komunikasi bisnis - PowerPoint by yusuf17

VIEWS: 7,702 PAGES: 24

									KOMUNIKASI BISNIS

FAKTOR UTAMA DAN PERTAMA

Pengertian


Ada dua bentuk pengertian yang berhubungan erat dengan komunikasi bisnis yaitu komunikasi dalam bisnis dan presentasi bisnis:

Komunikasi bisnis
–

Komunikasi bisnis diartikan sebagai suatu ajakan yang alami dan menggambarkan upaya untuk mempengaruhi prilaku dalam organisasi.

Presentasi bisnis
–

Presentasi bisnis yaitu presentasi lisan yang dilakukan oleh orang-orang yang tertarik dengan penjualan gagasan, proses-proses, program, produk dan sebagainya, yang ditujukan kepada berbagai kelompok yang memiliki kekuatan untuk merekomendasikan atau melakukan keputusankeputusan pembelian.

TUJUAN KOMUNIKASI (BISNIS)

Ada lima tujuan komunikasi (bisnis) :

To inform (Memberi informasi)


Memberi informasi (kepada klien, kolega, bawahan, penyelia dan lain-lain)

Diberi informasi
–

Diberi informasi artinya masyarakat akan cenderung merasa lebi9h baik mengenai diri mereka sendiri, jika diberi informasi dengan baik, dan diberi jalan masuk menuju informasi tersebut.

Mempengaruhi orang lain


Mempengaruhi orang lain untuk merangsang minat, mengurangi permusuhan, dan menggerakan masyarakat untuk melakukan suatu tugas atau mendidik prilaku.

Menolong orang lain


Menolong orang lain dengan memberi nasehat, membantu pelanggan menyelesaikan masalah, dan memberi motivasi.

Mengevaluasi prilaku


Mengevaluasi prilaku dimaksudkan dimana Para anggota organisasi memerlukan suatu penilaian untuk mengetahui hal-hal yang akan mereka lakukan atau kapan koreksi terhadap prestasi mereka perlukan

KOMPONEN (PROSES) KOMUNIKASI BISNIS

Diantara sekian banyak rumusan komponen komunikasi (bisnis) yang cocok sebagai berikut :

Sumber –Source (komunikator)


Merupakan pemrakarsa suatu pesan.
Karena komunikasi bisnis melibatkan orang-orang yang berkomunikasi dengan orang lain dalam lingkungan organisasi, maka setiap orang menjadi sumber dari pesan-pesan tersebut. Aktivitas perencanaan, pengorganisasian, penyusunan pegawai dan lain-lain merupakan motivasi untuk memulai komunikasi.

Penerima


Orang yang menerima simbol

Penyandian--encoding


Merupakan proses – tindak penyeleksian simbolsimbol yang mewakili pikiran seseorang. Karena manusia cakap menggunakan semua pancaindranya, penyandi memiliki bermacammacam sandi untuk memilih dan menggabungkannya ke dalam pengiriman pesan, menerjemahkan gelombang suara ke dalam pemikiran merupakan penguraian sandi

Penguraian Sandi--decoding


Merupakan proses pemberian arti terhadap simbol-simbol

Perlu diingat !!

―Fungsi sumber dan penerima adalah bersamaan, demikian pula dengan fungsi penyandian dan penguraian sandi‖

Saluran-Saluran--Channel





Seperti gelombang suara dan rangsangan visual yang akan difahami oleh penerima. Media tempat pesan-pesan disampaikan— biasanya lebih dari satu media.

Dalam lingkungan bisnis biasanya menggabungkan berbagai saluran :
    

Vokal ( saluran pendengaran) Pandangan (saluran penglihatan) Sentuhan (saluran peraba) Penciuman (saluran penciuman), dan Perasa (saluran saraf) ―kesan positif bisa direkayasa‖

Umpan depan--feedforward
Merupakan informasi pengantar yang meliputi pesan verbal atau nonverbal.  Merupakan informasi mengenai pesan yang akan dikirimkan pada masa datang. ― tunggu, sampai anda mendengar hal ini ‖

contoh pernyataan verbal

perubahan suasana hati----kening berkerut
contoh indikator nonverbal

Umpan balik--feedback




Pesan yang dikirimkan kembali kepada sumber yang berhubungan dengan pesan sumber. Tersusun berdasarkan informasi pesanpesan yang dikirimkan sebelumnya.

Fakta !!!

―Komunikasi bisnis yang berhasil banyak bergantung kepada keefektifan dalam merasakan umpan balik dibanding penggunaan dan pemahaman umpan depan yang meluas‖.

Gangguan--noise
 

Faktor yang mengubah atau mencampuri penerimaan pesan yang jelas. Merupakan sifat yang melekat pada komunikasi.
1.

2.

3.

Noise fisik : penglihatan, suara eksternal – cetakan buram, suara mesin dll. Noise psikologis : terjadi karena adanya prasangka dan penyimpangan dalam fikiran pengirim atau penerima—nilai, sikap, opini bertentangan dll. Noise semantik : melibatkan kesalahan arti yang dimaksud, karena salah kosa kata, dll.

Konteks--context
   

Kondisi fisik dan kondisi lain yang melingkupi tindakan komunikasi. Seluruh komunikasi terjadi dalam suatu konteks dari berbagai jenis Konteks fisik : ruang,objek nyata, pemandangan, dll. Konteks sosio-psikologis : status orang, peran dll.

Gambar Proses komunikasi (bisnis)
gangguan Umpan depan pesan sumber

encoding

saluran

Decoding

penerima

Umpan balik


								
To top