rahasia-rahasia lain yang ada di ebook ini. 7 Rahasia Blogging yang sedikit saya singgung ini tidak akan memenuhi rasa keingintahuan anda. Tenang, kita akan bahas tuntas tentang apa itu 7 Rahasia Blogging secara lebih lengkap di bab-bab selanjutnya... teruslah membaca!

Baiklah. Modul pertama sudah anda serap dengan baik. Saya yakin mindset blogging anda telah berubah menjadi seperti yang saya ajarkan. Berikutnya di modul kedua, banyak materi menarik dan bermanfaat sebagai langkah awal anda blogging untuk mendapatkan profit tanpa henti. Silakan teruskan ke modul berikutnya.

Joko Susilo | RahasiaBlogging.com

26


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Tags:
Stats:
views:352
posted:11/9/2009
language:Indonesian
pages:26