PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

					MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TIK KELAS X SEMESTER I

Menu utama

keluar

KOMPETENSI
STANDAR KOMPETENSI Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi  KOMPETENSI DASAR

 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer

dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi


Materi Pokok
 Pengantar teknologi informasi  Pengantar teknologi komunikasi  Pengantar teknologi informasi dan komunikasi

keluar

MATERI

keluar

Teknologi Informasi
Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memroses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Sehingga teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu paduan yang tidak dapat dipisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan, dan transfer/ pemindahan informasi antarmedia. Komputer merupakan bagian dari perangkat TIK. Komputer adalah seperangkat alat elektronika pengolah data yang bekerja secara terkoordinir dan terintegrasi. sehingga menghasilkan keluaran yang berupa informasi. Informasi yang dihasilkan oleh perangkat komputer merupakan hasil dari sebuahMkerja sama yang saling mendukung antara bagian yang satu dengan bagian yang lain sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dengan perkembangan komputer dewasa ini, komputer banyak digunakan di segala bidanq kehidupan

keluar

Prinsip Kerja Komputer
Prinsip kerja komputer antara lain input (masukan), kemudian proses (pengolahan), dan berarkhir pada output (keluaran). Keluaran yang dihasilkan oleh komputer berupa informasi.
CPU

Input device

Processor Control Unit ALU

Input device

Memori

keluar

Klasifikasi Komputer


Berdasarkan procesor yang digunakan
  

Mainframe Minicomputer Personal Computer



Berdasarkan bentuk fisik
     

Tower Dekstop Portabel Notebook Subnotebook Palmtop Komputer Analog Komputer Digital Komputer Hybrid
Special purpose computer General purpose computer



Berdasarkan jenis data diolah
  



Berdasarkan penggunaannya
 

keluar

Mainframe


Komputer yang pertama kali digunakan dalam suatu perusahaan besar disebut mainframe. Merupakan suatu jenis komputer yangsangat besar dan mahal, dan secara luas digunakan untuk banyak pekerjaan yang ada dalam perusahaan.

Minicomputer


Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi lebih tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan.

Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer.

Personal Computer (PC)


Pada banyak kasus, komputerkomputer saling terhubung dalam ratusan hingga ribuan terminal dimana seseorang pada terminal tersebut dapat memasukkan dan menampilkan data. Terminalterminal ini mempunyai keyboard dan layar monitor seperti halnya PC, tapi tidak memiliki kelengkapan komponen seperti halnya PC. Semua data dikirim ke komputer yang terhubung untuk tujuan pengolahan. Komputer jenis ini dinamakan dengan dumb terminal, karena tidak memiliki fungsi seperti halnya PC jika tidak terhubung ke komputer lain.

Tower


Tower secara umum diletakkan di samping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan).

Desktop


Dekstop mempunyai ukuran sedikit lebih kecil dari tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja. Komputer ini yang paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bidang dibandingkan bentuk lain.

Portabel


Komputer portabel memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari desktop, karena bagianbagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawah kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas di lapangan. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.

Notebook


Komputer jenis ini mempunyai ukuran sebesar buku catatan. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.

Subnotebook


Komputer subnotebook adalah komputer yang memiliki ukuran di antara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak terpasang, biasanya disk drive

Palmtop


Komputer ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handled komputer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil.

Komputer Analog


Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan paralel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantaran. Contoh : komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu,kecepatan suara, dll

Komputer Digital


Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka) dan biasanya memerlukan bahasa perantara.

Komputer Hybrid


Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital

Special Purpose Computer


Komputer untuk keperluan khusus. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya dirancang khusus. Contoh : komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket

General Purpose Computer


Jenis komputer yang dibuat untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah. Contoh : Personal Computer (PC)

Sejarah Komputer
Komputer yang pertama adalah manusia!  Komputer pada awalnya adalah nama jabatan/pekerjaan.  Digunakan untuk menggambarkan orang (umumnya wanita) yang pekerjaannya melakukan perhitungan berulang-ulang seperti menghitung tabel posisi planet untuk almanak astronomi, tabel navigasi untuk pelayaran

keluar

Generasi Komputer
Generasi Tahun Teknologi

“0” 1 2 3 4 5?

pre 1945 1945-1958 1958-1964 1964-1975 1978-199? 199?-20??

Mekanis Vacuum Tubes Transistors MSI and LSI LSI and VLSI Microprocessor?

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

23

Abacus
Merupakan alat bantu pertama kali yang digunakan untuk perhitungan. Berfungsi membantu daya ingat manusia dalam melakukan perhitungan.  Orang yang sudah trampil, akn dapat melakukan operasi panjumlahan dan pengurangan secepat orang menggunakan kalkulator.  Digunakan pertama kali tahun 300 SM di Babilonia.  Selanjutnya berkembangan di Cina sampai sekarang.

10/31/2009 Sejarah Perkembangan Komputer 24

Abcus generasi awal

Abcus modern

Blaise Pascal


Mesin Penjumlah Pascal

Pada tahun 1642 dalam usia 19 tahun menemukan mesin penjumlah mekasin yang pertama. Digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak.Tersusun atas 50 roda gigi (gear).

Susunan Roda Gigi

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

26

Hollerith


Pada akhir abad 18 mendirikan perusahaan “Tabulating Machine Company”.
Setelah Hollerith pensiun pada tahun1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM).



10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

27

Contoh Kartu Plong (Punch Card)

10/31/2009

28

Sejarah Perkembang an Komputer

Harvard Mark I: Komputer electro-mechanis

10/31/2009

29

Sejarah Perkembang an Komputer

Harvard Mark I: Komputer electromechanis
Merupakan komputer digital terprogram pertama yang ada di Amerika, tahun 1944.  Merupakan hasil kerja sama antara Universitas Harvard dengan IBM.  Tersusun atas saklar, relai, batang putar (rotating shaftI), dan kopling (clutch).


10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

30

Mark I
Komputer ini mempunyai berat 5 ton, dihubungkan dengan kabel sepanjang 500 mil,mempunyai tinggi 8 feet dan panjang 51 feet, dan mempunyai lengan-lengan putar sepanjang 50 ft yang digerakkan oleh motor listrik dengan daya 5 hp.  Mark I dijalankan non-stop selama 15 years.

10/31/2009 Sejarah Perkembangan Komputer 31

Pusat penggerak pada Mark 1

10/31/2009

32

Sejarah Perkembang an Komputer

Komponen Pembaca Pita pada Mark 1

10/31/2009

33

Sejarah Perkembang an Komputer

Debugger
Salah satu programer utama Mark 1 adalah Grace Hopper seorang wanita.  Ia yang pertama kali menemukan “bug” pada komputer, yaitu serangga semacam ngengat yang mati dan menghalangi pembacaan lubang pada pita kertas.  Istilah Debugger selanjutnya digunakan untuk menghilangkan kesalahan pada program komputer.


10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

34

Bug kompter pertama

10/31/2009

35

Sejarah Perkembang an Komputer

Mauchly and Eckert
Ilmuwan dari UniversitasPennsylvania, merancang dan mengembangkan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) tahun 1945, yang dikenal sebagai komputer elektronik modern pertama.  Komputer ini terdiri dari 19,000 vacuum tubes dan 500,000 sambungan solder, serta mempunyai berat lebih dari 30 ton.


10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

36

ENIAC1

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

37

ENIAC 2

10/31/2009

38

Sejarah Perkembang an Komputer

ENIAC 2

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

39

Memprogram ENIAC

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

40

Von Neumann


John von Neumann, adalah jenius matematika dari Princeton, mengembangkan teori tentang penyimpan program dalam makalah yang berjudul “A Preliminary Discussion of the Logical Design of an Electronic Computing Instrument” tahun 1946. Ia adalah orang pertama yang menunjukkan kelebihan rangkaian berbasis biner dibanding desimanl. Komputer Von Neumann, yang dikembangkan tahun1952, merupakan prototipe komputer skala besar saat ini.

•

•

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

41

Van Neumann

10/31/2009

42

Sejarah Perkembang an Komputer

ILLIAC


Selanjutnya bersama dengan Mauchly
dan Eckert mengembangkan komputer EDVAC yang dilanjutkan dengan ILLIAC.



ILLIAC dibangun pada universitas Illinois

di Champaign-Urbana, Amerika.

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

43

ILLIAC II

10/31/2009

44

Sejarah Perkembang an Komputer

Mainframe
Tahun 1970 mulai muncul era komputer mainframe, seperti IBM 7090, IBM 360, dan IBM 370.  Terdapat dua cara untuk berinterasi dengan mainframe.  Pertama disebut time shraring karena komputer memberi user slot waktu secara bgantian.  Mungkin terdapat 100 user yang bersamaan logged on, masing-masing mengetik pada suatu teletype seperti berikut:

10/31/2009 Sejarah Perkembangan Komputer 45

IBM 7090

10/31/2009

46

Sejarah Perkembang an Komputer

Time Sharing

10/31/2009

47

Sejarah Perkembang an Komputer

Paper Tape

10/31/2009

48

Sejarah Perkembang an Komputer

Teletype

10/31/2009

49

Sejarah Perkembang an Komputer

Reel Tape Drive

10/31/2009

50

Sejarah Perkembang an Komputer

Personal Computer
Tahun 1976 mulai muncul komputer skala kecil yang dimaksudkan untuk digunakan oleh satu pengguna yang dikenal dengan Personal Komputer (PC)  PC pertama yang dibuat adalah Altair 8800  Apple merupakan salah satu PC yang dibuat pada tahun tersebut, yang saat itu harganya $600.  Selanjutnya muncul IBM PC.

10/31/2009 Sejarah Perkembangan Komputer 51

Altair 8800

10/31/2009

52

Sejarah Perkembang an Komputer

Apple

10/31/2009

53

Sejarah Perkembang an Komputer

IBM PC

10/31/2009

54

Sejarah Perkembang an Komputer

Three generation of computer’s component, vacuum tube, transistor, and IC

10/31/2009

Sejarah Perkembangan Komputer

55

Teknologi Komunikasi
Sejarah Jaringan Wireless / Telepon Seluler
Generasi 1 (1G) Generasi 2 (2G)

Generasi 3 (3G)

keluar

Generasi-1 dimulai pada akhir tahun 1970-an di Amerika (di Eropa pada awal tahun 1980an). Advanced Mobile Phone Service (AMPS) pertama kali diperkenalkan di New Jersey dan Chicago pada tahun 1978. AMPS merupakan sistem telepon wireless analog, untuk ukuran waktu itu, cukup sukses di Amerika.

generasi 2
Standar baru diperkenalkan dengan nama Global Standard for Mobile Communications (GSM). GSM pada awalnya adalah kepanjangan dari Groupe Speciale Mobile, sebuah badan gabungan dari para ahli yang melakukan studi bersama untuk menciptakan standar GSM tersebut. Generasi-2 (2G) di Amerika Serikat ditandai dengan diluncurkannya standar jaringan baru yang juga bersistem digital yang diberi nama Digital AMPS (D-AMPS) (disebut juga TDMA – Time Division Multiple Access) dan IS-95 atau cdma-One, yang merupakan sistem digital yang berbasis teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) diperkenalkan oleh Qualcomm (pertengahan 1990-an). Untuk negara-negara di benua Asia, pertama kali mereka mengadopsi sistem telepon wireless digital dengan menerapkan teknologi jaringan GSM. Khusus di negara Jepang, berkembang sistem Personal Digital Cellular (PDC) yang mereka kembangkan sendiri dan hanya berlaku di negeri itu.

Generasi 3
Teknologi wireless generasi-3 (3G) hingga saat ini dikembangkan oleh suatu kelompok yang diakui dan merupakan kumpulan para ahli dan pelaku bisnis yang berkompeten dalam bidang teknologi wireless di dunia. Kesepakatan 3G tertuang dalam International Mobile Telecommunications 2000 (IMT 2000) dan antara lain memutuskan bahwa standar 3G akan bercabang menjadi 3 standar sistem yang akan diberlakukan di dunia, yaitu Enhanced Datarates for GSM Evolution (EDGE), WidebandCDMA (WCDMA), dan CDMA2000. Teknologi 3G diperkenalkan pada awalnya adalah untuk tujuan sebagai : a. menambah efisiensi dan kapasitas jaringan b. menambah kemampuan jelajah (roaming) c. untuk mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi d. peningkatan kualitas layanan (Quality of Service – QOS) e. mendukung kebutuhan internet bergerak (mobile internet)

Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dalam satu komputer terdapat tiga bagian penting , yakni : CPU (Central Procesing Unit ), Memori (RAM dan ROM), dan input/output.

keluar

Diagram Blok Sistem Mikro Komputer
Data bus

Peralatan input Control bus I/O PORT CENTRAL PROCESSING UNIT Control bus Memori

Peralatan Output

Address bus

Input Device
Scanner Keyboard

Mic

Mouse Kamera Digital

I/O PORT


I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.

CPU (Central Procesing Unit)


Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memilikidua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

Memori


Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.

Control Bus


Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

Data Bus


Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

Address Bus


Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

Output Device


Softcopy :

Monitor CRT

Monitor LCD

Infokus



Hardcopy : .

Printer

Plotter

Latihan Soal
1.

Sejarah komputer modern dimulai pada tahun a. 1815 b. 1842 c. 1889 d. 1924 e. 1928

1/10

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.2

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

2.

Jaringan teknologi wireless pada telepon seluler mulai diperkenalkan pada tahun ...
awal 1970-an b. akhir 1970-an c. 1978 d. 1990 e. 1995
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.3

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

3. Advanced Mobile Phone Service (AMPS) merupakan teknologi yang dikembangkan pada .....

1G b. 2G c. 2,5G d. 3G e. Telepon kabel
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.4

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

4. Blaise Pascal merupakan salah satu tokoh penemu mesin komputasi yang berupa ....

Mesin differensial b. Kalkulator mekanik colmar c. Abacus d. Kalkulator roda numeric e. Colossus
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.5

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

5. Special purpose computer merupakan komputer yang difungsikan untuk .....
Mengolah data kualitatif b. Memecahkan berbagai masalah c. Memecahkan satu masalah d. Mengolah data kuantitatif e. Melayani ribuan terminal
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.6

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

6. Komputer yang digunakan dalam USG (Ultra Sono Graphi) termasuk komputer jenis..................

analog b. Digital c. General purpose d. Minicomputer e. palmtop
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.7

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

7.

Control Unit (CU) adalah bagian penyusun unit komputer yang terdapat pada bagian ......

monitor b. keyboard c. mouse d. CPU e. printer
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.8

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

8. Perangkat input device terdapat pada perangkat
keyboard b. printer c. plotter d. monitor e. speaker
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.9

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

9. Perhatikan gambar dibawah ini !

Perangkat di atas disebut dengan .... a. prosessor b. RAM c. VGA Card d. BIOS e. Port

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal berikutnya
Ke soal no.10

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi Soal berikutnya

10.

Berikut ini merupakan jenis fisik komputer berdasarkan ukuran fisiknya, kecuali .....

tower b. minidekstop c. notebook d. palmtop
a.

JAWABAN BENAR
Silahkan mencoba soal lagi
Soal no. 1 selesai

JAWABAN SALAH
Mencoba lagi selesai

keluar

REFERENSI
Buku Ajar TIK Kls X Semester I. CV. Sindhunata  Hardware Komputer. www.Ilmukomputer.com  Sejarah Komputer. www.Ilmukomputer.com


TERIMA KASIH
Semoga program ini dapat menambah ilmu tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Yakin keluar ?

Ya

Tidak

PROFIL : Haris Argo Yuniarso, S.Kom Nama
TTL Pendidikan Guru Mapel Instansi Alamat Telp Kendal, 06 Juni 1978 S1-Teknik Informatika TIK SMA N 1 Sukorejo Wonosido, RT. 001 RW. 003 Patean 51364 : 0294 - 452902 : : : : :

keluar


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Tags:
Stats:
views:11292
posted:10/31/2009
language:Indonesian
pages:102